Cara Membatalkan Transfer Pulsa Telkomsel 2022

Cara membatalkan transfer pulsa Telkomsel - Hingga sekarang, masih cukup banyak yang mempertanyakan apakah ada cara membatalkan transfer pulsa telkomsel. Mengingat pengguna Telkomsel ini tidak bisa dikatakan sedikit. 

Sejak kemunculannya, provider Telkomsel bahkan langsung jadi yang paling favorite. Kekuatan jaringan dan banyaknya fitur yang tersedia menjadi salah satu alasan Telkomsel banyak diminati.

Meskipun saat ini sudah banyak sekali jenis provider selular yang lain, Telkomsel seakan tidak pernah ditinggal oleh konsumen. Selain pulsa regular, Telkomsel pun banyak menyediakan layanan lain. Mulai dari pulsa SMS hingga paket internet yang harganya lumayan terjangkau.

Tingginya minat konsumen tersebut membuat banyaknya penjual pulsa yang menyediakan provider tersebut sebagai dagangannya. 

Anda mungkin akan sangat jarang sekali menemukan konter atau agen pulsa yang tidak menyediakan pulsa Telkomsel. Justru yang ada malah produk tersebut termasuk best seller.

Salah satu keunggulan dari Telkomsel adalah mudahnya dalam pengisian pulsa. Dari sekian cara yang ada, isi dengan transfer ini lebih disukai. 

Sebab, cenderung praktis dan dari segi penjual pun dinilai lebih menguntungkan. Hanya saja, transfer pulsa ini bukan tidak punya sisi kelemahan sama sekali.

Justru cara isi pulsa ini, rentan terjadi kesalahan pengiriman. Entah itu karena kurang ketelitian atau karena faktor lain. Kalau sampai salah kirim, artinya Anda juga akan mengalami kerugian sendiri bukan? 

Oleh sebab itu, semakin kesini ada banyak orang yang berusaha cari tahu apakah ada cara membatalkan transfer pulsa telkomsel?

Terutama bagi mereka yang pengguna provider terlaris di Indonesia tersebut. Apakah Anda juga salah satunya? Jika memang benar begitu, informasi di bawah ini mungkin akan jadi sumber referensi terbaik buat Anda. 

Silahkan perhatikan penjelasan tentang cara membatalkan transfer pulsa telkomsel berikut.

Macam-Macam Cara Isi Pulsa Telkomsel

Bagi pengguna provider Telkomsel, mungkin sudah sangat hapal dengan pilihan cara isi pulsa. Namun, tidak ada salahnya dibahas kembali. Barangkali nanti ada yang mau coba ganti pindah ke provider selular lain ke Telkomsel.

1. Aplikasi Pembayaran Online

Beberapa pengguna Telkomsel suka isi pulsa pakai metode yang ini. Alasannya karena cukup mudah dan praktis. Anda tidak perlu pergi ke konter yang letaknya jauh dari rumah. Bahkan bisa kapan saja dan di mana saja. Apalikasi pembayaran online pun sekarang sudah cukup banyak sekali.

Anda tinggal pilih saja salah satu mana yang terbaik atau biasa digunakan. Biasanya, aplikasi pembayaran online seperti itu bukan hanya melayani pembelian pulsa saja. Namun juga pembayaran lain seperti listrik, TV kabel, PDAM, dan lainnya.

2. Beli Di Konter

Cara paling umum dilakukan orang ketika ingin isi pulsa adalah beli di konter. Hal ini dilakukan sejak dulu saat pertama kali teknologi provider selular muncul. Biasanya, kalangan pemula yang baru mengoperasikan HP akan lebih nyaman pakai cara ini.

Pengguna tinggal pergi langsung ke konter dan katakan jika ingin beli pulsa. Umumnya, Anda akan diinstruksikan untuk mengisi nomor telepon dan nominal pulsa yang diinginkan pada sebuah kertas. 

Setelah pihak penjual melakukan transaksi, Anda tinggal bayar sesuai harga yang ditawarkan penjual.

3. Voucher Fisik

Isi pulsa Telkomsel yang hingga sekarang masih banyak dipilih adalah via voucher fisik. Biasanya, ini harus dilakukan secara mandiri oleh pengguna sendiri. Tidak jarang orang menyebut cara ini yaitu isi pulsa gesek. Voucher fisik pulsa telkomsel bisa Anda dapatkan dengan beli di konter bahkan marketplace kesayangan Anda. Tutorial pengisian pulsa via voucher fisik yaitu:

  • Beli voucher fisik telkomsel sesuai paket yang diinginkan.
  • Setelah itu, lihat bagian belakang voucer fisik Anda, pasti akan ada semacam hologram.
  • Gosok saja hologram tersebut sehingga nanti akan terlihat kode unik.
  • Kode unik tadi bisa Anda gunakan untuk menelepon nomor.
  • Ikuti prosedur sesuai instruksi yang diberikan.

Selain dengan cara tersebut, Anda juga busa isi pulsa via voucher dengan cara dial up. Cara ini pun biasa dipakai. Hanya saja beberapa orang mengaku lupa atau tidak tahu sama sekali kode dial up-nya. Kalau pakai cara ini, silahkan ikuti panduannya berikut ini:

  • Buka menu panggilan pada hp Anda
  • Ketik dengan format dial up *133*kode unik voucher#
  • Pastikan kodenya sudah benar lalu klik “panggil”
  • Jika sukses, otomatis pulsa akan langsung bertambah

4. Melalui Bank (ATM dan Mobile Banking)

Jika ingin lebih praktis, Anda sebenarnya juga bisa isi pulsa telkomsel via bank. Biasanya, metode pengisian pulsa akan berbeda tergantung dengan kebijakan bank masing-masing. Anda bisa manfaatkan internet atau m-banking jika ingin isi pulsa telkomsel. Selama ada koneksi internet, cara ini sangat layak untuk dicoba.

Apabila Anda tidak berlangganan m-banking atau sedang tidak punya koneksi internet, tetap masih bisa kok isi pulsa via bank. Caranya dengan mengandalkan ATM. Hanya saja, Anda harus pergi ke lokasi ATM dulu untuk melakukannya. Kadang, isi pulsa ATM juga bisa terkendala jaringan pada saat-saat tertentu. Tapi kalau tidak, pengisian pulsa telkomsel via ATM tetap direkomendasikan.

5. Via Aplikasi MyTelkomsel

Bagi pengguna provider telkomsel sepertinya cukup akrab dengan aplikasi MyTelkomsel ini. Aplikasi tersebut adalah layanan yang mempermudah pengguna telkomsel untuk bertaransaksi termasuk jika ingin isi pulsa. Bahkan, hampir semua transaksi untuk keperluan provider tersebut bisa dilakukan via aplikasi tersebut.

MyTelkomsel nyatanya juga berperan sebagai wadah informasi bagi seluruh pengguna. Anda tinggal unduh di Play Store atau App Store lalu install dan nikmati pelayananannya secara gratis. Apabila ingin isi pulsa via MyTelkomsel, begini caranya:

  • Download kemudian install saja aplikasi MyTelkomsel ke HP Anda.
  • Lakukan registrasi terlebih dahulu
  • Buka dan masuk langsung ke aplikasi MyTelkomsel
  • Ada menu “tambah pulsa” silahkan di klik saja
  • Tentukan jumlah pulsa yang diinginkan
  • Pilih opsi “metode pembayaran”
  • Lakukan pembayaran
  • Tidak menunggu waktu lama, pulsa Anda akan langsung bertambah.

6. Via Website

Tidak banyak orang tahu, sekarang isi pulsa juga bisa dilakukan via website. Tidak terkecuali saat ingin beli pulsa Telkomsel. Anda tinggal website di internet yang menyediakan pulsa dan langsung melakukan transaksi di dalamnya.

Sekarang banyak penjual pulsa yang melayani pembeli dengan cara lebih canggih yaitu via website. Harga beli pulsa di website ini tergolong lebih murah. Anda hanya perlu pintar-pintar saja pilih penjual yang terpercaya.

Apabila cukup bingung mau pilih website penjual pulsa telkomsel terpercaya, silahkan langsung saja menuju situs My Telkomsel. Jika sudah membukanya, Anda tinggal masukkan nomor, dan pilih jumlah pulsa. Lalu klik metode pembayaran.

7. Dengan Cara Transfer Pulsa

Saat sedang keadaan darurat, Anda bisa isi pulsa dengan cara transfer. Ini bisa dilakukan ketika Anda berada di tempat yang tidak ada koneksi internet, jauh dari fasilitas perbankan, hingga gangguan lain. Anda bahkan bisa mengandalkan pengguna lain.

Cara pengisian pulsa telkomsel yang ini terkenal mudah dan sangat cepat. Kekurangannya hanya jika Anda pakai cara ini tidak gratis. Ada sejumlah biaya transfer yang dibebankan setiap kali kali transaksi. Pihak pengirim pulsa yang akan bayar biaya transfer tersebut.

Untuk bagaimana caranya sendiri bisa dilihat dari penjelasan berikut ini:

Transfer pulsa telkomsel via panggilan telepon

Untuk transfer pulsa via panggilan telepon ini pun cukup mudah. Anda tinggal buka menu panggilan di HP. Setelah itu, ketik *858* nomor tujuan yang akan ditransfer pulsa*nominal pulsa#.

Setelah itu, lanjutkan dengan tekan panggil/OK/Call dari HP Anda. Terakhir tinggal lakukan konfirmasi dan selesai. Tidak akan menunggu waktu lama pulsa Anda akan dikirim.

Transfer Pulsa Telkomsel Via Menu USSD

Cara lain jika ingin transfer pulsa telkomsel adalah via menu USSD. Menu USSD sendiri adalah pilihan menu yang disediakan oleh telkomsel. Jadi nanti Anda langsung ketik saja *858# pada ponsel. Kemudian ketik angka 1 karena itu adalah opsi untuk transfer pulsa. Lalu ikuti petunjuk setelahnya sampai transaksi transfer pulsa berhasil dilakukan.

Transfer Pulsa Telkomsel Via SMS

Anda pun bisa transfer pulsa Telkomsel via SMS. Pastikan saja formatnya benar yaitu TPULSA (spasi) nominal pulsa yang akan ditransfer. Selanjutnya, kirim saja langsung ke nomor yang diinginkan. Contohnya seperti TPULSA 50 08123648960. Artinya Anda akan transfer ke nomor tersebut dengan nominal 50 ribu.

Cara Isi Pulsa Dengan Transfer Lebih Disukai

Dari sekian cara isi pulsa telkomsel yang sudah dijelaskan di atas, transfer terbukti lebih diminati. Alasannya apa lagi kalau bukan karena sangat cepat dan praktis. Bahkan, Anda tidak perlu koneksi internet untuk melakukannya.

Bahkan, dari sisi penjual pulsa pun lebih suka pakai cara ini untuk melayani pembeli. Biasanya penjual pulsa punya 3 cara pengisian pulsa. Ada yang pakai transaksi elektrik, via voucher pulsa, dan transfer.

Kebetulan transfer pulsa ini banyak dipilih. Pasalnya, transfer pulsa ini jauh lebih murah daripada cara lain. Hanya saja, jika Anda menerima transfer pulsa dari pengguna lain biasanya tidak akan dapat masa aktif. Sepertinya dalam situasi mendadak hal seperti ini tidak masalah sama sekali.

Kekurangan lain jika Anda isi pulsa dengan transfer adalah kesalahan pengisian nomor tujuan. Biasanya hal ini paling sering terjadi. Jika sudah salah isi nomor tujuan ini bagaimana? Kemungkinan paling buruk tentu saja Anda akan rugi.

Oleh sebab itu, banyak diantaranya pengguna provider tersebut akhirnya bertanya-tanya apakah ada cara membatalkan transfer pulsa telkomsel? Sebagai langkah antisipasi kalau sampai terjadi salah transfer.

Masalah Salah Transfer Pulsa Telkomsel Merupakan Hal Wajar Terjadi

Sebelum Anda tahu tentang cara membatalkan transfer pulsa telkomsel, ada baiknya pahami dulu informasi lain. Salah satunya adalah mengapa sampai terjadi salah transfer, apakah hal itu wajar terjadi? Begini, coba posisikan diri Anda sebagai penjual pulsa. Pada jam-jam tertentu akan ada waktu dimana orang sangat banyak yang isi pulsa.

Sebagai penjual Anda tentu akan sangat kerepotan. Transaksi pulsa yang membludak ini juga nantinya akan membuat Anda salah entry nomor. Bagaimana pun juga kondisi salah transfer ini akan berpotensi merugikan Anda. Sebagai penjual maupun rekan yang akan mentransfer pulsa pada teman.

Kalau nominal transfer hanya kecil seperti 5.000 atau 10.000 mungkin tidak jadi masalah. Beda cerita jika yang Anda transfer itu ternyata 50.000 hingga 100.000 bahkan lebih. Tentu saja ini akan sangat berpengaruh pada berkurangnya keuntungan Anda sebagai penjual pulsa.

Lalu dari sisi pengguna telkomsel misalnya. Contoh Anda dimintai tolong teman sesama pengguna telkomsel untuk transfer. Kebetulan nomor tujuannya baru tidak ada dalam kontak HP. Sehingga Anda harus ketik ulang secara manual. Hal seperti ini sangat rentan salah ketik nomor.

Jadi, kondisi salah transfer itu sangat wajar sekali. Tidak hanya terjadi pada satu pengguna, tapi beberapa orang pasti pernah mengalaminya. Anda tinggal cari cara membatalkan transfer pulsa telkomsel sebagai solusi yang tepat.

Bisakah Membatalkan Transfer Pulsa Telkomsel?

Pertanyaan kembali muncul bisakan membatalkan transfer pulsa telkomsel? Hal ini akan ditanyakan saat Anda sadar jika ternyata transfer pulsa telkomsel dengan nomor yang salah. Jangan panik, sebenarnya ada kondisi tertentu yang bisa membuat suatu transaksi transfer pulsa bisa batal.

1. Transfer Pulsa Belum Diproses

Anda harus tahu dulu jika seadainya ketika Anda transaksi pulsa dan itu sudah diproses, tentu saja berarti itu tidak bisa dibatalkan. Mengapa hal itu bisa terjadi? Tentu saja karena begitu proses sudah berjalan, maka server akan langsung bisa baca transaksi tersebut. Itu semua sudah berjalan secara otomatis.

Apalagi sistem server telkomsel ini berlaku untuk seluruh Indonesia. Artinya, begitu transaksi transfer Anda sukses terkirim ke nomor yang dituju, sama sekali tidak ada yang bisa Anda lakukan. Biasanya akan muncul notifikasi jika transaksi sudah diproses.

Seperti contohnya “transaksi berhasil” atau “transaksi sukses”. Sebelum notifikasi tersebut muncul, masih ada kemungkinan bagi Anda untuk membatalkannya. Anda bisa lihat cara pembatalannya dari penjelasan selanjutnya.

2. Server Bermasalah

Selain itu, transaksi transfer pulsa pun tetap bisa dibatalkan saat kondisi server sedang bermasalah. Telkomsel pada dasarnya merupakan provider selular yang tidak bisa dikatakan buruk. Justu sebaliknya, telkomsel ini menjadi andalan banyak masyarakat. Meskipun begitu, server ini masih punya kekurangan seperti terjadi gangguan.

Gangguan server bisa terjadi karena banyak alasan. Lagipula bukan hanya telkomsel saja yang biasa mengalami gangguan server. Provider lainnya pun demikian, sehingga hal seperti ini wajar saja terjadi. Anda bisa ketahui beberapa tanda jika server sedang terganggu atau bahasanya adalah down.

Seperti diantaranya adalah proses transaksi yang begitu lama. Bahkan hingga memakan waktu selama 15-30 menit. Ini untuk semua transaksi, bukan hanya transfer pulsa tapi juga isi dan lain sebagainya. Selain itu tidak akan muncul pesan notifikasi yang biasanya dikirim via SMS.

Biasanya setiap ada transaksi berhasil, Anda akan mendapatkan notifikasi pemberitahuan SMS jika sudah berhasil bukan? Saat down, pesan ini tidak akan sampai ke nomor Anda. Biasanya saat kondisinya seperti ini, kesalahan transfer pulsa bisa diatasi. Paling tidak nominal yang Anda transfer tadi bisa kembali. Sehingga, Anda jadi lebih tenang bukan?

3. Jaringan Buruk

Kemungkinan pembatalan transfer pulsa bisa dilakukan juga bisa terjadi saat jaringan sedang buruk. Jadi misalkan Anda sedang melakukan proses transfer pulsa. Tanpa menyadari jika jaringan sekitar ternyata sangat buruk. Hampir sama dengan poin sebelumnya tadi.

Anda tidak dapat pemberitahuan lewat SMS jika transaksi transfer pulsa tersebut berhasil. Ini adalah kesempatan Anda melakukan pembatalan transfer pulsa. Selama menunggu pulsa masuk, periksa dulu apakah nomor tujuan tadi sudah benar. Apabila ternyata terjadi kesalahan, bisa langsung dibatalkan. Mumpung transaksi belum benar-benar diproses.

4. Nomor Tujuan Belum Diaktifkan

Pembatalan transfer pulsa pun bisa dilakukan ketika nomor tujuan tadi ternyata belum diaktifkan. Biasanya ada nomor-nomor telkomsel yang sudah tersedia tapi belum punya pemilik bukan? Nantinya, nomor tersebut perlu diaktifkan dulu baru bisa dipakai.

Saat Anda transfer pulsa dan ternyata nomor tujuan salah tapi belum diaktifkan, artinya masih bisa dibatalkan. Lalu bagaimana cara mengetahui apakan nomor tujuan tadi sudah aktif atau belum? Hubungi saja Call Center, sesaat setelah sadar jika Anda salah transfer dan ingin membatalkannya. Mereka akan bantu dalam proses pembatalan transfer dan pulsa Anda bisa kembali.

Syarat Membatalkan Transfer Pulsa Telkomsel

Sebelum tahu tentang cara membatalkan transfer pulsa telkomsel, ada baiknya Anda tahu dulu apa saja syarat-syaratnya. Paling tidak jika syarat-syarat tersebut sudah dipenuhi, pembatalan transfer pulsa bisa lebih cepat dilakukan. Jadi, proses transfer pulsa telkomsel bisa dibatalkan dengan syarat berikut.

  • Transaksi Belum Sampai Diproses

Pastikan transaksi transfer pulsa tadi belum sempat diproses. Tanda jika transaksi belum sempat diproses adalah tidak adanya pesan pemberitahuan jika transfer pulsa sudah berhasil. Pada waktu ini, Anda bisa manfaatkan untuk mengurus pembatalan transfer pulsa.

  • Jika Sudah Terlanjur, Pihak Penerima Transfer Yang Salah Mau Berkoordinasi

Lalu bagaimana jika ternyata sudah terlanjur diproses? Sebetulnya transfer pulsa tadi tetap masih bisa dibatalkan. Asalkan pihak penerima pulsa tadi mau sedikit berkoordinasi. Paling tidak mau mengembalikan nominal pulsa yang Anda kirimkan tadi.

Apakah masih mungkin hal ini terjadi? Sangat mungkin sekali, di dunia ini banyak orang yang jujur. Jadi Anda tidak perlu khawatir. Tinggal katakan saja baik-baik, kemungkinan orang tersebut akan bisa mengerti.

  • Nomor Tujuan Yang Salah Tidak Valid, Tidak Aktif, dan Tidak Terdaftar

Selain itu proses pembatalan transaksi transfer pulsa telkomsel pun bisa dilakukan hanya jika nomor tujuan tadi bermasalah. Dalam artian bisa jadi tidak valid, tidak aktif, atau justru tidak terdaftar. Ini bisa saja terjadi, karena kombinasi nomor telkomsel itu banyak sekali. Kemungkinan nomor bermasalah juga pastinya tinggi.

Cara Membatalkan Transfer Pulsa Telkomsel

Berikutnya tentang bagaimana cara membatalkan transfer pulsa telkomsel. Cara menbatalkan transaksi transfer pulsa ini lumayan mudah sebenarnya. Anda bisa pilih salah satu di bawah ini mana yang kira-kira mudah dan sesuai dengan apa yang Anda alami. Berikut penjelasan selengkapnya:

1. Jika Salah Transfer Transaksinya Belum Sempat Diproses (Hubungi CS)

Cara membatalkan transfer pulsa telkomsel pertama adalah ketika transaksi belum diproses. Entah itu karena servernya down, jaringan jelek, nomor tidak valid, atau sebagainya. Anda bisa langsung hubungi CS telkomsel di 188. Katakan jika Anda ingin membatalkan transfer pulsa. Nanti akan dibantu oleh pihak CS.

2. Transaksi Sudah Diproses

Begitu transaksi sudah diproses Anda baru sadar jika salah nomor tujuan? Tidak ada cara lain selain meminta baik-baik pada penerima pulsa tersebut. Hubungi mereka, dan bilang jika Anda baru selesai transfer pulsa tapi salah nomor tujuan. Anda berharap pulsa tadi dikembalikan dengan biaya transfer yang Anda tanggung. Biasanya orang yang mau berkoordinasi pasti bisa langsung mengembalikan nominal pulsa Anda.

Cara Membatalkan Transfer Pulsa Telkomsel – Tanya Jawab

Bisakah Transfer Pulsa Telkomsel Dibatalkan?

Masih bisa jika pada kondisi tertentu. Misalkan saat transaksi belum diproses karena sebab tertentu. Untuk solusinya Anda bisa hubungi pihak CS Telkomsel saja. Atau bisa juga saat sudah terlanjur diproses, Anda bisa berkoordinasi dengan penerima pulsa dengan nomor tujuan yang salah tadi untuk mengembalikannya.

Berapa Nomor CS Untuk Pengaduan Salah Transfer?

Coba saja ke line 188, atau WA ke 0811-1111-1111. Kalau mau tunggu agak lama bisa ke emailnya yaitu cs@telkomsel.co.id atau dari aplikasi MyTelkomsel pun boleh Anda coba.

Itu dia tadi cara membatalkan transfer pulsa telkomsel. Semoga bisa Anda pakai sebagai bahan referensi terbaik.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url