Cara Membatalkan Pesanan COD Berbagai Marketplace

Cara membatalkan pesanan COD - Pembayaran COD atau Cash On Delivery merupakan salah satu layanan yang terdapat dalam marketplace, dimana Anda dapat membayar paket atau barang yang dikirimkan saat tiba di tempat Anda. Banyak orang yang menyukai layanan COD karena merasa aman.

Namun, bagaimana jika Anda salah memilih barang yang akan dibeli dan ingin membatalkan pesanan COD tersebut?

Tenang saja, Anda masih bisa membatalkan pesanan COD berbagai marketplace sesuai dengan syarat dan ketentuan dari masing-masing platform online sendiri.

Bagi Anda yang ingin mengetahui cara membatalkan pesanan COD secara lengkap, maka bisa simak ulasan berikut ini.

Bisakah Pesanan COD Dibatalkan?

Seperti yang diketahui bahwa COD merupakan salah satu layanan yang diberikan oleh marketplace supaya konsumen dapat melakukan pembayaran di tempat. Layanan ini tentunya memiliki syarat dan ketentuan masing-masing, dimana harus diikuti oleh semua konsumen.

Namun, bagaimana jika pesanan COD yang Anda lakukan ternyata tidak sesuai dengan harapan atau tanpa sengaja mengklik menu tersebut?

Secara umum, pesanan COD yang Anda lakukan masih bisa dibatalkan selama barang masih dalam status belum diproses dan belum dikirim oleh penjual.

Sayangnya, jika produk yang Anda pesan terlanjur sudah terkirim, maka terdapat ketentuan tersendiri yang harus dipenuhi.

Sebagai salah satu orang yang suka belanja di berbagai marketplace, maka bisa simak beberapa ketentuan pembatalan COD dari berbagai marketplace berikut.

Ketentuan Pembatalan COD Shopee

Dalam marketplace Shopee, Anda akan menemukan fitur bantuan yang akan mengulas banyak pertanyaan, termasuk soal pembatalan COD.

Di laman pembatalan Shopee, terdapat pertanyaan “Bagaimana Cara Melakukan Pembelian Menggunakan COD (Bayar di Tempat)”. Dimana salah satu jawabannya menyatakan bahwa pembeli harus melakukan pembayaran terlebih dahulu ke kurir, sebelum menerima atau membuka paket.

Dengan kata lain, Anda tidak bisa membuka maupun mengecek barang sebelum melakukan pembayaran.

Apabila paket belum dibuka dan pembeli menolak untuk menerima pesanan atau ingin membatalkannya, maka segala ongkos kirim akan ditanggung sepenuhnya oleh pihak Shopee.

Namun, jika paket sudah dibuka dan pembeli ingin mengembalikannya, maka Anda bisa mengajukan pengembalikan melalui Pusat Resolusi.

Biasanya, pembatalan itu harus menyertakan video saat Anda membuka paket sebagai pertimbangan maupun bukti jika barang memang tidak sesuai.

Untuk melakukan pembatalan ini, Anda bisa membuka rincian dalam pesanan Shopee, lalu klik ‘Ajukan Pengembalian’.

Apabila Anda ingin mengajukan pembatalan melalui Pusat Resolusi, maka terkait biaya ongkir dapat disesuaikan dengan hasil diskusi antara pembeli dan penjual.

Jika pembeli membatalkan tanpa ada kesalahan dari penjual, biasanya ongkir akan ditanggung oleh pembeli, begitu pun sebaliknya.

Ketentuan Pembatalan COD Tokopedia

Jika Anda menggunakan marketplace Tokopedia dan ingin melakukan pembatalan COD, maka wajib untuk membaca laman informasi yang disediakan oleh Tokopedia terlebih dahulu.

Pada laman tersebut, ada salah satu artikel bertajuk ‘Syarat dan Ketentuan Bayar di Tempat’. Tak hanya itu, di laman berbeda, Anda akan menemukan sesi Q&A seputar cara mengaktifkan COD bagi para penjual.

Tentunya, Anda dapat melihat informasi penting seputar pembatalan COD tokopedia. Dimana terdapat pernyataan bahwa, “Pembeli tidak boleh membuka paket atau kiriman barang sampai memberikan uang pembayaran kepada mitra kurir”.

Kemudian, Tokopedia juga membuat ketentuan lain, yaitu:

  • Pembeli bisa melakukan pengembalian barang atau retur jika belum membuka paket atau kiriman barang. 
  • Jika pembeli melakukan pengembalian barang atau return tanpa membuka paket, maka tidak perlu memberikan uang pembayaran kepada mitra kurir.
  • Apabila sudah membuka paket dan ingin melakukan pengembalian atau pembatalan, maka pembeli harus membayar semua pesanan kepada kurir, lalu mengajukan komplain pengembalian barang kepada penjual melalui Pusat Resolusi.

Berdasarkan ketentuan tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa pesanan COD Tokopedia bisa dibatalkan. Anda juga tidak perlu membayar kepada kurir selama paket belum dibuka.

Namun, jika sudah terlanjur membukanya, Anda harus membayar semua biaya kepada kurir, lalu mengajukan pengembalian serta komplain kepada penjual melalui layanan Pusat Resolusi dalam aplikasi Tokopedia.

Ketentuan Pembatalan COD Lazada

Lazada membuat kebijakan bahwa pembelian secara COD hanya dapat dilakukan untuk produk dengan harga di bawah Rp5 juta.

Kemudian, Lazada juga memberikan catatan bahwa, “Paket tidak boleh dibuka jika belum melakukan pembayaran kepada kurir saat paket diterima”.

Pembatalan COD tidak dapat dilakukan jika barang sudah masuk dalam tahap proses, seperti proses di gudang, proses oleh penjual, maupun proses dalam pengiriman.

Pembatalan COD Lazada hanya bisa dilakukan jika memenuhi ketentuan pembatalan berlaku. Salah satunya adalah terdapat menu pembatalan di bagian pesanan saya.

Namun, jika Anda tidak menemukan menu itu, maka produk tidak bisa dibatalkan. Anda juga tidak bisa membatalkan kepada kurir, karena pihak Lazada hanya memberikan aturan pembatalan secara online saja.

Sanksi Pembatalan Pesanan COD dari Shopee, Tokopedia dan Lazada

Walaupun pembatalan pesanan, baik COD atau dengan metode lainnya dapat Anda lakukan, tetapi terdapat sanksi atau penalty bagi pembeli yang gemar melakukan pembatalan.

Salah satu tindakan paling umum yang sering dilakukan marketplace adalah menghilangkan fitur COD bagi pembeli bersangkutan. Sehingga, mereka tidak bisa menggunakannya lagi.

Berikut ini beberapa sanksi pembatalan pesanan COD dari berbagai marketplace terkenal, yaitu:

Sanksi Pembatalan COD Shopee

Sanksi pembatalan pesanan COD dari aplikasi Shopee adalah jika pembeli menolak membayar atau tidak ada di tempat saat kurir mengirim paket 2x dalam 60 hari, maka sistem pembayaran COD akan diblokir dalam aplikasinya.

Sanksi Pembatalan COD Tokopedia

Tokopedia sudah memberikan sanksi kepada pembeli yang melakukan pembatalan pesanan COD. Hal ini tercantum dalam syarat dan ketentuan Tokopedia poin 16 yang menyatakan bahwa, “Jika dalam kurun waktu 60 hari dari pembeli melakukan pembatalan transaksi dengan menggunakan fitur COD sebanyak dua kali atau tidak ada di tempat saat kurir mengirim paket selama dua kali, maka fitur pembayaran COD akan dinonaktifkan”.

Sanksi Pembatalan COD Lazada

Lazada memberikan sanksi kepada pembeli yang melakukan pembatalan COD dalam jumlah tinggi. Adapun sanksi yang diberikan sama dengan marketplace sebelumnya, yaitu menonaktifkan fitur COD dari aplikasi pembeli bersangkutan.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa sanksi bagi pembeli yang sering melakukan pembatalan COD adalah fitur COD atau bayar ditempat akan diblokir atau dinonaktifkan dalam aplikasinya. Sehingga, pembeli tidak bisa lagi menggunakan fitur tersebut.

Cara Membatalkan Pesanan COD Shopee

Jika Anda ingin membatalkan pesanan COD dari aplikasi Shopee, maka bisa melakukannya selama masih mentaati ketentuan yang berlaku.

Berikut ini beberapa cara membatalkan pesanan COD Shopee yang bisa Anda lakukan, yaitu:

Cara Membatalkan Pesanan COD Shopee yang Belum Dikirim

Apabila pesanan COD dari Shopee yang ingin Anda batalkan belum terkirim, maka bisa membatalkan dengan cara berikut.

  • Silakan buka aplikasi Shopee yang ada dalam smartphone masing-masing.
  • Selanjutnya, Anda bisa masuk ke bagian menu ‘Saya’.
  • Lalu, masuk ke bagian pesanan yang sedang dikemas.
  • Pilih produk yang ingin Anda batalkan, lalu klik ‘Batalkan’.

Setelah mengklik batalkan, maka pesanan COD yang Anda lakukan sudah terbatalkan dengan baik.

Cara Membatalkan Pesanan COD Shopee yang Sudah Dikirim

Apabila pesanan COD yang ingin Anda batalkan sudah sampai ke tempat tinggal, maka Anda bisa menyatakan kepada kurir bahwa pesanan tersebut sudah dibatalkan.

Pastikan Anda tidak menerima dan membuka paket itu terlebih dahulu. Sebab, jika Anda melakukan hal tersebut, maka wajib membayar semua biaya yang dibebankan.

Adapun cara membatalkan pesanan COD Shopee yang sudah terkirim adalah sebagai berikut.

  • Anda bisa mengatakan kepada kurir bahwa pesanan tersebut tidak dapat diterima atau ingin melakukan pembatalan.
  • Kurir akan membawa kembali paket dan seluruh biaya ongkos kirim akan ditanggung oleh pihak Shopee.
  • Pastikan Anda memiliki alasan yang baik kenapa ingin membatalkan pesanan tersebut, misalnya barang tidak sesuai pesanan, bukan Anda yang memesan, dan lainnya.

Itulah dua cara membatalkan pesanan COD Shopee yang bisa Anda lakukan dengan tepat. Walaupun pembatalan ini diperbolehkan, namun pastikan bahwa Anda sudah mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku dalam aplikasi Shopee.

Jika tidak, maka Anda akan terkena sanksi, dimana fitur COD akan dihilangkan dalam aplikasi Shopee Anda. Sebab, pembatalan pesanan ini hanya bisa Anda lakukan selama 2x dalam kurun waktu 60 hari.

Kalau lebih dari itu, Anda akan mendapatkan sendiri sanksinya. Jadi, pastikan belanja dengan teliti sebelum melakukan pemesanan supaya tidak perlu membatalkan pesanan COD itu sendiri.

Cara Membatalkan Pesanan COD Tokopedia

Tokopedia menjadi salah satu marketplace lokal yang disukai oleh banyak konsumen di Indonesia. Tentunya, Tokopedia memiliki fitur layanan COD yang bisa membuat pembeli dapat membayar di tempat.

Apabila Anda menggunakan fitur COD Tokopedia, namun ternyata barang yang dipesan tidak sesuai keinginan, maka Anda dapat membatalkan pesanan tersebut.

Untuk melakukan pembatalan pesanan COD Tokopedia, maka bisa simak caranya berikut ini.

  • Anda bisa membuka aplikasi Tokopedia yang terpasang pada smartphone terlebih dahulu.
  • Selanjutnya, login ke akun Tokopedia yang Anda gunakan untuk melakukan pesanan.
  • Berikutnya, Anda bisa masuk ke laman ‘Daftar Transaksi’, lalu klik opsi ‘Dalam Proses’.
  • Anda dapat memilih pesanan COD yang ingin dibatalkan dengan cara klik tombol ‘Pesanan’ yang terdapat pada bagian bawah.
  • Pilih alasan pembatalan yang Anda miliki, misalnya ingin mengubah pesanan dan tulis detail alasannya. Misalnya, Anda ingin mengubah warna produk yang dibeli atau lainnya.
  • Kalau sudah, Anda dapat menekan tombol ‘Batalkan Pesanan’ dan selesai. Pesanan Anda kini sudah dibatalkan dengan baik.

Perlu Anda ingat bahwa sebelum melakukan pembatalan, pastikan untuk mengkonfirmasikan kepada penjual terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar produk yang Anda pesan belum penjual kirim kepada kurir.

Jika produk itu sudah dikirim ke kurir, maka Anda tidak bisa membatalkannya dan harus menerima produk tersebut. Meskipun begitu, Anda masih bisa menolak paket dari kurir dengan catatan tidak membuka paket itu.

Jadi, kurir dapat membawanya kembali dan segala ongkos kirim akan ditanggung oleh pihak Tokopedia. Sayangnya, hal ini akan membuat Anda mendapatkan sanksi berupa penonaktifan fitur COD dalam aplikasi.

Cara Membatalkan Pesanan COD Lazada

Lazada merupakan salah satu marketplace yang memiliki fitur COD atau Cash On Delivery yang ada di Indonesia. Tentunya, fitur COD ini membuat masyarakat merasa lebih aman saat berbelanja online.

Sebab, mereka tidak perlu mentransfer uang terlebih dahulu, sebelum barang diterima oleh pembeli bersangkutan.

Lantas, apakah sistem COD masih bisa dibatalkan kalau ada yang tidak sesuai orderan? Tentu saja bisa.

Untuk mengetahui ulasan terkait cara membatalkan pesanan COD Lazada, maka bisa simak tutorialnya berikut ini.

Cara Membatalkan Pesanan COD Lazada Belum Diproses

Ketika Anda membuat pesanan COD dalam aplikasi Lazada, maka pihak Lazada akan segera mengirimkan notifikasi kepada penjual bersangkutan. Bahwa ada pesanan COD masuk yang harus segera di proses.

Pihak Lazada memberikan waktu selama tiga hari kepada penjual untuk memproses pesanan tersebut.

Apabila dalam jangka waktu tiga hari penjual tidak memberikan respon, maka otomatis sistem akan membatalkan pesanan dan penjual langsung terkena penalti.

Namun, bagaimana jika Anda ingin membatalkan pesanan COD sendiri dalam marketplace Lazada?

Berikut ini merupakan beberapa cara membatalkan pesanan COD Lazada yang masih belum diproses untuk Anda ikuti, yaitu:

1. Melalui Aplikasi Lazada

Jika Anda ingin membatalkan pesanan COD via aplikasi Lazada, maka cara yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut.

  • Silakan buka aplikasi Lazada yang ada dalam ponsel Anda.
  • Setelah berada dalam aplikasi, Anda bisa langsung menuju menu ‘Akun’.
  • Pada bagian menu ‘Pesanan Saya’, Anda bisa klik ‘Dalam Proses’.
  • Selanjutnya, pilih salah satu pesanan COD yang ingin Anda batalkan.
  • Apabila sudah menentukan pesanan COD yang akan dibatalkan, maka bisa langsung pilih menu ‘batal’ yang ada pada bagian kanan bawah.
  • Lalu, klik ‘Alasan Pembatalan’ yang sesuai dengan keadaan Anda saat itu. Misalnya, Anda membatalkan pesanan karena ‘Berubah Pikiran’, setelah itu langsung saja klik ‘Pilih’.
  • Terakhir, Anda bisa langsung klik ‘Kirimkan’ yang berada di bagian bawah.

Secara otomatis, pesanan Anda akan langsung terbatalkan dan notifikasi masuk ke akun penjual. Dengan begitu, penjual tidak akan melakukan proses atas pesanan yang Anda lakukan.

2. Melalui Website Lazada

Walaupun pembatalan pesanan COD melalui website Lazada masih hampir mirip dengan cara di aplikasinya, namun terdapat beberapa sedikit perbedaan. Terutama pada bagian peletakan menu dan tampilannya.

Sehingga, Anda bisa menyimak beberapa cara membatalkan pesanan COD yang belum terkirim via website Lazada berikut ini.

  • Silakan masuk ke mesin pencarian, lalu cari lazada.co.id.
  • Jika sudah ditemukan, Anda bisa masuk ke websitenya, lalu masuk menggunakan akun Lazada yang sering Anda gunakan.
  • Selanjutnya, klik nama akun Anda yang berada di sebelah kanan atas, kemudian pilih ‘Pesanan Saya’.
  • Cari salah satu pesanan yang ingin Anda batalkan, lalu pilih.
  • Setelah itu, Anda dapat memilih alasan kenapa membatalkan pesanan COD tersebut.
  • Kalau sudah, Anda bisa melakukan konfirmasi pembatalan dengan mengklik menu ‘Kirimkan’.

Selesai, kini pesanan COD dari Lazada yang belum dikirimkan penjual sudah selesai Anda batalkan. Selanjutnya, Anda bisa mulai mencari produk lain yang sesuai dengan keinginan Anda. Tentunya, dengan cara yang teliti dan tepat, supaya tidak perlu melakukan pembatalan lagi.

Cara Membatalkan Pesanan COD Lazada Sudah Diproses

Terkadang, ada penjual yang responsif, dimana setiap kali ada pesanan masuk, mereka akan langsung memprosesnya.

Jika Anda kebetulan mendapatkan penjual yang responsif dan sudah memproses pesanan Anda, padahal Anda ingin membatalkan pesanan COD tersebut, maka bisa mencoba untuk melakukan cara membatalkan pesanan COD berikut.

Pembatalan Pesanan COD melalui CS Lazada

Untuk membatalkan pesanan COD melalui CS Lazada karena paket terlanjur dikirimkan, maka bisa ikuti cara berikut.

  • Silakan buka aplikasi Lazada yang Anda miliki, lalu masuk ke menu ‘Akun’.
  • Setelah itu, scroll ke bagian bawah dan klik menu chat dengan CS (Customer Service).
  • Nantinya, Anda akan diarahkan untuk berkomunikasi dengan chat bot.
  • Selanjutnya, Anda bisa klik ‘Pembatalan Pesan’, lalu klik lagi ‘Batalkan Pesanan’.
  • Terakhir, pilih pesanan yang ingin Anda batalkan.

Apabila Anda mendapatkan balasan dari CS yang menyatakan bahwa pesanan sedang dalam proses pengiriman, maka Anda bisa mencoba untuk chatting bersama CS asli atau bukan bot.

Sampaikan semua permasalahan dan alasan Anda membatalkan pesanan COD tersebut.

Namun, dikarenakan pesanan sudah mulai dikirimkan ke lokasi Anda, hal itu sudah tidak bisa dibatalkan melalui aplikasi. Salah satu cara untuk membatalkannya, yaitu langsung di tempat saja.

Pembatalan Pesanan COD di Tempat

Pembatalan pesanan COD Lazada di tempat merupakan cara terakhir yang bisa Anda lakukan jika paket sudah terlanjut di kirimkan ke rumah.

Tentunya, pembatalan ini bisa Anda lakukan langsung kepada kurir yang mengirimkan paket.

Sampaikan saja alasannya dan kurir sudah pasti akan memaklumi karena hal seperti ini tidak terjadi satu atau dua kali saja. Sehingga, kurir akan meminta Anda untuk menandatangi pada resi dan menuliskan alasan pembatalan.

Dengan begitu, pembatalan pesanan COD Lazada berhasil dilakukan dan Anda tidak perlu membayar biasa ongkos kirim karena sepenuhnya ongkir akan ditanggung oleh pihak Lazada.

Selepas Anda membatalkan pesanan COD Lazada di tempat tersebut, maka dalam keterangan aplikasi pun akan berubah status pesanannya menjadi ‘Pesanan sudah dibatalkan oleh pembeli’.

Demikian informasi seputar cara membatalkan pesanan COD di berbagai marketplace yang bisa Anda lakukan. Meskipun tersedia fitur pembatalan pesanan COD, namun Anda tidak bisa melakukan pembatalan seenaknya.

Semuanya harus sesuai dengan syarat dan ketentuan berlaku yang ada di masing-masing marketplace. Apabila Anda melanggar ketentuan itu, maka sanksi atau penalti akan sampai kepada akun Anda.

Cara Membatalkan Pesanan COD - Tanya Jawab

Apakah boleh membuka paket COD sebelum melakukan pembayaran?

Tidak boleh. Semua marketplace mewajibkan pembeli untuk membayar terlebih dahulu, lalu membuka paket tersebut. Jika ternyata tidak sesuai dengan keinginan Anda, maka bisa lakukan pembatalan melalui aplikasinya langsung.

Bagaimana jika pengajuan pembatalan pesanan dalam aplikasi Shopee ditolak?

Apabila penjual menolah ‘pengajuan pembatalan’, maka Anda akan menerima notifikasi bahwa pengajuan pembatalan pesanan telah ditolak. Dikarenakan pembeli hanya bisa mengajukan pembatakan satu kali untuk setiap pesanan, maka pembeli tidak dapat mengajukan pembatalan kembali.

Apakah pesanan COD bisa dikembalikan?

Bagi para pembeli yang melakukan transaksi COD, maka bisa melakukan pengembalian barang, apabila ingin membatalkannya saat barang sudah sampai. Namun, dengan catatan barang belum dibuka, sehingga tidak perlu mengeluarkan uang untuk membayarnya.

Kenapa aplikasi Shopee tidak bisa melakukan COD?

Salah satu penyebab aplikasi Shopee tidak bisa melakukan COD karena minimal atau maksimal harga produk tidak memenuhi syarat dan ketentuan marketplace. Sehingga, sebelum melakukan COD, pastikan Anda membaca dan memahami terlebih dahulu syarat dan ketentuan yang diberikannya.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url