Cara Bayar Mandala Finance Lewat BRI Link Lengkap dan Mudah

Cara bayar Mandala Finance lewat BRI Link - Nasabah Mandala Finance pasti sudah mengetahui bahwa ada berbagai cara untuk membayar tagihan dari Mandala Finance. Adanya beragam metode ini dapat membuat Anda lebih mudah untuk membayar tagihan atau kredit tersebut.

Pembayaran Mandala Finance ini bisa Anda lakukan secara online maupun offline. Untuk pembayaran online, Anda bisa membayar tagihan Mandala Finance melalui Mobile Banking, Internet Banking, E-wallet atau dompet digital dan masih banyak lagi.

Sementara untuk pembayaran tagihan Mandala Finance secara offline, bisa Anda lakukan melalui kantor post, Alfamart, Indomart serta BRI Link.

Nah, kali ini Anda akan mengetahui bagaimana cara bayar Mandala Finance secara offline, yaitu melalui BRI Link. Cara ini tentu saja akan berguna, terutama bagi Anda yang masih bingung untuk metode pembayaran melalui BRI link tersebut.

Walaupun pembayaran online terlihat mudah dan praktis, tetapi tidak semua nasabah bisa melakukannya. Terkadang, ada yang masih bingung cara menggunakannya atau tidak memiliki aplikasi untuk pembayaran online-nya.

Oleh sebab itu, BRI Link bisa Anda manfaatkan untuk membayar tagihan Mandala Finance secara efektif. Saat Anda akan datang ke agen BRI Link, Anda hanya perlu membawa nomor kontrak tagihan untuk proses pembayarannya.

Dengan begitu, pihak agen BRI Link akan langsung membayarkan sejumlah tagihan sesuai dengan nilai yang tertera. Anda juga akan mendapatkan struck pembayaran sebagai bukti bahwa Anda sudah melakukan pembayaran Mandala Finance. Pastikan struk tersebut Anda simpan dengan sebaik mungkin dan jangan sampai hilang, ya.

Bagi Anda yang ingin tahu cara bayar Mandala Finance lewat BRI Link, maka bisa simak informasi lengkapnya di bawah ini.

2 Syarat Bayar Mandala Finance Lewat BRI Link

Ketika Anda akan melakukan pembayaran Mandala Finance, maka hal yang perlu diperhatikan adalah membawa persyaratannya. Tanpa bawa persyaratan, proses pembayaran tidak akan bisa dilakukan dengan lancar.

Adapun syarat bayar tagihan Mandala Finance lewat BRI Link yang harus Anda perhatikan adalah membawa nomor kontrak dan uang tunai sesuai nominal tagihan.

Nomor Kontrak

Nomor kontrak wajib dimiliki oleh setiap nasabah Mandala Finance karena nomor ini akan berguna ketika nasabah melakukan pembayaran tagihan. Tanpa adanya nomor kontrak, Anda tidak bisa membayar tagihan kredit yang dibebankan setiap bulannya.

Pasalnya, nomor kontrak ini berisi informasi penting yang mana semua jumlah tagihan yang sudah dibayarkan atau pun belum terbayarkan ada disana. Oleh sebab itu, nomor kontrak harus Anda simpan di tempat yang aman dan mudah ditemukan oleh Anda sendiri.

Jangan sampai Anda menyimpannya di tempat yang tak sering dijangkau oleh Anda. Sehingga, ketika Anda akan melakukan proses pembayaran, Anda lupa letak menyimpan nomor kontrak tersebut.

Kalau sudah begitu, proses pembayaran tagihan Mandala Finance pun akan terhambat. Anda juga tak bisa melakukan pembayaran lewat agen BRI Link, apabila tidak memiliki nomor kontrak.

Jika hal itu terjadi kepada Anda, mau tidak mau Anda harus datang ke kantor Mandala Finance secara langsung. Oleh karena itu, jika Anda ingin membayar tagihan Mandala Finance melalui BRI Link, pastikan membawa nomor kontrak yang sudah diberikan.

Uang Tunai Sesuai Nominal Tagihan

Selain nomor kontrak, Anda juga harus menyiapkan uang tunai sesuai dengan jumlah nominal tagihan. Di sisi lain, Anda juga harus menyiapkan uang untuk biaya administrasi nantinya. Sebab, Anda akan dibebankan biaya admin setiap kali pembayaran Mandala Finance.

Apalagi jika Anda terkena denda, maka Anda harus membawa uang yang cukup untuk membayar tagihan pokok, uang administrasi serta uang denda.

Jangan sampai Anda kurang membawa uang karena hal ini hanya akan membuat diri Anda kerepotan. Sebab, Anda harus pulang dulu dan membawa tambahan uang yang kurang tersebut. Jadi, ada baiknya untuk membawa uang lebih, supaya jika ada tambahan dana, Anda sudah mempersiapkannya dengan baik.

Terlepas dari itu, pembayaran tagihan Mandala Finance tidak akan bertambah, selain dari uang administrasi sendiri. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir kekurangan uang jika Anda sudah membawa uang yang cukup untuk membayar tagihan Mandala Finance serta uang administrasi.

Apabila kedua syarat itu sudah Anda persiapkan, maka bisa langsung kunjungi agen BRI Link terdekat di tempat Anda. Untuk menemukan agen BRI Link ini tidak akan sulit. Pasalnya, agen BRI Link sudah tersebar hampir di setiap daerah yang ada di Indonesia. Bahkan, daerah pelosok pun sudah memiliki agen BRI Link yang memudahkan pembayaran apapun, termasuk membayar Mandala Finance.

Biaya Admin Bayar Tagihan Mandala Finance Lewat BRI Link

Ketika Anda memutuskan untuk bayar Mandala Finance lewat BRI Link, maka akan ada biaya admin yang dikenakan. Tenang saja, biaya admin yang dikenakan tidak besar dan bisa Anda bayarkan dengan mudah.

Adapun biaya admin yang ditagihkan kepada nasabah Mandala Finance ketika akan membayar tagihan adalah sebesar Rp3.000. Dalam hal ini, pihak agen akan mendapatkan keuntungan bagi hasil, yaitu 50:50 dengan pihak Mandala Finance.

Itu berarti, agen BRI Link akan mendapatkan keuntungan sebesar Rp1500 per transaksi tagihan Mandala Finance yang dilakukan. Walaupun terlihat kecil, tetapi jika dalam satu hari ada puluhan hingga ratusan orang yang melakukan transaksi ke Mandala Finance, maka keuntungan yang didapat pun akan lumayan, bukan?

Biaya admin yang dikenakan bisa berkurang atau bertambah sewaktu-waktu, tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu. Hal ini membuat Anda harus selalu siap siaga dengan cara membawa uang tambahan. Tujuannya untuk jaga-jaga jika biaya admin naik, maka Anda tidak perlu khawatir dan tetap bisa membayarnya saat itu juga.

Bayangkan, jika Anda tidak membawa uang tambahan, bagaimana cara untuk menambal kekurangan biaya admin tersebut? Pasti membingungkan, bukan? Oleh sebab itu, lebih baik Anda berjaga-jaga daripada mendapatkan hal yang tidak diinginkan. Termasuk dalam menyediakan dana untuk pembayaran biaya admin.

Meskipun begitu, biaya admin pembayaran Mandala Finance di BRI Link masih sebesar Rp3000 per transaksi. Kalau pun terdapat kenaikan biaya admin, maka jumlah yang dikenakan pun tidak akan lebih dari Rp10.000.

Sebab, kenaikan biaya admin tak akan memakan banyak biaya dan hanya naik sekitar satu atau dua ribu saja. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir dan tetap bisa menyiapkan uang untuk biaya admin Mandala Finance.

Apabila sudah mengetahui nominal biaya admin tagihan Mandala Finance yang harus Anda bayarkan, kini saatnya mulai mengetahui prosedur atau langkah-langkah pembayaran Mandala Finance.

Untuk mengetahui informasi lengkapnya, Anda bisa simak ulasan mengenai prosedur atau langkah-langkah bayar Mandala Finance lewat BRI Link di bawah ini.

Prosedur atau Langkah-langkah Bayar Mandala Finance Lewat BRI Link

Jika Anda sudah mengetahui syarat dan biaya admin yang dibebankan, maka bisa langsung ikuti prosedur atau cara bayar Mandala Finance lewat BRI Link berikut ini.

Langkah-langkah Bayar Mandala Finance Lewat BRI Link oleh Nasabah

Bagi Anda yang akan membayar tagihan Mandala Finance lewat BRI Link, maka bisa ikuti langkah-langkahnya berikut ini.

1. Datang ke Agen BRI Link Terdekat

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk bayar Mandala Finance adalah datang langsung ke agen BRI Link terdekat yang ada di tempat Anda.

Agen BRI Link sudah pasti ada di setiap tempat atau daerah masing-masing. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir tidak menemukannya. Apabila ada banyak agen BRI Link di tempat Anda, maka Anda bisa memilih salah satu agen yang lokasinya berdekatan dengan rumah. Tujuannya adalah untuk menghemat waktu serta tenaga yang dimiliki.

2. Berikan Nomor Kontrak Tagihan

Jika sudah sampai di lokasi agen BRI Link, Anda bisa memberikan nomor kontrak tagihan yang dibawa kepada agen yang melayani. Nomor kontrak ini menjadi hal penting yang harus Anda cek sebelum berangkat menuju BRI Link.

Sebab, tanpa adanya nomor kontrak, proses pembayaran tagihan Mandala Finance Anda tidak akan masuk ke dalam pemprosesan. Hal ini dikarenakan semua informasi tagihan dan nominal tagihan setiap bulan ada pada nomor kontrak tersebut.

Oleh sebab itu, Anda harus menyimpan nomor kontrak tagihan Mandala Finance di tempat yang mudah Anda temukan. Sehingga, ketika Anda hendak membayar tagihan di BRI Link terdekat, Anda tidak perlu susah-susah untuk mencari nomor kontraknya.

3. Bayarkan Jumlah Tagihan dan Biaya Admin

Cara bayar Mandala Finance lewat BRI Link berikutnya adalah Anda dapat memberikan sejumlah uang tagihan yang dibebankan setiap bulan. Tak hanya itu, agen juga akan memberitahukan terkait biaya admin yang harus Anda bayarkan.

Seperti yang sudah disampaikan sebelumnya, untuk biaya admin Mandala Finance adalah sebesar Rp3000 per transaksi. Jadi, Anda bisa menyiapkan uang untuk pembayaran dan biaya adminnya.

Dengan begitu, ketika proses pembayaran berlangsung, Anda tak perlu berlama-lama menghitung uang terlebih dahulu. Sebab, uang yang akan Anda bayarkan sudah dipisah dengan uang tambahan yang Anda bawa. Jadi, lebih praktis dan mudah, bukan?

4. Simpan Bukti Pembayaran di Tempat Aman

Jika Anda sudah memberikan nomor kontrak, uang yang akan dibayarkan beserta biaya adminnya, maka agen akan langsung memproses pembayaran Anda. Sebelum mulai klik ‘OK’, agen akan bertanya terlebih dahulu apakah data-data yang tercantum dalam mesin EDC sudah  benar atau belum.

Jika sudah benar, maka agen BRI Link akan segera memproses pembayaran. Sehingga, struk pembayaran akan keluar dari mesin EDC, lalu Anda akan menerima struk pembayaran tersebut.

Pastikan Anda menyimpan struk pembayarannya di tempat yang aman. Struk ini jangan sampai hilang karena digunakan sebagai bukti bahwa Anda telah membayar tagihan pada bulan tersebut.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu data Anda belum masuk ke pihak Mandala Finance, maka Anda sudah memiliki bukti pembayaran sahnya.

Prosedur Bayar Mandala Finance Lewat BRI Link oleh Agen

Apabila dilihat dari sudut pandang agen BRI Link, ada beberapa prosedur yang harus dilakukan saat menghadapi nasabah, yaitu:

1. Pilih Menu ATM pada Mesin EDC

Pihak agen BRI Link bisa menggunakan mesin EDC untuk transaksi bayar tagihan Mandala Finance. Mesin EDC ini sudah pasti akan diberikan oleh BRI kepada setiap agen yang tersebar di semua wilayah Indonesia.

Selain itu, mesin EDC juga sangat mudah digunakan, sehingga lebih praktis untuk metode pembayaran tagihan. Agen hanya perlu memilih menu ATM yang tertera pada layar EDC. Setelah mengklik menu ATM, maka akan muncul pilihan menu lain yang bisa Anda gunakan sesuai kebutuhan.

2. Klik Transfer

Setelah klik menu ATM, Anda bisa melanjutkan dengan memilih opsi ‘Transfer’. Hal ini dilakukan karena nasabah akan melakukan pembayaran Mandala Finance menggunakan metode transfer.

3. Klik Opsi Antar Bank

Jika menu transfer sudah Anda pilih, maka akan muncul opsi kembali. Anda dapat memilih opsi ‘Antar Bank’ untuk proses transfer yang akan dilakukan. Dalam hal ini, bank yang akan digunakan adalah BRI, sehingga proses transfer akan dilakukan oleh bank BRI sendiri.

Apabila Anda tidak memiliki ATM BRI, maka tidak perlu khawatir. Sebab, pihak agen sudah menyediakan ATM BRI tersendiri yang dapat digunakan oleh para nasabah yang tidak memiliki rekening BRI.

4. Masukkan Kartu ATM BRI

Agen BRI Link akan mulai memasukkan kartu ATM BRI yang akan digunakan dalam proses transaksi transfer ke Mandala Finance. Pada tahapan ini, Anda juga mesti memasukkan kode dan nomor rekening tujuan.

Pastikan Anda memasukkan nomor rekening tujuan dengan teliti, supaya tidak ada kesalahan dalam proses pengiriman. Bila itu terjadi, maka orang yang akan mengalami kerugian besar adalah Anda sendiri.

Sebab, pihak nasabah pasti akan meminta pertanggungjawaban dari Anda sebagai agen BRI Link yang melakukan proses transfer ke Mandala Finance.

Daripada terkena masalah yang berujung pada kerugian, lebih baik Anda mencoba untuk teliti dan mengecek beberapa kali apakah nomor rekening dan kode yang dimasukkan sudah benar atau belum.

5. Masukkan Jumlah Tagihan

Apabila nomor rekening tujuan sudah benar, agen BRI Link bisa memasukkan jumlah tagihan pembayaran ke Mandala Finance. Cek dan tanyakan lagi kepada nasabah, apakah jumlah tagihannya sudah benar atau tidak.

Apabila nasabah mengatakan sudah benar, maka Anda bisa melanjutkan ke tahap berikutnya. Walaupun terdengar sepele, tetapi bertanya untuk memastikan bahwa jumlah tagihan pembayaran sudah tepat merupakan hal yang penting.

Jika Anda tidak memastikan jumlah tagihan yang dimasukkan kepada nasabah, maka takutnya terjadi kesalahpahaman. Bisa saja nominal yang Anda masukkan kurang atau kelebihan.

Meskipun begitu, Anda tidak perlu khawatir karena jumlah tagihan bisa Anda lihat juga melalui nomor kontrak yang nasabah berikan.

6. Masukkan PIN ATM BRI

Ketika nomor rekening dan jumlah tagihan sudah Anda masukkan dengan tepat, langkah terakhir yang harus Anda lakukan terkait cara bayar Mandala Finance lewat BRI Link adalah memasukkan PIN ATM BRI.

Langkah ini bisa Anda lakukan secara langsung sebagai agen BRI Link karena rekening yang dimasukkan pun merupakan milik BRI. Pastikan Anda memasukkan PIN ATM BRI dengan benar, supaya tidak terjadi kesalahan apapun.

Apabila Anda adalah orang yang mudah lupa, ada baiknya untuk mencatat PIN ATM BRI tersebut. Tujuannya supaya Anda sebagai pihak agen BRI Link bisa memproses transaksi yang diminta nasabah secara lancar, salah satunya transaksi pembayaran tagihan ke Mandala Finance.

7. Muncul Konfirmasi Pembayaran Tagihan Mandala Finance

Jika proses pembayaran sudah Anda lakukan dengan tepat ke Mandala Finance, nantinya akan muncul konfirmasi mengenai pembayaran tagihan itu sendiri. Anda dapat mengatakan semua data yang ada tampilan EDC kepada nasabah.

Ketika nasabah memberitahukan bahwa semuanya sudah sesuai, maka Anda bisa klik konfirmasi dan proses pembayaran tagihan kepada Mandala Finance pun berhasil dilakukan.

8. Struk Akan Keluar

Setelah itu, struk pembayaran tagihan ke Mandala Finance akan muncul dari mesin EDC yang Anda gunakan. Berikan struk pembayaran tersebut kepada nasabah bersangkutan. Beritahukan bahwa konsumen harus menyimpan struk pembayaran resmi itu di tempat yang aman dan jangan sampai hilang.

Bagaimana, mudah sekali kan cara bayar Mandala Finance lewat BRI Link yang bisa Anda lakukan?

Nasabah maupun agen BRI Link sendiri akan mendapatkan masing-masing keuntungan dari proses transaksi yang dilakukan. Nasabah dapat menghemat waktu karena tidak perlu mengantri atau pergi ke tempat pembayaran Mandala Finance yang jauh.

Sementara agen BRI Link bisa mendapatkan keuntungan atas setiap transaksi yang dilakukan oleh nasabah Mandala Finance. Dengan begitu, keduanya akan saling memberi keuntungan yang baik.

Sehingga, keputusan Anda untuk bayar Mandala Finance lewat BRI Link sudah tepat. Jika merasa nyaman dengan metode pembayaran ini, maka Anda bisa terus melakukan pembayaran disana, ya.

Keunggulan Bayar Mandala Finance Lewat BRI Link

Ada beberapa keunggulan yang bisa Anda dapatkan dari memilih metode bayar Mandala Finance lewat BRI Link, yaitu:

1. Menghemat Waktu dan Tenaga

Saat Anda memutuskan untuk membayar tagihan Mandala Finance lewat BRI Link, Anda sudah bisa menghemat waktu dan tenaga. Pasalnya, BRI Link sudah pasti ada di setiap daerah, bahkan di lokasi tempat tinggal Anda.

Selain itu, lokasinya yang berdekatan dengan tempat tinggal, akan membuat Anda tidak perlu pergi menggunakan kendaraan. Hal ini tentu akan menghemat tenaga Anda, sekaligus menghemat budget juga kan?

Biaya yang seharusnya Anda bayarkan untuk bensin atau kendaraan umum bisa digunakan untuk membayar biaya admin tagihan Mandala Finance. Bagaimana, menarik sekali, bukan?

2. Praktis dan Cepat

Keunggulan bayar Mandala Finance lewat BRI Link berikutnya adalah dapat Anda lakukan secara praktis dan cepat. Disini, Anda tidak perlu mengantri atau menunggu lama.

Sebab, kehadiran agen BRI Link yang tersebar di banyak wilayah ini akan membuat nasabah tidak perlu mengantri saat datang kesana. Ketika baru saja tiba di agen BRI Link, Anda akan langsung dilayani untuk proses pembayaran tagihan Mandala Finance.

Tak hanya itu, prosesnya yang praktis dan mudah tidak perlu membuat Anda merasa ribet atau hal lainnya. Anda hanya perlu membawa nomor kontrak dan uang tagihan serta biaya admin saja. Setelah itu, proses transaksi pembayaran pun akan segera dilakukan dalam waktu beberapa detik saja.

3. Biaya Admin Terjangkau

Biaya admin untuk membayar tagihan Mandala Finance lewat BRI Link sangat terjangkau. Anda hanya perlu menyediakan uang sebesar Rp3000 saja. Jika ada kenaikan biaya admin pun, maka tidak akan sampai lebih dari Rp10.000. Hal inilah yang membuat para nasabah lebih nyaman menggunakan transaksi dengan BRI Link untuk pembayaran tagihan Mandala Finance.

Itulah informasi seputar cara bayar Mandala Finance lewat BRI Link yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Informasi yang disajikan sudah sangat lengkap, sehingga Anda dapat mengetahui apa saja yang mesti dilakukan saat membayar tagihan ke BRI Link. Selain itu, Anda pun dapat mengetahui keunggulan yang dirasakan ketika melakukan transaksi pembayaran tagihan Mandala Finance ke BRI Link itu sendiri. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url