7 Reksadana Campuran Terbaik: Rekomendasi Pilihan dan Keuntungannya

7 Reksadana Campuran Terbaik Rekomendasi Pilihan dan Keuntungannya

Artikel diperbarui pada 15 September 2023.

Reksadana campuran terbaik bisa menjadi referensi sekaligus acuan untuk memiliki reksadana jenis campuran dengan rekam jejak dan keuntungan terbaik. Wadah instrumen keuangan satu ini juga banyak dipilih karena sistem dan keunggulannya yang sangat menggiurkan.

Pengertian Reksadana Campuran

reksadana campuran terbaik 2021

Sebelum berjalan lebih jauh, akan sangat penting untuk mendalami secara jelas tentang reksadana campuran. Reksadana campuran adalah instrumen investasi yang memberikan keleluasaan terhadap pemodal untuk menentukan komposisi asetnya pada efek ekuitas / tak hanya fokus pada satu instrumen.

Dalam artian jenis instrumen yang digunakan seperti obligasi, surat utang, saham atau aset lainnya dapat digabungkan dengan besaran persentase yang bervariasi.

Namun idealnya tidak boleh melebihi angka 79%, sehingga pembagian cenderung seimbang.

Dengan pengelolaan yang tepat dan profesional, reksadana ini akan memberi keuntungan besar bahkan lebih tinggi dari reksadana saham.

Selain itu, pilihan ini juga sangat potensial untuk investasi jangka panjang yang tidak hanya memuaskan pada waktu singkat saja.

Rekomendasi Reksadana Campuran Terbaik

Reksadana terbaik senantiasa ditampilkan oleh berbagai platform dan media secara terbuka kepada publik.

Hal ini dilakukan untuk mendongkrak minat investasi sekaligus memberi panduan memilih reksadana paling direkomendasikan. Termasuk dengan reksadana campuran sebagai berikut.

1. Shinhan Balance Fund

Shinhan Balance Fund menduduki posisi pertama pada kuartal IV tahun 2020 bahkan masih berada di posisi terbaik selama kurun waktu 5 tahun terakhir.

Adapun Bank Kustodian yang berkaitan dengan reksadana ini adalah PT Bank DBS Indonesia Custody.

Tak perlu diragukan lagi kualitas kinerja Shinhan Balance Fund yang senantiasa menjaga konsistensi serta membangun pengelolaan manajemen investasi secara profesional.

Dengan upaya tersebut pihaknya banyak mengantar investor kepada gerbang kesuksesan finansial.

2. Star Balanced

Star Balanced merupakan produk reksadana campuran yang juga ramai diburu pemodal karena berbagai kelebihannya.

Dengan mengandalkan Manajer Investasi lokal yakni PT Surya Timur Alam Raya, pihaknya justru berhasil berada di peringkat kedua.

Sebagaimana kriteria yang ditentukan, keberhasilan Star Balanced juga dipengaruhi oleh kinerja 5 tahun terakhir yang layak diapresiasi.

Dengan kondisi demikian, berinvestasi pada produk ini sangat direkomendasikan untuk Anda yang ingin reksadana campuran.

3. HPAM Flexi Plus

HPAM Flexi Plus adalah instrumen reksadana yang dikelola oleh PT henan Putihrai Asset Management dan memiliki nilai return yang sangat tinggi.

Adapun persentase nilai tersebut mencapai 13,08% dengan minimum invest sebesar Rp 1.000.000.

Tak mau kalah dari dua peringkat sebelumnya, HPAM Flexi Plus juga memiliki rekam jejak dan keuntungan serta stabilitas keuntungan yang sangat kompetitif, sehingga sangat tepat sebagai pilihan reksadana. Pihaknya juga selalu mendapat simpati peminatnya melalui pertumbuhannya.

4. GAP Balance Life Pension Fund

Perlu diketahui produk GAP Balance Life Pension Fund memiliki nilai return yang sangat tinggi bahkan sempat mencapai 70,39%.

Kemudian disusul dengan peningkatan grafik secara konsisten dan membuat riwayat kinerjanya semakin produktif. Tak heran jika hal ini menjadikannya salah satu yang terbaik.

Bahkan keunggulannya tetap bertahan disaat beberapa reksadana campuran lain sempat mengalami pemerosotan.

Adapun harga wajar untuk reksadana pada portofolio ini adalah senilai Rp 1.654 dan termasuk pada harga kompetitif yang banyak menarik investor untuk turut menitipkan dana.

5. TRIM Syariah Berimbang

Tidak melewatkan produk reksadana syariah, TRIM Syariah Berimbang juga patut diacungi jempol karena prestasinya melalui pengelolaan Manajer Investasi PT Trimegah Asset Management.

Pilihan satu ini juga relatif mudah dan ringan serta memiliki riwayat keuntungan dan grafik yang baik.

Adapun minimum modal yang dibutuhkan hanya sebesar Rp 100.000 dengan nilai rata-rata return adalah 12,6%.

Hal ini sangat sesuai untuk kalangan menengah atau yang sedang mencari peluang investasi dengan modal terjangkau, sehingga dapat sekaligus mempelajari cara investasi ini.

6. Victoria Mandiri Berimbang

Victoria Mandiri Berimbang dikelola oleh PT Victoria Manajemen Investasi sebagai Manajer Investasinya.

Sedangkan Bank Kustodian yang digunakan adalah Bank Danamon. Reksadana ini juga telah mencatat keuntungan nilai return yang cukup menggiurkan dan terbilang tinggi.

Instrumen satu ini juga menjadi yang paling banyak digemari karena lebih rendah resiko namun tetap memberikan laba.

Adapun nilai return per bulan diketahui mencapai 5,7% dengan Nilai Aktiva Bersih yaitu Rp 1.190.

7. Simas Balance Gemilang

Sudah kenal Simas Balance Gemilang? Reksadana ini tergolong menjadi yang terbaik berkat kinerja dan nilai return-nya.

Produk yang dikelola oleh PT Sinarmas Asset Management ini mampu menghasilkan keuntungan yang sangat besar dan menjadi incaran para investor.

Adapun Bank Kustodian yang menerima amanah dari Simas Balance Gemilang adalah CIMB Niaga yang semakin meningkatkan kepercayaan pihak terhadap kualitas reksadana.

Rekomendasi ini sangat layak untuk menjadi bahan pertimbangan Anda.

Keuntungan Memilih Reksadana Campuran

Memiliki sisi identik dan karakteristiknya sendiri, reksadana campuran digunakan karena kegunaannya sebagai media investasi sekaligus memborong keuntungan yang berbeda dari jenis instrumen lainnya. Adapun keuntungan memilih reksadana campuran adalah sebagai berikut.

1. Memiliki Imbal Hasil Lebih Besar

Membahas soal keuntungan secara materiil pasti membuat mata berbinar. Tak ketinggalan pula keuntungan imbal hasil dari reksadana campuran yang sangat tinggi.

Hal ini ditunjukkan oleh nilai return yang bahkan diklaim lebih tinggi daripada reksadana pendapatan tetap.

Nilai return yang menarik tersebut bisa bahkan bisa mencapai besar 15% per tahun.

Meski begitu besar namun reksadana ini juga mengemban resiko yang besar sehingga penting untuk waspada dan lebih berhati-hati serta memilih produk terpercaya.

2. Investasi Sudah Terdiversifikasi

Dengan sistem diversifikasi, modal yang Anda simpan akan dirupakan dalam beberapa bentuk instrumen modal.

Dengan demikian hal ini juga akan menumbuhkan lebih banyak peluang serta dapat menjadi sumber keuntungan yang tidak hanya berfokus pada satu produk.

Bahkan meski terbilang sangat serius dan lebih beresiko, namun reksadana campuran ini sangat kompetitif untuk menunjang perencanaan keuangan jangka panjang serta hasil lebih menjanjikan.

Oleh sebab itu, menentukan jenis ini perlu persiapan matang.

3. Menjadi Investasi yang Relatif Aman

Kata aman dalam pengertian ini merupakan kondisi daripada modal yang diwujudkan sebagai deposito dan pasar uang disamping berupa saham.

Dengan demikian jika harga saham menurun maka Manajer Investasi dapat menanam modal lebih besar ke obligasi atau pasar uang.

Dengan demikian maka resiko akan lebih mudah diantisipasi serta nilai modal tidak akan mengalami kerugian.

Bahkan situasi ini termasuk relatif lebih aman daripada jenis reksadana saham. Maka dari itu, berinvestasi dengan reksadana campuran akan lebih terjamin.

Demikian informasi tentang reksadana campuran terbaik berikut dengan keuntungannya. Hal ini dapat menjadi rekomendasi serta peluang yang dapat dimanfaatkan sebaik mungkin terlebih jika kondisi keuangan sedang memadai guna stabilitas finansial dalam jangka panjang. Semoga informasi ini bermanfaat.

Related Posts

Cara Cek Saldo BTN Mobile Banking

Artikel diperbarui pada 28 Maret 2024. Pendahuluan Kamu pengguna BTN Mobile Banking yang ingin mengetahui cara cek saldo? Salah satu keunggulan dari layanan mobile banking adalah kamu…

Cek Saldo Maybank Lewat Hp – Cara Mudah Melakukan Check Saldo Online dan Offline

Artikel diperbarui pada 28 Maret 2024. Ingin Tahu Cara Cek Saldo Maybank Lewat Hp? Simak artikel ini dan temukan cara mudah untuk melakukan check saldo online dan…

Cek Saldo Shopeepay: Cara Mudah dan Cepat Mengecek Uang Elektronikmu

Artikel diperbarui pada 27 Maret 2024. Pendahuluan Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan Shopeepay, sebuah layanan uang elektronik yang disediakan oleh Shopee. Selain memudahkan proses transaksi…

Cara Cek Saldo ShopeePay

Artikel diperbarui pada 27 Maret 2024. Mengenal ShopeePay dan Manfaatnya ShopeePay adalah layanan dompet digital yang diluncurkan oleh platform e-commerce terkemuka, Shopee. Dengan ShopeePay, kamu dapat mengirim…

Cara Cek Saldo Kartu Kredit BCA di ATM – Tutorial Lengkap

Artikel diperbarui pada 27 Maret 2024. Pendahuluan Apakah kamu salah satu pemilik kartu kredit BCA yang ingin mengetahui cara cek saldo di ATM? Jangan khawatir, kamu tidak…

Cara Cek Saldo Smartfren dan Informasi Lengkap

Artikel diperbarui pada 26 Maret 2024. Perkenalan Apakah kamu pengguna Smartfren dan ingin mengetahui cara cek saldo Smartfren? Berikut ini informasi lengkap yang dapat membantu kamu untuk…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *