Contoh Copywriter yang Baik dan Berkualitas

Artikel diperbarui pada 2 September 2023.

Contoh Copywriter yang Berkualitas –  Pengertian copywriter adalah  suatu pekerjaan yang memiliki job description kurang lebih  untuk menyajikan naskah tulisan yang menarik calon konsumen secara audio, visual maupun audiovisual agar membeli atau menggunakan barang atau jasa yang diiklankan.

Pekerjaan ini adalah salah satu pekerjaan yang terdengar asing tapi sebenarnya sudah lama diterapkan di Indonesia.Mengapa begitu? Salah satu contoh karya copywriter pada zaman dahulu itu sering kita nikmati di iklan baris koran dan iklan televisi. Sederhananya seperti itu, mulai sekarang Anda akan mengetahui jawaban jika ada orang yang bertanya apakah itu copywriter.

Freelance atau pekerja lepas sebenarnya sudah akrab di Indonesia khusunya anak muda. Banyak sekali field atau bidang yang dapat Anda pilih, seperti jasa penerjemah, jasa tutor online, jasa optimasi website dan copywriting.

Memilih Layanan Copywriting yang Berkualitas

copywriter examples

Pada tahun ini, jasa layanan copywriter pun kian menjamur dan banyak terdapat di virtual market seperti freelance, fivver dsb.  Lantas, bagaimana cara menemukan seorang penulis yang handal dan bagus? Berikut ini adalah beberapa indikasi contoh copywriter yang berkualitas.

Komunikatif

Pada saat seorang calon konsumen ingin menggunakan jasa ini, pasti akan banyak hal yang ingin dipastikan. Mulai dari permintaan yang aneh-aneh, menawar harga seenaknya, sampai membandingkan dengan jasa  kompetitor yang lain.

Kalau Anda sampai terbawa suasana apalagi emosi melayani permintaan calon konsumen. Itu dapat menimbulkan rentetan dampak negatif. Apalagi saat ini, segala sesuatu sangat mudah diviralkan hanya dengan menggunakan bantuan media sosial.

Akan tetapi, jika Anda mampu melayani dengan baik customer yang ‘rewel’ tersebut dan mengeksekusinya dengan baik. Maka, you are good copywriter examples! Good  job.

Kompeten

Konsumen Anda berasal dari berbagai macam kalangan dan latar belakang. Jika seperti ini, maka Anda harus selalu belajar untuk meningkatkan kompetensi dan kapabilitas Anda. Misalnya, Anda adalah seorang yang memiliki latar belakang pendidikan.

Kemudian, terdapat orderan yang mengharuskan Anda memberikan contoh copywriting dari bidang kuliner. Maka, Anda harus secara sigap menjelaskan contoh copywriting makanan dan minuman seperti yang diminta oleh klien.

Bahasa yang Anda gunakan dalam bidang teknis pendidikan tentu berbeda dengan yang ada di bidang kuliner. Maka perbanyaklah referensi bacaan Anda untuk meningkatkan skill dan kompetensi.

Delivery On Time

Inilah salah satu indikator utama memuaskan atau tidaknya suatu jasa copywriting. Meskipun, Anda mampu berkomunikasi dengan baik kemudian menguasai disiplin ilmu sesuai dengan permintaan klien tetapi Anda terlambat dan melewati batas waktu yang telah disepakati. Itu adalah salah satu hal yang mengecewakan bagi pelanggan.

Terkadang, klien memesan jasa copywriting Anda bukan atas nama personal atau pribadi tetapi atas nama suatu korporasi. Jika sudah begini, sudah pasti klien tidak akan order jasa Anda kembali karena dinilai tidak profesional.

Sebenarnya, apabila berbicara mengenai profesionalitas orang Indonesia tidak terlalu kejam dalam menghakimi kinerja seseorang. Berbeda halnya jika Anda berkerja sama dengan orang luar negeri, kesalahan seperti ini tidak akan pernah ditoleransi apapun alasannya.

Oleh karena itu, sebelum menerima tawaran job silakan ukur sendiri kecepatan dan kemampuan Anda mengerjakan tugas tersebut. Jangan terlalu banyak menerima order dalam satu waktu.

Contoh Copywriter Sukses

Menjalani pekerjaan copywriting tentu banyak liku-likunya. Namun, jika sudah mampu terbiasa dan menguasai bidang ini maka akan menjadi sesuatu yang menjanjikan dari segi penghasilan. Berikut kami himpun contoh copywriter sukses di dunia.

Joe Coleman

Seorang freelance yang memiliki kemampuan luar biasa dalam memanipulasi kata menjadi sebuah musik atau nada. Itulah salah keunggulan utama dari Joe Coleman sehingga ia bisa terus bertahan di industri ini selama 15 tahun.

Selain itu, terdapat pendekatan humoris dalam setiap tulisan yang dibuat oleh pria inggris ini. Akibatnya, karya copywriting dari Joe Coleman selalu berkarakter dan tidak pernah sepi order.

Demian Farnworth

Demian merupakan salah satu pria yang ulet dalam bidang ini. Secara gamblang ia pernah menuturkan bahwa ia selalu belajar dengan mempelajari contoh karya copywriter lain. Ia percaya bahwa tidak ada kesuksesan yang datang dengan mudah dan santai.
Dalam mengerjakan tugasnya, Demian memiliki prinsip kerja tersendiri yaitu promise, push, picture dan proof. Hal tersebut selalu ia lakukan dengan tujuan untuk selalu memberikan hasil terbaik pada kliennya.

Robert Collier

Salah satu legenda dalam bidang copywriting di dunia. Meskipun kini beliau telah tiada, tetapi karya-karyanya dalam bidang ini masih bisa dinikmati dan diteladani. Ia pernah berujar untuk selalu mengedepankan kepentingan klien lebih dari apapun. Itulah prinsip profesionalitas yang sesungguhnya.

Itulah sedikit pembahasan mengenai contoh copywriter yang berkualitas. Selalu asah kemampuan Anda dengan terus berlatih agar menjadi lebih kompeten. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Jenis Bisnis Online Paling Tahan Rugi

5 Jenis Bisnis Online yang Paling Tahan Kerugian & Minim Risiko

Artikel diperbarui pada 24 Maret 2024. Jenis bisnis online tentunya sangatlah banyak dan saat ini berkembang begitu pesat memenuhi beberapa kebutuhan dari semua kalangan. Dengan adanya jenis…

Target Pasar Bisnis Online

Target Pasar Bisnis Online: Rahasia Cara Jitu Cari Pembeli

Artikel diperbarui pada 22 Maret 2024. Target pasar bisnis online menjadi salah satu hal yang perlu untuk dipertimbangkan bagi kamu apabila hendak mendapatkan kualitas terbaik pada saat…

Metode Bisnis Online Modal Kecil. | via goodscoop.id

Metode Bisnis Online Modal Kecil dengan Target Pasar Luas

Artikel diperbarui pada 12 Maret 2024. Keinginan untuk membuka bisnis online modal kecil dapat kamu coba dengan mudah mulai dari sekarang. Dalam memulai usaha, kamu bisa menawarkan…

Strategi Jualan Online Agar Laris dan Bertahan Lama. | via goodscoop.id

6 Strategi Jualan Online: Rahasia Agar Barang Laris & Stok Tidak Mengendap

Artikel diperbarui pada 9 Maret 2024. Aktivitas jual beli yang dilakukan melalui internet membuat pelaku bisnis harus paham strategi jualan online. Seiring berjalannya waktu, kegiatan bisnis online…

Cara Bisnis di Instagram, Raih Cuan Melimpah Secara Langsung. | via goodscoop.id

Cara Bisnis di Instagram Step by Step: Raih Cuan Melimpah Secara Langsung

Artikel diperbarui pada 8 Maret 2024. Cara bisnis di Instagram banyak dicari oleh pemula yang ingin menjalani jual beli barang secara online. Instagram merupakan sebuah platform media…

Cara Mendapatkan Uang Dari YSENSE dengan Cepat [Update Terbaru]

Artikel diperbarui pada 26 Februari 2024. Cara Medapatkan Uang Dari YSENSE – Menghasilkan uang dari internet bukanlah sebuah hal yang baru lagi. Karena memang sejak dulu internet…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *