Cara Membatalkan Transfer Pulsa Berbagai Operator

Cara membatalkan transfer pulsa - Beberapa dari Anda mungkin pernah mengalami salah transfer pulsa. Bukannya masuk ke nomor yang akan diisi, pulsa itu malah masuk ke nomor yang dikenal. Hal ini tentu akan merugikan, terutama jika jumlah pulsa yang akan diisi cukup besar nominalnya.

Namun, Anda tidak perlu khawatir karena transfer pulsa ke nomor yang salah masih bisa dibatalkan asalkan nomor yang diisi pulsa tersebut tidak aktif atau sudah digunakan lagi.

Selain itu, jika nomor yang salah transfer pulsa masih aktif dan status pengiriman pulsa berhasil, apakah masih bisa dibatalkan?

Untuk mencari tahu jawabannya, Anda bisa simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Apa Itu Transfer Pulsa?

Transfer pulsa merupakan suatu layanan untuk berbagi atau mengirimkan pulsa ke sesama pelanggan PraBayar. Setiap orang yang menggunakan kartu dari operator sama bisa melakukan transfer pulsa mulai dari Rp5.000 sampai Rp1.000.000 per transaksi.

Tentunya, cara untuk membagi pulsa ini memiliki cara berbeda dalam setiap operator. Biasanya, Anda harus memasukkan kode tertentu agar pulsa yang dikirimkan bisa masuk ke nomor bersangkutan.

Selain itu, Anda harus memperhatikan nomor yang akan ditransfer pulsa sudah benar dan tepat. Sebab, jika nomor yang Anda masukkan salah, maka pulsa otomatis akan salah terkirim dan tidak masuk ke nomor yang Anda inginkan. Hal ini tentu akan merugikan Anda, terutama jika pulsa yang ditransfer cukup besar nominalnya.

Meskipun begitu, Anda jangan dulu panik dan tetaplah bersikap tenang. Pasalnya, transfer pulsa ke nomor yang salah masih bisa dibatalkan dengan catatan transaksi belum berhasil atau nomor sudah tidak aktif atau tidak valid.

Namun, bagaimana jika nomor yang Anda kirim pulsa ternyata masih aktif dan status transfer pulsa berhasil? Apakah masih bisa dibatalkan atau tidak? Untuk mengetahui jawabannya, simak ulasan yang ada di bawah ini.

Bisakah Transfer Pulsa Dibatalkan?

Sebenarnya, transfer pulsa yang sudah terkirim sukses tidak bisa dibatalkan atau ditarik kembali. Sampai saat ini, belum ada cara atau aplikasi khusus yang bisa melakukan hal tersebut.

Namun, jika status pulsa masih pending atau tidak masuk ke nomor yang dikirim, maka Anda bisa membatalkannya segera. Sehingga, pulsa tidak masuk ke nomor yang salah.

Meskipun begitu, pulsa yang sudah terkirim sukses masih bisa Anda batalkan dengan cara manual.

Salah satu cara terbaiknya adalah dengan menghubungi nomor yang dikirimi pulsa tersebut. Anda dapat menjelaskan kronologi terkait salah transfer pulsa yang terjadi saat itu. Cobalah untuk meyakinkan pemilik nomor agar mengirimkan ulang pulsa yang masuk ke nomor yang ingin Anda isi.

Apabila cara itu tidak bisa dilakukan, maka mau tidak mau Anda harus mengganti rugi sebesar jumlah nominal pulsa yang salah terkirim. Meskipun hal ini cukup berat dilakukan, namun Anda tetap harus melakukannya. Terutama jika salah transfer ini terjadi akibat kekeliruan Anda menulis nomot telepon.

Sebaliknya, jika nomor telepon yang dikirimkan memang salah dari pembeli pulsa, maka Anda dan pembeli pulsa itu bisa berdiskusi terlebih dahulu. Sehingga, masalah transfer pulsa bisa diselesaikan dengan baik.

Intinya, cara membatalkan transfer pulsa nyatanya bisa dilakukan dengan cara apapun, bahkan manual sekalipun.

Selain itu, disini akan dijelaskan beberapa cara lain untuk membatalkan transfer pulsa yang sudah terkirim dari berbagai operator, yaitu sebagai berikut.

Cara Membatalkan Transfer Pulsa Telkomsel

Cara membatalkan transfer pulsa Telkomsel bisa Anda lakukan dengan dua cara berikut ini.

  • Hubungi Customer Service (CS) Telkomsel Jika Transaksi Masih dalam Proses

Apabila transaksi masih dalam proses atau belum ada status ‘berhasil’, maka transfer pulsa Telkomsel masih bisa untuk dibatalkan. Hal ini bisa terjadi karena server sedang down, jaringan jelek, nomor tidak valid atau sudah tidak aktif, dan masalah lainnya.

Anda bisa langsung menghubungi pihak customer service (CS) Telkomsel untuk membantu menyelesaikan masalah ini. Cukup hubungi via 188, lalu katakan bahwa Anda ingin dibantu untuk membatalkan pulsa yang masih dalam proses tersebut.

Setelah selesai mengatakan dengan jelas dan terperinci, pihak CS akan segera membantu Anda dan membatalkan pulsa yang sudah dalam proses transfer tersebut. Alhasil, pulsa tidak jadi salah transfer dan Anda bisa mengulangi transaksi lagi ke nomor yang tepat.

Pembatalan transfer pulsa Telkomsel yang belum memiliki status ‘berhasil terkirim’ bisa dilakukan di hari itu juga. Sehingga, Anda tidak perlu menunggu lama dan bisa segera mengirimkan kembali ke nomor yang tepat.

  • Meminta Baik-baik Kepada Pemilik Nomor yang Menerima Transfer Pulsa Salah untuk Mengembalikannya Lagi

Jika Anda baru sadar salah transfer pulsa Telkomsel ketika pulsa sudah terkirim, apakah ada cara untuk membatalkannya? Walaupun tidak ada aplikasi khusus untuk mengembalikan pulsa yang sudah berhasil terkirim itu, tetapi Anda masih bisa melakukannya dengan cara manual.

Salah satu cara paling ampuh dan sering digunakan oleh banyak orang adalah menghubungi penerima pulsa dengan nomor tujuan salah tersebut, lalu meminta dengan baik-baik agar mengembalikan kembali pulsa yang salah masuk.

Pastikan Anda menceritakan kronologisnya dengan detail dan mudah dipahami, serta menyapa penerima pulsa dengan sopan. Jangan sampai bertindak gegabah dan diskusikan dengan baik sampai penerima pulsa berkenan untuk mengembalikan pulsa itu kembali.

Apabila penerima pulsa dengan nomor tujuan yang salah itu bersedia untuk mengembalikan pulsa yang bukan miliknya, Anda bisa memberikan nomor tujuan yang seharusnya dikirimi pulsa. Jika sudah berhasil terkirim, pastikan Anda berterima kasih dengan sopan atas kebaikan hati penerima pulsa yang sudah bersedia untuk mengembalikan pulsa itu kembali.

Selanjutnya, Anda bisa mengirimkan pulsa ke nomor yang tepat dan pastikan untuk memeriksanya kembali agar tidak terjadi hal sama lagi.

Cara Membatalkan Transfer Pulsa Indosat

Bagi Anda yang melakukan transfer pulsa Indosat via aplikasi maupun e-wallet, seperti Shopee, OVO, Dana dan lainnya, tetapi pulsa yang seharusnya diterima masih belum masuk, maka bisa segera membatalkan proses transaksi tersebut.

Adapun cara membatalkan transfer pulsa Indosat dari pembelian melalui aplikasi atau e-wallet adalah sebagai berikut.

  • Hubungi CS Aplikasi maupun E-wallet yang Digunakan untuk Transfer Pulsa

Apabila Anda ingin membatalkan transfer pulsa dari aplikasi maupun e-wallet, sebelum benar-benar terkirim, kamu bisa klik ‘Batalkan’ pada menu tersedia.

Namun, jika pulsa sudah terkirim dan Anda ingin membatalkannya, maka bisa hubungi pihak customer service (CS) di aplikasi maupun e-wallet tersebut. Anda dapat menghubungi via layanan live chat, email, maupun telepon.

Jangan lupa sediakan screenshoot dari hasil pengiriman pulsa yang ingin Anda batalkan.

  • Ceritakan Kronologis Lengkap Beserta Kirim Screenshot Transaksinya

Apabila sudah terhubung dengan pihak Customer Service (CS), Anda dapat menceritakan kronologisnya secara lengkap dan detail. Pastikan juga mengirimkan bukti screenshoot agar dapat dilihat dan diperiksa oleh pihak CS.

Kemudian, Anda akan diminta untuk menunggu selama beberapa saat sampai pihak CS menyelesaikan verifikasi atas masalah Anda. Apabila pihak CS sudah menemukan solusi terbaik, maka akan segera diberitahukan kepada Anda.

Tenang saja, proses pembatalan transfer pulsa Indosat ini tidak akan memakan waktu sampai berhari-hari. Hanya dalam jangka waktu 1x24 jam, masalah akan segera terselesaikan dengan baik.

  • Ikuti Petunjuk Customer Service (CS)

Dalam masalah pembatalan transfer pulsa Indosat ini, pihak customer service (CS) akan memberikan beberapa solusi. Salah satunya adalah jika Anda transfer pulsa ke nomor salah, maka Anda akan diminta untuk menghubungi nomor tersebut.

Pastikan untuk menghubungi nomor itu dengan bahasa yang baik agar tidak ada kesalahpahaman yang terjadi. Kemudian, Anda dapat meminta penerima pulsa untuk mengembalikan pulsa yang bukan miliknya kepada nomor Anda.

Apabila penerima pulsa itu bersedia, maka Anda bisa mendapatkan kembali pulsa yang salah transfer, sehingga proses pembatalan sudah dilakukan dengan baik.

Sementara itu, jika status pengiriman pulsa masih dalam proses, maka Anda hanya perlu menunggu saja. Jika sudah lebih dari 1x24 jam, maka transaksi transfer pulsa Indosat akan otomatis dibatalkan dan dana kembali kepada aplikasi atau e-wallet Anda.

Dengan begitu, cara membatalkan transfer pulsa Indosat ini sudah Anda lakukan dengan baik. Tentu saja, melalui solusi dari pihak customer service yang diberikan.

Cara Membatalkan Transfer Pulsa Axis

Apabila Anda salah transfer pulsa Axis dan ingin membatalkannya, maka bisa ikuti cara-cara berikut ini.

  • Klik ‘Batalkan’ Sebelum Status Pengiriman Terkirim

Ketika Anda sedang mengisi pulsa ke nomor Axis, kemudian menyadari bahwa nomor yang akan dikirim ternyata salah, maka Anda harus segera klik ‘Batalkan’.

Tujuannya adalah agar pulsa tidak terkirim ke nomor yang salah dan tidak membuat kerugian kepada Anda sendiri. Dengan pembatalan transfer ini, maka Anda harus menjadikannya sebagai pembelajaran agar mengecek dulu nomor yang akan dikirimkan pulsa.

  • Hubungi Customer Service untuk Meminta Bantuan

Apabila pulsa sudah Anda transfer, tetapi belum masuk ke nomor tujuan, maka segera hubungi CS Axis saat itu juga. Jelaskan bahwa Anda ingin membatalkan transfer karena status pengiriman pulsa masih dalam proses selama berjam-jam.

Sehingga, tidak ada kejelasan apakah pulsanya akan masuk atau tidak. Nantinya, pihak CS akan memberikan solusi, seperti Anda harus menunggu selama 1x24 jam dulu.

Jika pulsa belum masuk ke nomor Axis setelah lebih dari 24 jam, maka status pengirimannya akan dibatalkan. Sehingga, saldo pulsa yang akan dikirimkan kembali kepada Anda.

Setelah diterima, Anda cukup mengirimkan kembali pulsa tersebut ke nomor Axis yang dituju. Pastikan untuk memeriksa nomor Axis yang akan dikirim pulsa agar tidak keliru dan masuk ke nomor yang tepat.

  • Hubungi Pihak Penerima Pulsa dengan Nomor yang Salah untuk Mengembalikan Pulsa Anda

Jika masalah yang terjadi adalah karena nomor yang dikirimkan pulsa Axis ternyata salah, maka CS tidak bisa membantu Anda. Salah satu solusi yang bisa Anda lakukan adalah menghubungi pemilik nomor Axis yang mendapatkan pulsa dari Anda itu.

Jelaskan bahwa Anda salah transfer pulsa, dan meminta dengan baik untuk dikembalikan lagi kepada nomor yang seharusnya diisi pulsa. Jika Anda menjelaskannya dengan sopan dan baik, maka dipastikan pemilik nomor yang mendapatkan pulsa itu akan segera mengembalikan pulsa saat itu juga.

Sehingga, proses pembatalan transfer pulsa Axis pun berhasil dilakukan dengan lancar tanpa kendala apapun. Namun, jika pihak penerima pulsa tidak mau mengembalikan pulsa milik Anda, maka Anda harus menanggung semua kerugian.

Anda harus melakukan transfer lagi ke nomor yang benar, sehingga Anda mengalami kerugian sebanyak dua kali lipat. Oleh karena itu, apabila tidak ingin hal itu terjadi, pastikan untuk teliti saat memasukkan nomor untuk transfer pulsa Axis, ya.

Cara Membatalkan Transfer Pulsa XL

Salah transfer juga sering terjadi oleh para pemilik kartu XL yang sedang melakukan transfer pulsa. Jika Anda mengalami hal ini, maka berikut merupakan beberapa cara membatalkan transfer pulsa XL yang dapat dilakukan.

  • Hubungi XL Center Terdekat

Cara membatalkan transfer pulsa XL dapat Anda lakukan dengan menghubungi XL Center pusat maupun cabang yang dekat dengan tempat tinggal. Anda dapat langsung mendatangi kantor XL, lalu sampaikan masalah yang sedang terjadi.

Jangan lupa untuk memberikan nomor yang dijadikan transaksi serta nomor telepon XL dari penerima yang salah. Setelah itu, Anda juga mesti menyampaikan bahwa saat ini Anda ingin membatalkan transfer pulsa tersebut.

Jika Anda sudah menjelaskan dengan rinci dan tepat, pihak customer service XL biasanya akan mengecek status transaksi pulsa terlebih dahulu.

Apabila statusnya sudah terkirim oleh penerima yang salah, maka pengembalian atau pembatalan transfer pulsa XL tidak bisa dilakukan. Meskipun begitu, CS akan memberikan solusi lain kepada Anda, yaitu menghubungi langsung pemilik nomor salah yang telah menerima pulsa milik Anda.

  • Hubungi Penerima Transfer Pulsa

Cara membatalkan transfer pulsa XL kedua ini dapat Anda lakukan ketika status pulsa sudah diterima. Pastikan Anda menghubungi pemilik nomor yang salah dengan sopan dan bahasa sebaik mungkin.

Sampaikan permintaan maaf karena Anda sudah teledor dan tidak teliti saat melakukan pengisian pulsa, hingga menyebabkan salah nomor XL. Setelah itu, Anda dapat meminta dengan sebaik mungkin, supaya penerima transfer pulsa dapat mengembalikan pulsa itu kepada Anda dengan nominal sama.

Jika pihak penerima transfer pulsa tidak ingin mengembalikan, maka hal ini bisa menjadi salah satu resiko yang harus Anda maklumi. Terutama, jika salah nomor transfer pulsa ini adalah murni dari Anda.

Namun, jika pihak penerima transfer pulsa adalah orang yang jujur dan bersedia untuk mengembalikan pulsa, maka dia akan meminta nomor Anda dan mengembalikan sejumlah nominal yang sama.

Selain itu, bisa juga mereka menggantinya dengan uang maupun kuota senilai pulsa yang salah transfer tersebut.

Cara Membatalkan Transfer Pulsa Tri

Jika Anda terlanjur salah transfer pulsa tri, maka jangan dulu panik dan cobalah untuk melakukan langkah-langkah pembatalan transfer pulsanya seperti berikut.

  • Hubungi Customer Service Tri

Jika transfer pulsa sudah terkirim, tetapi nomor yang diisi salah, Anda harus segera menghubungi customer service. Sampaikan masalah terkait kesalahan transfer dan Anda ingin membatalkan transaksi tersebut.

Apala transaksi pulsa masih belum masuk ke nomor yang salah, pihak CS masih bisa membatalkan transaksi tersebut. Namun, jika statusnya sudah diterima, maka tidak ada cara lain lagi.

Kecuali, jika Anda berani menghubungi pemilik nomor salah yang menerima pulsa tersebut. Maka, hal ini bisa dijadikan sebagai salah satu solusi terakhir.

  • Hubungi Pemilik Nomor yang Menerima Pulsa

Jika Anda ingin pulsa kembali, maka cobalah untuk menghubungi pemilik nomor yang menerima pulsa tersebut. Sampaikan dengan sopan dan sebaik mungkin, bahwa Anda salah mentransfer pulsa ke nomor tersebut.

Kemudian, Anda dapat meminta untuk mengembalikan pulsa sesuai jumlah nominal yang terkirim. Jika pemilik nomor kebetulan orang yang baik, maka pulsa Anda akan dikembalikan saat itu juga.

Namun, jika pemilik nomor tidak ingin mengembalikan pulsa, maka mau tidak mau Anda harus menerimanya dan mengganti kerugian kepada nomor yang seharusnya diisi pulsa.

  • Lakukan Penggantian Rugi

Cara terakhir ini mau tidak mau harus Anda lakukan ketika penerima pulsa dari nomor yang salah tidak ingin mengembalikan pulsa milik Anda. Sehingga, Anda harus mengisi pulsa dua kali ke nomor yang tepat dengan nominal sama.

hal ini mungkin akan membuat Anda rugi, tetapi itu merupakan resiko yang harus Anda hadapi. Oleh sebab itu, ketika hendak melakukan pengisian pulsa, pastikan untuk tidak teledor dan senantiasa teliti, ya.

Cara Membatalkan Transfer Pulsa Smartfren

Proses pembatalan transfer pulsa Smartfren tidak jauh berbeda dengan cara sebelum-sebelumnya, yaitu:

  • Hubungi CS Smartfren via Email atau Telepon

Anda bisa segera menghubungi pihak CS smartfren, baik melalui email maupun telepon resminya. Kemudian, Anda dapat menyampaikan masalah terkait salah transfer pulsa dan ingin membatalkannya.

Jika transaksi masih dalam proses, pihak CS bisa melakukan pembatalan transfer pulsa smartfren sesuai keinginan Anda. Namun, jika statusnya sudah berhasil terkirim, maka tidak ada cara untuk pembatalannya. Sehingga, Anda hanya perlu menghubungi nomor yang menerima pulsa itu saja.

  • Menghubungi Penerima Pulsa dari Nomor yang Salah

Apabila pulsa sudah terkirim ke nomor yang salah, Anda bisa menghubungi nomor itu dan membicarakannya dengan baik. Jika penerima pulsa itu bersedia untuk mengembalikan pulsa Anda, maka pembatalan transfer pun berhasil dilakukan.

Tetapi, jika penerima pulsa tidak ingin mengembalikan pulsa, mau tidak mau Anda harus menerimanya saja. Lalu, jadikan pembelajaran ke depannya agar lebih hati-hati dan tidak teledor saat sedang mengisi pulsa.

  • Ganti Rugi Kepada Pembeli Pulsa

Meskipun Anda merasa rugi karena transfer pulsa sebelumnya malah masuk ke nomor yang salah, tetapi Anda harus tetap mengisi pulsa ke nomor yang benar. Alhasil, Anda akan menerima kerugian, terutama jika jumlah nominal pulsa yang diisi cukup besar.

Beberapa cara membatalkan transfer pulsa di atas bisa Anda lakukan saat mengalami hal yang sama. Agar terhindar dari salah transfer pulsa ke nomor tidak dikenal, Anda harus mengecek pulsa yang akan dikirimi pulsa terlebih dahulu. Kalau nomornya sudah benar, maka Anda bisa segera melakukan pengisian pulsa saat itu juga.

Cara Membatalkan Transfer Pulsa - Tanya Jawab

Apakah pulsa yang sudah terkirim bisa dibatalkan?

Jika status transaksi sudah terkirim sukses ke nomor yang diisi, maka pulsa tidak bisa dibatalkan. Kecuali, jika Anda menghubungi pemilik nomor yang menerima pulsa dan mereka bersedia mengembalikan pulsa Anda, maka peluang pembatalan transfer pulsa dapat dilakukan.

Berapa lama proses pembatalan transfer pulsa?

Proses pembatalan transfer pulsa dapat dilakukan selama 1x24 jam.

Apakah ada biaya untuk membatalkan transfer pulsa?

Tidak ada biaya untuk proses pembatalan transfer pulsa, sehingga Anda tidak akan dipungut biaya sepeser pun.

Apakah pulsa akan terpotong saat dibatalkan?

Proses pembatalan transfer pulsa tidak akan memotong pulsa sebelumnya dan akan dikirim dengan jumlah sama, sehingga Anda tidak perlu khawatir. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url