Cara Membatalkan Transfer Berbagai E-Wallet

Cara membatalkan transfer e-wallet - Saat ini, banyak sekali orang yang sudah menggunakan e-wallet alias dompet digital. Pasalnya, penggunaan e-wallet ini tergolong mudah, ditambah lagi biaya admin murah.

Anda juga bisa transfer ke sesama e-wallet maupun rekening bank dengan nominal sesuai ketentuan. Bahkan, beberapa e-wallet sudah menyediakan fitur gratis biaya admin jika melakukan transfer lebih dari Rp50.000.

Namun, bagaimana jadinya jika transfer yang Anda lakukan dari e-wallet ternyata tidak tepat?

Tidak perlu panik. Sebab, masih ada cara membatalkan transfer e-wallet yang bisa Anda simak pada ulasan berikut ini.

Bisakah Transfer Dibatalkan?

Ketika Anda ingin membatalkan transfer yang sudah terjadi karena salah nomor e-wallet maupun rekening, maka hal ini bisa dilakukan. Meskipun Anda pasti merasa panik saat melihat bahwa uang yang dikirimkan ternyata bukan ke nomor tujuan, Anda harus bisa tetap tenang.

Sebab, transfer via e-wallet masih bisa dibatalkan dengan cara cepat dan mudah dalam beberapa hari saja. Walau begitu, Anda tetap harus berhati-hati agar proses transfer tidak mengalami kesalahan, sehingga harus membatalkannya dengan memakan waktu yang lumayan.

Jika saat ini Anda mengalami salah transfer, maka cara membatalkan transfer e-wallet berikut bisa Anda ikuti dengan baik.

Cara Membatalkan Transfer LinkAja

LinkAja merupakan penyedia jasa pembayaran uang elektronik yang berbasis aplikasi untuk tujuan melakukan berbagai macam transaksi nontunai secara mudah dan praktis.

Aplikasi LinkAja memiliki layanan transfer ke sesama e-wallet maupun rekening bank. Tentunya, biaya admin yang ditawarkan sangat murah, sehingga banyak orang yang menyukai aplikasi ini.

namun, bagaimana jadinya jika Anda salah transfer dan ingin membatalkannya dari aplikasi LinkAja?

Berikut ini merupakan beberapa cara membatalkan transfer LinkAja yang bisa Anda ikuti, yaitu:

1. Hubungi Pihak Customer Service LinkAja

Cara membatalkan transfer LinkAja bisa Anda lakukan dengan menghubungi Customer Service (CS) terlebih dahulu.

Dalam hal ini, Anda bisa menghubungi CS melalui telepon, email, live chat, maupun media sosial, salah satunya Twitter.

2. Ceritakan Kronologis Pembatalan Transfer Beserta Bukti yang Mendukung

Apabila CS sudah menjawab, Anda bisa mulai menceritakan kronologis kejadian salah transfer, hingga ingin membatalkannya. Pastikan Anda menceritakan secara jelas dan terperinci agar pihak CS mengerti dan mampu membantu Anda dengan tepat.

Selain menceritakan kronologisnya, Anda juga harus melampirkan bukti screenshot dari riwayat transfer yang ingin Anda batalkan.

Apabila CS sudah memahami permasalahannya, CS akan meminta Anda untuk mengirimkan nomor telepon LinkAja yang Anda gunakan.

3. Tunggu Selama 3x24 Jam dan Saldo Akan Kembali

Setelah itu, pihak CS akan melakukan pemeriksaan verifikasi data dan meminta Anda untuk menunggu selama 3x24 jam. Meskipun begitu, terkadang ada pihak CS yang meminta Anda untuk menunggu selama 1x24 jam saja.

Namun, jika saldo LinkAja belum kembali setelah 1x24 jam, maka Anda harus menanyakannya kembali. Selanjutnya, pihak customer service pasti mengatakan bahwa Anda harus menunggu selama 3x24 jam.

Setelah 3x24 jam, barulah saldo LinkAja yang salah transfer bisa dibatalkan dan kembali pada saldo akun LinkAja Anda sendiri. Saldo yang kembali pun sesuai dengan nominal sebelumnya, sehingga tidak ada potongan dana atau apapun saat proses pengembalian saldo yang salah transfer tersebut.

Cara Membatalkan Transfer DANA

DANA merupakan salah satu e-wallet yang saat ini memiliki banyak pengguna dan sering digunakan untuk berbagai transaksi. Baik itu transaksi transfer ke sesama pengguna DANA maupun rekening bank, pembelian pulsa, data, voucher game, tagihan dan masih banyak lagi.

aplikasi DANA sangat praktis, sehingga tidak heran jika banyak orang yang menggunakannya. Namun, terkadang aplikasi DANA sering mengalami error, terutama ketika ingin melakukan transfer.

Anda mungkin pernah mengalami pending saat proses transfer, dimana dalam aplikasi DANA sudah terkirim, namun belum masuk dalam rekening maupun nomor DANA penerima.

Tentunya, hal ini cukup membuat Anda kesal dan ingin mencoba untuk membatalkannya, bukan?

Jika Anda ingin membatalkan transfer dalam aplikasi DANA karena pending atau terjadi kesalahan transfer, maka bisa ikuti cara berikut ini.

1. Hubungi Nomor Email maupun Whatsapp dari Aplikasi DANA

Cara membatalkan transfer DANA pertama adalah Anda bisa meminta bantuan kepada Customer Care DANA via email maupun Whatsapp. Adapun email yang bisa Anda hubungi adalah help@dana.id dan nomor Whatsapp 0819 1150 0445.

Anda dapat memilih salah satu kontak dan tidak boleh untuk mengirim laporan pembatalan transfer kepada dua kontak sekaligus. Sebab, hal itu akan membuat laporan Anda sulit untuk diproses, sehingga akan membuat Anda menunggu lebih lama lagi.

2. Ceritakan Kronologinya serta Bukti yang Mendukung

Jika Anda sudah memilih salah satu kontak customer care DANA, kini saatnya mulai membuat laporan pembatalan transfer. Anda dapat menceritakan kronologis secara lengkap serta alasan kuat ingin melakukan pembatalan transfer tersebut.

Setelah itu, pastikan untuk menyertakan beberapa bukti mendukung melalui format berikut:

  • Nomor telepon yang terdaftar di DANA
  • Nama yang terdaftar di DANA
  • Tanggal dan jam transaksi
  • Nominal transfer
  • Bank dan nama penerima transfer
  • Nomor rekening tujuan
  • Hasil pengecekan ke penerima dana

Apabila Anda sudah melengkapi semua bukti pendukung di atas dengan tepat, Anda bisa mengirimkan email atau chat via Whatsapp. Tunggu beberapa saat hingga CS memberikan respon.

Biasanya, Anda akan menunggu paling lama maksimal 30 menit. Perlu diperhatikan bahwa Anda tidak diperkenankan untuk mengirim laporan double karena akan membuat prosesnya menjadi sulit.

3. Tunggu Selama 5x24 Jam Sampai Uang Kembali Masuk ke Aplikasi DANA Anda

Setelah Anda menunggu, pihak CS akan memberikan respon dan mengulang kembali informasi yang sudah Anda kirimkan. Apabila sudah benar, maka Anda akan diminta untuk menunggu selama 5x24 jam kerja.

Jadi, pembatalan transfer DANA ini hanya bisa Anda lakukan selama jam kerja, tidak termasuk hari libur. Sehingga, pastikan Anda selalu bersabar dan mengecek secara berkala uang yang Anda batalkan proses transfernya.

Apabila setelah 5x24 jam saldo DANA masih belum masuk ke dalam akun, Anda bisa menanyakannya kembali kepada pihak CS aplikasi DANA. Katakan bahwa saldo DANA Anda masih belum kembali, padahal sudah menunggu selama 5 hari.

Jika sudah mengkonfirmasi kembali, maka dipastikan bahwa saldo DANA yang Anda batalkan proses transfernya akan kembali pada hari itu juga. Tentunya, saldo yang dikembalikan tidak terpotong sepeser pun.

Meskipun prosesnya agak lama, tetapi aplikasi DANA mampu mengembalikan saldo yang Anda batalkan transfernya secara utuh. Jadi, Anda tidak perlu khawatir jika saat melakukan transfer di aplikasi DANA, ternyata Anda malah salah transfer.

Walaupun begitu, Anda tetap harus berhati-hati dan mengecek ulang sebelum mulai proses transfer dalam aplikasi DANA.

Cara Membatalkan Transfer OVO

Bagi para pengguna e-wallet OVO yang mengalami salah transfer dan ingin segera membatalkannya, maka bisa ikuti cara berikut ini.

  • Hubungi Email Resmi OVO

Cara membatalkan transfer OVO pertama adalah Anda bisa menghubungi email Customer Service resmi dari aplikasi OVO.

Adapun alamat email OVO yang bisa Anda gunakan adalah cs@ovo.id. Jika Anda sudah mengetahui alamat email ini, maka bisa langsung menuju aplikasi Gmail, lalu kirim pesan berupa laporan pembatalan transfer secara jelas beserta bukti pendukungnya.

  • Sampaikan Alasan Anda Ingin Membatalkan Transfer OVO Beserta Buktinya

Silakan Anda ceritakan kronologis kenapa ingin membatalkan transfer OVO yang sudah dilakukan. Misalnya, nomor telepon OVO maupun nomor rekening salah.

Setelah menceritakan secara lengkap dan jelas, Anda bisa menyertakan bukti pendukung berupa screenshot laporan transfer dari OVO dan beberapa detail transaksi, seperti:

  1. Tanggal transaksi
  2. Nomor rekening bank/OVO
  3. Nama bank tujuan transfer atau nomor OVO penerima
  4. Nama penerima transfer
  5. Jumlah yang di transfer.

Apabila Anda sudah mengirimkan bukti screenshoot beserta detail transaksi tersebut, Anda tinggal menunggu Customer Service OVO membalas.

Tunggulah selama beberapa menit, maksimal 15 menit, lalu cek email Anda, maka jawaban dari pihak OVO akan masuk dalam kotak masuk email Anda.

  • Tunggu Pihak OVO Melakukan Verifikasi

Pihak OVO akan memberikan saran kepada Anda terkait dana yang ingin dibatalkan tersebut. Biasanya, Anda akan diminta untuk menunggu selama 3x24 jam kerja karena pihak OVO akan melakukan verifikasi terlebih dahulu.

Apabila setelah 3x24 jam uang yang Anda transfer masih belum kembali, maka Anda bisa mengirimkan email kepada pihak CS OVO lagi.

Anda bisa menyampaikan bahwa sebelumnya sudah membuat laporan pembatalan transfer dan diminta menunggu selama 3x24 jam, tetapi uang yang dibatalkan masih belum masuk.

Setelah Anda mengirimkan email ini, maka pihak OVO akan langsung mengirimkan saldo yang dibatalkan ke nomor telepon OVO Anda. Kalau sudah begitu, Anda tinggal mengeceknya bahwa saldo OVO yang dibatalkan transfernya sudah kembali.

  • Transfer Anda Berhasil Dibatalkan

Jika uang transfer sebelumnya sudah masuk ke dalam aplikasi OVO Anda, maka transfer pun sudah berhasil dibatalkan.

Sehingga, Anda bisa menggunakan atau mengirimkan uang dalam aplikasi OVO itu ke nomor rekening maupun nomor telepon OVO teman, kerabat, maupun keluarga.

Perlu diingat, sebelum mulai transfer dari aplikasi OVO, pastikan Anda mengecek kembali nomor dan nama penerimanya dengan teliti, ya.

Hal ini akan membuat Anda terhindar dari kesalahan transfer, sehingga tidak perlu membatalkannya atau hal lainnya.

Cara Membatalkan Transfer Gopay

Gopay merupakan salah satu e-wallet yang berada dalam aplikasi Go-jek. Biasanya, Gopay digunakan untuk bertransaksi dalam aplikasi Go-jek, baik itu untuk pembayaran pesan antar makanan, kendaraan motor maupun mobil.

Selain itu, Gopay juga bisa Anda gunakan untuk beragam transaksi, seperti pembelian pulsa, voucher game, tagihan listrik dan masih banyak lagi.

Saat ini, Anda bisa menggunakan Gopay untuk mentransfer kepada sesama pemilik Gopay maupun rekening. Tentunya, proses pengiriman pun bisa Anda lakukan dengan mudah dan tidak memakan waktu lama.

Perlu diperhatikan bahwa ketika Anda ingin mentransfer uang dari aplikasi Gopay, maka pastikan untuk mengecek nama maupun nomornya kembali. Hal ini dilakukan agar Anda tidak mengalami salah transfer atau hal lainnya.

Namun, jika salah transfer terjadi kepada Anda melalui aplikasi Gopay, Anda tidak perlu panik dan khawatir. Sebab ada beberapa cara membatalkan transfer Gopay yang bisa Anda gunakan, yaitu sebagai berikut.

  1. Silakan buka aplikasi Gopay yang terpasang pada smartphone Anda.
  2. Jika sudah berada di halaman utama, Anda bisa langsung klik ‘Explore’.
  3. Klik menu ‘Plus’, lalu pilih menu ‘Jaminan Saldo Kembali’ atau ‘Money Back Guarantee’.
  4. Selanjutnya, Anda bisa klik tombol ‘Ajukan Klaim’ atau ‘Claim Refund’.
  5. Pastikan Anda mengisi formulir yang disediakan secara lengkap dan benar agar proses investigasi dapat berlangsung secara cepat.
  6. Terakhir, cek perkembangan proses klaim melalui My Tickets yang terdapat dalam halaman utama aplikasi Gojek.

Setelah itu, Anda akan diminta untuk mengirimkan data terkait tipe saldo yang salah transfer, nominal saldo yang digunakan, tanggal dan waktu transfer, hingga nomor seluler yang digunakan, serta KTP.

Untuk lebih jelasnya, Anda juga bisa membatalkan transfer melalui email Gopay, sehingga prosesnya bisa berlangsung dengan lebih cepat.

Untuk uang yang dikembalikan pada akun saldo Gopay Anda, maka akan kembali 100 persen sesuai dengan saldo awal sebelumnya. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir ada potongan dana atau lainnya, ya.

Cara Membatalkan Transfer Shopeepay

Tak hanya pada e-wallet sebelumnya, para pengguna Shopeepay juga terkadang mengalami salah transfer ke nomor Shopeepay atau rekening tidak dikenal.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa menggunakan beberapa cara membatalkan transfer Shopeepay berikut.

  1. Pastikan Anda tetap tenang dan jangan panik agar bisa berfikir dengan jernih terkait salah transfer yang sudah Anda lakukan melalui Shopeepay. Anda harus fokus untuk membatalkan transfer Shopeepay, lalu mendapatkan uang Anda kembali ke dalam akun Shopeepay.
  2. Jika sudah merasa tenang, Anda bisa langsung hubungi admin maupun suport sistem dari aplikasi Shopee maupun via email. Namun, ada baiknya Anda langsung melakukan laporan langsung dari aplikasinya agar bisa masuk ke menu Live Chat. Pasalnya, dalam menu Live Chat, Anda akan mendapatkan respon lebih cepat dari Customer Service aplikasi Shopee, sehingga tidak membuat Anda menunggu lama.
  3. Mulailah ceritakan semua kronologis dari awal sampai akhir secara rinci agar pihak CS Shopee bisa mengerti terkait permasalahan Anda. Untuk membuktikan bahwa laporan Anda benar, maka bisa cantumkan bukti transaksi maupun histori transaksi yang sudah dilakukan.
  4. Setelah itu, Anda dapat meminta kepada pihak CS Shopee terkait saran atau hal apapun yang bisa dilakukan agar uang kembali ke dalam akun Shopeepay.

Kalau sudah, Anda bisa mengikuti saran dari pihak Shopee terkait pembatalan transfer Shopeepay tersebut. Biasanya, pihak Shopee akan melakukan verifikasi terlebih dahulu, sehingga dapat memutuskan apakah saldo bisa dibatalkan atau tidak.

Untuk masalah salah transfer dan pengembalian saldo, Anda harus menunggu kurang lebih selama 7x24 jam kerja.

Jadi, pastikan Anda selalu sabar menunggu dan melakukan pengecekan secara berkala agar mengetahui saldo sudah masuk ke dalam akun Shopeepay atau belum.

FAQ

Bagaimana jika transfer LinkAja mengalami pending?

Jika Anda mengalami pending saat transfer ke rekening dalam aplikasi LinkAja, pastikan untuk segera membuat screenshoot riwatat transaksi serta laporan kepada Customer Service (CS) LinkAja.

Biasanya, Anda akan diminta untuk menunggu selama 1x24 jam. Apabila saldo masuk belum masuk ke dalam rekening, maka Anda bisa mengajukan pengembalian dana ke akun LinkAja kembali.

Kemana bisa membuat laporan komplain aplikasi LinkAja?

Apabila Anda ingin membuat laporan komplain maupun pembatalan transfer LinkAja, maka bisa hubungi email cs@telkomsel.co.id atau Call Center 150911. Dengan menghubungi email tersebut, maka masalah Anda akan dibantu solusinya, sehingga akan menemukan titik terang terbaik. Misalnya, proses pembatalan transfer berhasil dilakukan.

Bagaimana cara mengembalikan akun LinkAja yang terblokir?

Anda hanya perlu melakukan reset PIN aplikasi LinkAja, yaitu:

  • Silakan melakukan panggilan telepon ke *800*99#, melalui nomor telkomsel yang terdaftar dalam akun LinkAja.
  • Selanjutnya, Anda harus memasukkan beberapa identitas diri, seperti tanggal, bulan dan tahun lahir sesuai dengan data yang dimasukkan dalam aplikasi LinkAja.
  • Jika sudah, Anda akan menerima SMS notifikasi yang menyatakan bahwa PINK aplikasi LinkAja sudah diganti. Sehingga, Anda bisa mencoba login kembali dan berhasil masuk ke dalam akun LinkAja.

Apakah transfer DANA bisa dibatalkan?

Jika Anda melakukan salah transfer saldo DANA ke sesama pengguna DANA maupun rekening bank, maka masih bisa untuk dibatalkan. Anda bisa menghubungi Customer Service dana, lalu menceritakan kronologisnya secara lengkap.

Kalau sudah, maka Anda akan diminta untuk menunggu selama 5x24 jam kerja. Saat proses menunggu itu, Anda bisa memeriksa aplikasi DANA secara berkala untuk mengetahui apakah saldo sudah masuk atau belum.

Apakah aplikasi DANA ada potongan perbulan?

Aplikasi DANA tidak mengenakan biaya administrasi bulanan kepada para penggunanya. Sehingga, uang yang Anda simpan dalam aplikasi DANA tetap aman tanpa ada biaya potongan nantinya.

Berapa lama pengembalian uang dalam aplikasi OVO?

Pengembalian saldo OVO cash biasanya akan diproses selama 2 sampai 3 hari kerja. Nantinya, Anda akan menerima SMS pemberitahuan terkait saldo yang sudah dikirimkan kepada akun OVO. Sehingga, Anda bisa melakukan pengecekkan, apakah dananya benar-benar sudah kembali atau belum.

Berapa jumlah limit OVO premier?

Saldo OVO cash memiliki limit maksimal Rp2.000.000. Sementara akun OVO premier hingga Rp10.000.000.

Apa saja nama kontak Customer Service OVO yang bisa dihubungi dengan mudah?

Jika Anda ingin mengajukan komplain maupun membuat laporan pembatalan transfer, maka bisa langsung hubungi kontak CS OVO berikut.

Apakah saldo Gopay yang salah transfer bisa kembali?

Gojek sebagai pemilik layanan dompet digital bernama Gopay menyediakan program jaminan saldo gopay kembali. Sehingga, saldo Gopay akibat salah transfer bisa kembali kepada akun Gopay milik Anda.

Berapa lama proses refund Gopay?

Pengembalian dana Gopay biasanya akan dilakukan selama 3-5 hari kerja.

Apa email Gopay untuk dihubungi?

Apabila Anda ingin menyampaikan keluhan atau apapun, maka bisa melalui email Gopay, yaitu customerservice@gojek.com.

Bagaimana solusi untuk salah transfer Shopeepay?

Jika Anda mengalami salah transfer Shopeepay kepada pengguna lain atau rekening bank yang tidak dikenal, maka bisa hubungi Customer Service Shopeepay di nomor 1500702.

Setelah itu, pihak CS Shopee akan membantu Anda dalam pengembalian dana transfer secara cepat dan mudah.

Pengembalian dana Shopeepay akan masuk kemana?

Dana shopeepay akan dikembalikan kepada akun Anda sendiri. Hal ini berlaku setelah CS Shopee berhasil melakukan verifikasi, lalu menarik kembali dana dari rekening maupun saldo Shopeepay penerima yang tidak seharusnya diterima.

Itulah informasi mengenai cara membatalkan transfer berbagai e-wallet yang bisa Anda ketahui. Dengan adanya ulasan di atas, semoga bisa membantu Anda yang sedang mengalami salah transfer, ya. Sehingga, masalah salah transfer bisa segera selesai dan uang bisa kembali kepada e-wallet yang Anda miliki.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url