Cara Transfer BCA to ShopeePay: Cara, Biaya, Kode

Transfer BCA to Shopeepay - Anda bisa jadi masih mencari cara transfer BCA to ShopeePay. Mengingat sekarang ini pengguna ShopeePay terbukti makin banyak. Sebagai informasi saja, ShopeePay sendiri adalah salah satu fitur yang dimiliki oleh aplikasi belanja online yaitu Shopee. Siapa yang tidak tahu Shopee sebagai aplikasi belanja online nomor satu di Indonesia.

Banyak barang yang dijual di sana yang bisa Anda temukan. Bahkan sekarang orang-orang cenderung lebih suka belanja barang di Shopee daripada toko-toko offline. Pasalnya lebih mudah, Anda bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja. Pembayaran pembelian Shopee pun sangat praktis yaitu via ShopeePay.

Oleh karena kepopuleran Shopee, membuat ShopeePay pun ikut tenar. ShopeePay menjadi aplikasi dompet digital yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Bukan lagi hanya bisa membayar tagihan pembelian Shopee saja. Mengingat banyaknya manfaat yang bisa diberikan ShopeePay, pengguna diharapkan tidak lupa untuk mengisi saldonya.

Dengan begitu, ShopeePay tetap bisa membantu pembayaran aneka tagihan. Lalu bagaimana cara mengisi saldo ShopeePay atau dalam hal ini melakukan top up? Banyak cara yang dapat dipilih pengguna bisa via transfer bank, minimarket, dan lain-lain. Hanya saja, isi saldo dengan transfer bank lebih diminati.

Pasalnya, tidak banyak orang yang tak memiliki rekening bank bukan? Sedangkan kini, beberapa bank sudah membekali nasabahnya dengan beragam fitur menarik. Mulai dari m-banking, internet banking, hingga ATM. Dengan begitu, nasabah bank bisa melakukan transfer kapanpun dan dimana saja.

Pengisian saldo atau top up ShopeePay juga makin mudah. Dari sekian banyak bank, BCA adalah salah satu yang terbaik. Bagi Anda nasabah bank tersebut banyak kemudahan yang bisa didapatkan. Salah satunya adalah mudahnya transfer BCA to ShopeePay. Penjelasan selengkapnya ada di pembahasan berikutnya.

ShopeePay Bisa Buat Apa Saja?

Sebelum Anda tahu bagaimana cara transfer BCA to ShopeePay, ada baiknya ketahui dulu informasi lainnya. Seperti tentang apa sebenarnya yang bisa dimanfaatkan dari aplikasi ShopeePay. Dari sana bisa jadi bagi yang belum punya aplikasinya tertarik untuk segera mengunduh dan mencobanya. Jadi ShopeePay bisa dipergunakan untuk:

Transaksi Online di Aplikasi ataupun Situs Shopee

Oleh karena ShopeePay adalah fitur dari aplikasi belanja online Shopee, tentu manfaatnya tidak jauh-jauh dari sana. Seperti saat Anda mau membayar tagihan belanja, bisa menggunakan aplikasi dompet digital tersebut. Selain lebih mudah, banyak pula promo yang ditawarkan. Sehingga bukan tidak mungkin Anda bisa membayar lebih murah dari tagihan sebenarnya.

Transaksi Online yang Dilakukan Di Luar Shopee

Saat ini situ belanja online mungkin bukan hanya Shopee saja. Masih banyak yang lain seperti Lazada, Tokopedia, dan sebagainya. Apabila Anda ingin melunasi tagihan belanja atau melakukan transaksi keuangan online ke sejumlah aplikasi tersebut ShopeePay tetap bisa diandalkan.

Begitu pula jika Anda belanja di merchant-merchant online. Ada beberapa yang menyediakan pembayaran via ShopeePay. Transaksi-transaksi pembayaran sudah tidak akan sulit lagi juga sekali klik saja dari ShopeePay tersebut.

Transaksi Offline Ke Merchant Offline

Beberapa merchant offline pun saat ini menyediakan rekomendasi pembayaran via ShopeePay dan QRIS. Ini tentu bisa Anda manfaatkan ketika tidak sedia uang cash. Tinggal pakai saja saldo yang ada pada ShopeePay. Scan barcode lalu saldo Anda akan berkurang sesuai tagihan yang perlu dibayar.

Nasabah BCA Bisa Transfer to ShopeePay Untuk Top Up Dengan Mudah

Untuk bisa mendapatkan banyak manfaat seperti yang sudah dibahas di atas tadi, Anda sebagai pengguna ShopeePay harus selalu memastikan saldo mencukupi terlebih dahulu. Bagaimana jika ternyata saldo Anda habis? Tentu saja harus diisi atau istilahnya adalah top up saldo.

Banyak cara yang bisa dipilih saat ingin top up saldo. Anda mungkin bisa mengisinya via minimarket, menunggu kiriman saldo sesama pengguna ShopeePay, hingga transfer bank. Transfer bank adalah yang paling banyak dipilih karena termasuk mudah diaplikasikan. Khususnya bagi nasabah bank BCA.

Kini tidak perlu pusing-pusing memikirkan cara untuk top up saldo ShopeePay. Anda bisa melakukannya via transfer BCA to ShopeePay dengan mudah dan praktis. Bahkan, tidak akan sampai memakan waktu lama untuk membuat saldo ShopeePay Anda akan terisi.

Disediakan beberapa metode yang dapat dipilih pengguna ShopeePay. Bisa top up via transfer dari M-banking, internet banking, atau ATM. Semuanya mudah dilakukan, sehingga membuat sampai sekarang pengguna ShopeePay lebih suka top up via transfer BCA.

Persiapan Sebelum Transfer BCA to ShopeePay

Anda butuh persiapan sebelum bisa transfer BCA to ShopeePay. Salah satunya adalah mengetahui nomor virtual account akun ShopeePay. Kode VA ini sangat penting, karena akan diisikan pada data saat Anda melakukan transfer nanti.

Bagaimana cara mendapatkan nomor virtual account ShopeePay? Mudah sekali, Anda tinggal buka saja aplikasi ShopeePay. Setelah itu cari menu “top up” lalu klik. Apabila sudah langsung pilih metode transfer “melalui bank BCA”.

Jika semuanya Anda lakukan dengan benar, maka akan keluar nomor virtual account dari ShopeePay Anda. Silahkan ingat-ingat atau bila perlu catat. Baru Anda bisa memulai langkah transfer BCA to ShopeePay.

Cara Transfer BCA to ShopeePay

Sudah sedikit disinggung dari penjelasan sebelumnya, jika ada beberapa pilihan metode transfer BCA to ShopeePay yang dapat dipilih. Boleh dari m Banking BCA, i-banking atau klikBCA, serta ATM. Berikut masing-masing penjelasan selengkapnya

Transfer BCA to ShopeePay Via m-Banking

Semua nasabah BCA pasti akan diarahkan untuk mengakses aplikasi mobile bankingnya. Ini bisa Anda manfaatkan untuk mengisi saldo atau top up ShopeePay. Cara pengaplikasiannya juga sangat mudah sekali yaitu sebagai berikut:

1. Buka Aplikasi BCA Mobile

Pertama-tama tentu saja buka aplikasi BCA Mobile. Masukkan password yang telah Anda buat sebelumnya. Dengan begitu dapat masuk akun pribadi. Setelah terbuka, nanti akan muncul banyak pilihan menu lainnya.

2. Pilih m-transfer

Apabila Anda benar ketika memasukkan password, halaman aplikasi akan membawa Anda pada tampilan baru. Terdapat banyak menu lain yang akan muncul. Kali ini, silahkan Anda klik menu “m-transfer”.

3. Masuk BCA Virtual Account Lalu Masukkan Nomornya

Langkah berikutnya setelah Anda klik “m-transfer”, akan muncul menu-menu lainnya. Silahkan Anda masuk BCA Virtual Account. Anda tadi sudah menyiapkan nomor virtual account ShopeePay bukan sebelumnya? Masukkan nomor tersebut pada kolom yang tersedia.

4. Klik Kirim

Sebelum Anda melanjutkan langkah, silahkan periksa kembali nomor virtual account tadi. Apakah sudah benar, karena ini akan berpengaruh pada keberhasilan transfer. Ada baiknya Anda copy saja lalu paste supaya data yang diisikan lebih terjamin kebenarannya. Jika sudah yakin memasukkan data dengan benar, langsung klik “kirim”.

5. Masukkan Nominal Transfer

Berikutnya silahkan langsung tuliskan berapa nominal transfer yang ingin dilakukan. Sama dengan saat memasukkan nomor virtual account, disini Anda juga harus benar memasukkan data supaya tidak terjadi kesalahan.

6. Tekan “Ok”

Jika sudah yakin tentang nominal yang ingin ditransfer, silahkan tekan”Ok”. Biasanya, Anda akan mendapatkan informasi tentang detail akun ShopeePay yang akan menerima dana transfer. Pastikan penerima itu benar, jadi bisa segera dilakukan langkah konfirmasi.

7. Masukkan PIN

Setelah itu, Anda hanya perlu memasukkan nomor PIN m-BCA. Memasukkan PIN juga tidak boleh sampai salah. Selain beresiko transaksi gagal dan repot mengulang lebih awal, salah entry PIN juga bisa membuat akun atau bahkan rekening Anda terblokir otomatis.

8. Klik “OK” dan Tunggu Notifikasi Jika Transaksi Berhasil

Langkah selanjutnya adalah Anda klik “Ok”. Apabila sudah, tunggu saja akan ada notifikasi jika transfer BCA to ShopeePay telah sukses dilakukan. Untuk lebih meyakinkan lagi, Anda boleh buka aplikasi ShopeePay dan periksa apakah ada penambahan saldo atau tidak. Jika saldo bertambah, artinya transaksi transfer berjalan sukses.

Transfer BCA to ShopeePay Via KlikBCA

Cara lain untuk transfer BCA to ShopeePay adalh via KlikBCA. KlikBCA ini Anda akan melibatkan situs BCA sendiri yaitu ibank.klikbca.com. Anda mungkin lebih familiar menyebutkan internet banking. Transfer dana dari rekening BCA ke ShopeePay pakai metode ini juga tidak kalah mudah. Jika penasaran, perhatikan saja langkah-langkahnya di bawah ini:

1. Buka Browser dan Akses Situsnya

Langkah awal adalah Anda bisa mengakses dulu situs internet banking BCA. Caranya buka dulu browser Anda. Anda boleh akses via smartphone, PC, maupun laptop. Untuk alamat situsnya adalah https://ibank.klikbca.com/. Pastikan dulu koneksi internet Anda cukup lancar sehingga prosesnya jadi berjalan makin cepat.

2. Login Akun KlikBCA

Sama dengan metode sebelumnya, jika Anda mau transfer BCA to ShopeePay via KlikBCA pun harus lebih dahulu login. Jadi pastikan sebelumnya sudah punya akun, sehingga ada password dan username. Sehingga Anda bisa masuk akun punya Anda sendiri.

3. Pilih “Transfer Dana”

Hampir mirip dengan cara sebelumnya, setelah Anda berhasil login dan masuk akun pribadi biasanya akan langsung dibawa ke halaman baru. Beberapa menu langsung muncul di sana. Kali ini oleh karena Anda ingin isi saldo atau top up artinya harus melakukan transfer dana. Sehingga opsi yang tepat untuk diklik adalah “transfer dana”.

4. Klik “Transfer ke BCA Virtual Account”

Dari sini makin terlihat jika persiapan seperti mengetahui nomor virtual account sebelum transfer dana ke ShopeePay sangat penting. Sebab, baik transfer BCA ke ShopeePay via m-Banking maupun klikBCA semua membutuhkan nomor virtual account. Pada tahap ini setelah Anda klik “transfer dana” langsung saja pilih “transfer ke BCA Virtual Account.

5. Masukkan Nomor Virtual Account ShopeePay

Jika sudah, Anda bisa langsung mengisi nomor virtual account ShoppePay. Isi dengan benar supaya tidak terjadi kesalahan. Nomor virtual account ini termasuk data yang tidak boleh salah entry seperti halnya PIN.

6. Klik “Lanjutkan”

Periksa kembali nomor virtual account Anda. Pastikan sudah benar dan tepat. Mungkin memang lebih baik Anda copy saja dari aplikasi ShopeePay. Untuk kemudian di paste ke kolom yang tersedia pada klikBCA. Jika sudah benar, silahkan klik “lanjutkan”.

7. Masukkan Nominal Transfer

Begitu sudah klik menu “lanjutkan” Anda akan diarahkan untuk mengisi nominal transfer. Silahkan isi nominal sesuai kebutuhan atau yang diinginkan. Pastikan mengisi dengan benar sebelum masuk langkah berikutnya.

8. Cek Nama Akun ShopeePay dan Jumlah Saldo yang Ingin Ditransfer Lagi dan Klik “Lanjutkan”

Jika sudah, Anda periksa kembali nama akun ShopeePay sebagai penerima apakah sudah benar. Selain itu, cek juga jumlah nominal transfernya. Jangan sampai salah karena akan menyulitkan Anda sendiri. Begitu sudah, klik “lanjutkan”.

9. Masukkan Kode Respon KeyBCA dan Klik “Kirim”

Langkah berikutnya langsung masukkan saja kode respon KeyBCA. Di sini kode juga harus Anda masukkan dengan tepat. Saat sudah benar-benar yakin lanjutkan dengan klik menu “kirim”.

10. Tunggu Notifikasi Muncul

Terakhir, Anda tinggal menunggu notifikasi muncul. Biasanya akan ada informasi tentang adanya transaksi transfer atau top up dari BCA ke ShopeePay. Untuk lebih meyakinkan, periksa saja akun ShopeePay Anda. Sudah ada dana yang masuk atau belum.

Transfer BCA to ShopeePay Via ATM

Kebetulan sedang dekat dengan mesin ATM BCA? Atau Anda memang tidak bisa terkoneksi dengan internet? Mengingat 2 cara transfer BCA to ShopeePay sebelumnya membutuhkan jaringan internet sebagai pendukungnya. Tenang, Anda masih bisa transfer kok dari BCA ke ShopeePay untuk top up yaitu via ATM. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

1. Pergi Ke ATM BCA Terdekat

Langkah awal tentu saja Anda perlu mencari mesin ATM BCA terdekat. Tapi jangan khawatir, BCA merupakan bank yang sangat terkenal di Indonesia. Sepertinya tidak akan sulit menemukan mesin ATM bank tersebut dimana-mana.

2. Masukkan Kartu

Begitu menemukan mesin ATM, masukkan saja langsung kartunya. Lalu entry PIN yang digunakan seperti biasa. Jangan sampai salah entry apalagi sampai berkali-kali,  jika memang Anda tidak mau kartu Anda terblokir secara otomatis.

3. Pilih “Transaksi Lainnya”

Berikutnya, begitu Anda memasukkan PIN maka akan muncul banyak menu tersedia. Kali ini silahkan pilih “transaksi lainnya”. Menu ini mudah ditemukan, sehingga tidak mungkin Anda kesulitan melihatnya.

4. Pilih Menu “Transfer”

Oleh karena tujuan Anda mau transfer BCA to ShopeePay maka kali ini silahkan klik menu “transfer”. Sama dengan langkah sebelumnya, Anda pasti tidak akan terlalu kesulitan mencari menu tersebut pada layar ATM.

5. Masukkan Nomor Virtual Account

Berikutnya Anda tinggal mengisikan nomor virtual account. Sedikit berbeda dengan nomor virtual account yang digunakan pada cara-cara sebelumnya. Kali ini Anda harus pakai kombinasi virtual account yaitu 3 kode bank+nomor telepon.

Kode bank ini maksudnya adalah kode transfer bank BCA yang dikenal masyarakat luas yaitu 122. Sedangkan nomor telepon adalah nomor ShopeePay. Kombinasi nomor akun ShopeePay dari nomor telepon yang Anda daftarkan bukan? Jadi contohnya adalah 1220856XXXXXXXX.

6. Masukkan Nominal Transfer

Selanjutnya Anda akan diinstruksikan untuk mengisi berapa nominal transfer. Isikan saja sesuai kebutuhan atau yang diinginkan. Minimal transfer BCA to ShopeePay via ATM adalah 10 ribu rupiah.

7. Periksa Kembali Data dan Klik “Benar”

Nanti akan muncul informasi pada layar. Terkait nama akun ShopeePay sebagai penerima dana transfer hingga berapa nominalnya. Anda periksa kembali semua datanya sebelum masuk langkah selanjutnya. Jika sudah yakin semuanya benar, silahkan klik “benar” atau “ya”.

8. Transaksi Transfer Selesai

Tidak akan butuh waktu lama, transaksi selesai. Jangan lupa ambil kembali kartu ATM Anda. Bila perlu silahkan cek akun ShopeePay penerima apakah saldo sudah masuk apa belum. Biasanya dana transfer untuk top up akan langsung masuk.

Biaya Transfer BCA to ShopeePay

Beberapa dari Anda pasti penasaran berapa biaya transfer BCA to ShopeePay. Sebelumnya, mungkin transaksi ini gratis. Alias pengguna tidak akan dikenakan biaya apapun. Namun, bisa jadi itu hanya cara promosi supaya makin banyak orang akhirnya mencoba menggunakan aplikasi ShopeePay.

Sejak tanggal 1 Juli 2021, tepatnya tahun lalu pengguna ShopeePay yang ingin mengisi saldo via transfer bank BCA akan dikenakan tarif tertentu. Tenang, tarifnya tidak seberapa mahal kok. Per transaksi transfer, Anda hanya akan dibebankan biaya Rp500,- saja.

Sepertinya nominal tersebut sama sekali tidak akan memberatkan setiap orang. Apalagi mengingat kemudahan dan diberikan saat Anda mau transfer BCA ke ShopeePay. Banyak pilihan metode dan beberapa kelebihan lainnya.

Berapa Nominal Minimum dan Maksimum Transfer BCA to ShopeePay

Informasi lain yang kemungkinan besar ingin Anda ketahui adalah berapa nominal paling kecil dan terbesar saat mau transfer dari BCA ke ShopeePay. Hal ini memang cukup penting diketahui, apalagi buat Anda yang sebelumnya belum pernah mencoba transaksi tersebut.

Jadi Anda bisa transfer BCA to ShopeePay minimal Rp.10.000,- saja. Sedangkan untuk batas maksimalnya dibedakan menurut jenis akun ShopeePay Anda. Misalnya Anda adalah pengguna akun ShopeePay yang belum terverifikasi maka batas maksimum transfer dari BCA ke ShopeePay adalah Rp2 juta.

Sedangkan sedikit lebih banyak bagi pengguna akun ShopeePay yang sudah terverifikasi. Batas maksimum transfer dana dari rekening BCA ke ShopeePay mencapai 10 juta rupiah. Jika Anda terbiasanya bertransaksi besar pakai aplikasi dompet digital tersebut, ada baiknya segera perbaharui akun Anda menjadi terverifikasi.

Selain itu, ShopeePay pun nyatanya memberikan aturan terkait limit saldo akumulasi yang masuk. Batasannya adalah 20 juta per bulan. Setelah satu bulan atau setiap tanggal 1, perhitungan akan kembali ke awal.

Baru-baru ini ada sejumlah pengguna ShopeePay yang bisa melakukan transfer dana dari bank BCA ke akun dompet digital tersebut dengan nominal lebih dari 20 juta rupiah. Apabila Anda juga ingin mencobanya, pastikan melakukan transfer pakai metode KlikBCA atau ATM saja. Karena tidak memungkinkan untuk Anda menggunakan cara via m-banking.

Kode Transfer BCA to ShopeePay

Bicara tentang kode transfer, bisa jadi membuat sebagian besar orang akan bertanya-tanya. Kode transfer ini maksudnya adalah virtual account yang Anda pakai saat transfer BCA to ShopeePay pakai metode m-Banking dan KlikBCA. Kode virtual account yang Anda dapatkan lewat membuka akun ShopeePay.

Lalu klik “top up” dan pilih menu “melalui bank BCA”. Kode VA itu sangat penting dan Anda harus memasukkannya dengan benar. Sehingga menghindari salah kirim atau transfer ke akun ShopeePay yang salah.

Selain itu, khusus saat Anda mau transfer BCA to ShopeePay via ATM. Pasti akan diinstruksikan untuk mengisi nomor virtual account lagi. Berbeda dengan sebelumnya, nomor VA kali ini adalah kombinasi kode bank dan nomor hp akun ShopeePay.

Sementara kode bank BCA sendiri adalah 122. Ini menjadi kode transfer bank BCA ke bank-bank lain, sehingga sangat umum digunakan. Bukan hanya saat Anda mau transfer ke ShopeePay saja.

Anda harus ingat kode tersebut jika ingin transfer dana dari BCA ke bank lain atau ShopeePay. Walaupun biasanya di mesin ATM pun tersedia informasi tersebut untuk memudahkan pengguna. Tapi apabila sudah mengingatnya, tentu proses transfer akan jadi jauh lebih cepat bukan?

Itu dia tadi informasi lengkap tentang cara transfer BCA to ShopeePay. Berikut mengenai biaya, nominal minimum dan maksimum transfernya, hingga penjelasan tentang kode transfer. Semoga bisa menjadi bahan referensi terbaik buat Anda yang membutuhkannya. 


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url