Cara Daftar Shopee Affiliate: Panduan Lengkap


Cara Daftar Shopee Affiliate - Shopee affiliate menjadi salah satu program menarik yang bisa diikuti oleh warganet yang selalu aktif di media sosial. Tentu saja, program ini bisa menjadi penghasilan tambahan dengan cara menawarkan berbagai produk Shopee di media sosialnya. Jika ingin bergabung, Anda cukup mendaftarkan diri sesuai ketentuan serta persyaratan yang berlaku.

Nah, untuk melakukan promosi produknya, Anda bisa menciptakan sebuah konten menarik yang mampu menarik para warganet. Namun, pastikan bahwa akun yang Anda gunakan bukan akun penjual atau toko produk tersebut, ya.

Jika masih bingung dan ingin tahu lebih banyak tentang Shopee Affiliate beserta panduan lengkap cara daftarnya, maka bisa simak ulasan berikut ini.

Apa Itu Shopee Affiliate?

Saat membuka media sosial seperti Instagram maupun Tiktok, Anda pasti pernah melihat ada akun yang menawarkan sejumlah produk dengan konten menariknya. Produk yang mereka tawarkan bisa berupa pakaian OOTD, tas, make up, serta masih banyak lagi.

Nah, pemilik akun itu merupakan seseorang yang sudah menjadi bagian dari Shopee Affiliate, sehingga dapat menawarkan promosi produk dengan cara membuat konten menarik.

Sebenarnya, apa itu Shopee Afffiliate yang banyak diperbincangkan belakangan ini?

Shopee Affiliate merupakan suatu program kerjasama atau afiliasi yang ditujukan untuk para influencer atau siapa saja yang memiliki banyak pengikut agar bisa mempromosikan produk Shopee melalui media sosial.

Dalam hal ini, Anda dapat melakukan promosi produk melalui konten sesuai keinginan, asalkan masih memenuhi syarat dan ketentuan yang ada. Jika konten yang Anda buat menarik dan berhasil menarik banyak orang untuk membeli, maka Anda akan mendapatkan keuntungan besar hingga 10% untuk setiap produknya.

Bayangkan saja, jika Anda berhasil menjual hingga ratusan produk setiap bulan, maka komisi yang akan didapatkan pun akan sangat besar. Sehingga, peluang menjadi bagian dari Shopee Affiliate bisa Anda pikirkan untuk mendapatkan penghasilan dengan menggunakan ide konten kreatif dan segar.

Tak hanya itu, bergabung dengan program Shopee Affiliate ini tidak membutuhkan modal sepeser pun. Anda cukup mendaftar dan bergabung, melakukan promosi dengan ide konten menarik, lalu membagikan link produknya agar bisa mendapatkan komisi.

Namun, siapa saja yang bisa ikut mendaftar dalam program Shopee Affiliate tersebut? Anda akan menemukan jawabannya pada ulasan di bawah ini.

Siapa yang Bisa Daftar Shopee Affiliate?

Shopee Affiliate bisa diikuti oleh para influencer atau siapa saja yang memiliki pengikut banyak dalam media sosial miliknya. Dalam hal ini, Shopee memberikan ketentuan khusus terkait jumlah pengikut media sosial tersebut.

Di antaranya minimal memiliki jumlah minimal 8.000 subscriber Youtube, 5.000 follower Instagram, 10.000 pengikut di Twitter, 5.000 pengikut di Tiktok, 1.000 followers pada groups dan pages, serta 2.000 teman dalam akun pribadi.

Tak hanya itu saja, akun media sosial yang Anda miliki harus terbuka untuk umum alias tidak bersifat privat. Untuk postingan akunnya pun, jangan sampai ada postingan yang mengandung SARA atau hal sejenisnya.

Nah, jika Anda sudah memenuhi kriteria di atas, maka kesempatan untuk bergabung dengan Shopee Affiliate pun akan lebih mudah. Kalau sudah terdaftar menjadi bagian dari Shopee Affiliate, Anda akan mendapatkan komisi hingga 10% untuk setiap produk yang berhasil terjual.

Komisi yang akan Anda dapatkan biasanya akan cair setiap dua minggu sekali dengan minimal komisi terkumpul sebanyak Rp10.000. Sehingga, pastikan Anda bisa mengumpulkan banyak komisi agar penghasilan yang didapatkan bisa lebih banyak.

Keuntungan Daftar Shopee Affiliate

Ada banyak sekali keuntungan yang bisa Anda dapatkan saat bergabung dalam program Shopee Affiliate, antara lain:

1. Mendapatkan Komisi Besar

Setiap kali produk yang Anda promosikan berhasil menarik perhatian banyak orang, hingga mereka mulai membelinya, maka Anda akan memiliki peluang untuk mendapatkan komisi besar. Untuk setiap produknya, Anda berhak mendapat komisi hingga 10% dengan batas maksimal Rp10.000.

Komisi ini bisa Anda dapatkan setiap dua minggu sekali dan akan langsung dikirimkan ke rekening milik Anda. Jadi, pastikan Anda selalu berhasil melakukan promosi agar memiliki banyak komisi setiap kali pencairan, ya.

Perlu diketahui juga bahwa komisi ini akan dihitung dari harga produk yang terjual pada Shopee Mall, Star+ dan Star. Sehingga, Anda mendapatkan kebebasan untuk memilih produk mana saja, dimana link produknya akan disimpan pada media sosial yang Anda gunakan sebagai media promosinya.

2. Bebas Memilih Produk untuk Dijadikan Konten Promosi

Ketika Anda sudah bergabung dengan Shopee Affiliate, maka ketika ingin mencoba untuk membuat konten promosi, Anda dapat memilih produk apa saja. Baik itu produk pakaian, barang elektronik, aksesoris, dan masih banyak lagi.

Pilih produk sesuai dengan tema konten yang Anda miliki agar lebih menarik banyak orang untuk membeli produk tersebut. Pastikan konten yang Anda buat mudah dimengerti, sehingga setiap kali orang melihatnya, mereka akan terpengaruh untuk membeli produk itu melalui link yang Anda sediakan.

Selain itu, jika Anda akan membuat konten baru mengenai produk Shopee lainnya, pastikan gaya maupun isi konten berbeda dari sebelumnya. Hal ini dilakukan agar warganet yang melihat tidak bosan dan selalu menunggu konten promosi dari Anda.

3. Tidak Terikat Kontrak Eksklusif atau Lainnya

Saat Anda bergabung menjadi bagian dari Shopee Affiliate, tentu saja Anda tidak akan mendapatkan kontrak eksklusif. Hal ini membuat Anda bebas untuk berkarya bersama pihak lain, sehingga mampu menghasilkan banyak cuan setiap harinya. 

Dengan tidak adanya kontrak eksklusif, Anda dapat bebas berkarya sesuai jati diri Anda sendiri.

Banyak orang yang tertarik untuk bergabung Shopee Affiliate karena alasan ini. Jadi, tak aneh kalau Anda melihat ada banyak influencer yang mempromosikan produk Shopee di akun media sosial mereka dengan produk dari perusahaan lain. 

Hal ini dikarenakan mereka tidak mendapatkan kontrak eksklusif dari Shopee, sehingga bebas untuk mengambil pekerjaan dari yang lain.

4. Cara Kerja Mudah dan Sederhana

Keuntungan lain yang membuat banyak orang ingin bergabung dengan Shopee Affiliate adalah cara kerjanya mudah dan sederhana. Anda hanya perlu membuat konten dan menyebarkan link produknya di media sosial yang digunakan. 

Setelah itu, pastikan orang-orang yang melihat isi konten Anda arahkan kepada link produk tersebut.

Sehingga, setiap kali ada yang mengklik link produk Anda tawarkan, maka komisi setiap produk akan menjadi milik Anda. Dalam hal ini, jika ada pengguna baru Shopee yang mengklik link tersebut, Anda akan mendapatkan komisi senilai 10%. 

Lalu, setiap kali berhasil menjual produk, Anda akan memiliki komisi senilai 3% yang semuanya akan dicairkan setiap dua minggu sekali.

5. Pembayaran Komisi Dilakukan Secara Transparan

Pembayaran dari Shopee Affiliate dilakukan secara transparan sesuai dengan jumlah klik link produk serta hasil penjualan produk itu sendiri. Sehingga, tidak ada kecurangan atau hal lain yang sifatnya merugikan Anda.

Saldo komisi ini akan ditambahkan kepada akun saldo pengguna setiap dua minggu sekali dengan minimal saldo yang dibayarkan adalah sebesar Rp10.000. 

Jika saldo yang Anda miliki kurang, maka pihak Shopee memiliki hak untuk menahannya, lalu membayarkan ketika saldo Anda sudah memenuhi ketentuan minimal.

Untuk pembayarannya, jika Anda mendapatkan saldo kurang dari 1 juta, maka akan dilakukan melalui Shopeepay. Namun, jika saldo yang Anda dapatkan lebih dari 1 juta, maka akan dikirimkan melalui rekening bank yang sudah terdaftar.

Sedangkan untuk pajak, pihak Shopee akan memotongnya dari jumlah yang harus dibayarkan kepada pihak afiliasi. Hal ini sudah disesuaikan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Cara Daftar Shopee Affiliate

Bagi Anda yang tertarik untuk bergabung menjadi bagian dari Shopee Affiliate, maka bisa ikuti tata cara daftarnya berikut ini.

Syarat Umum

Ada beberapa syarat umum yang harus Anda perhatikan saat ingin bergabung menjadi bagian dari Shopee affiliate, yaitu:

1. Pastikan akun Shopee yang Anda miliki masih aktif digunakan.

2. Tak hanya itu, Anda juga harus mengaktifkan pembayaran Shopeepay untuk  menerima komisi dari program affiliate ini.

3. Email yang Anda daftarkan harus ada pada ponsel agar mudah mendapatkan notifikasi apapun.

4. Cantumkan nomor Whatsapp utama untuk menerima segala hal yang berhubungan dengan program Shopee affiliate ini.

5. Tak hanya mengaktifkan Shopeepay, Anda juga harus mencantumkan rekening bank yang dimiliki untuk digunakan sebagai pencairan dana lebih dari satu juta.

Selain syarat umum, pihak Shopee juga menambahkan beberapa syarat khusus yang harus Anda perhatikan, yaitu sebagai berikut.

Syarat Khusus

Untuk syarat khusus mendaftar Shopee Affiliate, diantaranya:

1. Memiliki akun media sosial, Youtube serta blog pribadi. Dalam hal ini, Anda bukan pemilik toko produk yang ada pada aplikasi Shopee.

2. Tidak ada batasan khusus terkait jumlah minimal followers yang ada pada media sosial. Sehingga, Anda yang masih memiliki followers sedikit, dapat mendaftar menjadi bagian dari Shopee affiliate.

3. Konten yang digunakan untuk promosi produk Shopee pastikan selalu original, bersifat publik, dan tidak mengandung muatan SARA.

4. Produk yang akan dipromosikan dalam sebuah konten adalah produk dari Shopee Mall, Star+, Star, dan Shopee Supermarket.

5. Dilarang untuk melakukan promosi terkait produk rokok, obat-obatan terlarang, ganja, rokok elektrik, produk palsu dan sejenisnya.

Apabila semua syarat umum dan khusus di atas sudah Anda perhatian dan pahami dengan baik, maka selanjutnya bisa langsung mengetahui cara daftar Shopee Affiliate sendiri, yaitu sebagai berikut.

Cara Daftar Shopee Affiliate

Cara daftar Shopee Affiliate tergolong mudah dan tidak memakan waktu banyak. Bagi Anda yang ingin tahu proses daftarnya, maka bisa simak ulasan berikut.

  • Kamu bisa masuk ke browser terlebih dahulu untuk mulai melakukan pendaftaran Shopee Affiliate.
  • Jika sudah ada di browser, silakan masuk ke https://affiliate.shopee.co.id/ agar bisa melakukan registrasi pendaftarannya.
  • Anda bisa masuk menggunakan akun Shopee yang sudah ada sebelumnya. Namun, jika belum memiliki akun Shopee tersebut, maka bisa lakukan pendaftaran lebih dulu dengan cara memilih menu ‘Daftar’ yang ada disana.
  • Biar lebih mudah, Anda bisa memasukkan nomor telepon yang terhubung dengan aplikasi Whatsapp. Kalau sudah dimasukkan, maka klik ‘Berikutnya’ untuk melakukan proses pendaftaran lain. Selain melalui nomor telepon, Anda juga bisa mendaftar menggunakan akun Google (Gmail), Facebook, serta akun Apple.
  • Kemudian, akan muncul pop up yang menginformasikan bahwa kode verifikasi akan segera dikirim. Anda bisa langsung tekan’OK’ untuk bisa mendapatkan kode verifikasi tersebut.
  • Kalau sudah ada, Anda bisa memasukkan 6 digit kode verifikasi atau OTP ke kolom yang tersedia, lalu klik ‘Verifikasi’.
  • Berikutnya, Anda bisa langsung membuat password akun Shopee dengan kombinasi huruf dan angka yang kuat dan mudah Anda ingat.
  • Jika sudah, Anda bisa melanjutkan untuk mendaftar pada Shopee Affiliate.
  • Anda bisa login menggunakan akun Shopee yang sudah dibuat dengan cara menekan menu ‘masuk sekarang’.
  • Pada bagian ini, Anda harus mengisi semua formulir pendaftaran yang diminta. Disini, terdapat tiga langkah formulir yang harus Anda selesaikan dengan baik dan sesuai dengan data yang dimiliki.
  • Terakhir, Anda tinggal menunggu keputusan apakah pendaftaran Shopee Affiliate bisa diterima atau tidak.

Untuk proses peninjauan ini akan dilakukan selama 5 hari kerja oleh tim Shopee. Apabila pendaftaran Shopee Affiliate milik Anda dinyatakan berhasil, maka Anda akan dihubungi kembali via email yang terdaftar.

Mekanisme Program Shopee Affiliate

Apabila pendaftaran Shopee Affiliate yang Anda lakukan berhasil diterima, maka bisa langsung melakukan promosi produk melalui konten saat itu juga. Untuk mekanisme atau cara kerja Shopee Affiliate ini juga sangat mudah, yaitu:

  • Anda bisa mulai menyiapkan konten orisinal untuk proses promosi produk Shopee yang diinginkan.
  • Dalam hal ini, produk Shopee yang bisa Anda pilih adalah beragam produk yang tersedia pada Shopee Mall, Shopee Supermarket, All Star+ dan Star. Jika Anda melakukan promosi selain produk yang tidak tersedia disana, maka Anda tidak akan mendapatkan komisi dari pihak Shopee.
  • Apabila sudah menentukan produk yang akan dijadikan konten, Anda bisa membagikan custom link dari halaman produk Shopee serta membagikannya melalui media sosial yang digunakan. Misalnya, Facebook, Twitter, Instagram, Twitter, Tiktok, Youtube agar bisa di klik oleh orang yang melihat konten Anda
  • Setelah itu, Anda tinggal mengumpulkan komisi dari hasil promosi sebelum waktu pencairan dana tiba.

Perbedaan Shopee Affiliate, Shopee Influencer dan Shopee Partner

Selain program Shopee Affiliate, Shopee memiliki beberapa program lainnya, yaitu Shopee Influencer dan Shopee Partner. Ketiga program yang dimiliki Shopee ini tentu berbeda dari satu program dengan program lainnya. 

Apabila Anda sulit membedakannya, maka bisa simak informasinya disini berdasarkan lansiran dari laman resmi Shopee, yaitu:

Program Shopee Affiliate

Dalam program Shopee Affiliate, Anda akan menemukan beberapa hal ini, yaitu:

  • Tidak dapat mengikuti campaign Shopee yang selalu diselenggarakan pada waktu-waktu tertentu.
  • Anda tidak akan mendapatkan produk gratis dari Shopee
  • Tak hanya produk gratis, Anda juga tidak bisa mendapatkan voucher gratis.
  • Meskipun begitu, Anda memiliki kesempatan untuk menjadi seorang affiliate leader.
  • Di sisi lain, Anda tidak akan menemukan ketentuan jumlah subscriber maupun follower saat ingin mendaftar.
  • Memiliki kebebasan untuk memilih media sosial yang akan dijadikan sebagai tempat promosi produk, mulai dari media sosial Instagram, Tiktok, Youtube, Facebook dan masih banyak lagi.
  • Bebas menggunakan konten apapun sesuai dengan ide dan kreativitas yang Anda miliki.
  • Terakhir, Anda tidak memiliki batasan ketentuan jumlah order terhadap produk yang berhasil dipromosikan.

Program Shopee Influencer

Setelah mengetahui beberapa hal yang ada pada Shopee Affiliate, selanjutnya Anda harus mengetahui apa saja yang ada pada Shopee Influencer, yaitu:

  • Berbeda dengan Shopee Affiliate, Anda yang tergabung dengan Shope Influencer dapat mengikuti program campaign Shopee.
  • Tak hanya itu, Anda juga berkesempatan untuk mendapatkan produk serta voucher gratis.
  • Anda memiliki kesempatan untuk menjadi affiliate leader seperti halnya saat tergabung bersama Shopee Affiliate.
  • Terdapat ketentuan terkait jumlah followes maupun subscriber, yaitu minimal 2000 pengikut.
  • Mampu menggunakan beragam media sosial yang populer saat ini, seperti Instagram, Tiktok, Facebook, Instagram, Twitter, dan lainnya.
  • Tidak ada ketentuan jumlah minimal order untuk setiap produk yang akan dipromosikan dalam sebuah konten kreatif sesuai keinginan Anda.

Program Shopee Partner

Untuk program Shopee Partner, terdapat beberapa hal yang harus Anda tahu, yaitu:

  • Seperti halnya Shopee Influencer, Anda bisa mengikuti campaign yang diselenggarakan oleh Shopee.
  • Berhak mendapatkan beragam produk dan voucher secara gratis.
  • Anda juga memiliki kesempatan untuk menjadi seorang Affiliate leader seperti kedua program sebelumnya.
  • Terdapat minimal untuk jumlah follower dan subscriber, yaitu minimal sebanyak 2000 orang.
  • Memiliki kemampuan untuk menggunakan media sosial yang saat ini ramai digunakan, seperti Facebook, Instagram, Twitter, Tiktok, hingga Youtube.
  • Ketika menjadi bagian dari Shopee Partner, pastikan konten yang Anda buat sifatnya original dan belum pernah digunakan sebelumnya.
  • Terdapat minimal jumlah order yang perlu Anda lakukan, yaitu mencapai hingga 300 order minimal satu kali dalam 3 bulan terakhir.

Dari beberapa perbedaan mengenai Shopee Affiliate, Shopee Influencer dan Shopee Partner di atas, maka Anda bisa mengetahui perbedaannya. 

Pastinya, setiap program memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri, sehingga Anda bisa memutuskan sendiri akan bergabung dalam program Shopee yang mana.

Cara Daftar Shopee Affiliate - Tanya Jawab

Berapa bayaran dari Shopee Affiliate?

Program Shopee Affiliate menawarkan bayaran atau penghasilan menggunakan sistem persenan komisi. Jadi, untuk pengguna baru, biasanya akan mendapatkan sebesar 10 persen dan pengguna lama sebanyak 2 persen. 

Kemudian, ada juga komisi untuk setiap transaksi yang akan didapatkan oleh pengguna senilai Rp10.000.

Apakah saat mendaftar Shopee Affiliate harus memiliki NPWP?

Dilihat dari syarat dan ketentuannya, seseorang yang ingin bergabung dengan program Shopee Affiliate harus memiliki NPWP serta informasi bank. Jadi, pastikan sebelum mendaftar Anda harus sudah mempunyai NPWP terlebih dahulu, ya.

Bagaimana perhitungan komisi Shopee Affiliate?

Komisi Shopee Affiliate yang diberikan adalah sebesar 10% dari harga barang yang dibeli. Misalnya, jika Anda berhasil mengajak sebanyak 30 orang pelanggan baru untuk membeli produk Shopee seharga Rp100.000, maka komisi yang akan Anda dapatkan adalah sebesar Rp200.000.

Apabila Anda berhasil mendapatkan pelanggan lama, maka komisi yang akan didapatkan adalah sebesar 3 persen dari produk yang dibeli. Misal, Anda berhasil menggaet sebanyak 10 orang pelanggan lama untuk membeli produk Shopee senilai Rp100.000, maka komisi yang akan didapatkan sebesar Rp30.000.

Kapan pembayaran komisi Shopee Affiliate akan diberikan?

Pembayaran komisi dari Shopee Affiliate akan dilakukan secara transparan setiap dua minggu sekali. Jumlah yang akan dibayarkan berdasarkan penghasilan yang Anda miliki dalam saldo akun dengan minimal Rp10.000. Jika saldo yang Anda miliki tidak mencapai batas minimal, maka saldo akan ditahan dan dibayarkan pada pembayaran selanjutnya dengan ketentuan sama.

Tertarik untuk Bergabung Shopee Affiliate?

Setelah mengetahui ulasan lengkap mengenai Shopee Affiliate, kini saatnya Anda mulai memutuskan untuk bergabung dengan program dari Shopee tersebut. Ketika mulai menjadi bagian dari anggota Shopee Affiliate, media sosial yang Anda miliki akan jauh lebih berguna, lho.

Biasanya, Anda hanya scrolling tak jelas di media sosial, kini bisa mendapatkan cuan hanya dengan membagikan konten serta link produk saja. Jadi, kapan Anda akan mendaftar Shopee Affiliate tersebut?

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url