Cara Mencairkan Shopee Paylater ke ATM

Cara mencairkan shopee paylater ke ATM - Aplikasi Shopee kini sudah memiliki fitur yang membantu banyak orang untuk berbelanja dengan pembayaran di waktu yang akan datang.

Fitur tersebut bernama Shopee Paylater, dimana Anda dapat membeli barang terlebih dahulu, kemudian membayarnya sesuai tenor yang ditentukan. Anda bisa membayar dana Shopee Paylater secara langsung maupun cicilan.

Namun, sebelum menggunakan Shopee Paylater, pastikan Anda sudah mengaktivasi melalui aplikasi Shopee terlebih dahulu. Sayangnya, fitur ini tidak bisa digunakan oleh semua pemilik akun Shopee.

Hanya akun Shopee tertentu yang dapat menggunakan serta mengaktivasinya. Sehingga, sebelum mulai mencoba Shopee Paylater, pastikan dulu bahwa akun milik Anda sudah terdaftar dan bisa menggunakannya.

Shopee Paylater tentu saja memiliki fungsi, salah satunya adalah untuk membeli barang sekarang dengan pembayaran nanti, serta cicilan barang hingga 12 bulan. Tentunya, setiap tenor cicilan memiliki bunga berbeda-beda, tergantung barang yang Anda beli.

Sebelum mulai membahas terkait cara mencairkan Shopee Paylater ke ATM, Anda bisa simak informasi seputar Shopee Paylater berikut ini.

Apa Itu Shopee Paylater?

Shopee Paylater merupakan salah satu fitur dari marketplace Shopee yang mirip dengan kartu kredit. Fitur ini diperuntukkan kepada para konsumen Shopee yang ingin membeli produk, namun belum memiliki dana yang cukup.

Metode pembayaran ini disebut sebagai pay later yang dalam bahasa Indonesia berarti ‘bayar kemudian’. Sehingga, ketika ada orang yang menggunakan fitur ini, mereka dapat membeli barang dengan pembayaran secara bertahap atau beberapa bulan ke depan.

Layanan Shopee Paylater telah disediakan oleh PT Commerce Finance serta perusahaan jasa keuangan lain yang saling bekerjasama untuk memberikan pinjaman kepada konsumen yang ingin berbelanja di aplikasi Shopee.

Sebagaimana aplikasi pinjaman online yang sudah resmi, PT Commerce Finance ini sudah terdaftar dan diawasi langsung oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Sehingga, Anda bisa menggunakannya dengan aman dan legal.

Skema Cicilan dalam Shopee Paylater

Para konsumen yang melakukan pinjaman Shopee Paylater harus mengembalikan dana yang dipinjam sesuai cicilan serta jangka waktu ditentukan.

Dalam hal ini, Shopee Paylater memberikan pilihan tenor cicilan, yaitu mulai dari 30 hari, satu bulan, tiga bulan, enam bulan sampai 12 bulan.

Tagihan Shopee Paylater sendiri wajib Anda bayar sebelum jatuh tempo agar para pembeli tidak dikenakan denda keterlambatan.

Tagihan tersebut mesti lunas dalam beberapa kali angsuran sesuai masa pinjaman yang telah dipilih sebelumnya.

Biasanya, batas pembayaran atau jatuh tempo tagihan Shopee Paylater adalah setiap tanggal 5 di bulan berikutnya setelah tagihan tersebut muncul.

Pada awalnya, Shopee Paylater hanya memberikan kredit sebesar Rp750.000 bagi para pengguna baru. Kredit yang diberikan itu dapat Anda gunakan untuk membeli barang dengan pembayaran nanti atau cicil.

Menariknya, kredit Shopee Paylater yang diberikan itu akan terus bertambah sesuai dengan jumlah transaksi yang telah digunakan oleh para penggunanya.

Sebaliknya, ketika pengguna mengalami keterlambatan pembayaran, maka sistem Shopee Indonesia akan secara otomatis mengurangi jumlah limit pinjamannya.

Denda serta Bunga Shopee Paylater yang Berlaku

Mengutip dari laman resmi Shopee Indonesia, transaksi dalam menggunakan Shopee Paylater akan dikenakan biaya cicilan, termasuk suku bunga dan biaya lain adalah minimal 2,95 persen.

Tak hanya bunga Shopee Paylater yang berjalan, para konsumen marketplace yang menggunakan fitur ini akan dikenakan biaya penanganan sebesar 1 persen setiap kali melakukan transaksi.

Sementara jika terjadi keterlambatan pembayaran, maka para pengguna akan dikenakan denda hingga 5 persen.

Jumlah denda akan terus bertambah apabila pengguna tidak bisa melunasi cicilannya tersebut.

Hal ini tentu akan berdampak terhadap peringkat kredit di SLIK (Sistem Layanan Informasi Keuangan) OJK. Dimana dapat mencegah seseorang untuk mendapatkan pembiayaan dari lembaga perbankan maupun perusahaan lain.

Seperti pinjaman online lainnya, seorang pengguna yang mengalami keterlambatan pembayaran dari jangka waktu ditentukan, maka akan mengalami penagihan langsung oleh debt collector.

Walaupun belanja di marketplace semakin mudah, namun ketika dana tidak mencukupi dan ingin menggunakan Shopee Paylater, maka Anda harus melakukannya dengan bijak.

Pastikan bahwa Anda tidak tergiur belanja secara berlebihan, sementara dana yang akan digunakan untuk membayar nanti tidak mencukupi.

Anda harus bisa mengatur keuangan dengan baik, sehingga mampu melunasi cicilan Shopee Paylater dengan baik, tanpa mengalami keterlambatan.

Syarat Aktifkan Shopee Paylater

Bagi Anda yang tertarik untuk mengaktifkan Shopee Paylater, pastikan untuk mengetahui beberapa syaratnya terlebih dahulu, yaitu:

  • Pastikan Anda sudah memiliki akun Shopee yang terdaftar dan terverifikasi langsung oleh pihak Shopee.
  • Minimal akun Shopee yang digunakan berusia 3 bulan.
  • Pastikan Anda sering melakukan transaksi dalam aplikasi Shopee.
  • Update aplikasi Shopee ke dalam versi terbaru.
  • Siapkan KTP milik pribadi agar bisa mulai mengaktifkan fitur Shopee Paylater.

Cara Mengaktifkan Shopee Paylater dengan Mudah dan Cepat

Apabila semua persyaratan sudah Anda lengkapi, kini saatnya mulai mengaktifkan Shopee Paylater dengan mengikuti cara berikut.

  • Silakan masuk ke dalam aplikasi Shopee yang terpasang pada smartphone Anda terlebih dahulu.
  • Selanjutnya, klik menu ‘Saya’ yang ada di bagian bawah, kemudian pilih ‘Spaylater’.
  • Klik ‘Aktifkan Sekarang’ lalu tunggu kode verifikasi yang akan dikirimkan via SMS.
  • Apabila kode verifikasi atau OTP sudah Anda terima via SMS, maka segera masukkan di kolom tersedia, lalu klik ‘Lanjut’.
  • Selanjutnya, Anda harus mengunggah foto KTP dengan baik dan tepat, dimana posisinya sesuai dengan contoh yang diberikan dan tidak terlihat buram.
  • Kalau KTP Sudah Anda foto dan upload, berikutnya Anda harus memasukkan nama serta NIK, lalu klik ‘Konfirmasi’.
  • Mulai lakukan verifikasi wajah dengan baik agar proses pengaktifkan Shopee Paylater dapat berjalan dengan baik.
  • Jika sudah berhasil, Anda akan mendapatkan notifikasi bahwa Spaylater sedang dalam pemrosesan selama maksimal 2x24 jam.
  • Apabila pengajuan aktivasi Anda telah disetujui, maka akan muncul pop up notifikasi yang menerangkan bahwa aktivasi Shopee Paylater telah berhasil. Selain itu, Anda juga akan diberikan informasi terkait limit umum serta limit cicilan yang dapat digunakan dalam Shopee Paylater tersebut.

Bisakah Shopee Paylater Dicairkan ke ATM?

Banyak yang bertanya terkait bisakah Shopee Paylater dicairkan ke ATM maupun rekening, maka jawabannya adalah Anda bisa melakukan proses pencairan dana tersebut.

Tak hanya melalui ATM, Anda bisa mencairkan Shopee Paylater ke dompet digital alias e-wallet, seperti Dana, OVO, Gopay dan masih banyak lagi.

Namun, proses pencairannya akan sedikit lebih rumit karena Anda harus memiliki aplikasi Indo Gold terlebih dahulu.

Jika memang ingin mencoba untuk mencairkan Shopee Paylater ke ATM, maka ada beberapa syarat dan cara yang bisa Anda lakukan, yaitu sebagai berikut.

Syarat Mencairkan Shopee Paylater ke ATM

Syarat mencairkan Shopee Paylater ke ATM harus Anda lakukan dengan baik agar proses pencairannya dapat berjalan dengan lancar.

Berikut ini merupakan beberapa syarat serta ketentuan mencairkan Shopee Paylater ke ATM, yaitu:

  • Pastikan bahwa limit Shopee Paylater milik Anda masih tersedia dengan cukup.
  • Anda harus mengunduh dan menginstal aplikasi Indo Gold terlebih dahulu.
  • Selanjutnya, Anda harus mengaktivasi akun di Indo Gold untuk proses pencairan Shopee Paylater tersebut.
  • Terakhir, pastikan bahwa Anda memiliki koneksi internet yang baik dan lancar.

Berapa Biaya Pencairan Shopee Paylater ke ATM?

Biaya dalam pencairan Shopee Paylater ke ATM ini memiliki besaran yang berbeda-beda. Sebab, penghitungan biaya ini dilakukan dari seberapa besar total pembayaran yang akan Anda lakukan.

Jika penasaran ingin mengetahui biaya yang akan dikenakan, maka Anda dapat mengeceknya langsung saat melakukan checkout. Sehingga, akan terlihat detail biaya penanganan atau pencairan dari transaksi tersebut.

Cara Mencairkan Shopee Paylater ke ATM

Apabila semua persyaratan sudah Anda pahami, kini saatnya mulai mencoba cara mencairkan Shopee Paylater ke ATM, yaitu sebagai berikut.

1. Silakan Buka Aplikasi Shopee Terlebih Dahulu

Cara pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka aplikasi Shopee terlebih dahulu. Selanjutnya, pastikan bahwa jaringan internet yang digunakan dalam keadaan terhubung agar proses pencairan Shopee Paylater bisa dilakukan dengan lancar.

2. Cari Toko IndoGold

Jika sudah berada di tampilan utama aplikasi Shopee, Anda bisa langsung masuk ke menu pencarian. Silakan ketik toko ‘IndoGold Official’ pada kolom pencarian tersebut.

3. Pilih Produk Voucher Digital

Apabila sudah menemukan toko IndoGold Official, Anda bisa langsung klik toko tersebut. Kemudian, cari produk voucher digital dengan banyak pilihan nominal yang bisa Anda tentukan dan pilih sendiri.

Kalau sudah menentukan voucher digital dengan nominal yang dipilih, maka bisa langsung klik ‘Beli Sekarang’.

4. Klik Checkout

Kini, saatnya Anda melakukan checkout yang ada di bagian pojok kanan bawah agar bisa menyelesaikan proses berikutnya.

5. Memilih Metode Pembayaran

Pada bagian ‘Metode Pembayaran’, Anda bisa memilih Shopee Paylater untuk pembayarannya. Selanjutnya, Anda pilih tenor waktu pembayaran adalah ingin selama 30 hari atau cicilan mulai dari 3 bulan hingga 12 bulan.

Pastikan jangka waktu yang Anda pilih sesuai dengan kemampuan. Sehingga, ketika waktu pembayaran tiba, Anda memiliki dana untuk membayar Shopee Paylater tersebut. Jadi, Anda akan terhindar dari denda maupun biaya keterlambatan lainnya.

6. Mulai Buat Pesanan

Kalau semua informasi yang ada sudah benar, Anda bisa langsung klik ‘Buat Pesanan’ yang terletak di bagian pojok kanan bawah.

7. Masukkan PIN Shopeepay

Untuk menyelesaikan proses transaksi ini, Anda bisa memasukkan PIN Shopeepay agar pencairan Shopee Paylater bisa segera dilakukan.

8. Voucher Digital Berhasil Didapatkan

Setelah berhasil memasukkan PIN Shopeepay, maka voucher digital emas yang Anda beli sudah berhasil dilakukan. Anda bisa langsung cek notifikasi untuk mengcopy kode voucher tersedia.

9. Buka Aplikasi IndoGold

Dikarenakan voucher digital emas sudah Anda dapatkan, kini saatnya mulai membuka aplikasi IndoGold yang sudah berhasil Anda download.

10. Tap ‘Beli Emas’

Apabila sudah masuk di tampilan utama aplikasi IndoGold, Anda bisa langsung klik menu ‘Beli Emas’.

11. Menentukan Nominal Pembelian

Pada bagian ini, Anda harus memasukkan nominal pembelian emas pada kolom yang sudah disediakan. Silakan isi sesuai dengan nilai nominal pada voucher digital emas yang sudah Anda beli via aplikasi Shopee.

Kalau sudah berhasil dimasukkan nominalnya, Anda bisa langsung klik ‘Beli Emas’.

12. Memasukkan Kode Voucher

Selanjutnya akan muncul menu ‘Gunakan Voucher’. Anda bisa langsung klik menu tersebut, lalu masukkan kode voucher yang sudah Anda copy sebelumnya pada aplikasi Shopee. Kemudian, segera tap ‘Gunakan Kode’.

13. Masukkan PIN

Untuk menyelesaikan transaksi pada aplikasi IndoGold, Anda bisa langsung masukkan PIN IndoGold dan pembelian pun telah berhasil Anda lakukan.

14. Klik Jual Emas

Langkah berikutnya, Anda bisa langsung klik ‘Jual Emas’ agar bisa mendapatkan uang nantinya.

15. Memasukkan Jumlah Gram

Masukkan jumlah gram emas yang akan Anda jual atau sesuai dengan nominal voucher digital emas yang Anda miliki. Kalau sudah, langsung segera klik ‘Jual’.

16. Memilih Metode Penarikan

Pilih metod penarikan untuk mendapatkan dana dari hasil penjualan emas. Anda bisa memilih metode bank, lalu pilih nama bank sesuai dengan rekening yang Anda miliki.

17. Masukkan PIN Kembali

Jika semua informasi sudah berhasil Anda masukkan dengan benar, maka masukkan kembali PIN IndoGold, sehingga proses pencairan Shopee Paylater pun berhasil Anda lakukan.

Perlu diketahui bahwa proses pencairan Shopee Paylater ini hanya bisa Anda lakukan dalam bentuk produk. Jadi, jika ingin mendapatkannya dalam bentuk uang, maka disarankan untuk membeli produk yang bisa dicairkan seperti voucher digital emas tersebut.

Cara Mencairkan Shopee Paylater ke ATM maupun Rekening yang Umum Digunakan

Selain cara mencairkan Shopee Paylater ke ATM di atas, Anda masih bisa menggunakan cara lain yang paling umum digunakan, yaitu:

1. Masuk ke Akun Toko Shopee Terlebih Dahulu

Pada akun Shopee ini, Anda bisa memasukkan produk yang ingin dijual, misalnya pakaian, jam tangan maupun aksesoris lainnya.

Cara untuk mencairkan Shopee Paylater ke ATM dengan masuk ke akun toko Shopee terlebih dahulu, yaitu:

  • Silakan mulai unggah foto dagangan Anda.
  • Selanjutnya, buat deskripsi dagangan yang menarik.
  • Pilih kategori produk sesuai dengan yang Anda jual.
  • Sesuaikan harga produk dengan limit Shopee Paylater yang akan Anda cairkan.
  • Kalau barang sudah terunggah dengan benar, Anda bisa masuk ke Akun Shopee Paylater yang ada di HP kedua.
  • Perlu diperhatikan bahwa cara ini harus Anda lakukan menggunakan dua HP agar bisa berjalan lancar dan efektif.

2. Masuk ke Akun Shopee Paylater

  • Mulai cari nama barang yang sudah Anda upload melalui link.
  • Tambahkan barang ke dalam keranjang untuk melakukan proses checkout.
  • Masukkan alamat penerima yang berbeda dengan alamat penerima pada akun di HP pertama. Sehingga, Anda bisa memasukkan alamat penerima dari kerabat atau pun tetangga.
  • Silakan pilih metode pembayaran menggunakan Shopee Paylater.
  • Selanjutnya, pilih jangka waktu cicilan atau kapan Anda bisa melunasinya.
  • Kalau sudah, langsung klik ‘Buat Pesanan’.

3. Masuk Kembali ke Akun Toko Shopee

  • Pada HP pertama ini, Anda akan berada di akun toko Shopee. Selanjutnya, Anda bisa melihat ada pesanan masuk yang telah Anda buat tersebut.
  • Silakan lakukan penerimaan pesanan dengan diikuti prosedur pengiriman barang. Pada bagian ini, Anda bisa mengirim barang apa saja dengan isi box kurang dari 1 kg. Saat tiba di jasa pengiriman, Anda cukup bilang mengirim ‘aksesoris’ saja.
  • Jika barang sudah sampai ke tempat tujuan, Anda bisa klik ‘Pesanan diterima’ pada HP kedua.
  • Sehingga, saldo akan masuk ke akun Toko Shopee dan Anda bisa mencairkannya ke ATM dengan mudah.

Untuk melakukan cara pencairan Shopee Paylater ke ATM ini, pastikan Anda melakukannya dengan nominal kurang dari saldo tersedia agar tidak error dan dapat dilakukan dengan lancar.

Kelebihan Menggunakan Shopee Paylater

1. Proses Pengajuan Terbilang Mudah

Meskipun hanya bisa digunakan oleh para pengguna dengan level member Gold, tetapi proses pengajuannya terbilang mudah dan cepat.

Shopee Paylater tidak mensyaratkan jaminan apapun saat proses pengajuan. Anda cukup menyediakan KTP serta berstatus sebagai WNI.

Selanjutnya, Anda hanya perlu melakukan verifikasi wajah dan upload foto KTP. Kemudian, tunggu maksimal 2x24 jam untuk mendapatkan kepastian dari pihak Shopee.

2. Proses Pembayaran Cepat

Saat Anda berbelanja menggunakan Shopee Paylater, maka barang pesanan akan segera diproses oleh pihak penjual. Tak hanya itu, ketika Anda mencairkan Shopee Paylater ke ATM pun akan diproses dengan cara cepat.

3. Terdaftar OJK, Sehingga Aman Digunakan

Shopee Paylater sudah terdaftar di OJK, sehingga aman untuk Anda gunakan. Jadi, Anda tidak perlu khawatir ketika ingin berbelanja menggunakan fitur tersebut.

4. Memiliki Bunga Rendah

Bunga yang diberikan oleh Spaylater adalah mulai dari 0 sampai 2,95 persen. Untuk mendapatkan bunga 0 persen, Anda harus memilih jangka waktu cicilan dalam waktu 30 hari.

5. Limit yang Diberikan Besar

Saat pertama kali mengaktifkan Shopee Paylater, Anda akan mendapatkan limit sebesar Rp750.000. Selanjutnya, jika pembayaran Anda selalu lancar, maka limit akan bertambah hingga 6 juta.

6. Pembayaran Tagihan Mudah

Untuk membayar tagihan Shopee Paylater, Anda bisa menggunakan Shopeepay, melalui Indomaret maupun transfer bank.

7. Berkesempatan Menggunakan Voucher Shopee

Untuk Anda yang senang mengklaim voucher Shopee, terkadang ada banyak sekali voucher yang dikhususkan untuk para pengguna Shopee Paylater.

Sehingga, banyak orang yang tertarik untuk menggunakan Shopee Paylater agar bisa mengklaim beragam pilihan voucher menarik.

8. Media Terbaik untuk Anda yang Tidak Memiliki Kartu Kredit

Pastinya, tidak semua orang memiliki kartu kredit. Namun, Anda bisa memanfaatkan Shopee Paylater yang mana fungsinya hampir mirip dengan kartu kredit tersebut.

Dengan begitu, Anda dapat membeli barang yang mendesak, lalu membayarnya kemudian saat dana sudah ada.

9. Dapat Memilih Tanggal Jatuh Tempo

Ketika menggunakan Shopee Paylater, Anda bisa memilih tanggal jatuh tempo cicilannya. Biasanya, dalam setiap bulan tanggal jatuh tempo ada pada tanggal 5 serta 11.

Cara Mencairkan Shopee Paylater ke ATM - Tanya Jawab

Apakah Saldo Shopee Paylater Bisa Dicairkan ke Rekening?

Saldo Shopee paylater bisa Anda cairkan, namun tidak dalam bentuk uang tunai. Anda bisa mencairkannya dalam bentuk barang yang dibeli dengan saldo Shopee Paylater tersebut. Namun, banyak orang yang sudah menemukan cara untuk mencairkan Shopee Paylater dalam bentuk uang ke rekening. Meskipun begitu, Anda harus melakukannya dengan beberapa syarat serta cara yang lumayan rumit.

Kenapa Shopee Paylater Tidak Bisa Digunakan?

Shopee Paylater tidak bisa digunakan bisa terjadi karena versi aplikasi Shopee sudah lawas. Anda bisa memperbaharui aplikasi dengan update ke versi terbaru melalui Google Play Store. Jika sudah diperbaharui, maka Shopee Paylater pasti bisa digunakan kembali.

Berapa Lama Limit Shopee Paylater Dikembalikan?

Dalam 30 hari ke depan, limit Shopee Paylater akan kembali ke akun Anda dan bisa digunakan kembali.

Berapa Persen Denda Keterlambatan Shopee Paylater?

5 persen per bulan dari seluruh total tagihan. Denda ini akan terus berjalan selama Anda belum bisa melunasi cicilan yang dimiliki. Sehingga, pastikan Anda bisa melunasi cicilan Shopee Paylater sebelum jatuh tempo.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url