10 Media Promosi Online Paling Efektif 2021

Di zaman digital seperti sekarang ini berbisnis menggunakan media promosi online sangat wajib dilakukan. 

Dengan begitu produk akan cepat dikenal oleh masyarakat luas, tidak stuck di tempat saja tanpa adanya kemajuan sedikitpun. Ada berbagai pilihan platform yang efektif dan tentu populer.

Media Promosi Online Paling Efektif

Seiring berjalannya waktu sekarang setiap usaha pasti membutuhkan jenis media promosi untuk pemasaran online paling efektif. 

Bisnis properti, teknik dan strateginya tentu akan berbeda dengan bisnis yang lain. Hal tersebut tidak dapat dikesampingkan.

Apalagi untuk jenis bisnis yang terikat waktu, seperti bisnis kuliner. Dibutuhkan contoh strategi pemasaran produk makanan yang tepat agar cepat laku.

Karena jika hanya mengandalkan promosi biasa maka bisnis akan sulit berkembang, bahkan bisa saja gulung tikar dalam beberapa hari saja. 

Berikut adalah media promosi online yang bisa diterapkan pada bisnis Anda.

1. Facebook 

Platform paling populer dan sampai sekarang masih digunakan banyak orang untuk memasarkan produk. 

Facebook merupakan salah satu media paling ampuh dalam mencari target market sesuai dengan barang jualan. Mereka selalu upgrade layanan sesuai dengan kemajuan zaman.

Baca Juga: Iklan Baris Gratis Tanpa Daftar Langsung Tayang

Sekarang ini Facebook tidak hanya digunakan untuk share cerita atau foto saja. Permainan bisnis disini sayang sekali jika dilewatkan begitu saja. 

Sudah ada banyak fitur layanan seperti ‘marketplace’ yang dapat digunakan untuk mempromosikan barang sesuai kategorinya, jadi pembeli mudah menemukan.

2. Instagram 

Menerapkan media promosi untuk pemasaran online harus dilakukan dengan sangat selektif. Salah satu yang bisa Anda coba adalah melalui Instagram.

Selain itu Instagram juga patut dijadikan pilihan selanjutnya dalam mempromosikan bisnis.Sebab platform satu ini ternyata tetap menjadi primadona di kalangan media promosi online lainnya.

Artikel Lainnya: Contoh Iklan Media Cetak

Selain untuk share kegiatan Anda juga bisa upload foto produk dengan caption panjang tanpa batasan. 

Dibandingkan Facebook sebenarnya Instagram punya kelas berbeda. Target market disini mungkin lebih luas dan kebanyakan berasal dari kalangan menengah keatas. 

Eksistensi paling tinggi dipegang oleh anak-anak muda, jadi kesempatan mempromosikan bisnis semakin besar juga. 

3. Twitter 

Selanjutnya adalah platform yang paling disukai khususnya oleh anak-anak muda, yakni Twitter. 

Media promosi digital satu ini banyak digunakan juga untuk memasarkan sebuah usaha, namun sayangnya Anda tidak bisa menuliskan caption panjang lebar. Minimal hanya bisa 160 karakter saja. 

Media satu ini sama besarnya dengan Instagram, peminatnya juga dari kalangan anak muda. Anda bisa coba memasarkan produk lewat platform tersebut hanya dengan memakai ponsel pintar saja. 

Karena kebanyakan anak muda, pastikan produk harus sesuai juga dengan minat mereka. 

4. Kaskus 

Media satu ini sebenarnya cukup besar dan masih eksis sampai dengan sekarang. Bahkan kemampuan promosinya sudah tidak perlu diragukan lagi. 

Kaskus merupakan marketplace yang banyak digunakan untuk berjualan berbagai macam barang. Hasilnya juga lebih cepat daripada platform lainnya. 

Terlebih lagi sekarang ini Kaskus juga sudah mempunyai sebuah forum jual beli. Namun sayangnya seiring berjalannya waktu justru banyak oknum jahat sering melakukan penipuan.

Oleh karena itu jika ingin melakukan aktivitas jual beli disini harus berhati-hati dan mempertimbangkan segala kemungkinan

5. Market Place 

Selanjutnya adalah media promosi bisnis online yang pastinya sudah tidak asing lagi semua kalangan. Di internet sudah banyak market place untuk jual beli seperti situs OLX, elevenia.com, dan masih banyak lagi. 

Tatananya memang lebih sederhana dan real, tidak banyak polesan seperti Instagram. Dengan keadaan barang yang biasanya difoto dengan keadaan sebenarnya tersebut tentu sangat menguntungkan.

Sebagai pembeli bisa melakukan analisa tanpa harus takut barang tidak sesuai dengan kebutuhan. Selain itu sebagai pemilik toko juga bisa membuat halaman untuk memperluas jaringan.

6. Blog 

Salah satu tempat yang sebenarnya cukup bagus namun jarang terpikirkan adalah Blog. 

Media satu ini hampir sama dengan website, hanya saja lebih bagus jika digunakan untuk mendukung promosi online. Di dalamnya bisa menulis berbagai artikel seputar bisnis dengan merangkai kata secara apik. 

Namun seiring dengan berjalannya waktu, sekarang ini semakin banyak orang sadar untuk mencoba promosi melalui Blog. 

Para pemilik bisnis dapat menggunakan teknik SEO agar dapat menarik lebih banyak pelanggan. Dengan begitu setiap hari peluang closing akan terus bertambah. 

7. Platform Market Place 

Selain itu sekarang punya toko online sudah bukan hal sulit lagi. Sebab Anda bisa mmbuatnya hanya dalam hitungan jam saja. 

Berbagai macam platform seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, BliBliadalah tempat yang tepat untuk memasarkan produk secara online dalam jangkauan luas. 

Berbagai platform ini bisa membantu memasarkan produk dalam jangkauan lebih luas. Dengan begitu kemungkinan ada pembeli setiap hari juga semakin banyak. 

Apalagi sekarang ini sudah ada berbagai program seperti Affiliate yang dapat membantu promosi berkembang lebih luas lagi. 

8. Youtube 

Platform selanjutnya bisa membantu memasarkan produk lebih luas adalah Youtube. Broadcast satu ini didirikan pada tahun 2005 dan masih eksis sampai dengan sekarang ini. 

Melalui cara ini Anda bisa mengekspresikan diri dengan membuat video tentang banyak hal dan kegiatan seputar bisnis.

Langkah pertama yang harus dilakukan saat ingin promosi barang melalui Youtube adalah buat akun resminya terlebih dahulu. 

Pilih kategori yang diinginkan kemudian jika sudah disetujui mulai upload berbagai video menarik dan tentunya sudah melalui proses edit yang sesuai keinginan. 

9. TikTok (Media Promosi Online Terbaik)

Promosi online mengenalkan produk jasa merek dan usahanya melalui media merupakan hal yang wajib bagi pengusaha atau influencer. Dan untuk tahun 2021, bisa dipilang TikTok merupakan salah satu yang terbaik.

Dengan memilih figur endorsement yang tepat, produk atau profil Anda akan lebih cepat dikenal publik. 

Dengan catatan, konten yang Anda promosikan melalui jasa endorse tersebut masuk dalam FYP TikTok.

Selain menggunakan cara tersebut, Anda bisa langsung langkah promosi media online melalui TikTok Ads.

10. Google Ads

Media promosi pemasaran online yang wajib Anda coba berikutnya adalah Google Ads. Potensi promosi melalui Google adalah salah satu yang besar dibanding media promosi online lainnya.

Bagaimana tidak? Google merupakan search engine terbesar di dunia dan miliaran orang perhari menggunakan fitur tersebut.

Namun, untuk menggunakan media penjualan online seperti ini perlu pengetahuan dan trik khusus agar tidak boncos

Anda dapat mempelajari hal tersebut dengan mengikuti pelatihan berbayar dari Suhu Google Ads atau berlatih secara gratis melalui grup-grup FB.

Dampak Positif Media Promosi untuk Pemasaran Online Sebuah Bisnis 

Media memiliki arti sebagai perantara, dengan kata lain media digunakan untuk menyampaikan pesan atau komunikator ke para audiens atau publik. 

Dampak positif melakukan pemasaran online sendiri untuk bisnis juga sangat beragam. Sayang sekali jika tidak dimanfaatkan, hanya dilewatkan begitu saja

1. Membangun dan Menarik Minat dari Komunitas 

Sebagai generasi muda yang melek bisnis pastinya sudah tidak asing lagi dengan berbagai teknologi, termasuk adanya media pemasaran online. 

Dengan bergabung di dalamnya Anda akan mendapatkan benefit seperti bisa membangun komunitas yang sesuai dengan spesifikasi penjualan produk.

Pada dasarnya memabngun bisnis di era sekarang ini susah-susah gampang. Selain karena pesaing yang terus bertambah banyak, menyesuaikan selera dengan trend saat ini juga jadi kendalanya. 

Oleh karena itu diperlukan promosi melalui media online agar dapat menarik minat mereka / mengenali pasar.

2. Memperluas Target Pemasaran dari Penjualan Produk

Setiap media promosi online selalu punya karakteristik pengguna yang berbeda-beda. 

Misalnya saja Instagram dengan Facebook, keduanya punya perbedaan cukup jelas. Anda akan menemukan gambar yang diedit, kemudian pengemasan konten lebih bagus dan rapih. 

Pengguna Intagram kebanyakan anak muda yang mudah terpuaskan visual. Berbeda dengan Facebook yang penggunanya semua kalangan, upload gambar dengan kondisi sebenarnya disini bukanlah hal aneh. 

Tidak ada salahnya punya akun di semua media agar dapat memperluas target pemasaran. 

3. Mampu Bersaing dengan Para Kompetitor Sejenis

Mempunyai toko online bukan berarti langsung bisa menguasai pasar. Namun dari toko aatau akun pribadi ini bisa digunakan untuk memantau para kompetitor sejenis. 

Belajar dari mereka bagaimana cara membuat media promosi untuk pemasaran online terlihat lebih menarik, rapi, dan tepat sasaran.

Dalam hal ini perlu ditekankan sebaiknya hanya sebatas mempelajari saja, bukan menjiplak. Jika meniru 100% maka akibatnya justru kurang baik. 

Apalagi jika brand tersebut merasa tidak terima maka bisa menuntut balik toko Anda. Oleh karena itu usahakan agar produk adalah hasil ide kreatif sendiri.

4. Meningkatkan Jumlah Penjualan Produk 

Sebagai pebisnis tentu harus selalu memperhatikan penjualan setiap kuartalnya. 

Jangan hanya mengandalkan penjualan dari offline saja, karena di masa-masa tertentu seperti pandemi saat ini hasilnya kurang maksimal. Jika tidak diupayakan dengan cara lain maka bisa rugi besar. 

Oleh karena itu saat mendirikan bisnis offline sebaiknya dibarengi juga dengan membuat berbagai akun pribadi di platform sosial media. 

Media tersebut berguna sebagai tempat promosi jualan online dari berbagai produk jualan. Tinggal kelola secara konsisten agar punya daya jual tinggi. 

5. Dapat Digunakan Secara Gratis 

Kebanyakan membuat akun di berbagai platform sosial media sudah tidak membutuhkan dana tambahan lagi untuk mengelolanya. 

Hanya kuota dan sinyal internet stabil saja untuk bisa upload konten atau menjalankan semua kegiatan sosmed dengan maksimal. Sangat menguntungkan sekali bukan ?

Agar dana lebih irit bisa juga menggunakan jaringan Wifi di kantor. 

Dengan begitu tidak perlu khawatir lagi boros kuota, cara ini sangat cocok dipakai untuk meningkatkan produktivitas para pekerja. Namun dengan catatan tidak disalahgunakan untuk berbagai kegiatan selain promosi barang jualan. 

6. Mendapatkan Penghasilan Tambahan 

Mempunyai toko online sekaligus juga memberikan ruang untuk mengasah kemampuan berbisnis sejak dini. 

Karena nantinya dari sini Anda juga bisa mendapat penghasilan tambahan yang bisa digunakan untuk simpanan agar pendapatan utama dapat digunakan untuk kebutuhan lainnya. 

Namun sekarang ini sudah banyak juga yang menggunakan jualan online sebagai pendapatan utama mereka. 

Pasalnya jika ditekuni dengan maksimal, turut mengikuti perkembangan trend sekarang, sosial media dapat memberikan penghasilan melebihi pendapatan kantoran, bahkan berkali-kali lipat. 

7. Budgeting yang Lebih Terkendali 

Dampak media sosial bagi bisnis memang sudah tidak diragukan lagi. Media satu ini punya pengaruh yang besar selain bagi penjualan juga untuk biaya atau budgeting. 

Daripada uang digunakan untuk promosi offline sedangkan target penjualan juga belum jelas lebih baik diarahkan ke sini saja. 

Penggunaan biaya bisa untuk berbagai macam keperluan misalnya branding atau promosi. 

Sebuah perusahaan baik itu start up maupun sudah besar pastinya bisa memaksimalkan media sosial untuk menjagkau pelanggannya melalui sebuah iklan saja. Harganya tentu lebih murah daripada pasang di Tv.

Media promosi internet tentunya bukan hal baru bagi para pebisnis masa kini. Sudah seharusnya fasilitas teknologi satu ini dimanfaatkan dengan sebaik mungkin untuk kepentingan yang positif. 

Karena ke depan internet atau sosial media akan berpotensi lebih besar lagi daripada sekarang. Pilihlah dengan bijak media promosi online yang sesuai dengan karakter dan target bisnis online atau offline Anda.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url