Cara Membatalkan Pesanan di Gojek Paling Mudah dan Cepat

Cara membatalkan pesanan di Gojek - Layanan transportasi online kini sudah mulai dikenal oleh banyak masyarakat. Pasalnya, ada banyak sekali start-up yang bergerak di bidang ini, salah satunya adalah Gojek.

Tentunya, Gojek memiliki sejumlah manfaat yang bisa dirasakan oleh masyarakat. Terutama bagi mereka yang membutuhkan transportasi cepat, baik melalui motor maupun mobil.

Menariknya, Gojek sudah memiliki beragam fitur lain, seperti layanan pesan antar makanan, pengiriman paket serta lainnya.

Terkadang, saat membuka aplikasi Gojek, Anda tanpa sadar mengklik pesanan tanpa sengaja, kan?

Saat mengalami hal tersebut, pasti pernah terpikir untuk membatalkannya. Namun, bagaimana cara membatalkan pesanan di Gojek yang tepat?

Anda bisa mengetahui informasi mengenai pesanan dalam Aplikasi Gojek disini. Namun, sebelum itu, ketahui dulu informasi mengenai aplikasi Gojek berikut ini.

Mengenal Apa Itu Gojek dan Perkembangannya

Gojek Indonesia mulai beroperasi pertama kali di DKI Jakarta pada tahun 2010. Awalnya, kemunculan Gojek menuai banyak reaksi, mulai dari yang pro sampai kontra.

Namun, semakin kesini masyarakat mulai terbantu dengan adanya Gojek tersebut. Pasalnya, Gojek mampu menembus kemacetan kota Jakarta yang saat itu menjadi problema dari ibu kota.

Kini, aplikasi Gojek dapat diunduh melalui Play Store maupun App Store dengan mudah dan cepat. Setelah aplikasi terpasang, Anda bisa menikmati sejumlah fitur dan layanan yang ada di dalamnya.

Saat pertama kali diluncurkan, aplikasi karya anak bangsa ini awalnya masih sederhana dan jumlah driver pun baru sekitar 20 orang. Bahkan, pemesanannya pun hanya dilakukan melalui call center 24 jam.

Kemudian, pada tahun 2014, aplikasi buatan Nadiem Makarim ini mulai disempurnakan supaya para driver serta penumpang bisa lebih mudah dalam melakukan transaksi.

Tentunya, proses penyempurnaan aplikasi Gojek tak lepas dari kucuran dana investasi besar yang diterima oleh Nadiem Makarim.

Selanjutnya, di tahun 2015, Gojek meluncurkan aplikasi yang bisa diunduh via smartphone. Nyatanya, program ini disambut dengan baik oleh masyarakat luas. Tak hanya mudah dalam melakukan pesanan, masyarakat pun bisa menggunakan beragam promo yang menarik dan murah meriah.

Aplikasi Gojek Indonesia kini memiliki banyak sekali layanan serta fitur. Mulai dari ojek online alias Go Ride, taksi online (Go Car), pengantaran barang (Go Box), hingga pesan antar makanan (Go Food).

Bahkan, Anda juga akan menikmati beragam fitur lainnya dalam aplikasi, seperti Go-Pay, Go-Send, Go-Pulsa, Go-Bills, Go-Shop, Go-Tix, Go-Deals, Go-Blue Bird, Go-Massage, Go-Clean, Go-Auto, Go-Glam, Go-Daily, Go-Fix, hingga Go-Laundry.

Fitur dan Layanan Aplikasi Gojek

Aplikasi Gojek memiliki sejumlah fitur serta layanan menarik, yaitu:

1. GoFood dan GoMart

Fitur GoFood merupakan fitur dari Gojek yang disukai oleh banyak orang. Fitur ini membuat Anda bisa memesan makanan secara online, lalu diantarkan langsung ke tempat tinggal.

Sementara GoMart, dapat Anda gunakan jika ingin berbelanja di supermarket yang sudah bekerjasama dengan Gojek. Jadi, Anda tidak perlu ribet pergi ke supermarket. Tinggal pilih barang yang ingin Anda beli, lalu pesan dan tunggu pihak GoMart mengantarkan pesanan Anda tersebut.

2. GoPay

GoPay merupakan dompet digital praktis yang bisa Anda gunakan untuk membayar segala transaksi dalam aplikasi Gojek.

3. GoPlay

Fitur GoPlay diberikan untuk Anda yang ingin menonton film menarik secara streaming. Tak hanya streaming, Anda juga bisa mendownload film yang disukai, sehingga bisa lebih irit kuota.

4. GoGame

Layanan GoGame diperuntukkan untuk Anda yang suka bermain game. Menariknya, layanan ini menyediakan beragam game yang bisa dipasang dalam smartphone. Tak hanya itu, Anda juga bisa melakukan top up game dengan mudah dan cepat.

5. GoTix

Layanan dari Gojek ini cocok untuk kamu yang jenuh dengan aktivitas sehari itu-itu saja. Melalui GoTix, Anda akan menemukan beragam informasi serta event menarik yang ada di sekitar.

GoTix juga menghadirkan tiket bioskop secara online. Bahkan, ada pula tiket workshop, konser musik, pameran dan masih banyak lagi.

6. GoSend

Fitur layanan GoSend bisa Anda gunakan untuk mengirimkan paket secara cepat, kapan dan dimana saja. Menariknya, fitur ini selalu memberikan promo atau diskon ongkir menarik yang membuat Anda tidak perlu takut dompet menjadi kering.

7. GoGive

Jika Anda ingin berdonasi secara amanah melalui Gojek, maka GoGive solusinya. Fitur ini akan membuat Anda dapat berdonasi dengan mudah dan membagikan sebagian rezeki kepada yang membutuhkan.

8. GoRide

GoRide menjadi layanan yang paling sering digunakan. Ini merupakan layanan transportasi roda dua yang dapat mengantarkan Anda ke tempat tujuan dengan tepat waktu.

9. GoCar

GoCar merupakan fitur transportasi roda empat online yang bisa Anda pilih melalui Gojek. Dengan GoCar, Anda bisa pergi ke lokasi yang dituju tanpa terjebak kemacetan.

10. GoPulsa

Dalam GoPulsa, Anda bisa mengisi pulsa kapan dan dimana saja selama 24 jam. Selain pulsa, Anda juga bisa melakukan sejumlah pembayaran, mulai dari pembayaran token listrik, BPJS, dan masih banyak lagi.

Selain beberapa fitur dan layanan di atas, Anda juga bisa menggunakan fitur lainnya yang tak kalah menarik. Pasalnya, aplikasi Gojek sudah semakin berkembang dan berusaha untuk bisa mewujudkan layanan yang diinginkan oleh masyarakat.

Bisakah Pesanan Gojek Dibatalkan?

Jika Anda sudah memesan Gojek, namun ada hal mendesak tiba-tiba yang mengharuskan Anda untuk membatalkan pesanan, maka tidak perlu khawatir dan panik.

Pasalnya, aplikasi Gojek menyediakan menu cancel yang bisa Anda gunakan untuk membatalkan pesanan. Namun, sebelum mulai membatalkan, pastikan untuk memberitahu pengemudinya terlebih dahulu. Ceritakan alasannya dengan baik dan rinci, sehingga pihak pengemudi dapat mengerti.

Sehingga, tidak ada kesalahpahaman yang terjadi antara Anda dan pengemudi.

Cara Membatalkan Pesanan di Gojek

Saat proses pemesanan Gojek, seringkali terdapat hambatan seperti aplikasi eror dan lainnya. Saat eror terjadi dan Anda tak sengaja memesan Gojek, pasti ingin segera membatalkan pesanan tersebut, bukan?

Selain itu, membatalkan pesanan Gojek pun bisa saja terjadi akibat masalah penumpang maupun drivernya. Misalnya, driver yang tak kunjung datang, jaringan eror, serta tidak bisa menemukan driver.

Namun, perlu Anda ketahui bahwa cancel order Gojek bisa mempengaruhi rating drivernya. Jadi, pastikan untuk melakukan pembatalan pesanan Gojek saat benar-benar mendesak saja.

Tak hanya itu, alasan yang Anda gunakan untuk membatalkan pesanan Gojek pun harus sesuai dan masuk akal. Supaya tidak terjadi kesalahpahaman, pastikan untuk menghubungi driver melalui telepon. Kemudian, jelaskan alasan yang Anda miliki dengan tepat terkait pembatalan order tersebut.

Adapun cara membatalkan pesanan di Gojek bisa Anda lakukan secara langsung melalui aplikasinya, yaitu sebagai berikut.

1. Cara Membatalkan Pesanan di Gojek Saat Mencari Driver

Jika Anda sedang mencari driver namun ingin melakukan cancel order, maka cara membatalkan pesanan di Gojek yang bisa Anda lakukan, yaitu:

  • Saat aplikasi Gojek sedang melakukan pencarian driver, maka akan muncul tombol ‘Batalkan Pesanan’.
  • Klik ‘Batalkan Pesanan’ secara cepat, sebelum aplikasi mulai menemukan driver di sekitar. Sehingga, secara otomatis pesanan akan segera dibatalkan sesuai proses yang berlaku.
  • Selanjutnya, akan muncul laman konfirmasi pembatalan pesanan Gojek yang berisi “Apa benar kamu ingin melakukan pembatalan pesananmu?”. Dikarenakan memang benar ingin membatalkan, Anda bisa langsung klik ‘YA’ untuk mengkonfirmasi cancel order tersebut.
  • Sehingga, pesanan Gojek Anda akan dibatalkan dan kembali ke menu pemesanan sebelumnya.

2. Cara Membatalkan Pesanan di Gojek Saat Mendapatkan Driver

Jika Anda sudah terlanjur mendapatkan driver, namun ingin membatalkan pesanan karena ada suatu hal yang mendesak, maka Anda bisa melakukannya dengan beberapa cara pembatalan.

Sebaiknya Anda melakukan pembatalan pesanan di Gojek sebelum driver datang ke lokasi Anda. Dalam hal ini, Anda dapat mengirim pesan atau telepon driver, lalu mengatakan alasan kenapa Anda ingin membatalkan pesanan.

Adapun cara membatalkan pesanan di Gojek saat mendapatkan driver adalah sebagai berikut.

  • Silakan masuk ke menu ‘Pesanan’, setelah Anda berhasil menemukan driver yang akan datang ke lokasi Anda.
  • Hubungi driver atau pengemudi melalui telepon maupun SMS dengan memberikan alasan masuk akal terkait kenapa Anda membatalkan pesanan tersebut.
  • Anda bisa scroll ke atas pada menu ‘Pesanan’, lalu lihat pada bagian Informasi Driver. Maka, Anda akan melihat detail transaksi yang sedang Anda lakukan.
  • Disana akan terlihat semua data, mulai dari lokasi tujuan, penjemputan sampai detail pembayaran yang sudah tersedia.
  • Pilih “Batalkan Pesanan” yang berada pada bagian bawah.
  • Kemudian, akan terlihat formulir konfirmasi pembatalan pesanan.
  • Anda bisa memilih alasan mana yang sesuai dengan keadaan saat proses pembatalan pesanan di Gojek terjadi.
  • Selanjutnya, klik ‘YA’ supaya dapat mengkonfirmasi pembatalan pesanan Gojek.
  • Secara otomatis, sistem aplikasi akan mulai melakukan pembatalan pesanan dan Anda akan kembali ke laman sebelumnya, yaitu saat akan mulai memesan Gojek.

Cara Membatalkan Pesanan GoFood di Aplikasi Gojek

Cara membatalkan pesanan GoFood dalam aplikasi Gojek kini bisa dilakukan oleh pelanggan, merchant maupun driver. Pasalnya, pembatalan orderan seringkali tidak bisa dihindari dalam suatu situasi yang mendesak.

Daripada penasaran, langsung saja simak beberapa cara membatalkan pesanan Gofood dalam aplikasi Gojek berikut.

Cara Membatalkan Pesanan GoFood Super Partner

Pembatalan pesanan oleh mitra usaha GoFood Super Partner bisa Anda batalkan sebelum makanan diantarkan. Proses pembatalan ini dpat Anda lakukan melalui aplikasi GoBiz.

Namun, Anda tetap harus memperhatikan alasan sesuai dengan situasi yang terjadi. Misalnya, karena pesanan sudah habis atau hal lainnya.

Adapun cara membatalkan pesanan GoFood Super Partner bisa Anda lakukan seperti berikut ini.

  • Pada laman rincian pemesanan, Anda bisa klik ‘Batal’ atau ‘Cancel’.
  • Selanjutnya, pilih alasan yang tepat terkait pembatalan pesanan tersebut, lalu klik ‘Batalkan Pesanan’ atau ‘Cancel Order’.
  • Adapun alasan yang bisa Anda pilih, terdiri dari menu habis, restoran tutup, dan lainnya.
  • Kemudian, Anda bisa tekan ‘OK’ untuk mulai membatalkan pesanan.

Cara Membatalkan Pesanan GoFood oleh Driver

Untuk driver GoFood yang akan melakukan pembatalan pesanan, maka wajib datang ke restoran terlebih dahulu. Sebab, Anda akan diminta keterangan terkait alasan kenapa membatalkan pesanan dari konsumen tersebut.

Adapun cara membatalkan pesana GoFood bagi para driver adalah sebagai berikut.

  • Jika Anda sudah sampai di restoran, maka bisa langsung klik menu ‘Udah di Resto’.
  • Lalu, konfirmasi lagi dengan klik ‘Udah’.
  • Kemudian, pada menu pesanan, Anda bisa klik tombol ‘Cancel’.
  • Pilih salah satu alasan yang akan Anda gunakan terkait pembatalan pesanan GoFood tersebut. Adapun pilihan alasan yang bisa Anda gunakan, yaitu order fiktif, customer terlalu jauh, motor mogok, customer tidak dapat dihubungi dan lainnya.
  • Jika sudah, langsung lanjutkan dengan klik menu ‘KIRIM’.
  • Selesai, pembatalan pesanan GoFood oleh driver pun sudah berhasil Anda lakukan.

Cara Membatalkan Pesanan GoFood oleh Pelanggan

Selain penjual serta driver, para pelanggan juga bisa melakuan pembatalan pesanan yang terlanjur dilakukan. Namun, pastikan Anda memberikan pemberitahuan terlebih dahulu terkait alasan melakukan cancel order tersebut. Anda dapat menyampaikan secara langsung melalui fitur chat yang ada dalam aplikasi.

Berikut ini merupakan beberapa cara membatalkan pesanan GoFood yang bisa dilakukan oleh pelanggan, yaitu:

  • Di bagian menu pemesanan, Anda bisa klik tombol ‘chat’.
  • Selanjutnya, beritahukan kepada pengemudi alias driver bahwa Anda akan melakukan cancel order beserta alasannya.
  • Anda dapat melakukan swipe ke bagian menu bawah, lalu menekan = ke arah atas.
  • Selanjutnya, gulir sampai ke arah bawah dan tekan ‘Batalkan Pesanan’.
  • Pilih salah satu alasan yang tepat kenapa Anda melakukan pembatalan pesanan GoFood tersebut. Lalu, klik ‘Kirim’ dan pembatalan pesanan pun telah selesai dilakukan.

Dengan mengetahui beberapa cara membatalkan pesanan di Gojek tersebut, kini Anda tidak perlu panik atau khawatir lagi jika ingin membatalkan pesanan tersebut.

Pasalnya, aplikasi Gojek memang menyediakan fasilitas pembatalan pesanan yang bisa dilakukan oleh pembeli, mitra penjual, serta driver.

Namun, pastikan pembatalan pesanan ini tidak Anda lakukan secara main-main saja, ya. Sebab, akan merusak performa para driver maupun penalti kepada konsumen sendiri. Jadi, utamakan pembatalan pesanan dilakukan karena sesuatu yang tidak bisa Anda hindari saat itu.

Hal-hal yang Harus Diperhatikan Saat Ingin Membatalkan Pesanan di Gojek

Perlu Anda ketahui bahwa pembatalan pesanan di Gojek tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Sebab, hal ini akan mempengaruhi rating driver yang membuatnya mengalami penurunan bintang.

Sebelum melakukan pembatalan pesanan di Gojek, ada beberapa hal yang mesti Anda perhatikan, yaitu:

Lakukan Pembatalan Pesanan Saat Ada Sesuatu yang Mendesak

Pembatalan pesanan Gojek bisa Anda lakukan ketika mendapatkan sesuatu yang sifatnya mendesak. Dalam hal ini, Anda terpaksa membatalkan pesanan karena ada sesuatu yang datang tiba-tiba tersebut.

Tidak perlu panik atau ragu, Anda hanya perlu cepat-cepat menghubungi driver, sebelum datang ke tempat Anda. Biar tidak timbul kesalahpahaman, Anda dapat menghubungi driver melalui telepon.

Katakan alasan Anda kenapa harus membatalkan pesanan Gojek dengan detail dan sopan. Hal ini dilakukan supaya pihak driver dapat memaklumi dan menerima pembatalan pesanan tersebut.

Jika pihak driver tidak keberatan, maka Anda bisa segera membatalkan pesanan Gojek yang sudah dilakukan tersebut. Namun, jika keadaannya tidak terlalu mendesak, maka jangan sampai membatalkan pesanan tersebut.

Sebab, Anda hanya akan menghambat rezeki para driver yang dari pagi sampai malam mencari uang untuk biaya hidup mereka.

Tidak Bisa Menemukan Driver

Hal yang harus Anda perhatikan saat ingin membatalkan pesanan Gojek berikutnya adalah ketika tidak bisa menemukan driver.

Misalnya, Anda sudah berjam-jam mencari driver, tetapi tidak ada driver yang menerima pesanan Anda.

Biasanya, kondisi ini terjadi saat hujan deras maupun daerah yang Anda tempati memang sulit untuk menemukan driver.

Oleh sebab itu, Anda bisa membatalkan pesanan Gojek saat sedang proses mencari driver. Tenang saja, pembatalan ini tidak akan membuat rating para driver turun.

Pasalnya, Anda belum mendapatkan driver dan masih dalam tahap menemukan mereka. Jadi, semuanya akan aman-aman saja dan berjalan dengan baik. Daripada Anda terus mencari driver dan membuang banyak waktu karena tidak bisa menemukannya, lebih baik di cancel saja, bukan?

Salah Melakukan Pesanan Akibat Aplikasi Eror

Terkadang, aplikasi Gojek seringkali mengalami eror yang membuat Anda terkena masalah salah pesanan. Misalnya, Anda masih melihat-lihat fitur yang ada di aplikasi Gojek, namun aplikasi tiba-tiba eror. Alhasil, pesanan yang tidak akan Anda lakukan, malah terpesan begitu saja.

Apabila hal ini terjadi, maka segera lakukan pembatalan pesanan saat itu juga. Jika sudah ada driver yang mengambil pesanan tersebut, Anda harus segera menghubunginya.

Katakan saja bahwa aplikasi Anda mengalami eror, sehingga melakukan pemesanan secara tiba-tiba. Dengan begitu, pihak driver juga akan mengerti dan membantu Anda untuk membatalkan pesanan tersebut.

Driver Tidak Datang dan Tidak Bisa Dihubungi

Apabila Anda sudah melakukan pemesanan Gojek, namun driver yang akan datang ke tempat Anda tidak kunjung datang selama berjam-jam dan tidak bisa dihubungi, maka pembatalan bisa Anda lakukan.

Apalagi ketika dalam map terlihat driver Gojeknya tidak menuju ke lokasi Anda, maka lakukan pembatalan saja.

Sebelumnya, Anda harus menyampaikan dulu terkait pembatalan pesanan tersebut melalui SMS saja. Lalu, langsung saja batalkan pesanan Gojek dan mencari lagi driver yang baru.

Beberapa hal di atas harus Anda perhatikan dengan baik supaya tidak ada kesalahpahaman antara driver dan pemesan. Kalau tidak merasa perlu dibatalkan, maka jangan coba-coba untuk membatalkan pesanan, ya. Hal ini demi kebaikan Anda serta pihak driver yang sedang bekerja keras.

Cara Membatalkan Pesanan di Gojek - Tanya Jawab

Apakah driver gojek bisa melakukan cancel orderan?

Pengemudi atau driver bisa melakukan pembatalan pesanan pada layanan Gocar maupun GoRide tanpa mendapatkan penalti apapun.

Berapa nomor call center aplikasi Gojek?

Anda bisa menghubungi call center Gojek di nomor +6221-5084-9000 atau email ke customerservice@gojek.com.

Apakah Gojek Beroperasi 24 jam?

Aplikasi Gojek sudah menyediakan pilihan waktu penjemputan selama 24 jam nonstop. Jadi, Anda tidak perlu khawatir ketika ingin melakukan pemesanan Gojek saat tengah malam. Sebab, aplikasi ini selalu siap memberikan bantuan driver melalui layanan GoRide maupun GoCar.

Apakah Gojek bisa melakukan pembayaran secara cash?

Bisa. Anda dapat membayar layanan dari aplikasi Gojek secara cash atau tunai. Sebab, selain menyediakan layanan pembayaran melalui GoPay dan Paylater, Gojek juga menyediakan layanan cash atau uang tunai.

Berapa ongkir dari layanan GoFood?

Anda akan dikenakan biaya ongkir GoFood sebesar Rp4.000 untuk pembelian menggunakan Gopay di berbagai restoran GoFood Partner. Namun, jika membeli makanan di restoran yang bukan partner Gopay, maka biaya ongkirnya adalah sebesar Rp7.000 memakai Gopay dengan maks 5 km (Rp1.500/km).

Bagaimana cara mendapatkan voucher Gojek?

  • Buka aplikasi Gojek terlebih dahulu, lalu klik menu ‘Promo’ dan ‘Masukkan Kode Promo’.
  • Anda dapat memasukkan promo ‘GOJEKINAJA’, lalu klik ‘Validasi Kode’.
  • Secara otomatis, voucher akan langsung masuk ke bagian ‘Promo yang Kupunya’ dan bisa segera Anda gunakan dengan mudah.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url