4 Perbedaan Facebook Ads dan Instagram Ads + Cara Pasang Iklannya

Di era digital seperti saat ini, Facebook dan Instagram menjadi dua platform sosial media yang memiliki banyak pengguna dan sering dijadikan sebagai media promosi melalui fitur Facebook Ads dan Instagram Ads. Lalu, apa saja indikator perbedaan Facebook Ads dan Instagram Ads?

Sebenarnya, perbedaan antara Facebook Ads dengan Instagram Ads hanya terletak pada fitur dan penawarannya saja. 

Nah, untuk mengetahui lebih jelas mengenai perbedaan antara Facebook Ads dengan Instagram Ads beserta cara membuatnya, berikut ini ulasan selengkapnya. 

Perbedaan Facebook Ads dan Instagram Ads

perbedaan facebook ads dan instagram ads

1. Engagement

Engagement merupakan salah satu fitur yang menjadi indikatoradanya perbedaan Facebook Ads dan Instagram Ads. Engagement sendiri merupakan proses interaksi yang dilakukan oleh para pelaku bisnis. 

Dari tahun ke tahun, rate engagement yang ada di Instagram juga semakin tinggi karena jumlah pengguna yang juga ikut meningkat. Menurut laporan data dari Oberlo, sebanyak 80% para pengguna Instagram yang tersebar di seluruh dunia sudah mengikuti setidaknya 1 akun bisnis.

Dengan mengikuti atau mem-follow akun-akun bisnis ini, para pengguna sosial media Instagrambiasanya akan melakukan interaksi seperti memberikan likes, meninggalkan komentar, mengirimkan Direct Message (DM), mengunjungi website, dan lain sebagainya.

Seiring dengan meningkatnya pengguna Instagram, engagement sosial media Facebook juga mengalami penurunan. Meski begitu, engagement pada Facebook Ads dinilai lebih menguntungkan karena pelaku bisnis dapat menentukan target yang berbedaatau bisa disesuaikan keinginan. 

2. Demografi

Berdasarkan survei data yang telah dilakukan, Instagram secara demokragi didominasi oleh pengguna wanita dengan jumlah persentase sebesar 50,8%. 

Sementara itu untuk jumlah persentase pengguna Instagram laki-laki sebesar 49,20%. 

Berbeda dengan demografi pada Instagram, pengguna Facebook memiliki rentang usia yang tak terbatas mulai dari anakremaja hingga orang dewasa.

Meski begitu, apabila usaha yang Anda geluti memiliki target pasar wanita, maka Instagram Ads lebih direkomendasikan daripada Facebook Ads.

3. Reach

Perbedaan Facebook Ads dan Instagram Ads selanjutnya yaitu terletak pada reach-nya. Dibandingkan dengan Facebook, 

Instagram memiliki keunggulan berupa reach organik yang lebih banyak karena didukung fitur Instagram yang beragam seperti Tagar dan Suggestion for You. 

Kedua fitur pada Instagram ini dapat membantu memperluas jangkauan postingan dan informasi yang disampaikan oleh para pelaku bisnis sehingga produk yang ditawarkan menjadi lebih mudah dikenali masyarakat sebagai pengguna sosial media tersebut.

Sementara itu, untuk Facebook sendiri sebenarnya juga memiliki keunggulan berupa reach yang tinggi sehingga keberhasilan untuk mendapatkan brand awareness menjadi lebih mudah.

Dengan adanya fitur Facebook Manager, Anda juga bisa menentukan sendiri target audiens yang diharapkan.

4. Jumlah Unduhan

Perbedaan selanjutnya antara Facebook Ads dengan Instagram Ads yaitu terletak pada jumlah pengunduhan. Pada bulan November 2020 silam, data menunjukkan bahwa jumlah pengguna Instagram sudah mencapai angka 1 Milliar lebih dan menduduki urutan kedua di dunia. 

Tidak mau kalah dengan Instagram, Facebook juga memiliki jumlah pengguna yang banyak bahkan mencapai angka 2,17 miliar pengguna. Karena alasan inilah, Facebook menjadi salah satu sosial media yang cocok untuk dijadikan sebagai saranapromosi produk. 

Cara Pasang Iklan di Facebook dan Instagram

Setelah memahami tentang perbedaan Facebook Ads dan Instagram Ads, Anda juga wajib mengetahui bagaimana cara membuatnya. 

Berikut ini langkah dan cara mudah membuat dan menayangkanciklan melalui Facebook Ads dan Instagram Ads. 

1. Cara Mudah Pasang Iklan Facebook Ads

Sebelum membuat Facebook Ads, Anda harus mempersiapkan beberapa hal terlebih dahulu seperti tujuan bisnis, target pasar, biaya iklan, dan materi konten. 

Sekadar informasi tambahan, bagi Anda yang berminat untuk beriklan di media sosial ini, referensi bacaan cara mengisi saldo Facebook Ads mungkin membantu.

Balik lagi ke topik pembahasan, setelah mempersiapkan beberapa hal tersebut, berikut ini tahapan pembuatan Facebook Ads. 

  • Langkah pertama untuk membuat Facebook Ads yaitu membuka website Facebook Ads dan login akun Facebook. 
  • Klik pada opsi menu “Buat Iklan” dan Anda akan diarahkan ke halaman facebook Ads Manager
  • Namun, jika yang dibuka bukan halaman pengaturan Facebook Ads, maka Anda bisa memilih opsi menu “Pusat Iklan” untuk tahap berikutnya. 
  • Setelah membuka halaman pengaturan untuk membuat Facebook Ads, pilih dan klik tombol “Promosikan” yang terletak di bagian kiri atas halaman.
  • Pada halaman ini, akan muncul beberapa pilihan cara mengembangkan bisnis seperti menambah pengunjung website, memasarkan bisnis lokal, dan lain sebagainya atau bisa juga memilih yang direkomendasikan Facebook yaitu “Dapatkan Lebih Banyak Pengunjung Situs Web”.
  • Setelah Anda klik “Dapatkan Lebih Banyak Pengunjung Situs Web”, langkah selanjutnya yaitu mengisi informasi secara detail dan pasang beberapa foto yang mewakili usahamu. Kamu juga bisa menentukan berapa lama durasi tayangan untuk iklan yang dipasang. 
  • Jika semua informasi yang ingin diiklankan sudah lengkap, maka Facebook akan menentukan besaran harga yang harus dibayarkan untuk penayangan iklan sesuai dengan durasi penayangan iklan. 
  • Jika perkiraan biaya iklan sudah ditentukan, Anda bisa klik opsi menu “Promosikan” dan pilih salah satu dari dua pilihan metode pembayaran yaitu melalui debit atau kartu kredit. Klik dan penayangan iklan akan segera diproses oleh Facebook.

2. Cara Mudah Pasang Iklan Instagram Ads

Selain promosi produk menggunakan Facebook Ads, Instagram Ads juga menjadi pilihan yang tepat karena dapat menjangkau audiens yang lebih tertarget dan jangkauan yang lebih luas. Berikut ini beberapa tahapan untuk membuat iklan melalui Instagram Ads.

  • Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuat Instagram Ads yaitu menentukan tujuan kampanye iklan terlebih dahulu.
  • Anda bisa memilih beberapa pilihan objective campaign yang ada di Facebook Ads untuk digunakan di Instagram Ads seperti Local Awareness, Traffic, Reach, Engagement, Video Views,Conversions, dan lain-lain.
  • Untuk pemberian judul atau nama iklan, tidak ada aturan pasti sehingga memudahkan dalam menganalisis iklan yang ingin Anda tayangkan. Jangan lupa juga untuk menambahkan range tanggal untuk memudahkan Anda dalam melakukan tracking dan pengelolaan iklan.
  • Setelah itu, Anda bisa memilih target pasar yang diinginkan seperti berdasarkan usia dan jenis kelamin, geolocation (wilayah target iklan), interest (minat), behavior (perilaku konsumen), atau demografi (pendidikan, status, dan lain-lain). 
  • Selanjutnya, Anda bisa mengatur penempatan iklan bisnis dengan beberapa pilihan antara lain Instagram, Facebook News Feed, Instant Article, dan lain-lain. Karena Anda akan memasang iklan di Instagram, Anda bisa memilih opsi “Instagram”. 
  • Tahap selanjutnya yaitu menentukan budget iklan dengan pilihan yaitu daily budget (budget harian) atau lifetime budget (total biaya sampai akhir masa periode penayangan iklan). 
  • Langkah berikutnya, Anda juga perlu melakukan proses tawar-menawar (bidding) untuk penayangan iklan di Instagram seperti proses pelelangan pada umumnya. 
  • Setelah proses bidding, selanjutnya adalah memilih format iklan pada Instagram Ads sesuai keinginan dan kebutuhan Anda. 
  • Anda bisa memilih 7 pilihan format iklan yang disediakan oleh Instagram Ads antara lain Instagram image ads, Instagram carousel ads, Instagram video ads, Slideshow ads, Instagram lead ads, Instagram video stories ads, dan Instagram story image ads.
  • Setelah memilih format, lengkapi dengan mengisi Headline, Text, dan Call to Action (CTA) dan klik tombol “Place Order”. 

Penjelasan mengenai perbedaan Facebook Ads dan Instagram Ads di atas beserta cara membuat iklannya bisa Anda jadikan sebagai referensi. Pemasangan iklan pada media sosial seperti ini juga dinilai ampuh untuk menarik minat calon pembeli dan branding produk. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url