12+ Contoh Iklan Media Cetak Beserta Gambar dan Penjelasannya

contoh iklan media cetak

Tentu Anda merasa jika banyaknya contoh iklan media cetak saat ini sudah mulai menurun penggunaannya karena semakin sering digunakan perangkat digital. 

Jadi bisa dikatakan bahwa pengaplikasiannya memang paling tua sampai saat ini apabila dibandingkan dengan elektronik. 

Namun, jangan salah sangka, promosi marketing model jadul seperti ini dalam beberapa kasus lebih ngena dibanding iklan dalam bentuk digital.

Pengertian Iklan Media Cetak 

Iklan media cetak merupakan bentuk pengiklanan yang dilakukan dengan memanfaatkan beberapa perangkat hasil pencetakan.

Beberapa contohnya adalah majalah, brosur, tabloid, koran dan lainnya. Anda akan sering menemuinya ketika masih banyak orang membagikannya secara langsung. 

Biasanya juga sering dipasang di jalanan seperti spanduk pada papan pasang pengiklan yang cukup besar. 

Baca Juga: Media Promosi Online Terbaik 2021

Umumnya pengiklanan tersebut bertujuan untuk mempromosikan produk, jasa hingga acara dan informasi lainnya jika berhubungan dengan layanan masyarakat. 

Pengiklanan dengan menggunakan media cetak biasanya membutuhkan beberapa ketentuan yang harus dipenuhi. 

Hal ini berhubungan pada jumlah baris, penggunaan bahasa, jumlah kata atau sebagainya. Anda bisa menghubungi siapa penyedianya untuk mendapatkan informasi lebih detail. 

Ciri-Ciri Iklan Media Cetak 

Seperti disinggung sebelumnya, pemasangan iklan media cetak harus memenuhi beberapa persyaratan. 

Salah satu yang paling penting adalah dibatasi oleh baris dan kolom sehingga tidak bisa dibuat secara sembarangan atau bahkan menggunakan kata sebanyak-banyaknya. 

Selanjutnya iklan media cetak biasa ditulis menggunakan bahasa formal. Anda pun biasanya akan menemukan di koran dan majalah. 

Cara ini dianggap sebagai solusi agar dapat menghemat penggunaan kata dan tidak terlalu boros kalimat saat pemasangannya. 

Kalimat dalam iklan media cetak harus bersifat informatif tanpa menggunakan kata yang banyak. 

Biasanya hanya dapat ditangkap oleh indera penglihatan saja sehingga satu-satunya cara untuk menerima informasi di dalamnya adalah dengan membacanya. 

Namun, jika Anda berminat beriklan di media cetak namun budget terbatas, Anda dapat menyiasati dengan pasang iklan gratis tanpa daftar di website atau situs-situs yang sudah kami bahas sebelumnya.

Bagian-Bagian dalam Iklan Media Cetak 

Ada beberapa bagian penting dalam iklan media cetak yang perlu dipenuhi ketika membuatnya. Hal ini penting diketahui agar tidak menghilangkan fungsinya untuk memberikan informasi kepada masyarakat. 

1. Nama Produk dan Keunggulannya 

Nama produk tentu menjadi bagian penting yang tidak boleh dilupakan dalam bentuk iklan apapun. Biasanya pihak pengiklan akan menggunakan ukuran tulisan lebih besar daripada lainnya. 

Tujuannya agar orang-orang langsung tertuju padanya dan mengingat-ingat. Keunggulan dari produk merupakan bagian yang menjelaskan mengenai apa saja hal menarik dan unik dari barang atau jasa tersebut sebagai pembeda dengan lainnya. 

Buatlah konsumen memiliki alasan untuk membelinya karena menganggapnya istimewa dan berbeda. 

2. Kalimat Iklan dan Gambar Menarik 

Kalimat iklan merupakan bagian yang menjadi ruang untuk produsen ketika mereka ingin mempengaruhi daya tarik dari seorang calon konsumen. 

Permainan kata namun tetap informatif penting dilakukan. 

Gambar menarik yang sebenarnya berguna sebagai pelengkap saja dianggap paling penting. 

Tujuannya agar orang-orang pun tertarik untuk membacanya dan tidak menganggapnya membosankan. 

3. Harga Produk, Alamat dan Nomor Telepon 

Harga produk masuk ke dalam informasi yang menjelaskan mengenai spesifikasi dan juga keunggulan. 

Konsumen akan menjadikannya sebagai pertimbangan utama sebelum membelinya sehingga harus dipasang dengan ukuran besar dan jelas. 

Sementara alamat dan nomor telepon akan memudahkan para konsumen jika ingin membelinya. 

Beberapa kasus suatu iklan produk lupa untuk menyisipkan informasi tersebut hingga akhirnya calon pembeli pun membatalkan pembeliannya karena menganggap kurang informatif. 

Contoh Iklan Media Cetak

Bagi Anda yang sering membaca koran maupun majalah tentu sudah pernah melihat iklan media cetak. Hal ini sebenarnya kerap diterapkan bagi beberapa penyedia pengiklanan meskipun tetap memperhatikan ketentuannya. Berikut beberapa contoh iklan media cetak beserta gambarnya: 

1. Iklan Baris

contoh gambar iklan baris beserta gambarnya

Iklan baris umumnya bisa Anda temukan di koran dan hanya terdiri dari 3 sampai 5 baris saja. Syarat ini mengharuskan penyusunannya menggunakan kalimat yang padat dan tidak bertele-tela. 

Hal ini dikarenakan jumlah karakter terbatas sehingga pengiklan dituntut untuk membuatnya secara singkat. 

Keterbatasan karakter tersebut, tidak jarang akhirnya pengiklan pun memilih untuk menggunakan singkatan agar semua informasi dapat disampaikan. 

Iklan baris biasanya digunakan guna menyampaikan penjualan produk, penawaran jasa, lowongan pekerjaan hingga pencarian jodoh. 

2. Iklan Penawaran 

contoh gambar iklan asuransi kesehatan

Iklan penawaran adalah salah satu contoh media cetak yang bertujuan untuk mempromosikan produk atau jasa kepada masyarakat. 

Gambar tersebut merupakan contoh iklan media cetak beserta gambar penawaran asuransi kesehatan.

Biasanya juga disisipkan dengan menawarkan layanan lainnya dalam satu pengiklanan tersebut. Umumnya berisikan mengenai diskon, grand opening dan lainnya. 

Contoh iklan penawaran berupa produk adalah makanan, minuman, barang elektronik, perabotan rumah tangga, asuransi, dan lainnya. 

Sementara yang menawarkan jasa bisa berbentuk les privat anak sekolah, kursus kemudi mobil, layanan pijat dan lainnya. Biasanya dapat Anda temukan di koran atau tabloid. 

3. Iklan Produk 

contoh iklan produk jual beli mobil

Iklan produk biasa disebut juga dengan iklan niaga. Tujuan utamanya adalah masyarakat tergiur untuk membeli barang yang ditawarkan. 

Kuncinya adalah dengan memberikan slogan, tagline ataupun kata-kata bersifat out of the box sehingga calon pelanggan akan mudah mengingatnya dan merasa tertarik. 

Iklan produk dapat dikategorikan sebagai iklan media cetak lantaran bisa Anda temukan di banner, koran maupun majalah. 

Biasanya pengiklanan seperti ini juga akan memberikan gambar yang menunjukkan barang dijual lengkap dengan spesifikasinya. 

4. Iklan Makanan 

contoh iklan makanan media cetak beserta gambarnya

Iklan makanan sebenarnya termasuk ke dalam kategori iklan produk atau niaga. Hanya saja, poin pentingnya ialah memberikan foto berupa hidangan tertentu untuk diperjualbelikan. 

Sebenarnya cara ini juga efektif agar para pelanggan merasa tertarik membelinya akibat tampilannya begitu menggoda. 

Iklan makanan ini termasuk ke dalam contoh iklan media cetak yang berupa selebaran pamflet maupun poster. 

Misalnya sebuah rumah makan menyebarkan brosur berisikan daftar menu sekaligus dengan harganya. Tidak lupa juga menawarkan adanya promo menarik agar pembeli lebih tertarik membelinya.

5. Iklan Jasa 

contoh iklan jasa media cetak

Iklan jasa sebenarnya sama dengan iklan bentuk komersial lainnya. Hanya saja menawarkan dalam bentuk layanan dan bukan produk seperti barang yang dapat dilihat secara fisik. 

Biasanya cenderung lebih informatif dalam penggunaan katanya mulai dari informasi mengenai waktu, fasilitas dan jam buka

Contoh saja adalah jasa kursus kemudi mobil. Ada banyak informasi harus disampaikan kepada calon klien mulai dari syarat ketentuan, harga paket, alamat kantor, contact person dan lainnya. 

Tidak lupa juga beberapa slogan menarik yang bertujuan untuk menarik minat bagi target pasar. 

6. Iklan Kolom 

contoh iklan kolom media cetak

Iklan kolom juga sering Anda temui di koran sama halnya seperti iklan baris sehingga cukup klasik jika masih ditemui saat ini. 

Perbedaan antara keduanya adalah penyampaian informasi secara lebih luas bahkan sampai satu halaman penuh mulai dari tulisan, gambar hingga foto yang relatif lengkap. 

Iklan kolom pada koran umumnya digunakan untuk promosi kendaraan bermotor ataupun kabar duka. 

Biasanya Anda akan menjumpainya di koran dalam satu halaman penuh dengan informasi begitu lengkap. 

7. Iklan Komersial

contoh iklan komersial web hosting

Iklan komersial merupakan pengiklanan yang berguna untuk mendukung pemasaran barang maupun jasa. 

Dalam gambar tersebut, menjual tentang layanan web hosting terbaik di Indonesia .(kurang lebih begitulah klaim mereka)

Misalnya adalah informasi terkait aplikasi belanja online sehingga pengguna bisa dengan mudah mengaksesnya. Pihak pengiklan berharap mampu mendukung dan menaikkan daya jual suatu produk. 

Iklan komersial pun memiliki beberapa ciri yakni mempunyai desain cukup unik, bagus, sederhana dan dipasang di berbagai tempat sehingga diharapkan ada banyak orang melihatnya. 

Tujuannya agar mereka mudah mengingatnya sehingga memutuskan untuk menggunakan produk tersebut. 

8. Iklan Lowongan Kerja 

contoh iklan lowongan pekerjaan media cetak

Sesuai dengan namanya, iklan lowongan kerja akan dikeluarkan oleh pihak perusahaan atau bahkan perseorangan yang membutuhkan seseorang untuk dipekerjakan pada posisi tertentu. 

Tidak lupa juga bahwa ada banyak informasi harus termuat di dalamnya terutama mengenai syarat pendaftarannya. 

Iklan lowongan kerja umumnya memiliki informasi lengkap tentang jenis pekerjaan yang diperlukan, syarat pelamar dan alamat pengiriman lamaran pekerjaan. 

Biasanya juga dilengkapi dengan deadline untuk mengirimnya sehingga perlu diperhatikan terkait timeline dari pendaftaran dan penerimaan. 

9. Iklan Layanan Masyarakat 

cotnoh iklan layanan masyarakat

Lain halnya seperti iklan sebelumnya, iklan layanan masyarakat ini bertujuan untuk menyampaikan informasi penting maupun himbauan kepada banyak orang. 

Salah satu contohnya adalah nasihat dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia. 

Iklan layanan masyarakat ini bertujuan agar semua warga ikut serta berperilaku sesuai dengan himbauan yang diberikan. 

Jadi penting bagi Anda untuk mempercayainya jika pihak pengiklan benar-benar terpercaya, misalnya dari Kementerian, Dinas Kesehatan maupun Pemerintah langsung. 

10. Iklan Spanduk 

contoh iklan spanduk media cetak

Bagi Anda yang sering menemukan iklan spanduk dipasang di jalanan, maka sudah tahu salah satu jenis pengiklanan media cetak. 

Biasanya dipasang dengan ukuran memanjang dan juga horizontal. Ukurannya pun sangat besar dengan tujuan agar dapat dilihat oleh banyak orang. 

Cara pemasangannya biasanya dengan dikaitkan pada dua buah tiang maupun pohon. Beberapa orang juga memilih untuk memasangnya di depan toko. 

Berikut adalah ukuran yang umum digunakan fdalam iklan spanduk

  • 90x600, 
  • 115x500 
  • ataupun 100x700

11. Iklan Belasungkawa

contoh gambar iklan media cetak dan penjelasannya

Iklan media cetak yang kesebelas adalah iklan belasungkawa. Iklan belasungkawa adalah iklan yang  dipasang oleh pihak keluarga yang berduka sebagai bentuk rasa kehilangan yang mendalam.

Tidak hanya keluarga, biasanya jika yang telah berpulang adalah pejabat atas sebuah perusahaan, maka pengiklan berasal dari perusahaan atau rekanan kerja pejabat tersebut.

12. Iklan Berbahasa Daerah

contoh iklan media cetak bahasa jawa

Contoh iklan media cetak berikutnya adalah iklan berbahasa daerah. Umumnya, iklan jenis ini terpasang di koran-koran lokal bukan koran dengan skala nasional.

Hal tersebut dapat dimengerti karena memang segmentasi pembacanya adalah orang-orang yang paham dengan makna bahasa daerah tersebut.

Meskipun penggunaannya dianggap kurang efektif dibanding perangkat elektronik dan digital, namun masih ada pihak pengiklan setia menggunakannya.

Ada banyak contoh iklan media cetak yang sampai saat ini sering digunakan. Khususnya jika terdapat di dalam tabloid, koran dan majalah. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url