14 Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing 2021

Masuk ke dalam dunia usaha bukanlah hal yang mudah. Banyak hal harus dipertimbangkan dengan matang, salah satunya adalah melihat peluang usaha yang belum banyak pesaing nya. 

Cara seperti ini juga bisa dibilang sebagai strategi ampuh agar bisa berkembang dalam waktu cukup singkat. 

Dengan catatan, Anda melakukan inovasi produk makanan yang belum pernah ada atau berjualan produk yang belum ada di pasaran.

Peluang Usaha yang Belum Banyak Pesaing

Memikirkan strategi bisnis tidak melulu soal keuangannya saja, melainkan juga memikirkan branding usaha apa yang belum banyak pesaingnya. 

Dengan cara ini akan memberikan ruang agar bisnis bisa berkembang lebih cepat, menjadi yang terdepan di bidang tersebut. 

Adapun usaha yang belum banyak pesaing nya adalah sebagai berikut:

1. Makanan Cepat Saji dan Sehat 

Sekarang ini sudah banyak tempat makan yang menyediakan layanan pesan antar dan beragam menu cepat sajinya. 

Namun kebanyakan makanan tersebut tidak ramah dengan kesehatan, berpotensi besar membuat badan obesitas karena banyak kandungan lemak jenuhnya. 

Kesempatan ini tentu bisa Anda manfaatkan dengan baik. Mengingat belum banyak gerai yang buka dan menetapkan konsep seperti itu. 

Selain itu, pertimbangan lain adalah saat ini semakin banyak orang Indonesia sadar akan pentingnya kesehatan. Namun ingat control qualitynya memang sangat penting.

2. Kursus Online 

Karena sekarang semua sudah serba digital, tidak ada salahnya membuka usaha di bidang kursus online. 

Konsep ini tentunya sangat sesuai jika melihat kondisi sekarang ini, dimana kegiatan belajar mengajar juga sudah melalui akses virtual. Media belajar juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan pelajar.

Agar tidak monoton Anda bisa mengkombinasikan materi dengan berbagai metode pembelajaran. 

Misalnya video berisi penjelasan, diselingi musik, menonton tayangan edukasi mengenai materi tersebut, dan masih banyak lagi. Jika caranya menyenangkan maka tingkat pemahaman bertambah.

3. Koleksi Barang Antik 

DI Indonesia sendiri sebenarnya banyak orang yang menjadikan dirinya sebagai kolektor, namun tidak untuk diperjualbelikan. 

Semua barang tersebut murni untuk koleksi diri sendiri saja. Karenanya bisa dikatakan bidang ini masih jarang peminatnya. Tidak ada salahnya untuk masuk dan mecoba. 

Untuk bisa jadi kolektor yang handal tentunya dibutuhkan bakat bukan hanya soal materi saja. Anda harus pintar dalam menganalisa barang, menentukan nilai jualnya dalam beberapa tahun mendatang. Bisnis ini tidak mudah, namun jika berhasil menekuninya dengan baik siap-siap jadi miliader.

4. Jual Barang Recycle atau Daur Ulang 

Indonesia merupakan salah satu negara penyuplai sampah plastik terbesar di dunia. Tidak adanya penanganan serius terhadap sampah plastik ini membuat masalah serius, terutama berkaitan dengan pencemaran lingkungan. 

Dari fakta tersebut, Anda bisa menjadikan profesi ini sebagai peluang usaha yang minim pesaing.

Agar bisa ikut meminimalisir dampaknya bisa dilakukan recycle. Recycle sendiri merupakan upaya pengolahan kembali segala macam limbah plastik menjadi barang siap pakai lagi. 

Tentunya dengan bentuk dan fungsi yang bisa saja berbeda. Bidang ini juga belum banyak peminatnya mengingat kesadaran masyarakat juga rendah akan dampak positif kegiatan recycle.

Permintaan akan sampah relatif meningkat setiap tahunnya, sehingga konsumen pasti akan mencari Anda, bukan sebaliknya.

Dengan demikian, meskipun Anda melakukan usaha di daerah sepi pun tidak terlalu menjadi masalah besar.

5. Seminar Production 

Punya keahlian di bidang digital atau pemanfaatn software komputer ? Tidak ada salahnya mencoba menggeluti bidang seminar production. 

Bidang ini belum banyak peminatnya mengingat butuh skill khusus dan ide-ide kreatif agar materi klien bisa tersampaikan dengan baik kepada audiensnya. 

Di zaman yang sudah serba digital ini ternyata menjadi seminar production bisa dibilang sangat menguntugkan. 

Banyak instansi atau lembaga pemerintahan membutuhkan jasa ini. Hal yang perlu diperhatikan adalah sesuaikan bahan materi dengan permintaan klien agar mereka merasa puas.

6. Jasa Penulis

Sebenarnya sekarang ini sudah banyak juga orang-orang yang menyadari akan benefit ketika menawarkan jasa jadi penulis. 

Saat ini ada banyak media dan berbagai platform membutuhkan bahan tulisan yang banyak. Baik itu artikel lifestyle yang ringan sampai ke karya ilmiah yang penulisannya baku.

Jasa penulis online biasanya banyak menyediakan berbagai macam bahan tulisan untuk berbagai keperluan.

Seperti blog, website, atau media lainnya. Karena permintaan bertambah banyak tak heran jika harga pesanan dari jasa ini juga semakin tinggi. Apalagi syarat juga ketentuannya cukup ketat. 

7. Casing Ponsel 

Penggunaan smartphone baik itu android maupun ios dalam keseharian memang punya frekuensi tinggi. 

Satu orang saja bisa punya lebih dari satu ponsel, menyesuaikan kebutuhan masing-masing orang sehingga bisa dikategorikan peluang usaha bagi pemula yang belum banyak pesaing. 

Kelengkapan paling banyak dicari untuk mempercantik tampilan ponsel adalah casing. Belum banyak orang yang serius menekuni bidang satu ini. 

Namun karena mengutamakan tampilan, kualitas, juga kenyamanan butuh modal cukup banyak untuk memulainya. Pada awalnya mungkin akan mengalami kesulitan, namun jika sudah menemukan market yang tepat siap-siap banjir pesanan.

8. Editor Video 

Ada lagi peluang usaha bagi pemula yang belum banyak pesaing. Bisa dikatakan memulai sebuah usaha memang bukanlah hal mudah, apalagi sebagai anak remaja yang ingin mencoba peruntungan di usia muda. 

Selain kuliner sebenarnya ada banyak bidang lain bisa Anda manfaatkan, masih banyak peluang dimana tidak banyak pesaing. Dengan begitu bisnis jadi lebih cepat berkembang.

Teknologi digital maupun terapan saat ini sudah semakin akrab bersinggungan dengan kehidupan manusia.

Salah satu bidang yang bisa menghasilkan lebih banyak keuntungan adalah editing video. Apalagi sekarang ini semua orang berlomna-lomba untuk membuat konten di sosial medianya.

Jika tertarik masuk ke dalam dunia editing video sebaiknya pastikan jika punya skill mumpuni, dan kuat begadang. 

Karena bagaimanapun klien tidak mau tahu kendala di lapangan, kontennya harus upload sesuai dengan jadwal. Terjun di bidang ini juga harus ma uterus belajar dan upgrade kemampuan.

9. Jasa Pembuatan Popup 

Bagi kalian yang merasa kreatif dan sangat senang desain bisa coba gunakan kemampuannya di bidang jasa pembuatan Popup. 

Tidak perlu harus ikut compannya atau sebuah perusahaan tertentu agar bisa menyalurkan bakat tersebut. Sekarang sudah banyak freelance dan media dapat menampungnya. 

Jenis peluang usaha yang belum banyak pesaing ini butuh skill dan pengalaman yang cukup.

Ide bisnis kreatif ini bisa dikembangkan seiring dengan berjalannya waktu. Sekarang ini juga sudah banyak orang yang membutuhkan bantuan jasa Popup untuk hadiah unik dan lucu. 

Jika masih pemula, coba lakukan riset harga sesuai dengan Popup bisa Anda buat. Intinya sesuaikan dengan kemampuan.

10. Jasa Dekorasi Taman 

Terjun di dunia bisnis tidak harus jualan barang atau produk saja, memberikan pelayanan atau jasa juga bisa jadi pilihannya. 

Bidang satu ini mungkin belum banyak peminatnya di Indonesia, padahal di luar negeri sudah sangat familiar. Soal keuntungan dan pendapatan sesuai dengan hasil akhirnya. 

Jasa dekorasi taman mungkin belum begitu banyak ada di Indonesia. Punya kemampuan di bidang ini, jangan sungkan atau ragu untuk mengembangkannya. 

Mungkin inilah saatnya bagi Anda untuk berani berbuat lebih lagi, misalnya dengan mempromosikan jasa melalui akun pribadi di sosial media.

11. Membuat Aplikasi Mobile

Perkembangan teknologi yang pesat akhirnya membuat banyak orang menggantungkan kebutuhannya lewat aplikasi yang ada di ponsel. 

Hal ini tentunya menciptakan lapangan pekerjaan baru, yakni membuat software atau aplikasi yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat sekitar. 

Semakin banyak aplikasi diunduh oleh pengguna smartphone, keuntungan yang di dapatkan juga bertambah banyak. 

Namun untuk bisa sampai di tahap ini tentu saja tidak mudah, membutuhkan ide-ide kreatif juga software yang stabil agar tidak mengganggu kenyamanan para penggunanya. 

12. Jasa Pembuatan Videografer 

Jasa satu ini mungkin sudah cukup familiar, namun berbeda jika ternyata Anda bisa mempersiapkan konsep keren dan berbeda. 

Menjadi videografer punya potensi besar untuk masa mendatang. Bagi yang merasa punya kemampuan di bidang ini, tidak ada salahnya mulai asah sklii dari sekarang. 

Ke depan kebutuhan orang akan jasa videografer akan terus bertambah. Sama halnya dengan jasa menulis online. 

Hal ini dikarenakan banyaknya konten-konten yang harus dikemas dengan berbagai konsep berbeda menyesuaikan para follower atau karakteristik dari masing-masing pihak. 

13. Produsen Frozen Food 

Selain jasa, salah satu bidang yang belum banyak diminati adalah membuat sendiri produk-produk frozen food. 

Pasti di rumah juga sering makan atau stock makanan beku bukan ? Daripada hanya mengonsumsi saja tidak ada salahnya juga untuk coba jadi supplier pertama dari produk tersebut. 

Tidak harus makanan rumit dan perlu proses pemasakan lama. Anda bisa membuat makanan ringan sebagai cemilan dulu. 

Misalnya saja cireng, nugget homemade, dan masih banyak lagi. Pilih yang kebutuhan bahannya tidak terlalu banyak sehingga tidak terlalu menghabiskan waktu.

14. Agen Distributor Pakan Ternak 

Sebagai generasi muda tentu harus memperhatikan juga setiap peluang yang ada. Memulai sebuah bisnis tidak harus buka kedai kopi atau online shop. 

Ada banyak bidang bisa dicoba misalnya saja jadi agen distributor pakan ternak. Melihat kondisi geografis Indonesia, kesempatan ini sayang dilewatkan.

Menjadi agen distributor pakan ternak memang tidak semudah kelihatannya. Selain harus pandai jaga kualitas, harus bisa juga mencari target market sesuai, dan menyakinkan mereka bahwa produk tersebut benar-benar bagus untuk menjaga kesehatan ternak. 

Berbagai macam bidang baru di atas tentunya harus disesuaikan dengan bakat dan kemampuan masing-masing. 

Namun semua itu bisa diasah seiring dengan berjalannya waktu. Intinya adalah percuma jika ada peluang usaha yang belum banyak pesaing namun tidak berani dicoba dulu.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url