Cara Transfer BRI ke DANA: Cara, Biaya, Kode

Transfer BRI ke DANA - Bagi pengguna layanan dompet digital DANA, Anda tidak perlu repot top up ke Indomaret maupun Alfamart. Pasalnya, top up DANA sudah bisa Anda lakukan dengan mudah melalui BRI.

Proses top up ini tidak memakan waktu lama, Anda hanya memerlukan sekitar 2 menit saja. Sebelum mulai top up, pastikan Anda sudah menyiapkan kode transfer beserta nominal uang yang akan ditransfer tidak kurang sedikit pun.

Sehingga, proses top up DANA melalui BRI bisa Anda lakukan dengan lancar, tanpa kendala sedikit pun.

Bagi Anda yang ingin tahu bagaimana cara transfer BRI ke DANA, maka bisa simak ulasannya berikut.

Sekilas Tentang BRI

BRI menjadi salah satu bank milik pemerintah terbesar yang ada di Indonesia. Bank ini didirikan di Purwokerto, Jawa Tengah oleh Raden Bei Aria Wirjaatmadja. Saat pertama kali muncul, BRI memiliki nama De Poerwokertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden atau Bank Bantuan dan Simpanan Milik Kaum Priyayi Purwokerto.

Nama tersebut memiliki makna sebagai suatu lembaga keuangan yang bertujuan untuk melayani orang-orang pribumi (berkebangsaan Indonesia). Lembaga keuangan ini berdiri pada 16 Desember 1895, sehingga tanggal tersebut menjadi hari kelahiran BRI.

Saat periode setelah kemerdekaan RI, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 1946 pasal 1, menyebutkan bahwa BRI menjadi bank pemerintah pertama yang ada di Indonesia.

Melansir dari laman bri.co.id, kegiatan BRI sempat terhenti sementara waktu lantaran adanya perang mempertahankan kemerdekaan pada tahun 1948. Kemudian, bank ini mulai aktif kembali setelah perjanjian Renville, yakni pada tahun 1949 dan berubah nama menjadi Bank Rakyat Indonesia Serikat.

Pada tanggal 1 Agustus 1992 berdasarkan UU Perbankan Nomor 7 Tahun 1992 dan Peraturan Pemerintah RI Nomor 21 Tahun 1992, status BRI mulai berubah menjadi Perseroan Terbatas.

Saat itu, kepemilikan BRI masih 100% milik pemerintah Indonesia. Namun, pada tahun 2003, pemerintah memutuskan untuk menjual sebanyak 30% saham, sehingga menjadi perusahaan publik dengan nama resmi PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk dan masih digunakan hingga sekarang.

Bank BRI kini memiliki banyak sekali produk serta layanan yang dapat dimanfaatkan oleh para nasabahnya. Salah satu layanan populer yang sering digunakan adalah layanan top up ke akun e-wallet alias dompet digital.

Sebab, penggunaan dompet digital sudah semakin banyak di kalangan masyarakat. Oleh sebab itu, BRI ikut serta memberikan layanan top up bagi para pengguna dompet digital melalui BRI.

Tentunya, ada banyak dompet digital yang bisa top up saldo melalui BRI, salah satunya adalah DANA.

Lantas, sebenarnya apa itu DANA? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Sekilas Tentang Aplikasi DANA

DANA merupakan singkatan dari Dompet Digital Indonesia yang dapat Anda gunakan untuk melakukan transaksi secara non tunai (cashless).

Melalui aplikasi DANA, Anda dapat melakukan banyak hal. Mulai dari membeli pulsa atau paket data, bayar tagihan listrik, bayar BPJS, beli tiket sampai transaksi di merchant.

E-wallet yang dikelola oleh PT Espay Debit Indonesia Koe ini memang dibuat dengan tujuan untuk mempermudah proses transaksi. Anda tinggal download aplikasinya melalui Play Store atau App Store supaya bisa memanfaatkan dompet digital tersebut.

Fitur Aplikasi DANA

Aplikasi DANA memiliki sejumlah fitur menarik yang bisa Anda, yaitu:

1. Dana Wallet atau Dompet Digital

Fitur aplikasi DANA yang pertama adalah dompet digital yang terdiri dari lima menu utama, yaitu DANA Premium, Top Up, Simpan Kartu Bank, Tarik Saldo serta Bayar.

DANA Premium merupakan jenis akun aplikasi DANA yang dapat menyimpan saldo hingga Rp10 juta. Sementara DANA biasa hanya bisa menyimpan saldo dengan jumlah lebih sedikit, yaitu Rp2 juta.

Sehingga, jika Anda ingin menyimpan saldo lebih banyak, maka bisa membuat akun DANA Premium. Caranya dengan daftar menggunakan KTP serta melengkapi biodata atau identitas pribadi lainnya.

Selanjutnya, fitur Top Up merupakan fitur yang dapat Anda gunakan untuk mengisi saldo DANA dengan beragam cara, salah satunya rekening bank.

Kemudian, ada fitur Simpan Kartu Bank yang bisa Anda gunakan untuk menyambungkan ke kartu bank dengan aplikasi DANA. Jadi, proses transaksi yang ingin Anda lakukan akan menjadi lebih mudah.

Lalu, ada fitur Tarik Saldo yang merupakan layanan tarik tunai saldo DANA melalui agen, Alfamart dan masih banyak lagi.

Terakhir, fitur Bayar menjadi sebuah fitur yang bisa Anda gunakan saat ingin membayar berbagai transaksi maupun tagihan.

2. Kirim dan Minta DANA

Fitur kirim dan minta DANA bisa Anda manfaatkan untuk mengirim maupun menerima saldo dengan dompet digital. Fitur ini memiliki lima menu utama yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan. Beberapa fitur itu terdiri dari Ke DANA, Ke Bank, Ke Link, Minta DANA, serta DANA Kaget.

Tak hanya dua fitur utama itu saja, aplikasi DANA memiliki fitur DANA Bisnis serta DANA Enterprise. DANA Bisnis dapat Anda gunakan untuk menerima pembayaran non tunai untuk usaha atau bisnis Anda.

Sementara DANA Enterprise, dapat digunakan oleh pelaku UMKM supaya meningkatkan pelayanan melalui pembayaran cashless. Bahkan, sekaligus  memudahkan para pelanggan yang ingin bertransaksi.

Cara Transfer BRI ke DANA

Bagi pengguna BRI, Anda bisa transfer saldo ke DANA melalui ATM, BRImo serta Internet Banking. Cara ini bisa Anda lakukan dengan mudah dan cepat, tanpa perlu menunggu lama.

Tentunya, sebagai salah satu penyedia layanan dompet digital, DANA sudah dilengkapi dengan layanan transaksi non-tunai serta non-kartu digital.

Tak hanya itu, ada banyak keuntungan yang dapat dinikmati oleh penggunanya. Di antaranya berupa promo menarik serta gratis biaya penarikan saldo untuk setiap 10 kali transaksi.

Namun, layaknya dompet digital pada umumnya, para pengguna harus mengisi saldo supaya bisa mengakses semua layanan yang tersedia dalam DANA.

Kali ini, Anda bisa mengisi saldo DANA melalui layanan banking dari BRI dengan beberapa metode, yakni:

Transfer BRI ke DANA Lewat ATM

Cara transfer BRI ke DANA pertama bisa Anda lakukan melalui layanan ATM. Opsi ini banyak digunakan oleh masyarakat saat ingin mengirim saldo ke akun DANA masing-masing.

Sebelum mulai transfer saldo dari ATM BRI ke DANA, ada baiknya Anda mencatat nomor virtual account terlebih dahulu. Hal ini dilakukan supaya proses transfer dapat menjadi lebih mudah dan cepat.

Adapun cara transfer BRI ke DANA melalui ATM yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut.

  • Silakan kunjungi ATM BRI terdekat yang ada di kota Anda.
  • Jika sudah berada di depan mesin ATM BRI, Anda bisa langsung memasukkan kartu ATM, lalu pilih bahasa yang ingin digunakan, baik itu bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris.
  • Masukkan PIN kartu ATM BRI Anda dengan benar dan tepat.
  • Selanjutnya, pilih ‘Menu Lainnya’, lalu lanjutkan dengan memilih ‘Pembayaran atau Pembelian’.
  • Pilih ‘Pembayaran Lainnya’, kemudian klik ‘BRIVA’.
  • Masukkan kode virtual atau virtual account DANA yang sudah Anda catat sebelumnya.
  • Masukkan nominal transfer yang akan Anda kirimkan ke aplikasi DANA.
  • Kemudian, Anda akan melihat informasi pembayaran. Kalau semua data serta nominal yang ditampilkan sudah benar, maka bisa langsung klik ‘YES’.

Selesai, transfer saldo dari BRI ke DANA lewat ATM pun berhasil Anda lakukan dengan baik. Selanjutnya, Anda tinggal mengecek saldo yang sudah masuk ke aplikasi DANA tersebut.

Cara Transfer BRI ke DANA lewat BRImo

Cara transfer BRI ke DANA berikutnya bisa Anda lakukan melalui BRImo. Mengutip dari laman resminya, BRImo merupakan suatu aplikasi keuangan digital yang telah dikembangkan oleh BRI.

Aplikasi berbasis data internet ini sudah lengkap dengan fitur login face recognition sampai pembayaran via kode QR.

Bagi Anda yang ingin tahu bagaimana cara transfer BRI ke DANA lewat BRImo, maka bisa simak langkah-langkahnya berikut ini.

  • Pastikan Anda sudah memasang aplikasi BRImo di smartphone terlebih dahulu.
  • Jika sudah terpasang, Anda bisa langsung membuka BRImo tersebut.
  • Saat berada dalam aplikasi, silakan klik ‘BRIVA’.
  • Selanjutnya, pilih sumber DANA nomor rekening.
  • Lalu, klik ‘Nomor Briva Baru’.
  • Masukkan kode BRIVA yang sesuai dengan nomor HP terdaftar dalam aplikasi DANA, lalu klik ‘Lanjut’.
  • Masukkan nominal saldo yang akan Anda kirimkan ke DANA.
  • Terakhir, Anda hanya perlu menunggu beberapa saat sampai muncul informasi pengisian saldo DANA melalui BRI telah berhasil.

Cara Transfer BRI ke DANA via Internet Banking

Layanan daring dari BRI selanjutnya yang bisa Anda gunakan untuk mengisi saldo DANA adalah Internet Banking. Layanan ini tak kalah praktis dan mudah dengan dua cara sebelumnya.

Adapun cara transfer BRI ke DANA via Internet Banking ini adalah sebagai berikut.

  • Silakan buka URL https://ib.bri.co.id/ib-bri/ melalui peramban.
  • Selanjutnya, Anda bisa login terlebih dahulu menggunakan ID user serta kata sandi BRI Internet Banking yang Anda miliki.
  • Jika sudah masuk ke dalam akun Internet Banking BRI, Anda bisa langsung masuk ke menu ‘Pembayaran’.
  • Pilih  ‘BRIVA’, lalu isi ‘Kode Bayar’ dengan nomor BRIVA pada kolom yang sudah disediakan. Jika sudah benar, maka Anda bisa menyimpan nomor tersebut dengan klik ‘OK’.
  • Masukkan nominal saldo yang akan Anda kirimkan ke akun DANA sesuai dengan kebutuhan.
  • Jika sudah sesuai, maka Anda bisa klik ‘kirim’, lalu masukkan password atau kata sandi internet banking BRI.
  • Klik ‘kirim’ dan tunggu beberapa saat sampai muncul informasi bahwa pengisian saldo DANA melalui internet banking BRI sudah berhasil Anda lakukan.

Biaya Transfer BRI ke DANA

Saat ingin mencoba transfer BRI ke DANA, Anda mungkin sempat berpikiran berapa biaya transfernya, bukan? Hal ini memang wajar, sebab ketika Anda transfer ke bank lain, maka akan dikenakan biaya transfer dengan jumlah tertentu.

Misalnya, Anda akan transfer ke rekening bank lain, tentu akan dikenakan biaya transfer alias biaya admin sebesar Rp6.500. Namun, jika Anda melakukan transfer BRI ke DANA, maka tidak akan dikenakan biaya sepeserpun.

Sebab, BRI merupakan rekan dari aplikasi DANA, sehingga proses transfer saldo yang dikirimkan ke DANA tidak dikenakan biaya apapun.

Begitu pula dengan aplikasi DANA. Aplikasi dompet digital ini memiliki layanan gratis biaya admin untuk 10 kali transaksi dengan minimal transaksi sebesar Rp50.000.

Jika Anda masih memiliki jumlah transaksi yang ditentukan, maka Anda bisa menikmati layanan transfer gratis dari DANA ke BRI. Tetapi, jika jumlah uang yang Anda transfer dari aplikasi DANA ke BRI kurang dari 50 ribu, maka akan dikenakan biaya transfer.

Adapun biaya transfer ke rekening bank melalui aplikasi DANA dengan jumlah transfer kurang dari 50 ribu adalah sebesar Rp4.500.

Intinya, jika Anda ingin transfer saldo dari BRI ke DANA, maka tidak perlu khawatir soal biayanya. Sebab, Anda tidak akan dikenakan biaya transfer maupun biaya apapun oleh pihak BRI, baik itu melalui BRImo, internet banking, maupun  ATM.

Jadi, Anda bisa lebih hemat tanpa perlu kehilangan uang yang dijadikan biaya transfer, bukan?

Kode Transfer BRI ke DANA

Setiap transaksi yang dilakukan ke selain sesama bank, maka harus mengetahui kode transfer yang digunakan. Begitu pula saat Anda ingin transfer saldo ke aplikasi DANA, Anda harus tahu kode transfer yang digunakannya.

Tanpa adanya kode transfer, maka proses transaksi tidak bisa berjalan dengan lancar. Sehingga, keberadaan kode transfer sangat penting untuk Anda ketahui.

Adapun kode transfer BRI ke DANA adalah 88810. Jangan sampai Anda keliru dalam menuliskan kode transfer BRI ke DANA ini supaya proses pengisian saldo dapat berjalan dengan lancar.

Selain kode transfer, proses kirim saldo dari BRI ke DANA membutuhkan nomor dari aplikasi DANA yang Anda miliki. Nomor DANA itu harus Anda cantumkan saat akan mengirim saldo dari BRI.

Jadi, transfer BRI ke DANA akan dilakukan melalui nomor virtual akun yang diawali dengan 88810+nomor DANA.

Sebelum mulai mengirimkan saldo dari BRI ke DANA, pastikan bahwa kode transfer dan nomor DANA milik Anda sudah benar dan tepat. Jadi, saldo akan langsung masuk ke akun DANA Anda tanpa ada kekeliruan apapun.

Minimal Top Up DANA dari BRI

Ketika Anda ingin melakukan top up DANA dari BRI, pastikan mengetahui minimal top up yang berlaku. Saat ini, para pengguna DANA dapat melakukan top up saldo melalui BRI dengan minimal sebesar Rp10.000.

Sementara itu, jumlah top up maksimumnya berbeda-beda. Bagi para pengguna DANA yang belum upgrade akun ke premium, maka maksimal top up DANA dari BRI adalah sebesar Rp2 juta.

Sedangkan untuk para pengguna akun DANA Premium, maka maksimal top up adalah sebesar Rp10 juta.

Begitu pula penyimpanan saldo dalam aplikasi DANA. Anda bisa menyimpan saldo hingga Rp10 juta untuk akun premium, sementara akun yang belum upgrade hanya bisa menyimpan saldo hingga Rp2 juta saja.

Oleh sebab itu, jika Anda ingin menyimpan saldo DANA maupun top up DANA dari BRI dengan jumlah besar, maka pastikan akun DANA sudah beralih ke premium.

Perlu Anda perhatikan juga, Anda tidak bisa transfer saldo dari BRI ke DANA dengan nominal kurang dari Rp10.000. Sebab, jumlah tersebut sudah termasuk dalam minimal transfer saldo. Jadi, apabila Anda ingin transfer kurang dari jumlah minimal, maka transaksi tidak bisa diproses.

Kini, Anda sudah tahu jumlah minimal dan maksimal top up DANA dari BRI, ya. Selanjutnya, Anda dapat mengetahui beberapa keuntungan transfer saldo dari BRI ke DANA di bawah ini.

Keuntungan Transfer BRI ke DANA

Keuntungan transfer BRI ke DANA yang bisa Anda dapatkan dan rasakan, yaitu:

Proses Cepat dan Mudah

Proses transfer BRI ke DANA tidak membutuhkan waktu lama. Anda hanya perlu meluangkan waktu sekitar 2 menit saja, maka saldo DANA pun akan bertambah.

Namun, perlu Anda perhatikan bahwa jika ingin transfer DANA dari BRI melalui BRImo maupun internet banking, Anda harus memiliki jaringan internet yang lancar. Kalau tidak, maka proses transaksi tidak akan berhasil alias gagal.

Tidak Ada Biaya Admin

Ketika Anda melakukan transfer BRI ke DANA, maka tidak akan dikenakan biaya admin sepeserpun. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, BRI menjadi salah satu rekan dari DANA. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir soal biaya admin atau biaya transfer.

Dengan begitu, proses transfer BRI ke DANA pun akan membuat Anda menjadi lebih hemat. Pasalnya, saldo yang Anda miliki dalam rekening BRI tidak terpotong oleh biaya lain-lain.

Saldo hanya terpotong oleh nominal yang Anda transfer ke aplikasi DANA. Oleh sebab itu, banyak orang yang lebih memiliki transfer BRI ke DANA daripada ke rekening maupun aplikasi lain.

Tentu saja, alasannya supaya tidak terkena biaya admin maupun biaya lainnya.

Bisa Menggunakan 3 Metode Transfer BRI ke DANA

Cara transfer BRI ke DANA bisa Anda lakukan dengan menggunakan tiga metode utama, yaitu lewat ATM, BRImo, serta Internet Banking.

Anda dapat memilih salah satu dari ketiga metode transfer BRI ke DANA tersebut. Tentunya, semua metode transfer itu memiliki cara yang mudah dan tidak memakan banyak waktu.

Namun, jika Anda tidak ingin pergi ke luar rumah, maka metode transfer saldo DANA dari BRI bisa Anda lakukan lewat BRImo maupun internet banking. Sebab, kedua metode ini bisa Anda lakukan dengan mudah melalui smartphone.

Yang pasti, Anda harus memiliki koneksi internet kuat karena mengakses BRImo dan internet banking mesti memiliki jaringan internet lancar. Kalau tidak, maka segala prosesnya bisa berakhir gagal.

Cara Transfer BRI ke DANA - Tanya Jawab

Apakah BRI bisa top up DANA?

Mengisi saldo DANA bisa Anda lakukan melalui BRI, baik itu melalui ATM, BRImo, maupun internet banking.

Berapa kode BRIVA DANA?

Kode BRIVA untuk top up DANA adalah (88810) + nomor telepon terdaftar.

Top up DANA di ATM BRI minimal berapa?

Bagi Anda yang ingin top up DANA via BRI, baik itu melalui ATM, BRImo maupun internet banking, bisa transfer dengan minimal Rp10.000. Sementara maksimal untuk akun DANA yang belum upgrade adalah sebesar Rp2 juta.

Kapan waktu top up DANA dari BRI?

Apabila Anda cek dalam aplikasi DANA, disana terdapat keterangan waktu top up DANA lewat BRI, yaitu mulai pukul 00.30 sampai 21.30. Jadi, jika Anda ingin top up di luar jam tersebut, maka top up yang Anda lakukan akan otomatis gagal.

Berapa minimal transfer DANA ke bank?

Anda bisa transfer ke bank dari DANA dengan minimal Rp10 ribu. Namun, jika tidak ingin dikenakan biaya admin, maka minimal transfer ke bank adalah sebesar Rp50 ribu.

Apakah saldo DANA ada masa berlakunya?

Akun DANA milik pengguna akan berlaku selama akun tidak ditutup secara permanen, baik oleh pengguna maupun pihak EDIK.

Kenapa saat transfer DANA ada keterangan sistem sedang sibuk?

Masalah sistem aplikasi DANA sedang sibuk biasanya terjadi karena beberapa sebab, yaitu bug pada aplikasi maupun jaringan internet yang hilang.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url