Cara Buka Rekening Bank Indonesia Dari Luar Negeri

Bisakah buka rekening Indonesia dari luar negeri? Pertanyaan ini begitu sering muncul terutama di kalangan orang-orang yang perlu menetap di negara lain khususnya luar Indonesia. Misalnya seperti untuk keperluan sekolah, kuliah, atau bekerja. Sementara kepemilikan rekening Indonesia sendiri cukup penting.

Dari rekening tersebut Anda bisa memiliki sumber dana untuk memenuhi kebutuhan selama tinggal di luar negeri. Walaupun sangat disarankan bagi Anda yang mau menetap dalam waktu yang cukup lama di luar negeri ada baiknya mengurus dulu rekening bank selama masih berada di Indonesia.

Pasalnya, mengurus pembukaan rekening bank Indonesia di luar negeri bukannya mudah. Selain banyak persyaratan yang perlu dipenuhi, prosesnya juga tak secepat saat Anda melakukannya saat masih di Indonesia. Selama menetap di luar negeri mungkin Anda butuh penyesuaian dengan tempat baru.

Sehingga jika masih disibukkan dengan hal lain seperti pengurusan rekening bank mungkin akan sedikit memberatkan. Apalagi rekening bank adalah hal yang cukup vital dan dibutuhkan selama di luar negeri. Artinya, bila Anda tidak segera mengurusnya, bisa jadi akan menjadi masalah cukup besar.

Masalahnya apakah bisa buka rekening Indonesia dari luar negeri? Meskipun tidak sepraktis seperti membuka di Indonesia, melakukannya saat sudah berada di luar negeri masih tetap memungkinkan. Apalagi sekarang sudah ada teknologi sehingga Anda bisa saja melakukannya secara online.

Siapa Saja Yang Butuh Buka Rekening Indonesia Dari Luar Negeri?

Sebelum membahas lebih jauh tentang membuka rekening Indonesia di luar negeri, Anda mungkin penasaran siapa saja yang butuh melakukan aktivitas tersebut? Beberapa pihak yang biasa membutuhkan pembukaan rekening bank Indonesia di luar negeri, yaitu:

Mereka yang Meneruskan Sekolah Ke Luar Negeri

Bukan berarti sistem pendidikan di Indonesia terlalu buruk, tapi nyatanya tidak sedikit anak-anak sekolah Indonesia meneruskan pendidikannya ke luar negeri. Ada yang karena ingin mencari pengalaman, kebetulan mendapatkan beasiswa, dan lain sebagainya.

Tinggal di luar negeri, bukan berarti Anda hanya bisa membuat rekening bank lokal sama saja. Anda juga tetap bisa kok buka rekening bank Indonesia dari negara yang sekarang ditinggali. Rekening bank Indonesia dapat dijadikan tempat menyimpan uang mungkin dari orang tua atau pihak lain.

Anda juga bisa menarik dana dari rekening bank Indonesia tersebut di ATM luar negeri. Walaupun harus memperhatikan syarat dan ketentuan masing-masing. Dengan begitu, jika Anda berniat melanjutkan sekolah ke luar negeri, tidak ada salahnya membuka rekening bank Indonesia dari sana.

Menempuh Pendidikan Tinggi Di Luar Negeri

Setelah lulus SMA, beberapa orang mungkin ingin untuk langsung bekerja. Walaupun begitu, tidak sedikit juga yang justru mau melanjutkan ke perguruan tinggi. Perguruan tinggi di Indonesia sebenarnya sudah cukup banyak. Namun, banyak calon mahasiswa juga mau mencoba menempuh kuliah ke luar negeri.

Bagi Anda yang ada keinginan melanjutkan pendidikan tinggi selain di Indonesia, boleh melakukan pembukaan rekening bank lokal. Jika memang tidak sempat membuatnya saat masih berada di Indonesia jangan khawatir, karena dapat dilakukan setelah berada negara lain.

Orang-Orang yang Bekerja Di Luar Negeri

Pihak yang paling perlu untuk buka rekening Indonesia dari luar negeri. Bila Anda pekerja migran, atau memang dipindahtugaskan ke luar negeri, tidak masalah jika mau buka rekening Indonesia walaupun sudah berada di negara orang.

Rekening Indonesia tersebut sangat penting. Mungkin untuk kebutuhan transfer gaji yang didapatkan selama bekerja. Dengan begitu, Anda lebih mudah mengirimkannya pada keluarga di Indonesia.

Bisakah Buka Rekening Indonesia Dari Luar Negeri?

Kembali lagi pada pertanyaan yang paling sering ingin diketahui tentang apakah bisa buka rekening Indonesia dari luar negeri? Dari penjelasan sebelumnya, mungkin Anda sudah dapat menarik kesimpulan jika membuka rekening bank Indonesia di luar negeri itu masih dapat dilakukan.

Mengingat saat ini teknologi sudah semakin maju. Anda dapat dengan mudah mendapatkan koneksi internet di mana-mana. Membuka rekening bank Indonesia akan jauh lebih mudah dilakukan di mana saja dan kapan saja secara online. Anda hanya perlu mengunduh aplikasi perbankan pada smartphone.

Lalu berusaha menghubungkan perangkat tersebut dengan koneksi internet yang stabil. Sebelum itu, siapkan dulu beberapa persyaratan yang dibutuhkan. Syarat-syarat buka rekening Indonesia dari luar negeri akan dijelaskan pada pembahasan berikutnya. Lalu apakah hanya bisa dilakukan secara online?

Sebenarnya masih ada cara lain misalnya datang langsung menemui pihak bank. Anda harus tahu sejumlah bank Indonesia sekarang sudah banyak membuka cabang di luar negeri. Misalnya seperti BNI yang kebetulan hingga sekarang sudah ada di New York, Osaka Jepang, Yangon, London, dan masih banyak lagi.

Bagi Anda yang sedang berada di negara-negara tersebut tentu akan dilayani untuk pembukaan rekening. Bahkan, biasanya ada acara-acara tertentu yang digelar oleh konsulat jenderal RI di negara tersebut yang memungkinkan untuk mengundang bank-bank lokal membuka booth khusus.

Sehingga, Anda tinggal hadir dalam acara tersebut dan menghampiri booth bank yang dimaksud. Sampaikan keinginan Anda untuk membuka rekening tabungan, dan petugas yang berjaga pasti akan membantu.

Hanya saja, walaupun buka rekening Indonesia dari luar negeri itu masih memungkinkan, tapi ada baiknya Anda melakukannya saat masih berada di sini. Sebab, bank lokal Indonesia tidak dapat langsung menguruskan pembukaan rekening perorangan melalui cabangnya di luar negeri.

Kantor cabang luar negeri nanti hanya akan berfungsi sebagai pooling dokumen pembukaan rekening saja. Kemudian proses selanjutnya akan diteruskan tetap melalui kantor cabang Indonesia. Lagipula prosesnya lebih memakan waktu, dengan syarat yang tidak sedikit. Maka, mengurus pembukaan rekening bank ketika masih berada di Indonesia masih tetap pilihan yang tepat.

Apa Saja Syarat Buka Rekening Indonesia Dari Luar Negeri?

Bagi yang memang belum sempat membuka rekening bank lokal Indonesia silahkan lakukan di luar negeri. Tapi selalu ingat untuk melengkapi dulu persyaratan yang dibutuhkan. Ada baiknya sebelum membuka rekening bank Indonesia di luar negeri, syarat-syarat di bawah ini Anda siapkan dulu. Dengan begitu proses buka rekening akan lebih mudah dan cepat.

Passport

Dokumen pertama yang perlu Anda siapkan tentu saja adalah passport. Passport ini begitu penting karena sama seperti tanda pengenal Anda selama di luar negeri. Untuk buka rekening Indonesia dari luar negeri Anda butuh passport asli dan fotocopy.

ID/KTP

Selain passport untuk keperluan buka rekening bank Indonesia pun Anda butuh KPT/ID. Maka pastikan KTP/ID Anda ini masih ada. Walaupun sekarang sudah berlaku e-KTP tapi bukti fisiknya nanti bisa berguna saat Anda buka rekening secara online.

Kartu Pelajar (Pelajar)

Beberapa dari Anda ingin meneruskan sekolah di luar negeri. Misalnya masih setingkat SMP, jadi belum punya KTP bukan? Jangan khawatir, karena Anda masih tetap bisa menggunakan kartu pelajar. Bagi yang masih mahasiswa dan punya KTP pun, kartu pelajar bisa dipakai sebagai alternatif.

Rekening Koran Kartu kredit

Apabila Anda ingin mengajukan pembukaan rekening sekaligus kartu kredit juga bisa dilakukan. Namun, jangan lupakan persyaratan satu ini. Anda harus menyiapkan rekening koran kartu kredit yang dimiliki.

Rekening Telepon (Non Celular)

Apakah lingkungan tempat tinggal Anda yang baru di luar negeri menggunakan fasilitas telepon lokal? Jika benar begitu, silahkan siapkan juga rekening telepon, sebelum Anda mulai buka rekening bank. Sebaliknya, Anda tidak perlu menyiapkannya jika memang tidak menggunakan layanan tersebut.

Rekening Listrik dan Air

Selain rekening telepon, Anda juga butuh rekening listrik dan air tempat tinggal yang baru di luar negeri. Fungsinya sama, yaitu sebagai data pelengkap ketika mau buka rekening bank Indonesia.

Surat Perjanjian Sewa Menyewa Apartemen/Ijin Tinggal

Persyaratan terakhir adalah Anda juga harus menyiapkan surat perjanjian sewa menyewa tempat tinggal. Biasanya pemilik apartemen yang ditinggali akan memberikan surat tersebut jika memang dibutuhkan. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan alternatif dokumen lain seperti ijin tinggal.

Cara Buka Rekening Indonesia Dari Luar Negeri

Saatnya Anda mengetahui bagaimana cara buka rekening Indonesia dari luar negeri. Seperti yang telah sedikit disinggung pada penjelasan sebelumnya, Anda bisa melakukan pembukaan rekening secara online maupun offline. Walaupun secara online mungkin lebih mudah. Di bawah ini akan dijelaskan cara pembukaan rekening bank Indonesia dari luar negeri baik secara online maupun offline:

Buka Rekening Indonesia Dari Luar Negeri Secara Offline

Pertama Anda bisa melakukan aktivitas pembukaan rekening bank Indonesia walaupun sedang berada di luar negeri dengan datang ke kantor cabangnya. Seperti yang diketahui, sekarang cukup banyak bank Indonesia yang buka kantor cabang di luar negeri. Jika kebetulan Anda berada di negara tempat kantor cabang tersebut berdiri, bisa dicoba.

Seperti bank BNI yang membuka cabang di Jepang, London, New York, dan lainnya. Anda datangi saja kantor cabangnya jika ada waktu. Sebelumnya siapkan dulu beberapa persyaratan yang sudah dijelaskan tadi. Sesampainya di kantor cabang bank, sampaikan jika Anda ingin buka rekening baru.

Petugas akan membantu Anda dalam setiap prosesnya. Pertama-tama petugas akan melakukan verifikasi data. Setelah itu, baru mengurusnya untuk membuat Anda menjadi nasabah pemegang rekening baru.

Namun, Anda harus ingat jika kantor cabang bank Indonesia hanya melakukan pooling data dan dokumen saja. Jadi prosesnya tetap dilakukan di Indonesia. Oleh sebab itu, proses hingga Anda menjadi nasabah pemegang rekening akan sangat panjang dan lama. Belum lagi jika Ada data atau dokumen yang belum lengkap.

Anda mungkin akan diinstruksikan untuk melengkapinya dulu dan mengumpulkannya lagi di lain hari. Sehingga mengurus pembukaan rekening bank ketika masih di Indonesia memang tetap sangat disarankan.

Kadang juga ada gelaran acara yang sengaja diadakan oleh konsulat jenderal RI di luar negeri. Biasanya di acara tersebut akan datang bank-bank Indonesia yang menyewa booth khusus. Anda bisa menggunakannya sebagai kesempatan untuk membuka rekening baru.

Baik buka rekening bank dari booth acara konsulat jenderal maupun kantor cabang sama-sama memakan proses yang lama. Mereka hanya berfungsi sebagai pengumpul dokumen dan data calon nasabah. Tetap semua akan dilakukan di Indonesia, jadi jangan harap butuh waktu cepat.

Buka Rekening Indonesia Dari Luar Negeri Secara Online

Berikutnya adalah alternatif buat Anda yang tidak mau repot-repot datang ke kantor cabang bank lokal di luar negeri. Sekarang teknologi sudah sangat canggih. Sehingga Anda dapat menggunakannya dalam berbagai keperluan, termasuk buka rekening bank. Walaupun Anda melakukannya saat berada di negara lain, tetap memungkinkan karena secara online.

Pasalnya, sekarang bank-bank lokal Indonesia juga telah menyiapkan banyak fitur buat para nasabahnya. Salah satunya adalah mobile banking. Mobile banking dapat Anda unduh dan install via smartphone. Sehingga dapat diakses kapan saja dan dimana pun. Tinggal menyambungkannya dengan koneksi internet.

Contohnya seperti mobile banking milik BRI yaitu BRImo, m-BCA punya bank BCA, hingga TMRW dari bank UOB. Aplikasi-aplikasi mobile banking tersebut dapat diunduh pada smartphone dan digunakan kapan saja. Termasuk membuka rekening baru bank Indonesia saat berada di luar negeri.

Buka Rekening Indonesia (UOB) Dari Luar Negeri Negeri Pakai Aplikasi TMRW

Walaupun bank UOB tidak punya kantor cabang di wilayah dimana Anda sekarang bermukim tidak masalah. Anda tetap bisa membuka rekening bank tersebut secara mudah. Apalagi kalau bukan mengandalkan aplikasi TMRW.

Sebagai informasi saja, TMRW adalah aplikasi dari bank UOB yang turut meramaikan dunia perbankan digital di Indonesia. Walaupun masih tergolong baru, karena muncul tahun 2020 silam, namun antusiasme dari pengguna dinilai cukup besar.

Bagi Anda yang sudah terlanjur harus menetap dalam waktu tertentu di luar negeri, tapi belum punya rekening bank lokal bisa memanfaatkan aplikasi ini. Berikut proses buka rekening bank UOB pakai aplikasi TMRW:

Unduh Aplikasinya

Langkah pertama tentu saja Anda harus mengunduh dulu aplikasi TMRW. Pastikan aplikasinya sudah terunduh di smartphone Anda. Baru bisa Anda pakai untuk pembukaan rekening.

Registrasi Seperti Biasanya

Setelah mengunduh dan memastikan telah terinstall di smartphone, silahkan Anda registrasi. Seperti registrasi aplikasi pada umumnya. Anda bisa pakai email atau sejumlah data yang diperlukan di sana.

Pilih Jenis Rekening

Berikutnya jika Anda telah melakukan registrasi sudah pasti bisa buka aplikasinya. Begitu buka aplikasi, nanti akan diberikan pilihan menu jenis rekening. Anda bisa pilih antara rekening dengan kartu kredit atau rekening dengan kartu ATM/debit.

Sebagai saran saja, ada baiknya Anda pilih yang jenis rekening dengan kartu ATM/debit saja. Pasalnya untuk membuka jenis rekening tersebut terbukti lebih mudah syaratnya. Apabila Anda memilih rekening dengan kartu kredit boleh-boleh saja sebenarnya. Tapi harus menyediakan dokumen gaji 3 bulan sebelumnya, yang tidak mungkin dimiliki khususnya bagi pelajar.

Input Nomor HP atau Data Lainnya

Berikutnya Anda akan diminta menuliskan beberapa data termasuk nomor HP. Isi saja sesuai sebenarnya dan lengkap sesuai instruksi. Ada baiknya khusus untuk data nomor HP digunakan yang menyambung dengan aplikasi gojek saja. Pasalnya, ada cashback dari aplikasi tersebut karena masih dalam masa promo.

Atur One Time Password

Berikutnya, Anda akan klik saja menu “one time password”. Setelah menu ini dipilih, baru proses berikutnya bisa dilanjutkan. Seperti mengisi data lanjutan, keperluan dokumentasi dan lainnya.

Ambil Selfie dan Lengkapi Data

Selanjutnya adalah pengambilan bukti dokumentasi yang perlu Anda lakukan dengan cara foto selfie. Jika sudah, lengkapi data yang diperlukan. Mulai dari nama, pekerjaan, serta alamat lengkap di Indonesia. Selain itu, Anda juga diminta untuk membuat password dan username. Kedua data tersebut bisa dipakai saat Anda mau login.

Buat Secure PIN

Terakhir, Anda tinggal buat secure PIN. Pembuatan secure PIN ini dianggap penting. Terutama jika Anda ingin pindah pakai perangkat lain untuk mengakses aplikasi tersebut. Secure PIN juga berfungsi untuk melakukan verifikasi yang lain.

TMRW ini begitu disarankan  buat Anda karena punya banyak kelebihan. Selain punya interface yang mudah, disiapkan layanan live chat CS buat para pengguna. Promonya juga cukup banyak dan rata-rata menggiurkan. Sehingga, bagi Anda yang mau buat rekening bank lokal di luar negeri, boleh segera mencobanya.

Buka Rekening Bank BCA Dari Luar Negeri

Bila masih bingung mau buka rekening bank Indonesia di luar negeri, silahkan manfaatkan m-banking BCA. Cara buka rekening bank BCA dari luar negeri juga tak kalah mudah kok. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

Download dan Install Dulu Aplikasi m-BCA

Pertama-tama, silahkan Anda unduh dulu aplikasi m-BCA. Anda dapat unduh dan install via Playstore atau Appstore. Apabila sudah silahkan lakukan registrasi seperti biasa. Jika aplikasi sudah berhasil terbuka, klik menu “buka rekening”.

Klik Mulai

Apabila menu “buka rekening” sudah diklik, silahkan Anda pilih opsi “mulai. Aplikasi m-BCA ini mudah dipergunakan, sehingga Anda tidak akan kesulitan untuk menemukan menu yang dimaksud. Setelah itu, akan ada semacam top up pilihan “ya” atau “tidak”. Kali ini klik pada opsi “ya”

Pilih Produk Rekening Tabungan

Setelah itu, Anda akan diarahkan untuk memilih salah satu produk rekening tabungan yang diinginkan. Rata-rata orang memilih opsi “TAHAPAN”. Walaupun selain itu masih banyak lagi produk rekening tabungan BCA lain yang boleh Anda pilih, seperti Xpresi dan sebagainya.

Pilih yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda juga bisa melihat-lihat dulu tiap-tiap produk rekening dengan melihat melalui opsi “informasi produk”. Silahkan langsung klik saja seperti biasa.

Kirim SMS Verifikasi

Nanti, akan ada SMS verifikasi yang dikirimkan melalui ponsel Anda. Isinya adalah kode verifikasi yang perlu Anda simpan. Kirimkan kode verifikasi tersebut sesuai instruksi yang tersedia yaitu klik “kirim”.

Masukkan Kode Akses

Berikutnya, Anda tinggal masukkan kode akses. Kode akses ini sangat penting, sehingga Anda harus selalu mengingatnya. Kode akses pun akan dipergunakan setiap saat Anda mau buka menu “buka rekening baru”. Bahkan kalau mau membuka m-BCA lagi untuk transaksi lainnya tetap harus menggunakan kode akses tersebut.

Lengkapi Sejumlah Dokumen

Langkah selanjutnya, Anda akan diminta untuk melengkapi dokumen. Beberapa dokumen tersebut diperlukan untuk kepentingan pembukaan rekening bank BCA saat Anda berada di luar negeri. Syaratnya sebenarnya tidak jauh berbeda dengan yang dijelaskan di awal tadi yaitu:

  • E-KTP
  • Foto diri
  • Tanda tangan di atas kertas putih lalu difoto
  • NPWP jika ada

Isi Data Diri

Setelah melengkapi dokumen, selanjutnya adalah isi data diri. Sama dengan saat Anda membuka rekening bank BCA di Indonesia, data diri yang perlu diisi antara lain seperti:

  • Nama ibu kandung
  • Status Perkawinan
  • Tujuan pembukaan rekening, dsb

Pilih Jenis Kartu Dan Isi Alamat Email

Selanjutnya Anda boleh pilih jenis kartu yang diinginkan, mau silver, gold, atau platinum. Ketiga punya kelebihan masing-masing jadi sesuaikan saja. Lalu isi alamat email untuk keperluan internet banking. Anda juga akan diinstruksikan metode pengambilan kartu ATM, mau kantor cabang terdekat atau dikirim.

Lakukan Verifikasi Data

Terakhir, tinggal lakukan verifikasi data. Caranya adalah via video call dengan customer service BCA. Selesai sudah proses pembukaan rekening bank BCA dari luar negeri hanya mengandalkan aplikasi dan internet saja.

Itu dia tadi informasi tentang cara buka rekening Indonesia dari luar negeri. Sudah disebutkan juga langkah-langkahnya sehingga dapat Anda ikuti. Walaupun begitu, tetap saja Anda disarankan untuk membuka rekening bank Indonesia sebelum berangkat ke luar negeri agar tak memakan banyak waktu.

 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url