Cara Membatalkan Pesanan di Tiktok Shop

Cara membatalkan pesanan di tiktok shop - Kali ini, akan dibahas tentang informasi yang kemungkinan besar di cari-cari oleh banyak orang. Apalagi kalau bukan bagaimana cara membatalkan pesanan di tiktok shop dengan mudah dan cepat. Sebab sekarang ini, Tiktok sudah bertransformasi menjadi media sosial yang lebih canggih.

Kalau dulu, Tiktok hanya sebatas aplikasi media sosial tempat para penggunanya berbagi video pendek atau foto saja. Seiring berkembangnya waktu, Tiktok pun jadi lebih baik dengan menambahkan fitur upload video durasi lebih panjang. Bukan hanya itu saja, ada juga fitur bernama TikTok Shop.

Tiktok shop membuat perubahan aplikasi tersebut dengan cukup drastis. Sejak kemunculan fitur tersebut, pengguna TikTok bahkan langsung maju pesat. Sampai sekarang sudah tercatat hampir ratusan orang yang telah menjadi pengguna aktif aplikasi tersebut. Di Indonesia sendiri, pengguna aplikasi TikTok sudah cukup banyak sekali dari mulai anak-anak hingga orang dewasa pun ada.

Aplikasi TikTok bukan hanya menjadi hiburan penggunanya. Berkat adanya fitur TikTok shop, para pengguna aplikasi tersebut bisa mencari kemudian membeli barang yang diinginkan. Sistemnya seperti marketplace. Sehingga tidak hanya terhibur, pengguna jadi tidak repot jika ingin punya barang.

Anda mungkin pernah atau justru sering lihat keranjang warna kuning pada video atau live pengguna? Itu adalah salah satu aktivitas dari TikTok shop. Selain itu, sama dengan marketplace lain, TikTok shop pun menyediakan sistem affiliate yang bisa digunakan.

Walaupun masih tergolong baru, sudah cukup banyak kok yang berbelanja barang via Tiktok shop ini. Sayangnya, ada beberapa pengguna yang penasaran apakah bisa membatalkan pesanan belanja di Tiktok shop? Penjelasan selengkapnya tentang cara membatalkan pesanan di Tiktok shop paling mudah akan dijabarkan di bawah ini.

Apa Itu Tiktok Shop?

Sebelum membahas tentang cara membatalkan pesanan di TikTok shop, ada informasi lain yang sebenarnya lebih penting. Salah satunya tentang apa itu Tiktok shop yang bisa jadi beberapa dari Anda belum mengetahuinya, karena memang lumayan baru.

Tiktok shop sebenarnya mirip dengan marketplace yang biasa digunakan orang-orang. Seperti yang telah diketahui, sekarang ini aktivitas belanja sudah jauh lebih mudah karena dapat dilakukan secara online. Tinggal pesan lewat aplikasi, bayar secara virtual, dan tunggu barangnya sampai ke tujuan yang diinginkan.

Di Indonesia sendiri sudah banyak dikenal marketplace lainnya. Seperti Lazada, Shopee, Bukalapak, dan lainnya. Masing-masing punya keunikannya sendiri-sendiri termasuk TikTok shop ini. Lalu apa keunikannya? Tentu saja Anda bisa belanja langsung via aplikasi media sosial berbagi video tersebut.

Nantinya, jika misalnya ada yang live di TikTok dan kebetulan sedang menawarkan jualannya, Anda bisa langsung beli saat itu langsung dari aplikasinya. Sangat praktis, walaupun fiturnya belum cukup lengkap jika dibandingkan dengan marketplace lain yang sudah lebih dulu dikenal. Selain itu belanja di TikTok shop ini aman kok, buktinya hingga sekarang makin banyak digemari.

Selain itu, Tiktok shop juga merupakan fitur bawaan asli dari aplikasi tersebut. Anda tidak perlu khawatir soal keamanannya. Cara pesan produk dari TikTok shop juga terbilang sangat mudah. Fitur di dalamnya juga lumayan lengkap sebenarnya. Siapa saja rasanya tidak akan terlalu kesulitan jika ingin mencobanya.

Lalu bagaimana cara membatalkan pesanan di Tiktok shop? Apakah pesanan Anda bisa dibatalkan karena suatu hal? Penjelasannya akan disajikan lebih lengkap pada pembahasan selanjutnya.

Cara Jual Produk di Tiktok Shop

Sudah tahu bukan apa itu TikTik shop? Kini bisa jadi ada dari Anda yang berminat untuk jualan produk melalui aplikasi tersebut. Tidak ada salahnya Anda jualan produk di sana, karena cukup berpotensi. Pasalnya, pengguna TikTok sendiri hingga sekarang masih terus bertambah.

Artinya, peluang produk dibeli akan makin tinggi. Anda hanya perlu berkreasi untuk mengundang lebih banyak orang sehingga tahu Anda sedang berjualan produk di TikTok shop. Berikut bagaimana langkah-langkah jika ingin jualan produk di TikTok shop dengan mudah:

Buka Situs Seller

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah pastikan punya akun TikTok terlebih dahulu. Cara buat akunnya adalah buka dulu situs seller TikTok. Alamat situsnya adalah id.tiktok.com/account/welcome. Jadi, Anda buka browser dulu, lalu masuklah ke situs tersebut.

Pilih Sign Up

Berikutnya, akan muncul halaman utama situsnya. Anda perhatikan saja nanti ada menu “sign up” silahkan pilih. Menu tersebut akan mengarahkan Anda untuk buat akun. Tinggal masukkan nomor HP atau email saja.

Setujui Halaman Otorisasi

Sama dengan ketika daftar di aplikasi-aplikasi lain, Anda akan menemukan halaman otorisasi. Dalam tahap ini langsung klik saja “setujui syarat dan ketentuan yang berlaku”. Setelah itu klik “otorisasikan”

Verifikasi Melalui Email

Selanjutnya, tinggal lakukan verifikasi via email. Nantinya, pihak Tiktok akan mengirimkan kode verifikasi ke email yang Anda daftarkan tadi. Buka kotak masuk email kemudian salin kode yang dikirimkan.

Kembali ke Situs

Setelah Anda salin, paste link tadi ke kolom yang disediakan. Dengan begitu, akun Anda selesai dibuat. Langkah berikutnya, Anda dapat langsung login pakai alamat email tersebut.

Mulai Jual Produk

Setelah login, Anda bisa buka profile. Lalu masukkan deskripsi serta video-video produk yang ingin Anda jual. Sampai tahap ini, Anda sudah bisa jualan produk di TikTok shop. Tunggu saja hingga pesanan pertama Anda hadir.

Cara Pesan Produk di Tiktok Shop

Anda belum minat untuk jual produk di TikTok shop tapi penasaran bagaimana beli produk melalui aplikasi tersebut? Beli produk via TikTok shop sangat mudah sekali. Sebab, pihak pengembang juga telah menyiapkan fitur dan interface yang sederhana sehingga dapat diaplikasikan oleh semua kalangan. Cara pesan produk via Tiktok shop adalah sebagai berikut:

Masuk Video Penjual

Biasanya Anda sering melihat konten-konten video di TikTok bukan? Apabila salah satu konten video yang dilihat tadi kebetulan sedang menawarkan jualannya justru kesempatan bagus. Nanti, saat video penjual sedang menawarkan produk yang Anda inginkan, silahkan klik profilnya.

Pilih Ikon “tas shop”

Jika sudah berhasil masuk profil penjual, silahkan pilih ikon “tas shop”. Nanti di sana akan ada banyak pilihan barang yang bisa jadi sedang Anda cari. Jika telah menemukannya, klik “buy now”.

Isi Data Pada Halaman “Order Summary”

Setelah itu, langkah berikutnya Anda tinggal isi sejumlah data pendukung. Termasuk alamat pengiriman, warna produk, metode pembayaran, kuantitas produk, dan beberapa informasi lainnya. Isi dengan benar supaya prosesnya lancar dan tidak harus mengulang dari awal.

Bayar Pesanan

Supaya pesanan dapat segera diproses, tentu saja Anda harus menyelesaikan pembayarannya bukan? Tenang, bayar pesanan TikTok shop sama sekali tidak sulit kok. Anda bisa bayar via ritel seperti Indomaret atau Alfamart.

Selain itu, dapat juga melalui kartu kredit serta transfer bank. Ada dompet digital seperti OVO, GoPay, Dana, dan lainnya? Silahkan boleh dipakai juga. Bahkan, ada beberapa penjual TikTok shop yang melayani sistem pembayaran COD.

Tunggu Pesanan TikTok Shop Sampai Tujuan

Pastikan pembayaran pesanan TikTok shop Anda lancar. Sebab jika prosesnya lancar, penjual baru bisa memproses pengiriman pesanan. Apabila Anda telah menyelesaikan pembayaran, umumnya hanya tinggal tunggu saja hingga barangnya sampai ke alamat tujuan yang diinginkan.

Bisakah Produk Pesanan di Tiktok Shop Dibatalkan?

Sebelumnya sudah dijelaskan baik bagaimana cara jual maupun beli produk di TikTok shop bukan? Saatnya kini mulai menjawab rasa penasaran Anda tentang cara membatalkan pesanan di TikTok shop.

Sebenarnya, bisakan produk pesanan di TikTok shop itu dibatalkan? Beberapa pembeli di TikTok shop ada yang cukup labil. Sudah pesan barang tapi tiba-tiba ingin membatalkan karena sejumlah alasan. Ada yang karena barang tidak cocok, salah pilih item, masalah harga, dan masih banyak lagi.

Apakah Anda salah satu yang pernah ingin membatalkan pesanan di TikTok shop? Tapi bingung bagaimana caranya? Tidak yakin apakah bisa dilakukan, dan lainnya? Jadi sebetulnya, membatalkan pesanan di Tiktok shop itu masih bisa Anda lakukan.

Lalu, apakah syarat yang berlaku baru bisa dilakukan proses pembatalan pesanan? Tidak ada syarat yang mengikat pembeli. Anda bebas membatalkan pesanan baik setelah menyelesaikan proses pembayaran maupun belum.

Hanya saja, akan lebih mudah proses pembatalan pemesanan TikTok shop apabila Anda belum menyelesaikan pembayaran. Pasalnya, jika sudah bayar Anda harus membatalkan pesanan dengan cara langsung hubungi penjual.

Belum tentu penjual bersedia menguruskan pembatalan hanya demi Anda bukan? Pelanggan mereka bukan hanya Anda saja. Selain itu, membatalkan pesanan sama artinya dengan mengurangi keuntungan. Hampir tidak mungkin penjual mau memproses permintaan pembatalan pesanan TikTok shop Anda.

Lagipula, saat penjual harus cancel transaksi yang sudah berjalan, biasanya perlu menghubungi pihak TikTok shop langsung. Lalu mengutarakan jika barang pesanan salah satu kliennya ingiin dibatalkan. Sebab tidak bisa dikirim atau stok yang sudah habis.

Jangan dikira pada proses ini tidak berdampak bagi penjual. Justru sebaliknya, akan banyak efek yang ditimbulkan. Seperti menurunnya performa penjual itu sendiri. Selain itu juga, penjual dapat kena poin penalti sehingga bisa jadi merusak citra tokonya.

Cukup sulit jadinya jika ingin membatalkan pesanan TikTok shop saat posisinya sudah dibayar. Lebih baik Anda pikirkan dulu matang-matang sebelum beli dan bayar. Apabila transaksi pembayaran belum diproses akan jauh lebih mudah membatalkannya.

Langkah-langkah tentang cara membatalkan pesanan di TikTok shop juga begitu mudah. Anda perhatikan saja detailnya pada pembahasan selanjutnya.

Cara Membatalkan Pesanan di Tiktok Shop

Kini tiba saat Anda tahu informasi yang paling ditunggu-tunggu. Setidaknya sebagai bukti jika pesanan TikTok shop sebenarnya dapat dibatalkan. Anda bisa perhatikan setiap langkah-langkahnya apabila nanti suatu saat membutuhkannya.

Namun, setelah mengetahui penjelasan di bawah ini, jangan sekali-kali menggunakannya sebagai main-main. Anda tetap harus memikirkan dengan matang sebelum mulai beli produk. Jangan terlalu terburu-buru, cek ulang setiap detailnya, sehingga tidak ada kesalahan.

Pasalnya, walaupun membatalkan pesanan TikTok shop itu bisa dilakukan, tapi prosesnya akan makan waktu. Apalagi jika Anda sudah terlanjur melakukan transaksi pembayaran, penjual tidak akan dengan mudah membantu Anda.

Sayang bukan uangnya jika Anda sudah bayar, padahal barang pesanan tidak sesuai dengan keinginan? Akan banyak kekecewaan di belakang nanti. Apabila Anda tetap ingin tahu cara membatalkan pesanan Tiktok shop juga tidak masalah.

Anda bisa menggunakannya di situasi yang mepet. Sekali lagi gunakan dengan bijak. Ada 2 cara membatalkan pesanan di TikTok shop. Jika posisinya Anda sudah bayar dan satu lagi belum dilakukan transaksi pembayaran. Berikut penjelasan masing-masing.

Belum Dibayar

Akan lebih mudah jika posisinya Anda belum bayar pesanan Tiktok shop. Paling tidak ini tidak akan memakan waktu terlalu lama karena tidak melibatkan penjual secara langsung. Prosesnya jadi lebih cepat dan praktis.

Maka, penting bagi Anda untuk berpikir lagi sebelum transaksi pembayaran. Apabila sudah yakin baru segera bayar. Tapi, jika memang perlu dibatalkan pun tidak menjadi masalah. Ikuti saja langkah-langkahnya di bawah ini:

Membatalkan Pesanan TikTok Melalui Menu “Orders”

Cara pertama jika Anda ingin membatalkan pesanan TikTok shop adalah bisa melalui menu “orders”. Menu ini menjadi salah satu bagian dari fitur TikTok shop itu sendiri. Hanya saja, menunya tidak langsung tersaji di depan mata.

Anda harus melalui langkah-langkah tertentu untuk bisa menemukan menu tersebut. Semoga saja di masa depan TikTok shop sudah mulai membenahi diri. Khususnya untuk menempatkan menu “orders” ini dengan jauh lebih mudah atau sekali klik saja. Untuk batalkan pesanan TikTok shop dari menu tersebut, begini langkah-langkahnya:

  • Buka Aplikasi TikTok

Langkah pertama dari cara membatalkan pesanan di TikTok adalah buka dulu aplikasinya. Saat melakukannya tentu dalam artian Anda sudah punya akun. Silahkan login seperti biasanya, dan tunggu hingga aplikasi TikTok dari perangkat Anda berhasil terbuka.

  • Pilih “Profil”

Saat halaman utama aplikasi TikTok muncul, Anda dapat segera cari menu “profil”. Kalau Anda bingung, silahkan cari saja ikon dengan gambar orang. Itu adalah menu “profil”.

  • Klik Tanda Titik Tiga

Lanjut langkah berikutnya, Anda bisa lihat bagian kanan atas. Nanti Anda akan melihat ikon titik tiga. Itu adalah tombol option silahkan di klik saja langsung.

  • Pilih Menu “Orders”

Setelah tombol “option” tadi diklik, Anda dapat melihat banyak pilihan menu lain. Untuk tahap berikutnya, kali ini silahkan klik menu “setting and privacy”. Setelah itu, Anda bisa lihat semua pesanan produk yang telah dilakukan sebelumnya pada tab “all”.

  • Pilih Produk Pesanan yang Ingin Dibatalkan

Dari tab “all” tadi, Anda dapat melihat produk-produk pesanan di TikTok shop yang telah Anda lakukan. Pastinya tidak semua ingin Anda batalkan bukan? Jadi, Anda pilih saja mana yang ingin dibatalkan pesanannya.

  • Klik “Cancel”

Apabila produk pesanan yang ingin dibatalkan sudah dipilih, silahkan klik “cancel”. Menu ini ada di halaman “awaiting payment”. Lihat statusnya masih awaiting bukan? Artinya proses pembayaran belum Anda lakukan. Dengan begitu pesanan bisa dibatalkan kapan saja Anda inginkan.

  • Pilih Alasan Mengapa Dibatalkan

Selanjutnya tinggal pilih salah satu alasan mengapa Anda harus membatalkan pesanan. Pasalnya, setelah klik “cancel” nantinya akan muncul semacam kotak dialog. Kira-kira isinya menanyakan perihal alasan Anda cancel pesanan TikTok shop.

  • Tekan “Submit”

Setelah memilih salah satu opsi alasan mengapa harus membatalkan pesanan Tiktok shop, Anda sudah bisa langsung klik “submit”. Menu ini ada di bagian paling bawah sekaligus jadi bukti bila Anda yakin ingin melanjutkan proses pembatalan pesanan. Jika tombol “submit” sudah Anda tekan, pesanan akan secara otomatis dibatalkan saat itu juga.

Batalkan Dengan Mendiamkan Pesanan Hingga Batasan Pembayaran Habis

Jika cara membatalkan pesanan di TikTok shop sebelumnya terlalu membingungkan buat Anda, jangan khawatir. Ada cara lain yang mungkin bisa Anda jadikan alternatif pilihan. Jadi faktanya meskipun Anda sudah pilih barang (cek out) hingga proses pemesanan dan memilih mekanisme pembayaran tetap masih bisa membatalkannya kok.

Ini adalah cara yang paling mudah dan siapa saja bisa melakukannya. Bahkan kalangan pemula pun tidak akan kesulitan. Caranya adalah biarkan saja hingga pesanan tersebut masih berada di keranjang. Dengan catatan belum dilakukan proses pembayaran, cara ini bisa Anda ambil.

Masa pembayaran pesanan dalam keranjang itu ada batas waktunya. Jika sampai batas waktu yang tertulis di sana, Anda masih belum melakukan pembayaran pesanan tidak akan diproses. Justru ini adalah kesempatan buat Anda.

Jika ingin sengaja membatalkan pesanan, tunggu saja hingga waktu tenggat pembayaran pesanan itu berakhir, Nanti barang pesanan Anda akan otomatis diurungkan. Sampai disini, otomatis barang Anda akan dicancel dengan sendirinya.

Sudah Dibayar

Lalu bagaimana jika posisinya sudah bayar? Bagaimana pun juga yang namanya manusia seringkali melakukan kesalahan. Sudah diteliti sampai sedemikian rupa pun masih saja ada kesalahan. Termasuk saat beli barang via TikTok shop.

Sudah yakin mau beli produknya. Cocok dengan spesifikasinya dan langsung transaksi pembayaran. Tapi nyatanya, sudah ada yang membelikan di rumah. Mau tidak mau Anda ingin membatalkan pesanan sebelumnya yang dilakukan via TikTok shop bukan?

Kalau kondisinya sudah bayar, seharusnya tetap bisa dibatalkan. Tapi cara membatalkan pesanan di Tiktok shop setelah proses pembayaran terjadi ini agak repot. Pasalnya, Anda harus berurusan langsung dengan penjual. Ini karena di Tiktok shop tidak ada fitur “gagalkan pesanan”.

Jadi nanti, Anda langsung hubungi pihak penjual. Selanjutnya, pihak penjual harus buat laporan ke program TikTok shop. Alasannya bisa produk sudah habis atau tidak dapat dikirimkan. Hanya saja, hal seperti ini akan sangat berpengaruh pada reputasi penjual.

Biasanya akan kena poin penalti. Sehingga, nama tokonya bisa jadi akan rusak. Tingkat kepercayaan calon pembeli jadi berkurang. Oleh sebab itu, jarang ada penjual yang mau bantu menguruskan perihal cancel pesanan apalagi sudah masuk proses pembayaran.

Jika tidak mau uang melayang karena penjual enggan membantu proses cancel pesanan, Anda harus hati-hati saat proses transaksi. Pilih barang dengan benar sesuai keinginan. Pastikan harganya cocok dengan kantong, sehingga tidak ada kesalahan di lain waktu.

Cara Membatalkan Pesanan di Tiktok Shop –Tanya Jawab

Apakah pesanan di Tiktok shop bisa dibatalkan?

Pesanan di Tiktok shop bisa dibatalkan sewaktu-waktu, baik kondisinya sudah bayar atau belum. Saat belum bayar Anda cancel pesanan via menu “orders” atau membiarkan pesanan di keranjang kehabisan waktu maksimal pembayaran. Jika sudah terlanjur bayar, bisa langsung konfirmasi ke pihak penjual.

Apakah butuh waktu lama untuk membatalkan pesanan TikTok Shop?

Soal waktu tergantung, jika posisinya Anda belum bayar biasanya proses pembatalan bisa cepat. Atau menyesuaikan batas waktu maksimal pembayaran berakhir. Kalau sudah terlanjur bayar akan lebih lama, karena harus menghubungi pihak penjual dulu. Belum lagi proses konfirmasi penjual ke pihak TikTok shop yang sudah pasti butuh waktu.

Itu dia tadi cara membatalkan pesanan di TikTok shop paling mudah. Mulai sekarang, tidak perlu bingung lagi jika ingin cancel barang pesanan via aplikasi sosial media tersebut. Belanja barang jadi lebih nyaman dan mudah.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url