Begini Cara Cek Angsuran KUR BRI Online dan Offline Termudah

Cara cek angsuran KUR BRI Online - Masih tidak tahu cara cek angsuran KUR BRI online dan offline? Bagi nasabah BRI tentu hal ini sayang sekali. Apalagi jika kebetulan ingin mencoba mendirikan bisnis. Tentu butuh yang namanya modal. Hingga sekarang banyak perusahaan BUMN yang mendukung segala bisnis dan usaha yang dikelola oleh rakyat, salah satunya adalah bank BRI.

BRI memudahkan para nasabahnya untuk melakukan peminjaman modal atau keperluan transaksi lainnya. Dalam hal ini BRI menawarkan layanan KUR atau Kredit Usaha Rakyat. Melalui KUR sendiri, orang bisa meminjam dana dengan bunga yang lebih rendah. Tentunya bagi Anda yang mencoba melakukan pinjaman KUR BRI harus menyiapkan syarat-syarat khusus.

Anda bisa mencoba mengajukan pinjaman KUR bagi yang punya usaha minimal sudah berjalan 6 bulan. Pastikan saja penghasilan lebih besar daripada angsurannya, sehingga tidak ada kendala di masa depan terutama dalam hal pelunasan. Selain itu, Anda sebagai debitur harus rajin memperhatikan jatuh tempo untuk mengecek sisa angsuran. Dengan begitu, bisa bebas dari denda keterlambatan pembayaran.

Keunggulan KUR BRI

Sebelum membahas tentang cara cek angsuran KUR BRI online dan offline, ada baiknya ketahui dulu keunggulannya. Sebagai informasi saja, saat ini layanan KUR sendiri sudah ada di 45 lembaga penyalur di Indonesia. Hanya saja, fakta membuktikan jika KUR bank BRI masih banyak diminati oleh masyarakat. Hal ini karena banyaknya keunggulan yang dimiliki diantaranya seperti:

1. Produk KUR BRI Tergolong Lengkap

Jika dibandingkan dengan produk KUR lain, BRI terbilang lebih lengkap. Beberapa diantaranya mulai dari produk mikro hingga KUR TKI saja tersedia. Apalagi, sekarang sudah ada KUR BRI online yang dapat diaplikasikan via channelling.

Mungkin ada yang belum tahu layanan BRI online satu ini. Wajar saja, karena termasuk baru. Walaupun begitu, sudah cukup populer di masyarakat. Layanan ini juga menggandeng Ride Hailing ternama di Indonesia, sebut saja Gojek, tokopedia, serta Shopee.

2. Jaringan Bank BRI Luas

Banyak alasan yang mendasari orang lebih suka memutuskan menjadi nasabah bank BRI. Salah satu penyebabnya adalah karena BRI ini lokasinya sangat mudah ditemukan di banyak lokasi. Sebab, bank BRI faktanya tersebar di seluruh Indonesia.

Kemudahan dalam menemukan unit kantor cabang tersebut, akhirnya nasabah juga makin nyaman. Misalnya jika ingin mencari informasi tentang syarat, cara pengajuan, serta tabel angsuran KUR.

Sampai sekarang BRI terbukti menerima pengajuan permohonan KUR lewat beberapa kantor perwakilan. Termasuk kantor unit, unit pembantu, teras BRI, hingga teras BRI kapal. Anda dijamin tak akan kesulitan dalam hal pengajuan pinjaman KUR atau transaksi keuangan lainnya.

3. Bunga Kecil

KUR BRI yang paling penting adalah bisa memberikan pinjaman dengan bunga kecil. Bunga pinjaman per tahun yang dibebankan oleh debitur hanya sebesar 6% saja. Selain itu pinjaman KUR BRI juga terkenal mempunyai tenor yang lama.

4. Dana KUR BRI Paling Besar

Anda harus tahu jika tahun 2021 target dana KUR BRI adalah sebesar Rp170 triliun, untuk prioritas segala segmen mikro. Tahun sebelumnya, target penyaluran KUR yaitu sebesar Rp140 triliun. Artinya terjadi kenaikan sebesar Rp30 triliun.

BRI yakin menaikkan dana KUR karena nyatanya di tahun sebelumnya yaitu 2020 sudah berhasil menyalurkan total dana sebesar Rp125,62 triliun. Hal tersebut diyakini disebabkan karena kemudahan syarat yang dibebankan pada calon debitur.

Selain itu, dukungan beberapa platform digital sebagai sarana pengajuan KUR pun menyebabkan permintaan kredit KUR makin mengalami peningkatan. Atas dasar fakta tersebut, bank BRI akhirnya memilih untuk meningkatkan target penyaluran kredit.

5. Cara Pembayaran Cicilan Mudah

Menjadi bahan pertimbangan banyak orang saat akan mengambil kredit adalah cara pembayaran angsuran. Jika Anda memutuskan mengambil kredit KUR BRI tidak perlu khawatir soal cara pembayaran. Sebab, pembayaran angsuran KUR BRI ini bisa dikatakan sangat fleksibel.

Anda bisa melakukan pembayaran secara setor tunai dengan mendatangi langsung teller BRI. Bukan hanya itu saja, sebagai debitur Anda pun dapat membayar cicilan angsuran tiap bulan via ATM sehingga tidak perlu repot antri lama.

Bahkan, disediakan juga sistem pembayaran angsuran secara online. Cara cek angsuran KUR BRI online dan offline akan dijelaskan pada pembahasan berikutnya. Kemudahan cek serta pembayaran angsuran tersebut tentu akan memberikan keleluasaan pada debitur dalam mencicil pinjaman KUR setiap bulan.

Apa Itu Cek Angsuran KUR BRI?

Anda pasti ingin tahu cara cek angsuran KUR BRI online dan offline. Namun ada baiknya pahami dulu tentang apa itu cek sisa pinjaman KUR BRI. Secara umum, cek sisa angsuran adalah langkah atau cara untuk bisa mengetahui besar kredit yang masih tersisa dalam pelayanan pinjaman.

Artinya, pengertian cek angsuran KUR BRI adalah proses cek nominal angsuran yang masih tersisa pada layanan KUR BRI. Bank BRI sebetulnya sudah menyiapkan beberapa cara sebagai pilihan debitur untuk bisa melihat sisa angsuran KUR, baik dengan metode online maupun offline.

Penting untuk Anda perhatikan adalah jika ada beberapa cara, memerlukan syarat agar proses pengecekan sisa angsuran KUR BRI bisa dilakukan. Syarat yang dimaksud adalah masing-masing debitur harus mempunyai CIF atau nomor kontak KUR.

Cara Cek Angsuran KUR BRI Online dan Offline

Kini saatnya pembahasan tentang cara cek angsuran KUR BRI online maupun offline. Mungkin diantara Anda lebih suka pakai salah satu caranya. Cara pengecekan online memang lebih mudah. Namun, tidak sedikit juga yang lebih suka cara offline. Untuk lebih jelasnya simak penjelasan selengkapnya berikut ini:

Cara Cek Angsuran KUR BRI Online

Pertama-tama ada baiknya membahas tentang cara cek angsuran KUR BRI online. Pasalnya, metode ini terbukti paling banyak ditanyakan. Dengan mengecek sisa angsuran secara online, debitur merasa lebih mudah melakukannya. Bisa kapan saja dan dimana saja tak terbatas waktu. Bagi Anda yang mau mengecek sisa angsuran KUR BRI secara online, berikut cara-caranya

1. Via Call Center

Cara cek angsuran KUR BRI online yang pertama adalah bisa via call center. Ini adalah cara paling mudah, walaupun sebelumnya Anda harus memastikan jika perangkat telepon yang Anda pakai sudah terisi pulsa. Menghubungi call center adalah alternatif tepat untuk Anda yang ingin cari informasi tentang bank BRI dan layanannya termasuk mengecek angsuran KUR, begini langkah-langkahnya:

#1. Buka Perangkat HP

Pertama-tama, tentu saja Anda harus menyiapkan perangkat HP. Setelah itu buka, dan cari menu telepon. Sebelumnya pastikan perangkat telepon sudah diisi pulsa mencukupi. Pasalnya, call center BRI bukan merupakan layanan bebas pulsa.

#2. Hubungi Nomor Telepon Call Center BRI

Setelah itu, langkah yang perlu Anda lakukan hanya perlu memutar nomor telepon. Nomor telepon call center BRI ada di (021) 14017. Anda tidak boleh sampai salah memasukan nomor. Sebab, banyak nomor-nomor palsu yang mengatasnamakan bank BRI.

#3. Tunggu Sebentar

Jika Anda sudah yakin memasukkan nomor dengan benar, selanjutnya tinggal tunggu saja. Pasalnya, Anda mungkin masih berada dalam antrian untuk dilayani. Nanti akan ada petugas yang mengangkat sambungan telepon Anda.

#4. Tanyakan Jumlah Angsuran KUR BRI

Apabila telepon Anda sudah tersambung dengan petugas, langsung tanyakan tujuan Anda. Oleh karena Anda ingin mengetahui informasi tentang angsuran KUR BRI, tentu pertanyaan tersebut yang perlu diajukan.

Sebelumnya, jangan lupa berikan informasi selengkap mungkin tentang data nasabah. Siapa Anda sebagai debitur KUR dengan data yang lengkap dan benar. Dengan begitu, petugas tidak akan kesulitan mencari nama dan besaran angsuran KUR yang tersisa.

Sebagai catatan saja, bukan tidak mungkin sambungan telepon Anda akan lama direspon oleh petugas. Hal itu bisa terjadi karena bisa saja ada nasabah lain yang juga sedang menghubungi call center dalam waktu bersamaan. Jika sudah begitu, silahkan tunggu atau pakai cara lain untuk bisa mengecek angsuran BRI KUR.

2. Via Email

Cara cek angsuran KUR BRI online lainnya adalah via email. Kalau yang satu ini juga tidak kalah mudah dengan saat Anda mengecek angsuran KUR via call center. Bedanya di sini Anda tidak perlu menyediakan pulsa telepon. Cukup sediakan saja perangkat gadget serta koneksi internet. Berikut langkah-langkah mengecek angsuran KUR BRI online via email

#1. Buka Perangkat HP/Smartphone Lalu Akses Gmail

Langkah pertama-tama tentu saja Anda perlu membuka perangkat smartphone. Cara ini memang tidak membutuhkan pulsa telepon. Namun, Anda hanya perlu memastikan perangkat sudah terkoneksi dengan internet.

Ketika sudah yakin perangkat gadget sudah tersambung dengan internet, seperti biasanya langsung buka gmail. Perangkat gadget Anda pasti sudah menyediakannya sebagai salah satu menu pilihan.

#2. Klik Compose Tulis Informasi/Data yang Dibutuhkan

Berikutnya seperti saat Anda mau mengirim pesan via email pada umumnya. Klik menu “compose”, setelah itu tulis beberapa data yang diperlukan. Untuk mengetahui angsuran KUR BRI, data yang perlu dilampirkan adalah nomor rekening beserta nama debitur. Tulis data dengan benar agar prosesnya bisa lebih cepat.

#3. Kirim Email

Apabila seluruh data yang dibutuhkan tadi sudah dituliskan, dan Anda benar-benar yakin sudah betul, silahkan langsung kirim. Untuk alamat email BRI KUR adalah callbri.co.id. Periksa kembali alamat email-nya, pastikan sudah benar. Setelah itu langsung klik menu “kirim”.

#4. Tunggu Balasan

Hal terakhir yang perlu Anda lakukan hanya menunggu balasan dari admin. Biasanya, proses ini akan membutuhkan waktu sekitar 1x24 jam saja. Nanti, balasan email yang didapatkan debitur adalah terkait nominal sisa angsuran secara lebih terperinci.

Meskipun terlihat simple dan mudah, cara cek angsuran KUR BRI online via email tetap memiliki kendala. Salah satunya kemungkinan besar Anda tidak akan mendapatkan jawaban dengan cepat karena butuh waktu. Jika Anda memang terburu-buru ingin tahu informasi nominal angsuran KUR, bisa pakai cara lain pada pembahasan berikutnya.

3. Via Internet Banking

Apakah Anda sudah mendaftarkan diri untuk menggunakan internet banking BRI? Kalau benar begitu, silahkan manfaatkan untuk melihat angsuran KUR BRI Anda. Tak perlu susah-susah menghubungi call center atau menunggu balasan email dari admin BRI lagi. Tinggal buka HP langsung akses internet banking saja. Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

#1. Buka Device

Sama dengan cara cek angsuran KUR BRI online via email, Anda harus mengawali dengan membuka device. Untuk mengakses internet banking BRI, perangkat device yang bisa digunakan cukup banyak. Anda boleh mengakses via HP, laptop, maupun PC.

#2. Koneksikan Perangkat Dengan Internet

Tidak lupa, oleh karena cek angsuran BRI ini akan dilakukan secara online, tentu saja Anda membutuhkan koneksi internet. Sehingga, begitu sudah menghidupkan salah satu device, pastikan koneksi internetnya menyala. Anda bisa menggunakan jaringan seluler atau WiFi, yang penting lancar.

#3. Buka Browser

Setelah itu, silahkan Anda buka browser masing-masing. Untuk mengakses website internet banking BRI, semua jenis browser dapat dipergunakan. Pilih saja mana yang menurut Anda paling nyaman atau digunakan dalam keseharian.

#4. Masukkan Alamat Website Dengan Benar

Berikutnya ketika browser pada perangkat sudah terbuka, tinggal masukkan alamat websitenya. Untuk mengakses internet banking BRI, silahkan ketik pada kolom “search” https://ib.bri/co.id.

#5. Login

Begitu situs https://ib.bri/co.id sudah berhasil terbuka, akan muncul halaman utama. Anda bisa melihat menu “login”, silahkan di klik. Setelah itu masuk menggunakan user ID serta password. Jangan sampai salah entry, nanti prosesnya jadi makin lama.

#6. Masukkan Kode Validasi

Selanjutnya, Anda tinggal masukkan kode validasi. Seperti mengakses website pada umumnya, kode validasi ini cukup penting. Untuk memastikan jika Anda yang mengakses website BRI bukan robot, aplikasi, atau semacamnya.

#7. Pilih Menu “Rekening”

Begitu kode validasi sudah dimasukan, Anda akan dibawa ke halaman baru lagi. Beberapa menu pilihan akan ditampilkan. Khusus untuk langkah satu ini, pilih menu “rekening”. Menu ini tidak akan sulit Anda temukan, jadi tak perlu khawatir.

#8. Klik Menu “Informasi Pinjaman” → “Rincian Pinjaman”

Setelah itu, silahkan langsung klik menu “informasi pinjaman”. Sebab KUR adalah salah satu layanan pinjaman dari BRI. Dari menu “informasi pinjaman” Anda klik lagi opsi “Rincian Pinjaman”.

#9. Klik Nomor Rekening Pinjaman

Langkah berikutnya, silahkan Anda klik nomor rekening pinjaman. Nomor rekening yang dimaksud disini adalah nomor rekening yang biasa digunakan untuk membayar sisa cicilan atau angsuran.

#10. Perhatikan Informasi Kotak yang Tersedia

Terakhir, Anda bisa melihat langsung rincian sisa angsuran KUR BRI yang tertera pada kotak informasi tersedia. Cara cek angsuran KUR BRI online via internet banking sangat mudah, cepat, dan praktis.

4. Melalui SMS Banking

Cara cek angsuran KUR BRI online terakhir adalah bisa via SMS banking. Debitur bisa mendapatkan informasi seputar angsuran KUR BRI hanya dengan mengirimkan SMS saja. Syarat jika Anda mau menggunakan cara ini adalah pastikan nomor HP sudah terdaftar di SMS banking BRI. Untuk langkah-langkahnya sendiri, perhatikan penjelasan selengkapnya di bawah ini:

#1. Siapkan Perangkat HP

Langkah pertama tentu saja menyiapkan perangkat hp. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, menyiapkan perangkat bukan sesederhana itu. Anda harus pastikan nomor HP yang mau dipakai itu sudah terdaftar di SMS Banking BRI. Bila belum terdaftar, Anda diharuskan untuk mengurus dulu. Selain itu, pastikan juga nomor HP Anda tersebut terisi oleh pulsa regular.

#2. Buka Menu Perpesanan dan Tulis SMS Sesuai Format

Jika sudah, silahkan Anda buka menu perpesanan yang ada di HP. Apabila sudah terbuka, artinya tinggal mengetik SMS seperti biasanya. Format yang perlu ditulis adalah BRI (spasi) BS (spasi) nama#nomorkartukredit#tanggallahir#email.

#3. Kirim ke 99333

Langkah berikutnya, pastikan dulu format sms yang Anda tulis sudah benar. Jika sudah yakin format SMS yang ditulis benar, bisa langsung dikirimkan. Untuk nomornya adalah 99333, pastikan Anda memasukkan nomor dengan benar.

#4. Tunggu Balasan

Sampai tahap ini, Anda hanya perlu menunggu SMS balasan saja. Sama seperti cara cek angsuran KUR BRI online via email tadi. Walaupun masih harus menunggu, tapi dijamin tidak akan terlalu lama.

Cara Cek Angsuran KUR BRI Offline

Sebagian besar orang pun mengaku tak terlalu leluasa melakukan pengecekan sisa angsuran KUR BRI secara online. Alasannya macam-macam, ada yang ragu jika datanya tak aman, tidak selalu terhubung dengan internet, dan lain-lain. Tak perlu khawatir, karena Anda tetap bisa melakukan pengecekan angsuran KUR BRI secara offline. Berikut apa saja metode yang dapat dipergunakan:

1. Melalui ATM BRI

Jika Anda memilih mengecek angsuran KUR BRI secara offline, pilihan pertama adalah bisa via ATM. Cara mengecek angsuran KUR BRI satu ini sangat populer. Silahkan perhatikan langkah-langkahnya di bawah ini:

#1. Siapkan Kartu ATM dan Temukan Gerai ATM BRI Terdekat

Langkah pertama siapkan dulu kartu ATM Anda. Setelah itu bisa langsung pergi mencari gerai ATM BRI terdekat. Jika tidak mau menunggu lama, pilih gerai ATM yang tak ada antrian.

#2. Masukkan Kartu ATM

Setelah Anda menemukan gerai ATM BRI yang nyaman dan aman, silahkan langsung masukkan kartunya. Seperti saat menggunakan untuk transaksi lain, begitu kartu ATM sudah masuk mesin, silahkan ketik PIN. Pastikan Anda memasukkan PIN dengan benar supaya tidak malah diblokir.

#3. Pilih Menu “Transaksi lain” → “Pembayaran” → “Angsuran Pinjaman”

Berikutnya, langsung klik menu “transaksi lain”. Kemudian lanjutkan untuk memilih opsi “pembayaran” dan klik. Lalu akan muncul beberapa pilihan lain. Kali ini klik saja opsi “angsuran pinjaman”

#4. Masukkan Nomor CIF Lalu Klik “Benar”

Terakhir, Anda hanya perlu memasukkan nomor CIF. Nomor CIF adalah nomor kontrak KUR BRI. Nomor ini harus di entry dengan benar, oleh sebab itu Anda harus mengingatnya dengan baik. Lalu silahkan klik “benar”, dan tunggu hingga informasi angsuran KUR BRI Anda muncul.

2. Menghitung Manual

Anda juga sebenarnya bisa cek KUR BRI dengan cara menghitungnya sendiri secara manual. Ini adalah cara praktis, karena Anda tidak butuh pulsa, koneksi internet, atau ongkos untuk ke ATM/kantor cabang. Dengan rumus perhitungan Total KUR BRI (plafon + bunga)= angsuran bulanan x tenor angsuran. Anggap saja total KUR BRI Anda = 3 juta x 36 = 108 juta rupiah.

Selanjutnya total angsuran terbayar = angsuran bulanan x jumlah bulan yang terlewat. Asumsikan total terbayar angsuran Anda (10 bulan) = 3 juta x 10 = 30 juta rupiah. Untuk mengetahui sisa angsuran pakai rumus “Total KUR BRI – Total angsuran terbayar”. Jadi perhitungannya adalah 108 juta – 30 juta = 78 juta rupiah.

3. Lewat CS Bank

Cara terakhir adalah Anda bisa tanyakan langsung ke kantor cabang bank BRI terdekat. Untuk cara cek angsuran KUR BRI satu ini memang membutuhkan banyak waktu. Tapi jika kondisinya Anda sedang banyak waktu luang, tidak ada salahnya untuk dicoba.

Langkah yang perlu dilakukan juga tidak sulit. Anda hanya perlu pergi ke kantor cabang terdekat. Setelah itu ambil nomor antrian untuk ke CS. Setelah nomor antrian Anda dipanggil, langsung informasikan pada CS jika Anda mau tahu perihal angsuran KUR BRI yang harus dibayarkan.

Itu dia tadi penjelasan tentang cara cek angsuran KUR BRI online dan offline. Anda hanya tinggal pilih salah satu cara yang dianggap paling mudah. Jangan ragu mengajukan pinjaman KUR BRI karena jelas punya banyak kelebihan. Salah satunya adalah memiliki banyak cara untuk cek sisa angsuran KUR dengan mudah dan cepat.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url