3+ Cara Cek Saldo BCA Lewat HP Termudah dan Praktis

Cara Cek Saldo BCA Lewat HP - Saat ini, lembaga perbankan sudah semakin mempermudah para nasabahnya dengan menghadirkan berbagai aplikasi serta sistem yang dapat diakses dengan mudah secara online. Salah satunya bank BCA yang hadir dengan berbagai layanan terbaik untuk mempermudah transaksi para nasabah.

Bank BCA memiliki aplikasi berupa BCA Mobile maupun Internet Bank, SMS dan Telepon yang bisa Anda manfaatkan untuk transaksi. Tak hanya itu, beberapa layanannya bisa digunakan untuk mengecek saldo dengan cepat tanpa perlu pergi ke ATM.

Jadi, bagi Anda yang sekadar ingin mengecek saldo dalam rekening, tak perlu antri depan ATM BCA lagi. Anda bisa langsung mengeceknya melalui HP dengan praktis, mudah dan cepat.

Jika Anda belum tahu cara cek saldo BCA lewat HP, maka bisa simak ulasannya berikut ini.

Tentang BCA Secara Singkat

BCA (Bank Central Asia) merupakan salah satu bank yang memiliki nasabah terbanyak di Indonesia. Hal terlihat dari dana pihak ketiga yang terhitung pada bulan Juni 2016 mencapai Rp490,6 triliun.

Ditambah lagi jumlah rekening nasabah yang aktif berjumlah lebih dari 14,8 juta. Tak heran, kalau BCA sangat populer di kalangan masyarakat, sehingga banyak diminati.

Sejak mulai berdiri pada tahun 1957, bank yang memiliki moto “Senantiasa di Sisi Anda” ini selalu memberikan beragam solusi perbankan untuk membantu memenuhi kebutuhan finansial masyarakat. Mulai dari finansial perseorangan hingga bisnis, masyarakat dapat menemukan layanan yang mereka cari dari BCA.

Bagi perseorangan, BCA menawarkan suatu produk dan layanan, seperti pinjaman, simpanan, kartu kredit, e-banking, investasi, asuransi dan pengiriman uang. Sementara produk dan layanan untuk bisnis, BCA menawarkan simpanan, pinjaman, kartu kredit, e-banking, valuta asing, treasuri dan layanan perbankan lainnya.

BCA senantiasa berusaha untuk dapat menarik lebih banyak nasabah dengan memberikan fasilitas yang dapat memanfaatkan teknologi serta bisa dilakukan secara online.

Fasilitas-fasilitas itu dapat dinikmati dalam layanan e-banking. Adapun sejumlah fasilitas yang sudah terintegrasi dengan e-banking untuk perseorangan, yaitu Klik BCA, Sakuku, BCA KlikPay, mBCA, BCA Mobile, Debit BCA, Flazz, SMS BCA, ATM BCA, BCA by phone, Tunai BCA sert DUITT.

Sementara fasilitas e-banking untuk bisnis, diantaranya EDC Bizz, KlikBCA Bisnis, EDC BCA, serta layanan merchant.

Semuanya telah disediakan supaya mempermudah urusan nasabah terkait finansial, sehingga dapat berjalan dengan efisien dan mudah. Apalagi saat ini masyarakat cenderung lebih mengejar kecepatan serta kemudahan sejak pemakaian internet dan smartphone menjadi tren. Bahkan, kecenderungan itu sampai merembet ke urusan pengecekan saldo.

Jika Anda adalah seorang nasabah BCA yang ingin mengecek saldo dengan mudah lewat HP, maka bisa coba ikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Cek Saldo BCA Lewat HP Secara Praktis dan Cepat

Cara cek saldo BCA lewat HP bisa Anda lakukan melalui 4 cara, yaitu via BCA Mobile, Internet Banking, SMS dan Telepon. Adapun cara-caranya bisa Anda lihat di bawah ini.

Cara Cek Saldo BCA Lewat BCA Mobile

Bagi pengguna smartphone, Anda dapat memanfaatkan layanan mobile banking untuk mengetahui segala macam informasi, kapan dan dimana pun Anda berada. Tak terkecuali saat Anda ingin mengecek saldo BCA di sebuah aplikasi mobile banking bernama BCA Mobile.

Tentunya, Anda tidak perlu pergi ke kantor cabang maupun ATM hanya untuk mengecek saldo saja. Cukup lakukan registrasi BCA Mobile dan hubungkan dengan jaringan internet, Anda bisa mengecek saldo BCA hanya dalam beberapa langkah mudah.

Adapun langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk cek saldo BCA lewat BCA Mobile, yaitu:

1. Masuk ke Aplikasi M-BCA

Langkah pertama, Anda harus masuk ke aplikasi m-BCA terlebih dahulu yang sudah terpasang di smartphone. Pastikan Anda sudah melakukan registrasi, sehingga BCA Mobile bisa digunakan dengan mudah.

2. Login Terlebih Dahulu

Selanjutnya, login terlebih dahulu dengan memasukkan informasi yang diminta, lalu tunggu selama beberapa detik.

3. Pilih M-BCA

Apabila sudah muncul beragam pilihan menu, Anda bisa klik opsi m-BCA. Selanjutnya, masukkan kode akses dengan benar dan tepat, lalu klik “Login”.

4. Pilih menu M-Info

Apabila sudah berhasil login, Anda bisa klik opsi “m-Info” supaya bisa mengecek saldo BCA secara cepat.

5. Klik Opsi Informasi Saldo

Klik “Informasi Saldo” dan informasi mengenai saldo BCA yang Anda miliki akan muncul. Di versi aplikasi BCA Mobile terupdate, Anda tidak perlu memasukkan PIN untuk mengecek saldo. Jadi, tinggal langsung klik menu Informasi Saldo dan rincian informasi mengenai saldo pun akan segera terlihat.

Kelebihan BCA Mobile

Ada beberapa kelebihan cek saldo BCA lewat BCA Mobile, yaitu:

1. Transaksi Dapat Anda Lakukan Tanpa Perlu Ganti SIM CARD

Saat Anda ingin melakukan cek saldo maupun transaksi lainnya lewat BCA Mobile, maka Anda tidak perlu ganti SIM CARD dulu. Hal ini akan semakin mempermudah Anda, terutama yang sedang buru-buru harus melakukan transaksi.

2. Tidak Dikenakan Biaya

Cek saldo di BCA Mobile tidak dikenakan biaya, sehingga akan membuat Anda lebih hemat.

3. Dapat Menyimpan Daftar Pembayaran

Anda bisa menyimpan daftar pembayaran yang sering dilakukan via BCA Mobile. Jadi, tidak perlu memasukkannya lagi saat akan membayar. Cukup pilih daftar pembayaran yang akan dituju dan selesai.

4. Memanfaatkan Fasilitas Daftar Transfer

Selain dapat menyimpan daftar pembayaran, BCA Mobile memiliki fasilitas Daftar Transfer yang memungkinkan Anda bisa menyimpan berbagai nomor rekening. Dengan begitu, ketika Anda akan mentransfer ke nomor rekening tertentu, tinggal klik “Daftar Transfer” dan temukan nomor rekening yang Anda tuju.

5. Praktis dan Mudah Digunakan

BCA Mobile terkenal sebagai aplikasi yang mudah digunakan dan praktis. Tak hanya untuk mengecek saldo dan transfer saja, Anda bisa melakukan berbagai macam transaksi serta pembayaran tagihan secara cepat kapan saja.

Cara Cek Saldo BCA via KlikBCA atau Internet Banking

Kehadiran internet mampu memudahkan segala urusan masyarakat, tak terkecuali dalam urusan transaksi keuangan. Oleh karena itu, BCA mulai menghadirkan layanan internet banking bernama KlikBCA. Tentunya, Anda dapat mengakses layanan klikBCA untuk cek saldo dengan mudah.

Sebelum mulai mengecek saldo BCA via KlikBCA, pastikan Anda melakukan registrasi dulu via ATM maupun customer service. Setelah itu, barulah Anda bisa mengecek saldo di KlikBCA dengan mudah.

Cara Registrasi KlikBCA via ATM

  • Pertama, Anda bisa memasukkan kartu ATM dan PIN ke mesin ATM BCA terlebih dahulu.
  • Klik menu “Daftar E-Banking/Autodebet”, lalu pilih “Internet Banking”.
  • Buat PIN KlikBCA dengan kombinasi 6 digit angka unik yang mudah Anda ingat.
  • Selanjutnya, ketik kembali PIN KlikBCA yang sudah Anda buat sebelumnya.
  • Nantinya, akan keluar struk berisi user ID KlikBCA milik Anda, lalu simpan struk itu sebagai bukti pendaftaran internet banking.

Cara Registrasi KlikBCA via Customer Service

Apabila ingin registrasi KlikBCA secara langsung, Anda bisa datang ke kantor cabang BCA terdekat di kota Anda. Selanjutnya, datangi bagian customer service, lalu katakan bahwa Anda ingin registrasi KlikBCA. Dengan begitu, CS akan membantu Anda mempersiapkan segala hal untuk pendaftaran internet banking tersebut.

Cara Cek saldo BCA via KlikBCA atau Internet Banking

Apabila KlikBCA milik Anda sudah aktif, maka bisa langsung coba digunakan untuk mengecek saldo BCA, yaitu:

  • Silakan masuk ke URL www.klikbca.com terlebih dahulu.
  • Kemudian, Anda bisa login dan pilih tipe internet banking yang akan digunakan, yaitu “Individual” atau “Bisnis”.
  • Masukkan “User ID” dan “PIN KlikBCA”, lalu pilih menu “Informasi Rekening”.
  • Pilih “Informasi Saldo” dan jangan lupa untuk logout jika urusan telah selesai.

Kelebihan KlikBCA atau Intenet Banking

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh KlikBCA untuk proses pengecekan saldo maupun transaksi lainnya, yaitu:

1. Aman

KlikBCA sudah terjamin keamananya, sehingga Anda tidak perlu khawatir saat ingin menggunakannya.

2. Bisa Melakukan Berbagai Macam Transaksi Secara Cepat

Tak hanya cek saldo saja, Anda bisa melakukan berbagai macam transaksi seperti halnya di ATM. Bahkan, di KlikBCA semua transaksi yang Anda lakukan bisa berlangsung dengan cepat. Mulai dari transaksi transfer, pembayaran tagihan, pembelian pulsa dan masih banyak lagi.

3. Praktis

Layanan internet banking dari BCA ini pun bisa Anda gunakan secara praktis. Dengan begitu, para pemula pun tidak akan kesulitan saat pertama kali mengakses KlikBCA.

4. Cocok untuk Pengguna Smartphone

Dikarenakan KlikBCA digunakan melalui jaringan internet, maka layanan ini cocok sekali digunakan oleh para pengguna smartphone. Anda tidak perlu pergi ke ATM hanya untuk mengecek saldo BCA. Lewat KlikBCA, semuanya bisa dilakukan dengan cepat dan praktis kapan saja.

Cara Cek Saldo BCA Lewat SMS

SMS BCA termasuk ke dalam salah satu layanan yang dimiliki oleh BCA untuk mempermudah berbagai transaksi via SMS. Para nasabah bisa mendapatkan segala informasi perbankan hanya dengan mengirim pesan melalui SMS di smartphone.

Supaya bisa melakukan layanan SMS BCA, Anda harus melakukan registrasi dulu melalui ATM BCA dengan cara berikut.

Cara Registrasi SMS BCA via ATM

  • Anda bisa datang ke ATM BCA terdekat, lalu masukan kartu ATM BCA ke mesin ATM tersebut.
  • Pilih “Bahasa Indonesia” dan masukkan “PIN BCA” Anda dengan benar.
  • Pilih menu “Daftar E-Banking/Autodebet” dan klik opsi “SMS BCA”.
  • Selanjutnya, Anda bisa menyetujui syarat dan ketentuan SMS BCA, lalu masukkan nomor HP aktif yang Anda pakai untuk transaksi di SMS BCA.
  • Selanjutnya, masukkan kode akses sebanyak 4 digit sesuai pilihan sendiri, lalu masukkan ulang 4 digit kode akses dan klik “Benar”.
  • Klik “YA” jika Anda sudah setuju dan konfirmasi nomor HP yang sudah dimasukkan.
  • Terakhir, mesin ATM akan mengeluarkan struk bukti registrasi SMS BCA.

Cara Cek Saldo BCA Lewat SMS BCA

Apabila proses registrasi SMS BCA sudah Anda lakukan dengan tepat, kini saatnya mulai melakukan pengecekan saldo BCA lewat SMS BCA, yaitu:

  • Masuk ke menu SMS yang ada di HP masing-masing.
  • Ketik Saldo (spasi) kode akses dan kirim ke 69888. Contoh: Saldo 4321 kirim ke 69888.
  • Nantinya, Anda akan langsung mendapatkan informasi saldo BCA yang diminta dan melihat rinciannya secara detail.

Tarif Layanan SMS BCA

Bagi para pelanggan prabayar, tarif layanan SMS BCA akan dipotong lewat pulsa, yaitu mulai dari Rp400 - Rp1.670 per SMS.

Sementara untuk tarif pascabayar, maka pembayaran tarif akan ditagih dalam bentuh tagihan bulanan.

Jadi, untuk pengecekan saldo BCA di HP via SMS BCA akan dikenakan biaya setiap kali Anda melakukan transaksi, termasuk cek saldo. Oleh karena itu, jika ingin menggunakan layanan ini, pastikan Anda mempersiapkan dana untuk tagihannya, ya.

Kelebihan Layanan SMS BCA

Ada beberapa kelebihan yang dimiliki oleh layanan SMS BCA, yaitu:

1. Dapat Diakses via Smartphone

SMS BCA bisa Anda akses dengan mudah via smartphone melalui menu SMS. Selain itu, cara pengecekan saldo pun cukup mudah dan bisa Anda selesaikan dalam waktu beberapa detik saja.

2. Perintah dan Jawaban SMS Bisa Anda Simpan

Saat Anda melakukan cek saldo maupun transaksi lainnya via SMS BCA, maka perintah dan jawaban SMS pun bisa Anda simpan di HP. Hal ini berlaku untuk bukti pengiriman atau pengecekan, sehingga akan terjamin aman.

3. Bebas Transaksi Kapan dan Dimana Saja

Melalui SMS BCA, Anda bisa melakukan transaksi kapan dan dimana saja, termasuk pengecekan saldo maupun transfer. Pasalnya, SMS BCA juga sama seperti layanan e-banking lainnya. Bisa Anda akses tanpa peduli waktu, baik itu pagi, siang maupun malam hari.

4. Nyaman dan Efisien

Penggunaan SMS BCA tergolong aman, sehingga akan membuat Anda merasa nyaman dan efisien. Oleh karenanya, banyak orang yang menggunakan layanan SMS BCA untuk menyelesaikan aktivitas transaksi yang mereka miliki dengan mudah dan cepat.

5. Dapat Anda Akses Lewat Operator SIM CARD Apapun

Tentunya, daftar atau registrasi SMS BCA bisa Anda lakukan menggunakan operator dari SIM CARD apapun yang berlaku di Indonesia. Jadi, Anda tidak perlu bingung saat ingin menentukan SIM CARD mana yang cocok digunakan. Biar lebih praktis, Anda bisa menggunakan kartu SIM yang aktif digunakan saat ini.

Cara Cek Saldo BCA via Telepon

Jika Anda ingin mengecek saldo BCA menggunakan menu panggilan telepon di HP, tanpa perlu gunakan SMS BCA, internet banking, maupun mobile banking, maka ini bisa menjadi pilihan terbaik.

Walaupun begitu, tetap saja nomor yang akan Anda gunakan harus sudah terdaftar di m-banking. Kalau tidak, Anda tidak akan bisa melakukan pengecekan saldo BCA via telepon.

Kalau nomor telepon Anda sudah terdaftar, maka bisa coba ikuti cara cek saldo BCA via telepon berikut:

  • Silakan buka menu dial pada HP masing-masing.
  • Selanjutnya, Anda bisa ketik dial *141# dan klik “Panggil” atau “Call”.
  • Pilih angka “1” untuk bisa mendapatkan akses ke BCA, lalu klik “Kirim”.
  • Input nomor “1”  dan klik “kirim”, lalu ulangi tulis angka “1” agar bisa memilih menu “Info Saldo”, lalu klik “kirim”.
  • Masukkan kode akses atau PIN SMS banking, sehingga nantinya akan terlihat tampilan saldo BCA yang Anda miliki.

Bagaimana, mudah sekali, bukan?

Lebih singkatnya, panggilan dial untuk cek saldo BCA bisa Anda gunakan dengan format *141*1*1*1*1#. Jadi, Anda tinggal memasukkan kode akses saja dan selesai. Lebih praktis, bukan?

Pengecekan saldo ini cocok untuk Anda yang sedang terburu-buru, sehingga tidak perlu membuka m-banking maupun internet banking terlebih dahulu.

Kelebihan Cek Saldo BCA via Telepon

Tentunya, ada banyak kelebihan cek saldo BCA via Telepon, yaitu:

1. Proses Cepat dan Efisien

Saat Anda menggunakan menu dial untuk cek saldo BCA, maka prosesnya hanya akan dilakukan dalam beberapa detik saja. Anda bisa menggunakan cara ini supaya lebih efisien tanpa perlu menggunakan kuota internet.

2. Format Mudah

Format untuk proses pengecekan saldo via telepon pun sangat mudah untuk Anda ingat. Jadi, Anda tidak akan lupa dan bisa mengecek saldo kapan saja. Hal ini tentu berbeda saat Anda mengecek saldo di ATM atau SMS banking yang akan dikenakan biaya. Oleh karena itu, banyak orang yang menggunakan format pengecekan saldo via telepon supaya lebih mudah.

3. Gratis

Menariknya, tidak ada biaya sepeserpun yang akan dibebankan kepada Anda saat mengecek saldo BCA via telepon. Semuanya bisa diakses secara gratis berapa kalipun Anda mengecek saldo dalam satu hari. Jadi, Anda akan lebih hemat dan tak menghabiskan uang untuk pengecekan saldo.

Dari beberapa cara cek saldo BCA lewat HP di atas, Anda bisa memilih salah satu metode yang paling mudah dan praktis menurut Anda. Pasalnya, semua cara diatas bisa diakses dari HP, tanpa perlu keluar untuk datang ke ATM maupun kantor cabang terdekat.

Dengan adanya cara diatas, maka proses pengecekan saldo pun bisa dilakukan kapan saja. Menarik, bukan?

Cara Cek Saldo BCA Lewat HP - Q&A

Berapa biaya cek saldo m-banking BCA?

Perlu Anda ketahui bahwa jika mengecek saldo via m-banking BCA atau BCA mobile, maka tidak akan dipungut biaya sama sekali. Jadi, Anda dapat mengecek saldo di BCA mobile secara gratis berapa kali pun.

Buat m-banking BCA harus punya pulsa berapa?

Apabila Anda akan membuat m-banking BCA, maka pastikan untuk memiliki pulsa minimal sebesar Rp1000 supaya bisa mengaktifkan layanannya dengan lancar.

Apakah Internet Banking BCA dikenakan biaya?

Pada tahun 2019, biaya transfer antar bank via LLG dikenakan biaya sebesar Rp3.500. Lalu pada tahun 2022, biaya transfer terpantau turun menjadi Rp2.900 per transaksi. Kemudian pada tahun 2021 sampai 2022 saat ini, ketentuan tarif biaya transfer ini masih belum ada perubahan.

Apa perbedaan KlikBCA dan m-BCA?

KlikBCA merupakan layanan internet banking yang kegunaannya hampir sama dengan aplikasi m-BCA. Bedanya, kalau klikBCA harus Anda akses melalui website resmi BCA, sementara m-BCA cukup download aplikasinya di Play Store atau App Store, lalu pasang di smartphone masing-masing.

Apakah bisa daftar KlikBCA lewat HP?

Pendaftaran layanan internet banking, yaitu KlikBCA bisa Anda lakukan secara mudah dan praktis melalui HP. Sehingga, Anda bisa melakukannya sendiri dengan mudah tanpa perlu datang ke kantor cabang secara langsung. Ditambah lagi, daftar sendiri via HP akan lebih cepat dan efisien.

Internet Banking BCA digunakan untuk apa saja?

Anda bisa menggunakan internet banking BCA untuk cek saldo, transfer ke sesama maupun beda bank, pembayaran tagihan, pembelian pulsa dan token listrik dan masih banyak lagi.

Bisakan daftar m-banking BCA Tanpa ke bank?

Bisa. Anda hanya perlu melakukan registrasi di ATM, lalu aktivasi via aplikasi BCA Mobile di HP.

Itulah informasi seputar cara cek saldo BCA lewat HP yang bisa Anda lakukan secara praktis, mudah dan efisien. Anda dapat memilih salah satu cara diatas, sehingga tidak perlu bingung saat ingin tahu nominal saldo yang tersisa di rekening. Jadi, cara mana yang akan Anda pilih untuk cek saldo BCA tersebut?

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url