Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

4 Cara Belanja di Alibaba.com Bayar Lewat Alfamart, Indomaret Tanpa Rubah Rupiah

Modernisasi mengharuskan semua harus berjalan cepat. Apalagi,semakin banyak website pasar online yang bisa digunakan. Seperti misalnya salah satu vendor raksasa satu ini, tentu saja cara kerjanya sangat berbeda dengan market place pada umumnya. Lalu, bagaimana cara belanja di Alibaba.com untuk orang yang baru pertama kali mengenalnya? Simak ulasan berikut ini.

Apa Itu Alibaba.com?

cara belanja di alibaba.com

Tidak sedikit orang yang selalu menyamakan Alibaba.com ini dengan market place lainnya. Misalnya saja pada ebay, namun perlu diketahui bahwa konsep dari perusahaan Alibaba ini sesungguhnya berbeda. Perbedaan signifikannya adalah bisa dikatakan platform khusus untuk para supplier, produsen atau bahkan wholeseller. 

Tujuannya adalah untuk dapat mendislay suatu produk yang sudah mereka sediakan. Inilah mengapa pihak Alibaba tidak meyediakan berbagai macam layanan transaksi seperti yang diinginkan konsumennya, atau seperti market place pada umumnya. Dikarenakan konsepnya saja sudah beda.

Website satu ini tidak mempunyai barang seperti itu, melainkan langsung pada anggota aktifnya. Dengan begitu, ketika pihak konsumen tertarik untuk membeli sesuatu barang. Maka mereka harus mengakses seller-nya lagsung. Supaya bisa mendiskusikan terkait harga, ongkos kirim, sistem pembayaran, serta metode pengiriman.

BACA JUGA ARTIKEL TERKAIT LAINNYA
CARA BAYAR TAGIHAN SHOPEE PAYLATER
CARA MENGAKTIFKAN SHOPEE PAYLATER
CARA MENGATASI OVO PAYLATER TIDAK MUNCUL
PANDUAN DAFTAR OVO PAYLATER

Apa Saja Keunggulan Alibaba?

Sesuatu hal yang berkaitan erat dengan belanja produk, pasti ada keunggulan atau kelebihannya masing-masing. Sama halnya pada Alibaba sebagai grosirnya produk dari luar negeri. Hampir semua keuntungan ada di dalam website atau platform satu ini. Salah satunya bisa dapat barang unik.

Bahkan produk yang sulit ditemukan di dalam negeri sekali pun, semuanya bisa Anda dapatkan di Alibaba. Kemudian, jika membeli menggunakan sistem lot maupun grosir harganya akan jauh lebih murah. Bisa mendapatkan produk bagus, tanpa harus memikirkan biaya kirim alias free shipping.

Selain itu, konsumen bisa memilih beberapa metode pembayaran yang menurut mereka nyaman. Transaksi dijamin aman, karena uang akan dikembalikan jika produknya tidak sesuai. Alibaba juga menyediakan barang beraneka macam dalam jumlah besar,  merupakan suatu keunggulan yang mustahil ditandingin market place lain.

Beberapa Pengalaman Belanja di Alibaba.com

Berbicara mengenai pengalaman berbelanja di website atau platform Allibaba.com, setiap orang pastilah memiliki ceritanya sendiri. Namun, sebagian besar testimoni mengatakan bahwa konsumen selalu puas akan pelayanan di Alibaba ini. Meskipun pengirimannya lama karena luar negeri, tapi produknya aman / sampai dengan selamat.

Selain itu, ada juga konsumen yang menyimpulkan bahwa Alibaba ini termasuk platform aman. Sangat cocok bagi Anda yang ingin berbelanja dari China, terdapat sistem transaksi yang lebih aman lagi namanya Alibaba Trade Assurance. Ada pihak ketiga juga yang pasti menjamin keamanannya.

Metode pembayaran di Alibaba juga termasuk aman, metodenya ada dua yaitu Trade Assurance atau bahkan menggunakan platform paypal. Dari kedua jenis pembayaran tersebut sudah termasuk aman. Jadi, berbelanja di Alibabamerupakan pilihan terbaik untuk Anda yang sangat suka barang luar negeri.

Beberapa Metode Pembayaran di Alibaba

Seperti yang sudah Anda ketahui, cara pembayaran di Alibaba pembayaran di Alibaba ini memiliki beberapa jenis. Jadi, semua konsumen bisa memilih salah satu di antara metode tersebut, baik itu kartu kredit atau bahkan melalui minimarket. Metode bayarnya antara lain transfer antar bank / disebut telegraphic  transfer (TT).

Kemudian, ada metode pembayaran melalui Paypal, Document Collection, Down Payment atau uang muka, bisa juga dengan menggunakan Letter Of Credit mengingat transaksi bisa Anda lakukan di luar sistem Alibaba. Sedangkan untuk model pembayaran Aliexpress.com harus dari sistem websitenya.

Seperti misalnya saja Alipay, Doku dan masih banyak lagi pilihan metode pembayaran lainnya. Dari beberapa jenis metode tersebut, Anda bisa memilih salah satu di antaranya. Pilih saja yang sekiranya paling mudah dilakukan atau dimiliki. Seperti mempunyai kartu kredit, bayar produknya dengan itu.

Cara Belanja di Alibaba.com

Cara berbelanja di Alibaba.com dengan menggunakan rupiah, tentu saja akan sangat berbeda ketika Anda belanja di market place pada umumnya. Dikarenakan skalanya sudah internasional dan menggunakan kurs mata uang dari negara Tiongkok. Jadi, harus mengetahui kurs rupiah ke yuan terlebih dahulu.

  1. Pertama – tama, Anda harus membuat akun di website Alibaba dulu
  2. Setelah membuat akunnya, pilih barang yang diinginkan 
  3. Pintarlah dalam memilih agar tidak tertipu, pilih penjual dengan lencana verifikasi
  4. Jangan memilih penjual dengan alamat untuk keluhan / kontak bisnis
  5. Setelah itu, pilihlah metode pengiriman barang di Alibaba
  6. Pilih saja DHL maupun EMS yang telah mempunyai nama Indonesia
  7. Kemudian, memilih metode pembayaran
  8. Anda bisa memilih metode western union, agar bisa beli barang kurs rupiah
  9. Selain itu, dapat menggunakan jasa kantor pos, Indomaret, pegadaian
  10. Lalu Anda tunggu saja barang pesananannya sampai

Biasanya barang sampai paling lama 2 mingguan. Jika lebih dari 2 minggu, barangnya akan tertahan di bea cukai. Maka, proses pembelian barang di Alibaba dengan rupiah selesai.

Cara Membeli di Alibaba Tanpa Rubah Rupiah

Cara membeli di platform Alibaba ini, sama halnya seperti pada pembahasan sebelumnya. Hal ini bias Anda lakukan jika memiliki visa atau mata uang asli yuan. Berikut ulasannya:

  1. Lakukan pendaftaran di Alibaba dengan membuat profil lengkap
  2. Kemudian, sebagai konsumen harus memeriksa email konfirmasi
  3. Setelah itu, mulai cari barang yang diinginkan di Alibaba
  4. Lalu masukkan nama barang yang diinginkan di kotak pencarian
  5. Jangan lupa, pilih supplier terpercaya dengan melihat reviewnya dulu
  6. Selanjutnya, Anda melakukan order terhadap barang tersebut
  7. Langkah berikutnya, lakukan start order
  8. Dapatkan performa invoice-nya dari seller
  9. Setelah itu, Anda melakukan pembayaran terhadap barangnya
  10. Tunggulah konfirmasi dari pihak seller serta informasi tracking number paketnya
  11. Pengiriman paling lama adalah 2 mingguan
  12. Proses pembelian di platform Alibaba telah selesai dan berhasil 

Poin Penting saat Pembayaran di Alibaba

Seperti yang sudah Anda ketahui pada pembahasan sebelumnya, bahwa cara pembayaran Alibabaini sangat berbeda ketika berbelanja di market place lokal. Pembayarannya pun juga beda, hanya bisa dilakukan pada menu “Make Payment”. Hal tersebut artinya, proses pembeliannya sudah mendapatkan persetujuan dari seller.

Di sana juga akan disertakan total sampai dengan ongkos kirimnya. Jika sudah setuju dengan harga barangnya, Anda bisa langsung lanjut klik menu Make Payment. Bila memang merasa keberatan dengan ongkirnya, dapat bernegosiasi dulu. Jika sudah selesai, akan muncul total dari harga produk.

Anda bisa memilih metode pembayarannya, seperti kartu kredit, T / T Bank Transfer atau e-checking. Keterangan setiap pembayaran sudah akan tertera di sana, konsumen bisa menggunakan kartu kredit saja supaya lebih mudah. Setelahnya, hubungi kontak penjual dan tunggu sampai barangnya sampai.

Cara Bayar Alibaba di Alfamart

Setiap metode pembayaran untuk dapat berbelanja di suatu platform / market place, itu pasti ada segala macam caranya. Sama seperti ketika Anda hendak membeli suatu barang di Alibaba, sebagai konsumen bisa melakukan pembayarannya di Alfamart. 

  1. Mengingat tidak semua memahami kurs, jadi cara berikut ini diniali lebih mudah:
  2. Pertama – tama, Anda masuk ke situs Aliexpress 
  3. Ketikkan nama barang yang diinginkan di sana
  4. Ketika sudah muncul, pilah dan juga pilih produk yang cocok 
  5. Kemudian, Anda klik tombol Buy Now
  6. Selanjutnya, isi alamat rumah secara lengkap dan benar
  7. Lalu pilih jasa pengiriman paket di Aliexpress “Free Shipping Via Aliexpress”
  8. Langkah berikutnya, metode pembayaran (pilih)
  9. Klik Confirm & Pay
  10. Akan muncul opsi pembayaran lagi, langsung pilih saja Doku
  11. Kemudian, klik Buy Now
  12. Akan ada opsi pembayaran Doku, Mandiri
  13. Klik Pay, transfer via ATM Minimarket 
  14. Kemudian, pilih opsi Minimarket 
  15. Lalu lanjutkan dengan pilih Get Payment Code
  16. Anda akan mendapat informasi kode pembayarannya, silakan screenshot

Cara Bayar Alibaba di Indomaret

Pada umumnya, melakukan pembayaran Alibaba di Indomaret ini sama halnya ketika Anda membayar di Alfamart. Cukup datangi kasirnya saja dan utarakan maksud, yaitu membayar tagihan dengan Doku. Biasanya mereka sudah mempunyai daftar merchant yang telah bekerja sama, seperti Doku tersebut.

Anda berikan nomor referensi, untuk dapat memastikan tagihannya sesuai dengan yang hendak dibayar. Berikan uang sesuai dengan yang akan dibayarkan, ditambahkan juga dengan fee administrasi. Tunggu saja sampai pihak kasirnya memproses pembayarannya. Lalu dapat struk.

Setelah mendapatkan struk sebagai tanda bukti, periksalah kembali dan bukalah aplikasi Doku. Bila pembayarannya berhasil, maka notifikasinya akan terkirim secara langsung. Buka juga Aliexpress, prosesnya bisa jadi sedikit lebih lama. Tapi Anda bisa tahu jikalau telah mengonfirmasi pembayarannya. 

Cara Bayar Alibaba Via Doku

Seperti pada pembahasan sebelumnya, metode pembayaran dan cara bayar di Alibaba ini sangatlah beragam. Namun, yang belum dibahas adalah bagaimana caranya membayar mellaui transfer bank. Pada dasarnya, proses bayar di situs atau platform belanja ini sama saja. Tidak ada perbedaan signifikan. Berikut ulasannya:

  • Saat sudah memilih barang di Alibaba, pilih bayar menggunakan Doku
  • Kemudian, klik transfer bank
  • Lalu setelah itu, klik confirm and pay
  • Nanti akan muncul pilihan untuk bayar menggunakan Doku, Transfer Bank
  • Anda pilih saja transfer bank, bisa pakai BCA, BRI, BNI, BTN, Mandiri dan lain-lain
  • Bisa juga melalui minimarket terdekat
  • Proses bayar di Alibaba selesai

Tips Mudah Belanja Satuan di Alibaba

Pada umumnya, sebagian besar masyarakat belum mengetahui perbedaan antara Alibaba dengan Aliexpress. Untuk Alibaba ini di sana banyak sekali menjual secara grosir, beda lagi dengan Aliexpress yang bisa melakukan bentuk pemesanan secara satuan. Jadi, tidak ada syarat minimum.

Sedangkan untuk cara belanja satuan di Alibaba belanja produk satuan, pada dasarnya sama saja seperti cara sebelumnya. Hanya saja Anda cukup membelinya satu per satu atau tidak paketan. Metode pembayarannya pun juga sama, tidak ada perbedaan secara signifikan mengenai cara berbelanja di website Alibaba ini.

Sama seperti pada pembahasan mengenai cara belanja di Alibaba, Anda harus memastikan penjualnya juga agar tidak tertipu. Terlebih lagi harganya juga harus dinegosiasikan terlebih dahulu dengan pihak seller. Tujuannya supaya harga yang dipatok tidak terlalu jauh, sehingga bisa pas.

Cara Pembayaran Alibaba Tanpa Kartu Kredit

Pada umumnya, cara pembayaran di Alibaba tanpa kartu kredit ini sama saja seperti menggunakan metode pembayaran sebelumnya. Awalnya harus memiliki akun di website atau platform tersebut terlebih dahulu, baru setelah itu mencari produk yang diinginkan. Lebih lengkapnya, simak caranya berikut ini.

  1. Pertama – tama, Anda buat akun di Alibaba
  2. Caranya bukalah website Alibaba.com dan ikuti proses pembuatannya
  3. Kemudian, klik menu Join Free
  4. Setelah melalui tahapan membuat akun, cari produk Anda
  5. Anda bisa melihatnya di fitur kategori atau mencari langsung di kolom
  6. Klik barang tersebut, kemudian akan muncul informasi barangnya
  7. Setelah itu, klik saja langsung start order
  8. Selanjutnya, hubungi pihak penjualnya
  9. Caranya klik contact supplier dan hubungi melalui kolom
  10. Lalu lakukan pembayaran langsung, baik itu lewat Paypal / transfer bank

Itulah beberapa penjelasan secara detail dari cara belanja di Alibaba.com. Beserta pembahasan mengenai definisi, keunggulan sampai dengan cara melakukan pembayaran dengan menggunakan berbagai metode. Pilih saja salah satu metode paling simpel.

Post a Comment for "4 Cara Belanja di Alibaba.com Bayar Lewat Alfamart, Indomaret Tanpa Rubah Rupiah"