3 Cara Mengecek NIB Perusahaan (Pengertian, Syarat, Tahapan, dan Manfaat)

Ketika akan mendirikan sebuah bisnis/usaha, Anda tentu harus memiliki NIB. NIB atau Nomor Induk Berusaha merupakan suatu kebijakan baru yang diberlakukan oleh pemerintah melalui Perpres sejak tahun 2018. Lalu, bagaimana cara membuatnya dan cara mengecek NIB perusahaan?

Apabila Anda sudah memiliki NIB, Anda sudah tidak perlu mengurus surat perizinan usaha yang ribet seperti SIUP, TDP, dan IUI. 

Untuk mengetahui secara lebih lengkap mengenai apa itu NIB, cara membuat, dan cara mengecek, mari simak penjelasannya berikut ini:

Apa Itu NIB? 

Nomor Induk Berusaha (NIB) adalah nomor identitas untuk para pelaku usaha dalam melaksanakan kegiatan usaha sesuai dengan bidang yang digelutinya. 

Dalam PP Nomor 24 Tahun 2018, NIB merupakan identitas berusaha yang digunakan pelaku usaha untuk mendapatkan izin komersial. 

Ketika pelaku usaha sudah memperoleh NIB, maka NIB tersebut bisa berlaku untuk Tanda Daftar Perusahaan (TDP). 

Baca Juga: Perbedaan Sales dan Marketing

Tidak hanya itu, NIB juga bisa digunakan sebagai Angka Pengenal Importir (API) untuk melakukan kegiatan impor dan Akses Kepabean untuk melakukan kegiatan ekspor-impor. 

Kebijakan untuk kepemilikan NIB ini mulai berlaku sejak 2018 dan tercantum dalam Perpres Nomor 91 tahun 2017.

Untuk bisa memperoleh Nomor Induk Berusaha (NIB), setiap pelaku usaha diwajibkan untuk mendaftarkan usahanya melalui OSS Republik Indonesia tanpa dipungut biaya sama sekali. 

OSS atau Online Single Submission adalah layanan yang dibentuk oleh pemerintah untuk mengurus pembuatan dokumen izin berusaha. 

Karakteristik usaha yang pembuatan izin usahanya bisa melalui OSS antara lain sebagai berikut:

  • Badan usaha atau perorangan yang baru saja berdiri sebelum operasionalisasi OSS.
  • Perorangan atau badan usaha yang menjalani usaha baik usaha mikro, kecil, menengah, dan besar.
  • Usaha yang bentuk modalnya berasal dari dalam negeri secara keseluruhan atau ada sebagian komposisi dari modal asing.  

Cara Membuat NIB (Nomor Induk Berusaha)

Untuk membuat Nomor Induk Berusaha melalui OSS, ada beberapa dokumen yang harus disiapkan sebagai persyaratannya dan tahapan proses pembuatannya yang harus Anda lakukan. 

Nah, berikut ini persyaratan dan langkah-langkah pembuatan NIB:

1. Persyaratan Pembuatan NIB

  • Setiap pelaku usaha yang ingin mendaftarkan usaha harus memiliki e-KTP, karena nantinya NIK yang tercantum di e-KTP akan dimasukkan untuk proses pembuatan user-ID OSS. 
  • Untuk pelaku usaha yang berbentuk badan usaha, NIK yang dipakai adalah NIK milik penanggung jawab
  • Bagi pelaku usaha yang berbentuk PT atau badan usaha yang didirikan oleh yayasan, firma, CV, koperasi, dan persekutuan perdata, sebelum menggunakan OSS maka perlu melakukan proses pengesahan badan usaha di Kementerian Hukum dan HAM secara online. 
  • Bagi pelaku usaha berbentuk perum, perumda, badan hukum milik negara, badan layanan umum, dan lembaga penyiaran, maka perlu mempersiapkan dasar hukum pembentukan badan usaha

2. Tahapan Pembuatan NIB Perusahaan

Setelah mengetahui dokumen persyaratan yang dibutuhkan untuk pembuatan NIB (Nomor Induk Berusaha), ada beberapa tahapan yang wajib dipenuhi dan dilakukan oleh para pengusaha. 

Berikut ini tahapan dalam mengajukan pembuatan NIB perusahaan melalui OSS:

  1. Untuk membuat NIB perusahaan, semua pengusaha ataupun investor baik firma, CV, PT (perseroan terbatas), koperasi, maupun yayasan diharuskan untuk membuat surat pengurusan badan usaha. Setiap pelaku usaha juga harus membuat akta pendirian perusahaan dan NPWP.
  2. Langkah selanjutnya setelah dokumen persyaratan telah disiapkan yaitu melakukan registrasi melalui OSS dengan mengaksesnya di https://oss.go.id/portal/
  3. Masukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tertera di e-KTP atau bisa juga menggunakan nomor paspor untuk memperoleh user ID. 
  4. Langkah selanjutnya yaitu memilih nomor akta dan melengkapi semua data yang dibutuhkan untuk mendapatkan NIB sekaligus izin dasar usaha. 
  5. Selain KTP, pelaku usaha ataupun investor juga harus menyiapkan dokumen lainnya seperti,Data Nilai Investigasi, Data Badan Usaha Perusahaan, Data Pemegang Saham, Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing, dan Data BPJS Ketenagakerjaan, serta Data BPJS Kesehatan
  6. Setelah semua dokumen persyaratan dan tahapan proses pembuatan NIB sudah dilakukan sesuai dengan kriteria yang ditetapkan pemerintah, maka akan muncul notifikasi yang berisi tentang intensif fiskal.
  7. Notifikasi atau pemberitahuan ini nantinya akan menjadi bukti bahwa pelaku usaha atau investor sudah resmi memiliki NIB (Nomor Induk Berusaha). Setiap pengusaha maupun investor juga harus bertanggung jawab dan melakukan kewajibannya sesuai dengan notifikasi perizinan dan fasilitas.
  8. Jika di kemudian hari ditemukan adanya kepalsuan, kecurangan, atau penyalahgunaan data yang tidak sesuai, maka NIB pengusaha atau investor akan dicabut oleh pemerintah dan diproses secara hukum. 

Cara Mengecek NIB Perusahaan

cara mengetahui NIB perusahaan dengan mudah

Setelah memahami cara membuat NIB, pelaku usaha dan investor juga harus mengetahui cara untuk cek NIB perusahaan. 

Berikut adalah berbagai cara mengetahui NIB perusahaan:

1. Cara Melakukan Pengecekan NIB Perusahaan Lewat OSS (Online Single Submission)

  • Untuk melakukan pengecekan status Nomor Induk Perusahaan (NIB) perusahaan dapat dilakukan secara online yaitu melalui portal OSS di https://oss.go.id/portal/. Situs OSS akan memberikan gambaran secara jelas mengenai perusahaan yang sedang Anda periksa.
  • Langkah pertama yang wajib Anda lakukan sebelum memulai pengecekan yaitu mengetahui terlebih dahulu NIB perusahaan yang ingin Anda periksa, dengan cara bertanya secara langsung kepada pihak perusahaan. 
  • Selanjutnya, Anda bisa masuk ke halaman utama portal OSS. Pada halaman awal, Anda akan menemukan beberapa pilihan menu, salah satunya yaitu status NIB
  • Untuk melakukan proses pemeriksaan, Anda hanya perlu menekan opsi menu tersebut. 
  • Setelah itu, Anda bisa mengisi sejumlah data yang diminta dan tinggal melakukan pengaktifan Nomor Induk Berusaha (NIB).
  • Isi kolom dengan nomor yang sudah Anda dapatkan.
  • Jangan lupa untuk memasukkan nomor dan tanggal beserta kode Captcha dan klik ‘Submit’.
  • Tunggu beberapa saat untuk sistem portal melakukan pemrosesan informasi yang ingin Anda cari. 
  • Hasilnya, Anda akan mendapatkan informasi status perusahaan secara jelas apakah sudah terdaftar atau belum di dalam portal OSS. 

2. Cara Cek NIB Perusahaan Melalui NSWI

Cara lainnya untuk mengecek NIB perusahaan bisa dilakukan melalui portal NSWI. 

Meski tidak sepopuler OSS, portal NSWI juga sudah banyak digunakan oleh orang-orang untuk melakukan pengecekan NIB perusahaan. 

Cara mengecek NIB perusahaan melalui NSWI juga sangat mudah sehingga bisa digunakan oleh siapapun. 

  1. Sama seperti cek NIB melalui OSS, cek NIB melalui NSWI juga membutuhkan Nomor Induk Berusaha melalui situs http://nswi.bkpm.go.id/.
  2. Setelah Anda masuk ke halaman utama situs NSWI, Anda bisa menekan opsi menu tracking yang terletak pada bagian atas tampilan menu. Di halaman menu ini, Anda akan menemukan kolom tracking yang perlu diisi dengan nomor identitas perusahaan. 
  3. Apabila Anda sudah memasukkan nomor identitas perusahaan, Anda bisa klik ‘Cari’. Tunggu hingga hasil pencarian selesai dan Anda bisa mengetahui status perusahaan yang ingin diketahui.

3. Cara Cek NIB Melalui INSW

Cara untuk cek NIB perusahaan selain kedua cara di atas yaitu melakukan pengecekan melalui portal INSW. 

INSW merupakan portal yang disediakan oleh pemerintah untuk mendukung pengecekan NIB, PIB, dan identitas perusahaan lainnya dengan mudah dan praktis.  

  1. Portal ini dapat diakses melalui alamat situs di https://insw.go.id/. Di portal INSW ini, Anda bisa menemukan beberapa pilihan menu khusus. 
  2. Untuk cek NIB, Anda hanya perlu menyorot pada menu tracking yang terletak pada urutan ketiga dari kanan tampilan layar portal.
  3. Setelah itu, cari opsi menu tracking NIB dan klik untuk menemukan jendela khusus yang bisa dimanfaatkan. Isi NIB pada kolom yang tersedia dan tulis kode yang tertera pada tampilan layar, lalu tekan ‘Submit’ untuk melanjutkan proses pengecekan NIB. 
  4. Tunggu beberapa menit dan Anda sudah bisa melihat hasil dari pemeriksaan Nomor Induk Berusaha (NIB) perusahaan yang Anda cari. 
  5. Perlu diingat juga, untuk bisa melakukan pengecekan NIB, Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu.
  6. Namun, jika Anda adalah salah satu pelaku usaha, pendaftaran pada portal INSW bisa sekaligus sebagai langkah awal untuk melanjutkan kepentingan usaha. Dengan begitu, usaha atau bisnis yang Anda geluti bisa memiliki lisensi atau perizinan usaha secara resmi. 
  7. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk mendapatkan NIB perusahaan, Anda sebagai pelaku usaha harus mempersiapkan beberapa dokumen persyaratan. Dokumen-dokumen tersebut meliputi data perusahaan, data pemegang saham, NPWP, data BPJS, nilai investasi, dan lain sebagainya. 
  8. Setelah itu, input semua dokumen sesuai urutan dan petunjuk yang tertera pada formulir pendaftaran NIB melalui portal INSW. Pendaftaran secara online ini sangat direkomendasikan karena Anda hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit saja. 
  9. Tunggu hingga permohonan pendaftaran divalidasi oleh sistem. Jika pendaftaran NIB sudah berhasil, Anda bisa melakukan pengecekan NIB perusahaan melalui portal tersebut. 

Manfaat Nomor Induk Perusahaan (NIB)

Setelah memahami apa itu NIB, cara membuat, dan cara mengecek NIB perusahaan seperti yang sudah dijelaskan di atas, NIB juga memiliki beberapa manfaat baik bagi pemilik usaha maupun investor. Berikut ini beberapa manfaat NIB untuk pelaku usaha dan investor:

Manfaat NIB untuk Pelaku Usaha

  • Lebih Dipercayai oleh Konsumen

Bagi pelaku usaha, NIB memiliki banyak manfaat sebagai bentuk perizinan yang legal dan diakui secara hukum yang berlaku di Indonesia dalam menjalankan usahanya. 

NIB juga bisa digunakan oleh pelaku usaha untuk mendapatkan TDP (Tanda Daftar Perusahaan) dan API (Angka Pengenal Importir). 

Apabila nama perusahaan sudah terdaftar dan mendapatkan izin usaha, maka perusahaan tersebut akan lebih mudah mengembangkan perusahaannya. 

Pelaku usaha juga akan lebih mudah melakukan perjalanan bisnis ke luar negeri jika perusahaan sudah legal dan berizin.

Dengan adanya NIB, konsumen akan lebih percaya pada legalitas dan kredibilitas perusahaan yang Anda jalankan.

  • Memudahkan Perusahaan Mendapatkan Pendanaan

Manfaat dari NIB perusahaan selanjutnya yaitu memudahkan pelaku usaha untuk mendapatkan pendanaan atau pinjaman dari para investor, dalam menguatkan dan mengembangkan bisnis yang digelutinya. 

Investor akan lebih mempercayai para pelaku usaha yang bisnisnya sudah memiliki NIB dan terdaftar secara resmi sesuai peraturan pemerintah. 

Para investor biasanya tidak hanya melakukan peninjauan pada visi dan misi perusahaan saja, namun memandang dari segi legalitasnya juga. 

Perusahaan yang masih kecil sekalipun wajib mendaftarkan usahanya untuk memperoleh NIB sehingga mereka diakui secara legal dan dapat menginduk pada perusahaan besar untuk membantu branding dan melebarkan usahanya. 

Cara ini biasanya dikenal dengan istilah sewa undername. 

Dengan menginduk pada perusahaan besar, usaha kecil dapat melakukan proses pengambilan dan pengiriman barang secara lebih aman. 

Intinya, NIB perusahaan akan sangat membantu untuk menyakinkan perusahaan lain dan investor dalam memberikan suntikan dana.

Manfaat NIB untuk Investor

Tidak hanya bermanfaat untuk para pengusaha saja, NIB juga bermanfaat bagi para calon investor. 

Cara mengecek NIB perusahaan seperti yang sudah dijelaskan di atas biasanya akan diterapkan oleh calon investor ketika akan menanamkan modal pada suatu perusahaan. 

Cara ini banyak ditempuh oleh calon investor untuk menguji dan memastikan bahwa dana yang akan dikucurkan bagi perusahaan tersebut benar-benar tepat sasaran dan tidak sia-sia. 

Setiap investor tentu mengharapkan timbal-balik berupa profit atau keuntungan dari perusahaan yang didanai.

Penjelasan mengenai cara membuat dan cara mengecek NIB perusahaan tersebut bisa Anda jadikan sebagai referensi. Dengan adanya NIB, para pelaku usaha akan lebih mudah dalam mendapatkan suntikan dana dari para investor atau perusahaan lainnya karena sudah terbukti legalitasnya. 

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url