Fungsi Kartu Kredit, Pengertian, dan Kegunaannya yang Jarang Diketahui

Fungsi Kartu Kredit - Seiring dengan berkembangnya teknologi yang semakin canggih, kini kartu kredit dijadikan sebagai penopang atau memenuhi kebutuhan hidup. 

Informasi tentang pengertian, kegunaan dan fungsi kartu kredit semakin banyak dicari. Sebagian besar masyarakat ingin mengajukan kartu tersebut demi bisa dapat keuntungan.

Pengertian Kartu Kredit

fungsi kartu kredit bca, bri, bni

Pada umumnya, pengertian kartu kredit adalah sebuah alat pembayaran. Penggunaan CC biasanya yaitu sebagai pengganti dari uang tunai. 

Jadi, alat ini bisa digunakan semua nasabah untuk ditukarkan dengan beberapa macam barang maupun jasa yang mereka ingin beli. Biasanya hal tersebut disebut merchant.

Pengertian kartu kredit lainnya adalah sebuah kartu yang dikeluarkan oleh pihak bank. 

Kemudian, fungsinya dapat digunakan oleh semua nasabah, supaya mereka dapat melakukan transaksi atau pembelian barang maupun jasa tanpa menggunakan cara tunai. Jadi, bisa dikatakan masih hutang.

Sebagai uang elektronik, kartu kredit ini memiliki banyak macam jenis. Bahkan di setiap bank juga pasti mempunyai berbagai macam jenis / variasi CC.

Baca Juga:

Cara Membuat Kartu Kredit BRI

Hal tersebut bisa disesuaikan dengan kebutuhan atau keperluan sehari-hari. Dikarenakan setiap kartu ada akan dikenakan limit yang berbeda-beda pula.

Kegunaan Kartu Kredit 

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, kartu kredit ini merupakan salah satu alat atau kartu elektronik yang biasanya banyak digunakan dalam rangka membayar sesuatu. 

Misalnya saja dalam transaksi pembelian barang maupun jasa. Jadi, cara ini juga sama saja dianggap sebagai hutang.

1. Dapat Mempermudah Melakukan Transaksi 

Salah satu kegunaan dari penggunaan kartu kredit, yaitu dapat mempermudah dalam melakukan transaksi. 

Dimisalkan saja ketika Anda membeli barang dengan harga yang cukup mahal, 10 juta misalnya. Tentu tidak cukup di dompet bukan? Penggunaan CC inilah yang memudahkan pembayaran.

Artikel Lainnya:

Bahkan untuk melakukan transaksi dengan nominal kecil pun pasti akan terlihat. Misalnya saja Anda berbelanja di supermarket. 

Pihak kasir atau pembeli tidak perlu lagi menghitung lembaran uang saat hendak membayar atau memberikan kembalian. Cukup gunakan kartu kredit saja semuanya beres.

2. Dapat Menghindari Denda Tambahan 

Kegunaan kartu kredit lainnya adalah dapat mencegah pengeluaran berlebih. Seperti dalam membayar tagihan listrik, air, televisi kabel atau bahkan telepon. 

Tentu saja setiap orang memiliki kesibukan yang berbeda – beda. Bahkan ada yang terlalu sibuk kerja, sehingga lupa membayarnya.

Artikel Lainnya:

Cara Membuat Kartu Kredit Mandiri Via Online

Salah satu kunci untuk dapat menghindari pembayaran tambahan tersebut, yaitu dengan menggunakan kartu kredit. 

Jadi, Anda bisa mencoba menghubungi operator dari penyedia layanannya untuk dapat melakukan pembayaran secara otomatis saja. Seperti membayar tagihan rutin.

3. Menjadi Alat Tukar di Luar Negeri

Kegunaan kartu kredit yang mampu membantu Anda secara penuh, yaitu dapat digunakan sebagai alat tukar di luar negeri. 

Kartu ini akan sangat cocok bagi nasabah yang suka sekali pergi jalan-jalan ke luar negeri. Bahkan penggunaan kartunya memiliki banyak jenis dari setiap bank di Indonesia.

Baca Juga:

Cara Membuat Kartu Kredit BNI

Ada dua jenis kartu kredit yang saat ini masih beredar di tanah air, yaitu Mastercard dan juga Visa. 

Hal tersebut tergantung pada jaringan kartu kredit Anda, melakukan transaksi di luar negeri bisa saja dilakukan tanpa menukar uang lagi. Jadi, nominalnya akan dikonversikan kek rupiah dan sesuai kurs.

4. Dapat Mengatur Keuangan 

Bila menggunakan kartu kredit, maka semua transaksi yang dilakukan akan terekam secara baik dan terstruktur. 

Dikarenakan data pengeluarannya ada di dalam lembar tagihan, semuanya lengkap karena ada tangan transaksinya. Itulah mengapa penggunakan CC menjadikan Anda bisa atur uang.

Dengan menggunakan kartu kredit ini, Anda bisa berpatokan dengan pengeluaran bulan lalu untuk dapat mengatur keuangan di bulan selanjutnya. 

Tentu saja berbeda dengan mencatat pengeluaran manual, tidak menutup kemungkinan akan terjadi kekeliruan atau bahkan tidak tercatat.

5. Dapat Meringankan Pengeluaran 

Tidak menutup kemungkinan, bahwa setiap orang pasti ingin meminimalisir pengeluarannya. 

Dalam rangka mewujudkan hal tersebut, Anda bisa menggunakan kartu kredit. Sebab, dengan penggunaannya, maka pengeluaran akan jauh terasa lebih ringan. 

Promosi tersebut misalnya saja adanya cashback maupun diskon. Tidak menutup kemungkinan, bahwa setiap jenis kartu kredit pasti ada layanan seperti itu. 

Dengan begitu, Anda bisa lebih meringankan beban pengeluaran karena mendapatkan potongan harga saat melakukan transaksi.

Fungsi Kartu Kredit 

Sebagai salah satu alat elektronik yang seringkali banyak digunakan dalam melakukan transaksi. Kartu kredit ini memiliki fungsi secara umum yang biasanya selalu menjadi andalan dalam bertransaksi.

Itulah mengapa penggunaan CC ini kerap dijadikan sebagai penopang kebutuhan hidup. Berikut adalah ulasan Dolarhijau mengenai fungsi kartu kredit.

1. Sebagai Dana Emergency

Banyak orang yang belum tahu dan mempertanyakan apa fungsi dari kartu kredit.

Salah satu fungsi dari penggunan kartu kredit adalah sebagai dana emergency. Sesuai dengan namanya, dana ini akan dibutuhkan ketika saatnya benar darurat atau genting / mendadak. 

Setiap orang pasti memiliki keperluan dan tidak menutup kemungkinan jika ada sesuatu yang bersifat dadakan.

Misalnya saja seperti mendapatkan musibah seperti kecelakaan, Anda tidak akan pernah tahu meskipun sudah berhati-hati. 

Yang namanya musibah tidak akan pernah tahu, jadi dana dari penggunaan kartu kredit ini bisa dijadikan sebagai dana emergency. Biaya bisa ter-cover semuanya.

2. Sebagai Dana Opportunity dan Bentuk Pengeluaran 

Kemudian, fungsi dari kartu kredit pada umumnya adalah sebagai dana opportunity. 

Sesuai dengan namanya, dana ini akan digunakan nasabah ketika hendak melakukan investasi atau mencari peluang bisnis yang tidak akan tentu juga akan datang kedua kalinya. Jadi, intinya kesempatan emas.

Penggunaan kartu kredit juga seringkali digunakan sebagai bentuk pengeluaran dalam pembelanjaan. Jadi, dana yang dikeluarkan akan lebih efisien lagi. 

Misalnya saja penggunaan CC dalam membayar tagihan rutinan, seperti telepon, listrik, air dan masih banyak lagi lainnya.

Khusus untuk bagian ini, baik fungsi kartu kredit BCA, BNI, BRI, atau Mandiri itu sama saja.

3. Dapat Mencatat Biaya dan Memperjelas Pengeluaran 

Fungsi kartu kredit selanjutnya adalah dapat dijadikan sebagai pencatatan biaya. Biasanya setiap nasabah tidak pernah lepas dari yang namanya transaksi untuk pembelian barang. 

Dimaksud pencatatan ini, yaitu agar nasabah bisa meminimalisir pengeluaran dengan mengelola uang rutinan.

Tidak menutup kemungkinan, bahwa nasabah seringkali mengalami kelebihan belanja. Jadi, hampir seluruh uangnya habis untuk membeli barang ini dan itu. 

Dengan pengguanaan kartu kredit ini, semua jenis pengeluaran akan tercatat dengan jelas di rekening giro. Bahkan bisa cross checking di akhir bulan.

4. Dijadikan Sebagai Servis Asuransi dan Pembayaran Online

Penggunaan kartu kredit ini membawakan banyak keuntungan bagi setiap nasabahnya. Anda bisa menggunakan CC sebagai bentuk servis asuransi. 

Misalnya saja seperti asuransi kecelakaan, kesehatan, pencurian atau bahkan perjalanan. Bisa juga servis atas barang yang sudah dibeli.

Fungsi kartu kredit paling utama juga dijadikan sebagai salah satu bentuk dalam melakukan pembayaran secara online. 

Di zaman yang semakin canggih ini, hampir semua store di seluruh daerah menggunakan pelayanan kartu ini. Tidak hanya di tanah air saja, melainkan di seluruh dunia.

5. Melakukan Kredit Barang Dengan Bunga Hanya 0%

Tidak hanya itu saja, fungsi dari kartu kredit ini telah terbukti dapat membantu pengeluaran serta menghematnya. 

Salah satunya adalah memberikan bunga sekitar 0% saja bagi nasabah yang melakukan pembelian barang apa pun dan di manapun tokonya.

Dengan adanya bunga cicilan hanya 0% saja, kartu kredit ini dianggap memiliki keistimewaan tersendiri. 

Namun, perlu Anda ingat bahwa tidak semua jenis transaksi akan mempunyai bunga 0% ini. Dikarenakan semuanya tergantung kepada penjual yang akan menerima pembayaran kartunya.

Cara Bijak Dalam Penggunaan Kartu Kredit

  • Bagi Anda yang memutuskan untuk menggunakan kartu kredit, meskipun memiliki banyak fasilitas yang bisa memudahkan bertransaksi. 
  • Tetaplah ingat bahwa kartu tersebut juga sama saja dengan debit, jika salah penggunaan maka pengeluaran juga akan lebih besar dari perkiraan sebelumnya.
  • Oleh karena itu, dalam menggunakan kartu kredit Anda harus bijak dalam memakainya. Seperti misalnya saja batasi penggunaan CC secara berlebihan, gunakanlah satu hingga dua kartu saja jangan berlebihan. Jangan juga menarik tunai di ATM, karena akan muncul biaya lagi dalam tagihan.
  • Cara bijak menggunakan kartu kredit selanjutnya, yaitu jangan pernah berbelanja secara berlebihan. 
  • Atur saja mana yang penting dan harus dibeli terlebih dahulu, seperti kebutuhan rumah tangga. Manfaatkan juga promosi kartu dengan benar, misal diskon belanja. Jadi, gunakan untuk belanja bulanan.

Itu tadi adalah penjelasan secara lengkap mengenai pengertian, kegunaan, dan fungsi kartu kredit di atas. Kini Anda telah mengetahui, bahwa kartu tersebut akan sangat bermanfaat jika penggunaannya tepat. Sama seperti menyimpan uang, gunakanlah CC sesuai dengan kebutuhan penting saja.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
Comment url