Cara Pembayaran Tiket Kereta Api Via BCA Mobile: Virtual Account & QRIS

Cara Pembayaran Tiket Kereta Api Via BCA Mobile - Ada yang masih bingung dengan cara pembayaran tiket kereta api via bca mobile? Sekarang ini, mau pesan tiket kereta sebenarnya sudah sangat mudah sekali. Kalau dulu justru sebaliknya, bila Anda ingin bepergian ke tempat lain yang mengharuskan naik kereta akan sangat merepotkan sekali.

Khususnya saat harus beli tiket kereta. Anda diharuskan membelinya di loket khusus yang sudah disediakan. Belum lagi harus antri dengan pengguna lain transportasi tersebut. Jika tidak tepat waktu, biasanya bahkan sampai kehabisan tiket. Rencana perjalanan Anda pun jadi terhambat.

Sekarang, seiring berkembangnya teknologi membeli tiket kereta jadi makin mudah. Anda tidak perlu lagi antri di loket khusus dan berdesakan dengan pengguna kereta api lain. Pasalnya sudah banyak sekali platform yang menyediakan tiket kereta bagi yang mau memesannya.

Anda tinggal mengunjungi website mereka untuk pesan tiket kereta api. Lalu bagaimana dengan pembayarannya? Tentu dengan teknologi m-banking atau internet banking. Beberapa platform pembelian tiket kereta juga menyediakan layanan pembayaran via ATM. Hal ini tentu menjadi kemudahan sendiri buat para pengguna transportasi kereta.

Membeli dan Membayar Tiket Kereta Jadi Makin Mudah

Jika Anda berencana mau melakukan perjalanan menggunakan kereta, sudah pasti akan banyak sekali yang perlu dipersiapkan. Tiket kereta ini adalah salah satu yang tidak boleh ditinggalkan. Pasalnya, hanya dengan tiket kereta Anda bisa menggunakan transportasi tersebut.

Tiket kereta bisa dibeli dengan mudah saat ini. Bukan seperti dulu yang harus dibeli di loket yang ditentukan. Anda bisa membelinya di beberapa platform layanan akomodasi terbaik. Diantaranya seperti Kai.id, Traveloka.com, Tiket.com, Tiketkai.com, Pegipegi.com, Misteraladin.com, dan masih banyak lagi.

Beberapa platform tersebut semuanya bisa melayani pembelian tiket kereta online. Anda bisa mengandalkan salah satunya untuk kebutuhan pembelian tiket kapan saja tidak terbatas waktu. Semua platform juga dikenal sangat populer bahkan tidak jarang kehabisan tiket kereta khususnya saat musim liburan tiba.

Setelah membeli, tentu saja Anda harus melakukan pembayaran. Layanan akomodasi biasanya memberikan banyak opsi pembayaran. Dari mulai ATM hingga m-banking dan semuanya punya kelebihan masing-masing.

Pada intinya sekarang membeli tiket kereta bisa jauh lebih mudah dan praktis. Begitu juga soal pembayarannya yang kian gampang dilakukan. Namun, yang harus Anda ingat adalah setiap platform layanan akomodasi memilih cara yang berbeda-beda dalam melakukan pembayaran. Walaupun secara garis besar pada intinya masih sama saja.

Dengan kemudahan pembelian maupun pembayaran tiket kereta, rencana perjalanan Anda jadi makin nyaman. Apabila tiket sudah ditangan, artinya Anda hanya perlu melakukan persiapan lain. Seperti packing atau mengingat-ingat apakah ada barang yang sekiranya lupa atau tertinggal.

Bahkan sisa waktu pun dapat Anda gunakan untuk beristirahat. Apalagi jika perjalanan yang harus ditempuh itu cukup lama. Istirahat cukup akan membuat badan Anda jadi lebih segar. Tidak perlu mengantri tiket kereta di loket pembelian yang banyak menguras tenaga. Anda menggunakan layanan tersebut jika ingin bepergian menggunakan kereta di masa sekarang.

M-Banking Lebih Banyak Dijadikan Solusi Pembayaran Tiket Kereta

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, tiket kereta sekarang sudah bisa dibeli dengan lebih mudah. Begitu juga dengan sistem pembayarannya pun sudah lebih banyak pilihan. Ada platform layanan akomodasi yang memberikan cara pembayaran via ATM, transfer, m-banking, hingga internet banking.

Masing-masing tentu punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Seperti via ATM, mungkin Anda Anda harus pergi dulu mencari mesin ATM terdekat. Jadi, mau tidak mau Anda harus keluar rumah. Jadi walaupun pesan tiket bisa dilakukan di mana saja, Anda tetap perlu keluar untuk cari mesin ATM. Bukan hanya rugi waktu tapi juga tenaga.

Berikutnya beberapa platform layanan akomodasi juga memberikan opsi pembayaran via transfer bank. Ini lebih merepotkan lagi, karena Anda harus pergi ke bank terkait. Artinya bukan hanya keluar rumah saja, namun perlu antri dengan nasabah lain di bank tersebut yang memiliki kepentingan berbeda dengan Anda.

Internet banking juga dapat memberikan solusi pembayaran tiket kereta dari layanan akomodasi. Walaupun tidak terlalu banyak peminatnya, cara pembayaran satu ini tetap ada yang memilihnya. Mudah memang, tapi tetap punya resiko yang harus Anda tanggung.

Jenis resiko penggunaan internet banking sebagai metode pembayaran tiket kereta yang dibeli via layanan akomodasi seperti server yang eror. Biasanya ini akan sangat merugikan Anda dari segi waktu. Bahkan, tidak sedikit kejadian dimana seharusnya dana yang Anda transfer seharusnya sudah masuk, padahal pihak layanan akomodasi sama sekali belum menerimanya.

Dalam hal ini, tentu Anda akan direpotkan yaitu untuk mengurus masalah tadi. Beberapa bahkan sampai harus membatalkan perjalanan. Terpaksa mengganti perjalanan ke lain hari dan tentu akan merugikan Anda.

Oleh sebab itu, hingga sekarang pembayaran tiket kereta yang dibeli dari layanan akomodasi lebih banyak dipilih via m-banking. Cara ini dipandang lebih aman dan sudah banyak yang membuktikan sendiri. Pembayaran tiket kereta pakai m-banking biasanya menggunakan kode virtual account atau qris. Keduanya sama-sama mudah dilakukan.

Paling penting, Anda tidak perlu keluar rumah lagi. Cukup pesan tiket dan beli via layanan akomodasi online. Kemudian tinggal lanjutkan dengan langkah pembayaran. Pakai m-banking dari smartphone Anda. Jadi makin praktis dan sederhana bukan?

Bayar Pembelian Tiket Kereta Api Menggunakan BCA Mobile

Anda sudah lama menjadi nasabah bank BCA? Jika benar begitu, Anda bisa tenang karena sekarang bayar pembelian tiket kereta bisa pakai layanan tersebut. Nasabah bank BCA hingga saat ini sudah sangat banyak. Pasalnya bank tersebut memiliki banyak layanan yang menguntungkan.

Bukan hanya untuk menabung saja. Beberapa layanan lain juga terbukti bisa membantu memudahkan transaksi keuangan nasabah. Misalnya untuk keperluan pembayaran virtual. Sekarang ini Anda sebagai nasabah bank BCA tidak perlu susah-susah membayar segala tagihan bulanan.

M-banking BCA atau BCA mobile bisa jadi solusi. Anda bisa membayar tagihan kapan saja dan di mana saja hanya perlu menggunakan fasilitas tersebut. Selain itu, untuk belanja online pun demikian. Kebutuhan pembayaran tagihan belanja online pun menjadi semakin mudah pakai m-banking BCA.

Begitu juga untuk membayar tiket kereta. Anda bisa beli tiket kereta pada layanan akomodasi yang telah disebutkan sebelumnya. Lalu untuk urusan pembayaran bisa langsung pilih metode pembayaran m-banking BCA. Bayar dengan m-banking BCA Anda tidak akan kesulitan sama sekali.

Justru sebaliknya, pembayaran tiket kereta jadi super cepat. Hal ini juga yang membuat layanan bank BCA jadi makin populer. Nasabahnya juga membludak setiap tahunnya makin bertambah.

Cara Pembayaran Tiket Kereta Api Via BCA Mobile

Bagi Anda yang sudah cukup lama menjadi nasabah bank BCA mungkin saja masih belum tahu jika ada layanan ini. Anda bisa membayar pembelian tiket kereta secara online via m-banking BCA. Caranya pun tergolong sederhana dan bahkan lumayan mudah sekali.

Walaupun begitu, bisa jadi untuk Anda yang memang belum pernah tahu layanan satu ini akan sedikit kesulitan. Pasalnya, ada beberapa langkah yang harus dilakukan. Namun jangan khawatir, Anda hanya perlu mengikuti panduan yang akan dibahas berikut ini dengan seksama.

Sebelum mulai membahas cara pembayaran tiket kereta api via BCA Mobile, Anda harus ketahui dulu informasi lain. Anda bisa bayar tiket pesawat via BCA Mobile bisa melalui 2 metode. Pertama dengan menggunakan virtual account dan kedua adalah qris. Keduanya sama-sama mudah jika Anda memang mengetahui dengan betul setiap langkahnya. Berikut penjelasan selengkapnya:

Cara Pembayaran Tiket Kereta Api Via Mobile Banking Melalui Virtual Account

Pertama Anda bisa membayar pakai virtual account. Cara ini juga cukup banyak yang memilihnya karena tergolong mudah. Bagi Anda yang kebetulan belum pernah menggunakannya, jangan khawatir. Tinggal ikuti saja panduannya berikut ini:

1. Beli Tiket Kereta

Silahkan beli dulu tiket kereta api yang diinginkan. Anda bisa membelinya via situs layanan akomodasi. Anda dapat pilih situs akomodasi yang bisa memberikan harga tiket paling murah.

2. Isi Data yang Dibutuhkan

Berikutnya setelah pilih situs akomodasi, biasanya Anda akan diarahkan untuk mengisi beberapa data. Dari mulai identitas diri, stasiun keberangkatan, kelas, jam keberangkatan, dan sebagainya.

3. Lakukan Konfirmasi Persetujuan

Beberapa situs akomodasi memang memberikan langkah-langkah berbeda-beda. Namun, pada intinya sebenarnya masih sama. Jadi setelah Anda mengisi beberapa data pada umumnya akan langsung muncul halaman persetujuan.

Sebelumnya Anda perlu memeriksa dulu semua kelengkapan data yang diisi. Dari mulai penulisan, apakah sudah benar menulis jam keberangkatan, dan lain sebagainya. Jika sudah yakin, baru silahkan Anda klik centang yang menunjukkan persetujuan.

4. Pilih Gerbong dan Kursi

Selanjutnya pada umumnya, Anda akan diarahkan untuk memilih gerbong serta nomor kursi. Maka, untuk tahap ini silahkan lakukan sesuai instruksi saja. Pilih mana yang menurut Anda paling nyaman atau sesuai kebutuhan. Jika sudah tinggal klik “simpan”.

5. Pilih Metode Pembayaran “BCA Virtual Account”

Pada tahap ini adalah yang paling penting. Nanti, setelah memilih kursi dan gerbong pada layar akan muncul opsi metode pembayaran. Jangan lupa untuk selalu klik opsi “BCA virtual account”. Perhatikan baik-baik karena langkah ini akan berpengaruh untuk kedepannya nanti.

Jika saat memilih metode pembayaran ini Anda salah, maka justru akan menimbulkan masalah pada tahap setelahnya. Opsi ini hampir ada di semua layanan pembelian tiket akomodasi. Mengingat bank BCA sudah tidak bisa diragukan lagi popularitasnya. Jadi, Anda pun kemungkinan besar tidak akan kesulitan mencarinya.

6. Login M-Banking BCA

Oleh karena Anda akan membayar tiket kereta via BCA mobile, tentu saja langkah selanjutnya Anda harus membuka aplikasi tersebut. Pastikan sebelumnya Anda sudah mengunduh aplikasi M-BCA. Sehingga otomatis telah terinstall di smartphone Anda.

Apabila sudah yakin teristall, silahkan lakukan proses pendaftaran terlebih dahulu. Proses registrasi pun sama sekali tidak susah. Seperti saat Anda mendaftar aplikasi mobile banking pada bank-bank lainnya.

Jika sudah, sebelum bayar tiket kereta lakukan login dulu ke M-BCA. Caranya seperti biasanya, masukkan kode password 6 digit sesuai yang Anda daftarkan sebelumnya. Anda tidak bisa login? Artinya kode 6 digit yang dimasukkan kurang tepat. Coba lagi sampai bisa login ke aplikasi m-BCA.

7. Klik m-Transfer

Cara Pembayaran tiket kereta api via BCA Mobile dengan menggunakan virtual account berikutnya adalah klik m-transfer. Saat Anda berhasil login, maka pada layar akan muncul banyak pilihan menu. Ada m-transfer, m-info, m-Payment, m-commerce, dan sebagainya.

Menu ini tidak terlalu sulit ditemukan. Biasanya berada di sebelah menu m-info. Biasanya Anda menggunakan menu ini untuk mengirimkan dana ke rekening lain. Baik itu sesama nasabah BCA maupun bank lain.

8. Pilih BCA Virtual Account

Berikutnya setelah menu m-transfer Anda pilih, pada layar akan muncul halaman baru lagi. Isinya adalah opsi pembayaran transfer. Khusus untuk langkah satu ini hanya harus klik opsi “BCA Virtual Account”. Jangan sampai salah karena akan berpengaruh pada proses berikutnya.

9. Masukkan Kode Platform Situs Akomodasi Tempat Membeli Tiket Kereta Api

Tahap selanjutnya adalah silahkan masukkan kode virtual account. Sesuaikan platform situs akomodasi tempat Anda membeli tiket kereta api. Pasalnya setiap platform pastinya memiliki nomor virtual account yang berbeda-beda. Jadi tanyakan dulu atau setidaknya cari informasi dulu.

Contohnya seperti tokopedia, virtual account pembayaran pembelian tiket kereta di sana adalah 80777 + nomor HP. Kalau Anda kebetulan membeli tiket kereta api melalui PT.KAI maka virtual account yang digunakan adalah 711711.

Jadi misalnya saja Anda membeli tiket kereta api via platform Tokopedia. Artinya pada opsi virtual account tinggal tulis saja 80777 + No HP yang terdaftar di aplikasi tokopedia (80777081256XXXXX).

10. Klik “OK”

Jika sudah, silahkan periksa ulang segala data yang sudah tersimpan sebelumnya. Jangan sampai ada kesalahan penulisan nomor atau kode virtual. Apabila ada kesalahan langsung diganti. Setelah semuanya dirasa sudah benar, Anda tinggal klik saja opsi “Ok”, untuk melanjutkan proses pembayaran.

11. Masukkan PIN m-BCA

Selanjutnya silahkan Anda masukkan PIN m-BCA. PIN yang biasanya Anda gunakan sehari-hari saat menggunakan BCA Mobile. Seperti untuk melihat sisa saldo, transfer, dan lain sebagainya. Untuk PIN m-BCA ini juga tidak boleh sampai salah entry. Bukan hanya akan memakan lebih banyak waktu, tapi rekening Anda juga bisa diblokir jika berkali-kali salah memasukkan.

12. Pembayaran Selesai

Ketika Anda berhasil memasukkan PIN m-BCA artinya proses pembayaran pembelian tiket kereta secara online sudah berhasil. Anda dapat mengeceknya pada notifikasi BCA Mobile. Biasanya akan langsung muncul transaksi yang berhasil Anda lakukan. Bila perlu cek juga pada platform dimana Anda membeli tiket kereta tadi.

Cara Pembayaran Tiket Kereta Api Via BCA Mobile Menggunakan QRIS

Selain menggunakan virtual account, ada metode lain yang dapat dicoba. Membayar pembelian tiket kereta online pakai BCA Mobile juga bisa lewat QRIS. Anda yang terbiasa bertransaksi online pasti sudah tidak begitu asing dengan istilah tersebut.

Sudah cukup banyak merchant yang lebih memilih melayani sistem pembayaran non tunai satu ini. Bukan hanya lebih mudah, tapi QRIS juga menjamin keamanan. QRIS akan memunculkan semacam kode QR yang dapat di scan melalui smartphone.

Namun khusus untuk cara pembayaran tiket kereta api via BCA mobile jika pakai QRIS ini nanti Anda harus mengunduh kode QR terlebih dahulu. Jangan khawatir, meskipun kelihatan rumit sebenarnya ini sangat mudah kok. Jika belum terlalu paham, coba Anda ikuti saja panduan selengkapnya di bawah ini:

1. Silahkan Lakukan Pemesanan Tiket

Untuk cara pembayaran tiket kereta api via BCA Mobile pakai QRIS ini awali dulu dengan pembelian tiketnya. Pada umumnya, layanan pembayaran m-bca pakai QRIS ini disediakan oleh platform KAI Access. Cara belinya sebenarnya sama dengan saat Anda membelinya dari platform layanan akomodasi lainnya. Pastikan saja semua data yang perlu diisi sudah Anda lengkapi dengan baik.

2. Pilih Metode Pembayaran “QRIS”

Sama dengan saat Anda bayar pembelian tiket pesawat melalui platform layanan akomodasi lain. Nantinya akan dihadapkan pada pilihan metode pembayaran. Kalau cara pembayaran tiket kereta api via BCA Mobile yang sebelumnya Anda harus pilih opsi “virtual account” bukan?

Namun, beda untuk saat ini. Opsi pembayaran yang harus dipilih adalah “QRIS”. Pasalnya memang Anda pada akhirnya akan menggunakan layanan pembayaran tiket kereta dengan cara tersebut.

3. Klik “QRIS” Satu Kali Lagi

Setelah pilihan metode pembayaran yaitu “QRIS” sudah dipilih, biasanya akan muncul lagi menu tersebut. Mungkin untuk konfirmasi apabila Anda sudah benar-benar yakin mau menggunakan pembayaran tiket kereta api pakai metode tersebut. Dalam hal ini, silahkan ikuti saja sesuai instruksi. Klik “QRIS” satu kali lagi.

4. Pilih Menu “Bayar”

Apabila Anda sudah klik opsi “QRIS” satu kali lagi, muncul lagi halaman baru. Informasi yang muncul adalah seputar cara pembayaran tiket kereta api via QRIS. Anda boleh membaca-baca ulang. Penjelasan yang disampaikan di sana pun sebetulnya sudah cukup lengkap dan mudah dipahami.

Namun, jika Anda merasa sudah paham boleh langsung skip. Pada bagian bawah cara pembayaran tiket kereta api via QRIS tadi akan ada menu “bayar”. Anda bisa langsung klik menu tersebut untuk mempersingkat waktu.

5. Muncul QR Code Pembayaran

Setelah Anda klik opsi “bayar” nanti selanjutnya akan muncul kode QR pembayaran. Bentuknya seperti kode QR pada umumnya. Namun, ada juga informasi lain yang turut ditampilkan yaitu jumlah tagihan yang harus Anda bayar. Nominalnya sudah pasti sesuai sehingga Anda tidak perlu memeriksanya lagi.

6. Unduh QRIS

Bagaimana Anda menyelesaikan pembayaran? Anda tidak mungkin scan kode QR tersebut bukan? Caranya adalah dengan mengunduh kode QRIS yang ditampilkan tadi. Biasanya, pada tampilan kode QRIS tepatnya bagian bawah muncul menu “unduh QRIS”. Langsung klik saja opsi tersebut. Nanti, kode QRIS akan secara otomatis masuk ke galeri HP Anda.

7. Buka Aplikasi BCA Mobile atau M-BCA

Sama dengan langkah sebelumnya ketika Anda membayar tiket kereta via BCA mobile pakai virtual account. Pada metode satu ini pun Anda harus membuka aplikasi m-BCA milik Anda. Jangan lupa login dulu seperti biasa.

8. Pilih m-BCA

Tahap berikutnya setelah berhasil login, layar akan menampilkan banyak opsi. Untuk langkah ini, klik saja pilihan “m-BCA”. Sebetulnya juga masih sama dengan langkah metode pembayaran dengan virtual account.

9. Pilih Menu QRIS

Setelah opsi m-BCA diklik, Anda bisa melihat banyak pilihan menu seperti m-info, m-transfer, dan lain-lain. Abaikan saja semua menu tersebut. Alihkan perhatian Anda pada bagian bawah yaitu menu QRIS dan langsung klik bila sudah menemukannya.

10. Pilih Ikon Galery

Selanjutnya pilih ikon galery. Menu ini bisa ditemukan pada bagian pojok kanan bawah. Simbolnya seperti gambar “picture” di PC. Apabila Sudah menemukannya tinggal klik opsi “file”. Pilih kode QR yang diunduh tadi.

11. Pilih “OK”

Muncul kode QRIS yang dimaksud berikut nomor transaksi dan nominal pembayaran. Pada bagian input tips, kosongkan saja. Jika sudah langsung klik “OK”. Konfirmasi dengan klik “OK” kedua kalinya.

12. Masukkan PIN m-BCA dan Pembayaran Berhasil

Terakhir tinggal masukkan PIN m-BCA Anda, lalu “Ok” untuk menyelesaikan transaksi. Pembayaran tiket kereta online pun berhasil. Bila perlu cek pada aplikasi KAI Access untuk memastikan pembayaran sudah masuk.

Demikian tadi cara pembayaran tiket kereta api via bca mobile. Bisa via QRIS maupun virtual account. Tinggal sesuaikan saja dengan kenyamanan Anda.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url