Cara Daftar BCA Mobile dan Aktivasi di HP dan ATM Terlengkap

Cara Daftar BCA Mobile dan Aktivasi di HP dan ATM - Hampir setiap orang di jaman sekarang melakukan transaksi keuangan setiap hari dimanapun mereka berada. Apalagi dengan kehadiran mobile banking yang semakin mempermudah aktivitas transaksi secara digital.

Sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia, BCA pun ikut serta menghadirkan layanan mobile banking bernama m-BCA alias BCA Mobile. Aplikasi m-BCA ini disebut-sebut sebagai salah satu aplikasi yang praktis, mudah digunakan, aman serta user-friendly.

Aplikasi BCA Mobile alias m-BCA bisa Anda download dan instal melalui Google Play Store untuk Android dan App Store untuk pengguna iPhone.

Setelah berhasil memasang aplikasi BCA Mobile di HP masing-masing, selanjutnya Anda harus melakukan pendaftaran akun terlebih dahulu. Kalau sudah, Anda mesti melakukan aktivasi, baik melalui HP atau mesin ATM. Aktivasi dilakukan supaya Anda bisa menggunakan aplikasi m-BCA kapan dan dimana saja.

Apabila belum mengetahui cara daftar BCA Mobile dan aktivasi di HP dan ATM, maka bisa simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu BCA Mobile atau M-Banking BCA?

Melansir dari laman resmi BCA, m-BCA atau BCA Mobile merupakan suatu layanan produk perbankan yang disediakan oleh PT Bank Central Asia Tbk dan dapat Anda akses secara langsung melalui HP masing-masing.

Pengaksesan m-BCA dapat Anda lakukan dengan menggunakan menu yang tersedia pada bagian Subscriber Identification Module (SIM) card, yaitu menggunakan media SMS atau dapat memakai akses pada menu BCA Mobile dengan jaringan internet.

Supaya dapat menggunakan fasilitas yang tersedia di BCA Mobile, Anda diharuskan untuk melakukan registrasi atau pendaftaran m-BCA terlebih dahulu.

Oleh sebab itu, Anda harus menyimak artikel ini sampai selesai supaya dapat mengetahui cara daftar BCA Mobile dan Aktivasi di HP dan ATM, ya.

Menu dan Layanan BCA Mobile

Dalam BCA Mobile, ada beberapa menu dan layanan yang bisa Anda nikmati, yaitu:

1. M-info

M-info berisi informasi umum terkait akun bank BCA Anda. Adapun informasi yang bisa Anda dapatkan berupa informasi saldo, mutasi rekening, rekening deposito, info reward BCA, NAB reksadana, saldo reksadana, info kurs, info RDN, Info KPR, info kartu kredit, transaksi dan tagihan serta lainnya.

2. M-admin

Menu M-admin bisa Anda gunakan untuk melakukan ganti PIN, mengatur OneKlik, mengatur kuasa Debet, blokir kartu kredit, kontrol kartu kredit, request limit kartu kredit, aktivasi kartu kredit dan masih banyak lagi.

3. M-transfer

Anda dapat menggunakan menu layanan M-transfer untuk keperluan kirim uang, baik itu ke antar rekening, antar bank, BCA virtual account, Sakuku, status transaksi Sakuku dan Inbox berisi resi transfer yang sudah Anda lakukan.

4. M-commerce

Layanan ini bisa Anda gunakan untuk mengisi pulsa (voucher isi ulang), pembayaran PLN Prabayar dan PLN Manual Advice, serta Inbox berisi resi pembayaran dan lainnya.

5. M-Payment

Layanan ini bisa Anda gunakan saat ingin membayar tagihan, seperti tagihan kartu kredit, handphone, telepon, publik/utilitas, BPJS, pajak, asuransi, internet, pinjaman, dan lainnya.

Selain beberapa menu layanan yang telah disebutkan di atas, BCA Mobile juga memiliki menu lainnya yang bisa Anda gunakan. Di antaranya Cardless, BCA Keyboard, Flazz, Bagi-bagi dan Lifestyle.

Lalu, Anda juga bisa menggunakan menu QRIS untuk bertransaksi di merchant BCA serta menu “Akun Saya” untuk mengetahui informasi akun BCA Mobile Anda.

Syarat Daftar BCA Mobile

Ada beberapa syarat yang harus Anda penuhi saat ingin melakukan pendaftaran atau registrasi BCA Mobile, yaitu:

  • Anda harus sudah terdaftar sebagai nasabah BCA
  • Memiliki kartu ATM BCA yang aktif
  • Gunakan nomor handphone yang masih aktif digunakan
  • Download dan instal aplikasi m-banking BCA atau BCA Mobile di Play Store maupun App Store.

Apabila semua syarat daftar BCA Mobile tersebut sudah Anda penuhi, kini saatnya mulai melakukan registrasi atau pendaftaran BCA Mobile.

Cara Daftar BCA Mobile di ATM

Jika Anda sudah menginstal BCA Mobile di smartphone masing-masing, Anda bisa langsung membuka aplikasi m-BCA tersebut. Nantinya, Anda akan melihat tiga layanan yang dapat Anda pilih salah satu, yaitu m-BCA, KlikBCA, dan Info BCA.

Dikarenakan Anda ingin mendaftar BCA Mobile, maka bisa pilih menu m-BCA. Setelah itu, Anda akan diminta untuk membuat kode akses sebanyak 6 digit.

Supaya dapat membuat kode akses, Anda bisa mendaftar akun BCA Mobile melalui mesin ATM maupun EDC BCA.

Adapun cara daftar BCA Mobile yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  • Pertama, Anda bisa mendatangi mesin ATM BCA terdekat dan masukan ATM BCA yang Anda miliki.
  • Pilih “Bahasa Indonesia” dan masukkan PIN ATM BCA Anda sebanyak 6 digit.
  • Klik opsi “Transaksi Lainnya” dan pilih “Daftar E-Banking”, lalu klik “Mobile Banking”.
  • Nantinya akan muncul ketentuan penggunaan m-banking BCA dan pilih “Ya”.
  • Masukkan nomor handphone milik Anda, lalu klik “Benar” dan pilih “Ya”.
  • Buat PIN BCA Mobile yang ingin Anda gunakan, lalu masukkan ulang PIN BCA Mobile tersebut.
  • Setelah itu, dari mesin ATM BCA akan keluar struk kalau nomor handphone Anda sudah terdaftar dan bisa digunakan untuk aktivasi mobile banking BCA.

Cara Aktivasi BCA Mobile di HP

Setelah melakukan pendaftaran atau registrasi BCA Mobile di ATM, selanjutnya Anda bisa melakukan aktivasi BCA Mobile melalui HP, yaitu:

  • Pertama, Anda bisa membuka BCA Mobile yang sudah terpasang di smartphone.
  • Pada halaman utama, nantinya akan muncul ketentuan dari m-BCA (BCA Mobile).
  • Klik “Accept” dan masukkan 16 digit nomor kartu ATM BCA Anda dengan benar, lalu klik “OK”.
  • Selanjutnya, BCA Mobile akan mengirimkan pesan berbayar dan bisa Anda konfirmasi “Kirim”.
  • Buat kode akses sebanyak 6 digit alfanumerik atau terdiri dari huruf dan angka, contoh: Ya5678, jika sudah Anda bisa klik “OK”.
  • Nantinya akan muncul konfirmasi yang menyatakan bahwa Anda sudah setuju dengan syarat dan ketentuan m-BCA yang berlaku.
  • Klik tombol “Send” yang berada di bagian atas pojok kanan, lalu masukkan PIN BCA yang sudah didaftarkan dan klik “OK”.
  • Setelah itu akan muncul keterangan bahwa Anda telah berhasil melakukan aktivasi BCA Mobile dan bisa langsung menggunakannya untuk berbagai transaksi.

Jika Anda ingin mendaftarkan BCA Mobile di kantor cabang BCA, maka tinggal mendatangi kantor cabang BCA terdekat saja.

Untuk registrasi di kantor BCA langsung, Anda harus menggunakan PIN ATM BCA supaya bisa melakukan aktivasi BCA Mobile. Kalau sudah berhasil aktivasi, Anda bisa mengganti PIN BCA Mobile di menu m-Admin.

Bagaimana Jika Daftar BCA Mobile Gagal?

Jika pendaftaran BCA Mobile yang dilakukan gagal dan Anda memiliki smartphone dengan dual SIM Card, maka hal pertama yang bisa Anda lakukan adalah memastikan nomor SIM card yang terdaftar di BCA Mobile berada di slot 1 atau SIM 1. Hal ini disebabkan default SMS dan telepon biasanya berada di SIM 1.

Khusus bagi Anda pengguna SIM card prepaid, pastikan bahwa nomor SIM card sudah memiliki cukup pulsa untuk menerima SMS premium dari BCA. Selain itu, pastikan setting ponsel sudah mengizinkan BCA untuk mengirimkan Anda SMS premium tersebut.

Sementara itu, untuk pengguna SIM card postpaid, Anda cukup memastikan bahwa nomor SIM card yang sudah terdaftar yang menggunakan paket mengizinkan BCA untuk mengirimkan SMS premium.

Penting sekali untuk Anda memastikan hal itu, sebab SMS premium biasanya akan dikenakan tarif tertentu sesuai provider yang digunakan oleh masing-masing nasabah.

Terakhir dan paling penting, Anda harus memastikan bahwa spesifikasi HP mendukung serta dalam kondisi jaringan internet yang bagus. Dengan begitu, kendala terkait registrasi BCA Mobile pun tidak akan terjadi dan Anda bisa melakukan pendaftaran dengan lancar.

Sehingga, Anda bisa langsung menggunakan BCA Mobile pada HP untuk segala transaksi yang ingin dilakukan.

Cara Membuka Rekening Tabungan di BCA Mobile

Bagi nasabah yang belum memiliki rekening tabungan BCA, maka bisa membuatnya secara praktis melalui online di BCA Mobile.

Adapun langkah-langkah membuat rekening tabungan di BCA Mobile yang bisa Anda ikuti, yaitu:

  • Langkah pertama, Anda bisa membuka aplikasi BCA Mobile yang sudah terpasang di HP.
  • Klik “Buka Rekening Baru” dan pastikan nomor handphone belum terdaftar di m-banking BCA.
  • Selanjutnya, Anda bisa memilih “Buka Rekening”.
  • Anda bisa menjawab pertanyaan “Apakah Anda Sudah Memiliki Rekening BCA Saat Ini?”, jika sudah menjawabnya, langsung klik “Lanjut”.
  • Pilih jenis tabungan BCA yang ingin Anda miliki dan pilih “Lanjut”.
  • Klik “Kirim” supaya BCA dapat mengirimkan SMS verifikasi nomor HP ke ponsel Anda.
  • Kemudian, Anda bisa membuat kode akses yang terdiri dari huruf dan angka, lalu pilih “Lanjut”.
  • Anda dapat melengkapi beberapa dokumen yang diperlukan, seperti foto diri sendiri, e-KTP, NPWP dan tanda tangan.
  • Lengkapi informasi pribadi secara tepat dan benar, jika sudah klik “Lanjut”.
  • Pilih jenis kartu ATM BCA yang akan Anda gunakan dan pilih “Cabang Rekening Terdaftar”.
  • Cek kembali dan konfirmasi semua data yang sudah Anda isikan.
  • Berikutnya, Anda bisa melakukan video call bersama CS BCA untuk verifikasi data yang telah Anda masukkan tadi.
  • Lakukan aktivasi m-BCA dan ikuti langkah-langkahnya sampai selesai.
  • Kini, rekening BCA Anda sudah aktif dan bisa mulai digunakan untuk berbagai macam transaksi secara mudah, praktis dan cepat.

Cara Memindahkan BCA Mobile ke HP Lain

Jika Anda sudah tahu bagaimana cara daftar BCA Mobile dan aktivasi di HP dan ATM, maka selanjutnya Anda harus tahu juga cara memindahkan BCA Mobile ke HP lain.

Cara ini sangat penting untuk Anda ketahui, sebab berguna saat Anda memiliki HP baru dan ingin memindahkan aplikasi BCA Mobile ke HP tersebut.

Adapun cara memindahkan BCA Mobile HP lain yang bisa Anda lakukan, yaitu:

1. Verifikasi di Aplikasi

Langkah pertama, Anda bisa mendownload dan instal aplikasi BCA Mobile di HP baru atau HP lainnya. Jika sudah terpasang di HP, buka aplikasi BCA Mobile tersebut untuk melakukan proses verifikasi.

Proses verifikasi akan dilakukan dengan memasukkan 16 digit nomor ATM, kemudian lakukan verifikasi melalui SMS dan masukkan kode yang Anda dapatkan dari SMS tersebut.

Selanjutnya, Anda bisa klik OK dan ikuti petunjuk yang ada dalam aplikasi sampai selesai.

2. Setting Akses Izin Aplikasi BCA Mobile

Jika proses pertama selalu gagal setiap kali Anda melakukannya, maka bisa coba cara kedua ini, yaitu memperbaiki setting akses izin aplikasi BCA Mobile.

Untuk cara setting akses izin aplikasi BCA Mobile sendiri bisa Anda lakukan dengan mudah, yaitu:

  • Silakan masuk ke menu “Pengaturan” atau “Setting” yang terdapat dalam HP masing-masing.
  • Dalam menu pengaturan itu, Anda bisa klik “Manajemen Aplikasi”, lalu pilih aplikasi “BCA Mobile”.
  • Atur setting akses izin aplikasi BCA Mobile dan Anda bisa membuka kembali aplikasi BCA apakah sudah benar atau belum.

Dengan melakukan cara-cara di atas, Anda bisa memindahkan aplikasi BCA Mobile secara mudah ke HP lain atau HP baru. Apabila Anda masih belum bisa memindahkan aplikasi, maka bisa coba hubungi call center BCA Mobile, ya.

Sehingga, permasalahan ini bisa terselesaikan dengan baik dan Anda dapat kembali menggunakan aplikasinya di HP baru.

Melalui BCA Mobile segala transaksi yang Anda butuhkan dapat dilakukan secara mudah, praktis dan cepat.

Keuntungan BCA Mobile Bagi Nasabah

Ada beberapa keuntungan BCA Mobile yang bisa didapatkan oleh para nasabah, yaitu:

1. Praktis Tanpa Perlu ke ATM

Keuntungan BCA Mobile pertama adalah Anda bisa menggunakannya dengan praktis hanya melalui HP saja. Semua transaksi yang Anda butuhkan dapat Anda lakukan hanya dalam satu aplikasi, tanpa perlu pergi ke ATM.

Tentunya hal ini sangat berguna saat Anda ada keperluan mendadak tengah malam, bukan? Jadi, cukup melakukan transaksi di HP, tanpa perlu pergi ke ATM dan mengantri disana.

2. Fitur Layanan Lengkap

BCA Mobile memiliki fitur layanan terlengkap yang semuanya bisa Anda akses hanya dalam satu aplikasi. Melalui semua fitur tersedia, Anda bisa melakukan transaksi transfer, pembayaran tagihan, pembelian pulsa dan token listrik, serta lainnya.

Bahkan, Anda pun bisa melihat info akun secara detail dan mengecek mutasi rekening tanpa perlu pergi ke kantor cabang BCA.

3. Tampilan User-friendly

Tak hanya praktis, keuntungan BCA Mobile lainnya adalah memiliki tampilan user-friendly. Para nasabah yang baru menggunakan mobile banking ini akan langsung paham dengan menu-menu serta cara pengoperasiannya.

Jadi, tak heran kalau aplikasi ini sangat diminati oleh nasabah BCA untuk segala transaksi sesuai kebutuhan masing-masing.

4. Selalu Update Terkait Info Promo BCA

Apabila Anda ingin mendapatkan informasi terupdate terkait layanan serta promo yang tersedia di akun bank BCA, maka menggunakan BCA Mobile adalah pilihan tepat.

Melalui BCA Mobile, Anda bisa mendapatkan banyak informasi terupdate seputar informasi promo dari BCA secara berkala. Jadi, tidak akan sampai ketinggalan informasi yang Anda butuhkan lagi, ya.

5. Cek Saldo Kartu Flazz Mudah

Di zaman serba modern ini, tren e-money atau uang digital cukup banyak diminati oleh orang-orang di seluruh dunia, tak terkecuali Indonesia.

BCA kini sudah mengeluarkan produk e-money berupa kartu Flazz yang bisa digunakan oleh para nasabahnya.

Tentunya, saat menggunakan BCA Mobile, Anda bisa dengan mudah mengecek saldo kartu Flazz serta berbagai transaksi lainnya.

6. Aman dari Bahaya Kartu ATM Tertelan

Banyak nasabah yang selalu khawatir saat bertransaksi di mesin ATM. Kekhawatirannya itu berupa ketakutan kartu ATM BCA tertelan pada mesin ATM. Tentunya, hal ini akan menimbulkan kerugian bagi para pemilik kartu tersebut.

Namun, saat Anda menggunakan BCA Mobile, Anda tidak perlu khawatir lagi saat akan bertransaksi manual di mesin ATM. Dengan begitu, bahaya kartu ATM tertelan pun dapat diatasi dengan mudah.

7. Setor Tunai via HP

Keuntungan BCA Mobile berikutnya adalah Anda bisa melakukan transaksi setor tunai dengan mudah melalui HP. Dengan begitu, Anda tidak perlu datang ke ATM maupun kantor cabang terdekat.

Dengan melakukan transaksi setor tunai di HP melalui BCA Mobile, Anda bisa menyelesaikannya dengan cepat dan tepat.

8. Cashless Tanpa Kartu di ATM

BCA Mobile bisa Anda gunakan untuk transaksi cashless di berbagai merchant yang mendukung fitur tersebut. Sehingga, Anda tidak perlu membayar menggunakan kartu ATM, tetapi cukup buka BCA Mobile dan lakukan pembayaran dengan mudah melalui QRIS.

Tips Aman Transaksi Dengan BCA Mobile

Supaya terhindar dari kejahatan yang ada di dunia perbankan, Anda bisa melakukan beberapa tips aman transaksi dengan BCA Mobile berikut.

1. Download BCA Mobile di Tempat Resmi dan Pastikan Jaringan Internet Lancar

Sebelum mulai mendownload dan instal BCA Mobile di HP, Anda harus memastikan bahwa tempat mengunduhnya berasal dari tempat resmi dan terpercaya. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk mengunduh BCA Mobile hanya di Google Play Store untuk pengguna Android dan App Store bagi pengguna iPhone.

Selain itu, jangan sampai Anda mendownload dan melakukan transaksi dengan jaringan internet publik atau WiFi yang ada di suatu tempat. Pasalnya, hal ini bisa menimbulkan data yang Anda miliki dicuri dan disalahgunakan oleh pihak tak bertanggung jawab.

Disarankan Anda memilih jaringan nirkabel yang menerapkan sistem kata kunci keamanan jaringan, ya.

2. Jaga Kode Akses dan PIN Hanya untuk Anda Sendiri

Perlu Anda ingat bahwa Anda tidak boleh memberi tahu kepada siapapun terkait kode akses pengaman menu m-banking BCA dan PIN BCA Mobile, ya.

Pasalnya, dua hal itu menjadi pengaman dasar untuk memvalidasi transaksi. Jadi, penting sekali Anda menjaganya dengan baik dan biarkan hanya diri sendiri saja yang mengetahuinya.

Selain itu, jika Anda sudah menyelesaikan transaksi, ada baiknya untuk selalu logout dari perangkat untuk menjaga keamanan.

3. Perketat Keamanan Aplikasi BCA Mobile

Tips aman menggunakan BCA Mobile terakhir adalah memperketat keamanannya dengan mengganti kode akses dan PIN secara berkala dengan kombinasi huruf serta angka unik.

Selain itu, Anda pun harus rajin memeriksa daftar rekening tujuan transfer secara rutin.

Apabila Anda mendapatkan telepon atau email yang mengatasnamakan petugas bank serta mempertanyakan data-data pribadi, termasuk kode akses BCA dan PIN, maka jangan sampai menjawab dan matikan saja telepon tersebut.

Seseorang yang mengatasnamakan petugas bank BCA yang menyatakan bahwa aplikasi BCA Mobile Anda tidak sah, maka jangan langsung percaya. Sebab, nomor call center resmi BCA hanya di Halo BCA 1500888.

Itulah informasi mengenai cara daftar BCA Mobile dan aktivasi di HP dan ATM yang bisa Anda ketahui secara lengkap. Setelah mengetahui informasi di atas, kini dapat disimpulkan bahwa pendaftaran atau registrasi serta aktivasi BCA Mobile bisa Anda lakukan dengan mudah, tanpa perlu pergi ke bank. Cukup gunakan HP dan mesin ATM saja, maka aktivasi BCA Mobile pun bisa dilakukan. Sehingga, Anda bisa segera menggunakannya secara langsung kapan dan dimana saja. Bagaimana, sudah siap untuk mencoba sekarang?

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url