Cara Membatalkan Transfer ShopeePay

Cara membatalkan transfer Shopeepay - Zaman sekarang kemungkinan besar orang sudah sangat familiar dengan sistem belanja online. Maklum saja e-commerce kini juga sudah menjamur. Salah satu yang paling populer adalah Shopee. Dari sejumlah pengguna aplikasi belanja online tersebut beberapa ada yang masih tidak tahu cara membatalkan transfer ShopeePay termudah.

Alasan mengapa Shopee begitu digemari adalah karena aplikasi belanja online ini cukup sederhana. Selain itu punya banyak fitur sehingga pengguna bisa nyaman mengaplikasikannya. Dari sekian fitur yang tersedia, ShopeePay merupakan terpopuler.

Dengan fitur tersebut, pengguna bisa lakukan pembayaran tagihan belanja hingga tagihan bulanan dengan sangat mudah. Lagipula top up saldo ShopeePay juga punya banyak metode. Bahkan, ada salah satu cara top up dengan transfer dana ke sesama pengguna Shopee.

Masalahnya, biasanya beberapa pengguna kurang teliti sehingga menyebabkan salah kirim saldo ShopeePay. Entah itu karena kesalahan memasukkan nomor atau lainnya. Jika itu sudah terjadi, banyak yang mempertanyakan apakah transfer ShopeePay tadi bisa dibatalkan? Penjelasan selengkapnya bisa Anda dapatkan dari penjelasan di bawah ini

Apa Itu ShopeePay?

ShopeePay adalah salah satu fitur dari aplikasi belanja online Shopee. ShopeePay sebetulnya mirip dengan dompet digital lainnya seperti Dana, Ovo, dan lainnya. ShopeePay banyak menawarkan kemudahan untuk penggunanya. Dari mulai kemudahan pembayaran tagihan belanja, bayar tagihan bulanan, pembelian pulsa, dan lainnya.

Selain transaksi secara virtual, pengguna ShopeePay sebetulnya juga bisa melakukannya secara offline. Dengan syarat berbelanja di ratusan ribu merchant ShopeePay yang telah ada sekarang. Melalui ShopeePay juga Anda bisa isi saldo, transfer, hingga tarik tunai.

Bahkan, bukan hanya tarik tunai ke rekening. Anda pun bisa kirim saldo ShopeePay ke sesama pengguna ShopeePay lainnya. Hanya saja, harus teliti karena bisa jadi salah kirim ke pengguna yang udak diinginkan. Hal ini bisa disebabkan karena salah memasukkan nomor ponsel atau lainnya.

Transfer dana ShopeePay ke beberapa aplikasi dompet digital seperti Dana, gopay, Ovo, dan lainnya juga sering dilakukan pengguna. Cara top up saldo seperti ini hanya boleh dilakukan jika Anda mengetahui nomor telepon yang telah terdaftar.

Cara Transfer Saldo ShopeePay

Sebagai informasi saja, sistem ShopeePay ini sekarangsudah cukup lengkap. Bahkan, telah bekerja sama dengan lembaga perbankan sehingga pengguna bisa dengan mudah melakukan transfer saldo hanya dengan akun ShopeePay miliknya.

Sistem seperti ini akan memudahkan pengguna dalam pengaplikasian Shopee sebagai penjual. Terutama untuk semua pengguna Shopee secara umum. Transfer ShopeePay ke akun lain hanya bisa dilakukan saat pengguna telah melakukan verifikasi KTP di Shopee.

Selain itu, Shopee juga memberikan ketentuan lainnya yaitu transfer saldo ShopeePay dan ShopeePaylater hanya bisa berhasil jika akun telah melakukan penjualan sekitar 10 transaksi. Hal ini disebabkan karena pengguna harus mencairkan saldo penjualan dulu supaya dapat dipergunakan kembali.

Cara top up saldo ShopeePay sebetulnya bisa dari indomart dan alfamart. Ini bisa dilakukan bila pengguna tidak punya rekening bank. Saatnya Anda mengetahui bagaimana cara transfer ShopeePay dengan mudah. Ikuti panduan selengkapnya di bawah ini.

Transfer Saldo ShopeePay Menggunakan Metode Umum

1. Buka Shopee

Langkah pertama silahkan buka akun Shopee masing-masing. Ini bisa dilakukan via perangkat apa saja. Rata-rata orang lebih suka buka via HP karena cenderung praktis. Namun, tidak menutup kemungkinan ingin buka lewat PC pun boleh.

Kalau buka lewat HP tinggal buka aplikasinya saja. Saat ingin buka Shopee via PC, silahkan masuk ke situsnya. Lalu masukkan username dan password, tunggu hingga akun Shopee Anda bisa terbuka.  

2. Klik Menu “Saya”

Jika sudah berhasil buka aplikasi Shopee baik di HP maupun di PC tunggu hingga muncul halaman utama. Biasanya akan memerlukan waktu beberapa detik. Nanti, saat ada halaman baru muncul, silahkan cari menu “saya”. Letaknya ada di bagian pojok kanan bawah. Menu ini punya ikon gambar orang, pasti mudah dicari.

3. Masuk Menu “ShopeePay”

Ketika sudah klik menu “saya”, Anda akan diarahkan untuk masuk akun Anda sendiri. Di Sana nanti akan muncul banyak opsi lainnya. Dari mulai informasi pesanan, dompet saja, dan masih banyak lagi. Namun kali ini, Anda pilih saja yang “dompet saya”. Pada menu tersebut akan ada opsi “ShopeePay” silahkan di klik saja langsung.

4. Pilih Menu “transfer”

Setelah Anda klik opsi “ShopeePay” akan diarahkan ke halaman baru lagi. Nanti muncul banyak opsi. Seperti isi saldo, bayar, kode bayar, transfer, minta dana, dan lainnya. Kali ini pilih opsi “transfer”.

5. Masukkan Data Yang Dibutuhkan

Langkah berikutnya adalah silahkan isu sejumlah data yang diperlukan. Beberapa data yang dimaksud yaitu nomor HP, nama kontak atau username. Bagian ini adalah paling penting sehingga Anda tidak boleh asal-asalan. Jika ada yang salah isi, bisa berpengaruh pada keberhasilan proses transfer dana ShopeePay. Jadi isi baik-baik, pelan-pelan saja.

6. Masukkan Nominal Saldo Yang Ingin Ditransfer

Jika nomor HP, nama kontak, dan username sudah diisi dengan benar, lanjutkan dengan data lainnya. Kali ini Anda harus mengisi nominal saldo ShopeePay yang ingin ditransfer. Anda harus tahu bahwa ada batas minimal transfer sehingga tidak boleh sembarangan.

Transaksi transfer ShopeePay hanya bisa dilakukan minimal dana transfernya sebesar 20.000 rupiah. Ini berlaku baik saat Anda transfer dana ke sesama ShopeePay atau ke rekening bank lainnya.

7. Lakukan Konfirmasi

Tahap berikutnya adalah lakukan konfirmasi. Langkah ini sangat penting, untuk Anda yang ingin memastikan apakah tujuan transfer tadi sudah benar. Setidaknya untuk menghindari kemungkinan salah transfer dan resiko lainnya.

Nanti akan ada keterangan, ingin transfer ShopeePay ke mana, nominal berapa, dan sebagainya. Anda teliti dulu, jika memang langsung klik saja “konfirmasi”.

8. Masukkan PIN

Berikutnya, tinggal ikuti saja panduan dari Shopee. Seperti untuk standar keamanan Anda harus masukkan PIN yang dipakai sehari-hari. Bisa gunakan sidik jari atau Face ID bagi Anda pengguna OS IOS.

9. Berhasil Transfer Saldo

Jika langkah pertama hingga terakhir tadi dilakukan dengan benar, seharusnya dana ShopeePay sudah berhasil ditransfer. Untuk memastikannya, silahkan tanya langsung ke orang yang ingin Anda transfer dana tadi. Apakah sudah berhasil masuk atau belum dananya. Tapi seharusnya jika saldo ShopeePay berkurang, artinya proses transfer sudah berhasil dilakukan.

Kurang lebih seperti itu cara transfer dana ShopeePay. Begitu mudah dan cepat, asal Anda melakukannya dengan hati-hati. Dengan begitu, untuk menghindari adanya kesalahan transfer ShopeePay yang sampai sekarang masih banyak dialami pengguna aplikasi belanja online tersebut.

Transfer ShopeePay Dengan Gestun

Cara lainnya adalah Anda bisa coba mengandalkan jasa Gestun. Gestun adalah aktivitas yang melibatkan pembelian barang di toko punya orang lain. Namun orang tersebut tidak mendapatkan barang melainkan uang yang bisa ditransferkan ke rekening.

Kalau dalam kasus ini, proses transfer ShopeePay dapat dilakukan bagi pemegang akun yang terverivikasi maupun yang belum. Hanya saja pastikan salah satu pihak berperan sebagai penjual di Shopee dan melakukan penjualan digital. Langkah-langkah transfer dana ShoppePay dengan gestun adalah sebagai berikut.

  • Hubungi pihak penjual produk digital yang ada di Shopee, pastikan yang menyediakan jasa genstun. Sebab beberapa penjual produk digital juga ada yang tidak menyediakan jasa tersebut.
  • Bilang pada penjual jika ingin melakukan gestun atau beli barang tapi ditransfer dengan uang. Ikuti panduan atau instruksi penjual tapi. Mungkin ada syarat khusus yang harus dipenuhi dan lainnya.
  • Check-out dan secera bayar utamakan via aplikasi pinjaman online.
  • Dengan begini, Anda bisa dapatkan saldo ShopeePay gratis untuk dipakai belanja di Shopee.
  • Sediakan saldo ShopeePay pada akhir bulan paing tdiak sesuai dengan kemampuan.

Bisakan ShopeePay Transfer Dibatalkan?

Pengguna Shopee sampai sekarang masih cukup banyak yang mempertanyakan tentang cara membatalkan transfer ShopeePay. Pasalnya kejadian salah transfer itu sangat mungkin terjadi. Bahkan terpantau lumaya sering sehingga orang-orang bingung mengatasinya.

Salah transfer akan menimbulkan 2 kemungkinan. Kemungkinan pertama adalah saldo ShopeePay tidak akan masuk ke rekening saldo yang diinginkan. Sementara kemungkinan yang lain adalah saldo tersebut akan masuk setelah beberapa hari kemudian.

Hanya saja, rata-rata uang transfer tadi tidak akan bisa masuk atau kembali ke pengguna. Lebih parah kondisinya jika Anda tidak segera mengurusnya. Pembatalan transfer ShopeePay sebetulnya bisa dilakukan. Dengan catatan, Anda harus cepat melakukannya, baru saja lakukan transfer langsung batalkan.

Sebagai informasi juga, pembatalan transfer ShopeePay ini bisa dilakukan hanya pada saat dana belum sampai ke rekening tujuan saja. Dari penjelasan ini tidak heran jika Anda harus melakukan pembatalan dengan cepat. Selain itu, Anda juga perlu mentaati syarat lainnya adalah Anda harus menyiapkan alasan masuk akal.

Perihal mengapa sampai ingin melakukan pembatalan ShopeePay. Hal ini tidak kalah penting, sebab menjadi jalan ketika mau proses pembatalan transfer ShopeePay berhasil. Ingat baik-baik, pembatalan transfer ini hanya bisa dilakukan sesaat setelah proses transfer selesai dilakukan.

Jika seandainya nanti penerima dana transfer sudah mencairkan dana hasil pemberian Anda, tentu saja pembatalan tidak akan bisa dilakukan. Seadainya Anda baru sadar telah salah transfer setelah lama melakukannya bagaimana? Kemungkinan besar, dana tidak akan bisa dikembalikan. Bahkan, jika penerima transfer tadi sudah mencairkan dananya, sudah pasti tidak akan kembali.

Saldo ShopeePay tidak akan masuk rekening sebagai akibat dari keputusan dari pengguna Shopee sendiri. Perihalnya adalah penarikan yang digagalkan. Dengan catatan dana tadi belum berhasil ditransfer. Sebagai informasi saja, pengguna Shopee hanya punya kesempatan 3 kali jika ingin menarik saldo setiap harinya.

Apabila kebetulan Anda salah transfer ke akun atau rekening lain dan penerima sudah menarik dana 3 kali makan bisa dikatakan beruntung. Penerima tersebut tentu saja tidak akan bisa menarik lagi saat itu. Sehingga ada kemungkinan Anda bisa membatalkan proses transfer tadi karena otomatis dana transferan tdiak akan bisa ditarik.

Jadi untuk menjawab pertanyaan bisakah ShopeePay transfer dibatalkan? Jawabannya adalah kemungkinan masih bisa. Asal Anda langsung mengurusnya saat itu juga. Sebelum transfer sudah berhasil dilakukan atau bahkan penerima yang salah justru menarik dana tersebut.

Syarat Membatalkan Transfer ShopeePay

Lalu kalau bisa dibatalkan, bagaimana caranya? Tentunya Anda perlu mengetahui dulu apa saja syarat yang diperlukan. Hanya dengan memenuhi syarat tersebut, Anda baru bisa merealisasikan pembatalan transfer ShopeePay tadi. Apa saja syarat yang diperlukan untuk cara membatalkan transfer ShopeePay? Berikut uraian selengkapnya.

1. Harus Cepat

Waktu sangat penting jika ingin melakukan pembatalan transfer. Oleh sebab itu, Anda tidak boleh telat menyadari apabila telah salah transfer. Pembatalan transfer ShopeePay hanya bisa dilakukan saat dana belum berhasil ditransfer ke rekening tujuan saja. Meskipun biasanya transfer ShopeePay ke rekening tujuan atau akun lain bisa cepat sekali.

Hanya saja, biasanya pun bisa terhambat karena kesalahan isi nomor atau sinyal yang buruk. Jadi, selagi dana belum sampai ke tujuan, ini kesempatan Anda untuk melakukan pembatalan transfer tersebut.

2. Punya Alasan Masuk Akal

Selain harus cepat jika ingin mengurus pembatalan transfer, Anda juga harus siapkan alasan masuk akal. Alasan tersebut tentu saja perihal mengapa Anda harus melakukan pembatalan transfer tersebut. Nantinya, alasan tersebut akan Anda utarakan pada pihak CS.

Hanya pihak CS Shopee saja yang bisa bantu Anda untuk menangani masalah salah transfer. Saat ditanya oleh pihak CS nanti, katakan apa yang menjadi penyebab Anda salah transfer dan minta bantuan untuk dana transfer bisa dibatalkan. Hal ini adalah cara supaya pembatalan transfer ShopeePay Anda bisa berjalan dengan baik

3. Dana Belum Dicairkan Oleh Penerima Transfer

Syarat lain Anda bisa batalkan proses transfer ShopeePay adalah pastikan penerima dana tadi belum mencairkan dananya. Khusus untuk pengguna akun Shopee, sebetulnya ada batas pencairan dana ShopeePay yaitu maksimal 3 hari dalam sehari.

Jadi jika kebetulan Anda transfer ShopeePay ke akun lain, otomatis harus memenuhi persyaratan ini bukan? Sehingga, jika akun penerima ShopeePay tadi pada hari tersebut sudah melakukan transfer 3 kali, dan ternyata dapat transfer dari Anda tidak akan bisa dicairkan saat itu juga. Ini adalah kesempatan bagi Anda untuk membatalkan transfer tersebut.

4. Bukti Transfer

Syarat supaya bisa membatalkan transfer ShopeePay lainnya adalah adanya bukti transfer. Bukti transfer ini dapat berupa history transaksi jika Anda transfer ShopeePay dari akun Anda. Bisa juga berupa struk atau mutasi rekening dari m-banking.

Bukti transfer ini akan memperkuat alasan Anda untuk bisa membatalkan transfer Shopee Pay. Nanti, akan ada salah satu langkah dari cara membatalkan transfer ShopeePay yaitu dengan menghubungi pihak CS Shopee. Bukti transfer ini akan ditunjukkan pada CS tersebut sehingga tidak boleh diabaikan begitu saja.

Cara Membatalkan Transfer ShopeePay

Berikutnya mulai masuk pembahasan tentang cara membatalkan transfer ShopeePay. Sebetulnya, kejadian seperti ini bisa diantisipasi. Seperti lebih teliti saat mengisi nomor HP, username, atau rekening bank tujuan.

Namun, yang namanya manusia pun kadang banyak melakukan kesalahan yang tidak disengaja. Seperti misalnya terlalu terburu-buru, dan lainnya sehingga menyebabkan kurang teliti. Begitu merasa salah transfer ShopeePay langsung lakukan langkah pembatalan. Caranya adalah sebagai berikut:

1. Hubungi CS Shopee

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah jangan keburu panik. Daripada harus panik, lebih baik Anda langsung hubungi CS dari Shopee. Saat salah kirim atau isi saldo ShopeePay, tinggal hubungi saja ke nomor 1500702. Silahkan putar nomor tersebut, dan tunggu sampai pihak CS melayani.

Selain menghubungi via telepon, Anda juga bisa pakai cara lain. Salah satunya adalah memanfaatkan chat. Ini bisa dilakukan langsung dari aplikasi atau melalui email. Hanya saja, jika ingin dapat respon cepat, ada baiknya Anda pilih langsung dari aplikasi saja. Sebab, ada fitur live chat yang pada akhirnya akan membantu menghubungkan langsung ke para CS Shopee.

2. Ceritakan Permasalahan Yang Dihadapi

Misalkan saja Anda pakai metode telepon atau live chat, maka tunggu dulu sampai pihak CS menanggapi. Biasanya, respon akan diterima dengan cepat jika dibandingkan dengan menghubungi via email. Begitu nanti sudah direspon, umumnya pihak CS akan bertanya tentang apa yang sedang Anda alami.

Pada kesempatan tersebut, waktunya Anda ungkapkan bagaimana permasalahan yang dihadapi. Dari awal sampai akhir secara berurutan. Bagaimana sampai akhirnya bisa salah transfer dana ShopeePay, bagaimana nominalnya. Sebutkan juga nama username akun Shopee Anda beserta nama tujuan transfer baik akun sesama Shopee atau rekening bank.

Satu lagi, jangan lupa juga tunjukkan bukti transfer yang salah kirim tadi. Bisa dari history transfer jika Anda transfer dari akun ShopeePay sendiri. Kalau dari rekening bank, bisa ditunjukkan bukti transaksi berupa struk atau mutasi rekening m-banking.

3. Minta Saran Pada CS

Setelah itu, Anda bisa minta pada CS Shopee tersebut. Tentang tindakan apa yang harus dilakukan. Paling tidak diusahakan supaya dana yang salah kirim tadi bisa kembali. Baik ke akun ShopeePay Anda sendiri maupun rekening bank.

4. Tunggu CS Melakukan Pengecekan

Jika langkah awal hingga terakhir tadi Anda jalankan dengan benar, tahap selanjutnya biasanya Anda disuruh menunggu. Setidaknya sampai CS selesai melakukan pengecekan data. Para CS akan memastikan apakah semua yang Anda keluhkan tadi benar terjadi.

Proses pengecekan sebetulnya tidak seberapa lama. Tapi karena transaksi Shopee itu sangat banyak. Bahkan sampai lebih dari jutaan transaksi dalam sehari, jadi cukup butuh waktu. Pada umumnya, penyelesaian masalah seperti ini akan memakan waktu selama lebih kurang 1 minggu. Jadi yang harus dilakukan hanya sabar dan menunggu saja.

Tips Supaya Tidak Salah Transfer Shopeepay

1. Hati-Hati Memasukkan Data Tujuan Transfer

Hal yang paling sering menjadi penyebab salah transfer ShopeePay adalah karena kurang teliti mengisi data tujuan transfer. Oleh sebab itu, Anda harus pastikan nomor HP tujuan jika ingin transfer ShopeePay ke pengguna Shopee lain dengan benar. Periksa juga usernamenya supaya makin aman.

Kalau transfer ShopeePay ke rekening atau dompet digital pun harap diperhatikan. Terutama tentang nomor rekeningnya maupun virtual account. Hal ini harus dilakukan sebelum memulai proses pengiriman saldo.

2. Perhatikan Baik-Baik Halaman Konfirmasi

Biasanya, setiap Anda ingin kirim atau transfer saldo ShopeePay akan muncul halaman konfirmasi. Dari halaman tersebut akan ditampilkan nama pengguna ShopeePay. Anda harus perhatikan nama yang muncul pada halaman konfirmasi tersebut. Jika nama yang muncul Anda tidak mengenalkanya, segera batalkan proses transfer dana ShopeePay.

Cara Membatalkan Transfer ShopeePay- Tanya Jawab

Apakah Uang Yang Salah Transfer Akan Dijamin Kembali?

Sebagian besar dari Anda bisa jadi bertanya-tanya apakah pihak Shopee akan menjamin uang yang salah transfer pasti kembali? Sayangnya pihak Shopee tidak menjamin dananya benar-benar kembali. Hal ini sangat mungkin terjadi apalagi saat penerima transfer sudah mencairkan uang transferan tersebut.

Berapa Lama Biasanya Penyelesaian Proses Pembatalan Transfer ShopeePay?

Biasanya, setelah Anda melakukan pengaduan jika ingin membatalkan transfer, pihak CS harus melakukan pengecekan dulu. Diantara sekian banyak transaksi, tentu saja pihak CS butuh waktu. Sehingga pada umumnya kasus pembatalan transfer ini memakan waktu sekitar 1 mingguan.

Itu dia tadi penjelasan tentang cara membatalkan transfer ShopeePay. Paling penting setelah Anda sadar jika salah kirim adalah jangan panik. Hubungi saja pihak CS, dengan lebih dulu menyiapkan bukti transfer. Semoga informasi di atas bisa berguna buat semua orang terutama pengguna ShopeePay.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url